Promosi Blog

4 Langkah Strategi Meningkatkan Trafik Blog

Salah satu dari sekian banyak ‘keluhan’ yang sering saya dengar dari blogger, adalah kenyataan bahwa sekeras apapun mereka telah berusaha, mereka tidak juga mampu melampaui 100 pageview per harinya.

Memang, minggu-minggu pertama blogging adalah hari-hari terberat, karena Anda harus berkerja keras melakukan berbagai hal, termasuk mempromosikan blog agar mendapatkan trafik yang cukup.

Nah, jika Anda pun saat berada pada situasi yang sama, di bawah ini adalah strategi dan langkah yang saya yakin, Anda akan bisa mencapai 1000 pageview per hari dengan pasti. Dan tentu saja, strategi ini juga bisa diterapkan meski jika Anda telah melampaui angka tersebut.

Pastikan saja Anda melakukan keempat langkah ini, dan menghabiskan 3,5 jam per hari untuk blog Anda. Dan jika Anda memiliki waktu lebih banyak, Anda dapat menambah waktu pada masing-masing langkah secara proporsional.

Dan inilah 4 langkah strategi meningkatkan trafik blog:

1. Menulis artikel pilar (1 jam per hari)

Habiskan waktu kurang lebih 1 jam untuk melakukan brainstorming, riset, dan menulis artikel pilar blog Anda.

Ingat, target Anda adalah merilis satu artikel pilar per minggu. Jika itu terlalu berat, paling tidak setiap 15 hari sekali. Karenanya Anda menghabiskan waktu 1 jam setiap harinya adalah untuk menggarap artikel yang sama. Dengan kata lain, diharapkan artikel pilar diselesaikan dalam waktu antara 5 – 10 jam.

Bagi Anda yang belum familiar atau pun belum tahu apa yang saya maksud dengan istilah artikel pilar, ia adalah sebuah artikel yang menyuguhkan banyak informasi dan manfaat kepada pembaca. Ia adalah artikel yang menyajikan pembahasan tuntas terhadap satu topik tertentu.

Sebagai contoh, misalnya blog Anda adalah tentang desain grafis, maka mungkin Anda bisa menulis ‘100 sumberdaya gratis bagi desainer profesional’.

Dan inilah beberapa ide yang mungkin membantu Anda menyusun sebuah artikel pilar:

  • Membuat posting berupa daftar item dalam jumlah besar
  • Menulis tutorial lengkap dan detil mengajarkan pembaca bagaimana melakukan sesuatu
  • Menyajikan sulosi lengkap tentang permasalahan-permasalahan umum pada topik Anda
  • Menulis analisa mendalam pada satu topik, dimana orang yang membacanya tidak bisa tidak, kecuali merasa semua jawaban mereka telah terjawab

2. Menulis posting normal (1 jam per hari)

Sebuah blog tidak akan berhasil hanya dengan artikel pilar semata, namun juga butuh posting atau artikel normal secara berkala.

Posting normal, adalah posting yang secara rutin Anda posting di blog di antara artikel pilar. Sebagai contoh, Anda menyajikan artikel pilar seminggu sekali setiap hari senin, dan menulis posting normal pada selasa – jum’at.

Inilah beberapa ide yang bisa digunakan untuk menulis posting biasa di blog Anda:

  • Posting berisi link ke artikel di blog lain, disertai pendapat Anda sendiri. Bisa juga rangkuman dan link ke artikel arsip lama Anda, yang disusun secara sistematis untuk memudahkan pembaca membacanya secara runut.
  • Posting berupa berita terbaru di niche blog Anda.
  • Posting untuk melemparkan pertanyaan kepada pembaca tentang suatu topik, dengan tujuan memancing terjadinya diskusi.
  • Posting tentang hal baru yang Anda temukan, atau pun tips dan trik yang sekirang bermanfaat untuk pembaca.

Sementara artikel pilar adalah konten utama untuk promosi blog Anda, yang mendatangkan pengunjung baru secara luas, maka posting normal adalah posting yang menciptakan keragaman konten blog Anda, dan membuat pembaca tetap betah berlama-lama.

3. Membangun jejaring (45 menit setiap hari)

Membangun jaringan dengan blogger lain adalah hal penting dalam blogging, terutama jika Anda baru saja membangun sebuah blog.

Waktu selama 45 menit setiap hari untuk tujuan ini dapat Anda manfaatkan di antaranya:

  • Berkomentar di blog lain dengan topik yang sama
  • Berinteraksi dengan blogger lain dengan topik sama melalui email, sosial media, IM dan sebagainya.

Ingat, target Anda adalah membangun sebuah hubungan yang sungguh-sungguh dan ‘ikhlas’, jadi jangan pernah hanya mendekati blogger lain yang Anda anggap bisa mempromosikan blog Anda sendiri.

Dekati mereka karena Anda menghargai hasil kerja mereka, dan karena Anda yakin bahwa Anda berdua bisa tumbuh bersama.

4. Mempromosikan blog (45 menit setiap hari)

Hal utama di sini adalah mempromosikan artikel pilar Anda. Setiap kali Anda merilisnya, Anda harus melakukan apapun yang dibutuhkan untuk mempromosikannya.

Misalnya:

  • Biarkan orang-orang di jejaring Anda mengetahui tentangnya
  • Dapatkan beberapa teman yang bersedia membagikannya di situs-situs social bookmarking
  • Dapatkan beberapa teman dapat membagikannya di sosial media
  • Membuat posting tentang artikel Anda di forum / newsgroup

Jika masih ada waktu tersisa, gunakan untuk melakukan search engine optimization (seo), berpromosi di situs jejaring sosial, serta aktivitas lainnya untuk mempromosikan blog Anda secara keseluruhan.

Nah, itulah 4 strategi yang jika Anda lakukan secara konsisten, saya yakin trafik Anda akan meningkat dan mampu mencapai angka 1000 pageview per hari dengan mudah.

Apakah Anda memiliki strategi lain? Silakan berbagi melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

16 Komentar

  • Saya setuju dengan pendapat mas Jhon di atas, namun saya belum bisa melakukan hal diatas karena masih terbilang rumit untuk saya. apalagi untuk membuat artikel pilar yang mas bilang, itu jadi tugas besar buat saya. yang bisa saya lakukan hanya menulis artikel sesuai inspirasi yang muncul. Selebihnya belum bisa saya lakukan dengan maksimal.

  • Menarik Mas Jhon dan hampir 100% setuju

    Tapi …. sepertinya bukan untuk saya. Hahaha… Saya terlalu malas untuk membuat jadwal dan membagi waktu seperti itu. Apalagi mikirin secara terstruktur seperti di atas.. hadeeuhh…bikin bete. Saya hanya melakukan sebagian kecil saja dari yang di atas.

    Belajar dari pengalaman, membangun jejaring dan juga promosi bukan hanya bisa dengan cara menjalin kontak dgn blogger-blogger lain atau membagikan link seperti kebiasaan blogger Indonesia.

    Saya memakai cara pabrik rokok dalam beriklan. Mereka tidak bisa menampilkan produk mereka, jadi hanya bisa menanamkan image tentang brand mereka. Karena blog saya banyak memakai gambar, saya hanya memposting foto-foto yang dipakai dalam tulisan di blog ke komunitas-komunitas di sos med. Tentunya beserta brand Blog saya di akhir posting sosmed.

    Hasilnya lumayan. Banyak orang di komunitas tersebut mulai kenal dgn saya dan mengidentikkan saya dgn brand tersebut.

    Kalau soal link, saya hanya pasang di account Google Plus saja. Tidak disebar kemana-mana.

    Jadi saya bisa menghindarkan dari kemungkinan dianggap spammer dan juga bisa berinteraksi secara normal tanpa khawatir dipandang sebagai hanya mau promosi blog saja.

    Soal SEO.. hahahahaha.. ini satu lagi yang bikin malas, tapi krn sudah ada Yoast SEO, ya ikuti saja.. selama lampunya secara total hijau, walau sebagian masih ada yg merah, ya saya publish.

    Blogwalking, saya tidak banyak melakukannya. Saya tetap memilih blog, bukan dgn alasan untuk kepentingan blog saya. Kalau memang sejenis dgn topik blog saya, tapi ga enak dibaca, saya pilih ga ninggalin komen. Sebaliknya kalau memang topik menarik dan enak dibaca, ya saya tinggalin komentar. Seperti ini.

    Kalau soal pembagian waktu, rasanya bisa lebih singkat dari yang di atas tuh mas. Soalnya saya sendiri krn kesibukan kerja kantoran setiap hari, tidak bisa meluangkan waktu sesuai schedule di atas. Jadi kalau sempat saja saya bermain dan mempromosikan blog. Kadang 5 menit, kadang 3 menit, kadang 0 menit (lagi ga sempat)

    Hasilnya, walau masih sedikit dan perkembangannya tidak cepat, blog saya sudah mencapai 1400-1800 UV setiap harinya. Pageviews lebih dari itu. O ya blog saya berumur kurang dari 1 tahun sejak dibuat

    • Wah, satu ulasan yang sangat menarik bos Anton. Terima kasih atas komentarnya yg sangat bagus, sy yakin akan bisa menginspirasi pembaca PU lainnya. Sukses selalu bos.

  • @android.
    silakan, semoga berhasil dan sukses… 🙂

    @subur.
    ya, semoga bermanfaat.

    @haryanto.
    ya, itu sudah bagus, teruskan kebiasaan baik itu. Promosi yg lain, coba fokus tuk membuat konten yg bagus. Berkomentar di blog lain pun jg penting.

  • @khaerun.
    menurut saya tidak mas Khaerun. Mempromosikan blog harus dilakukan setiap hari.

    Mengenai pengunjung bosan, pengunjung yg mana? Dan cara apa yg digunakan? Bukankah ada banyak cara berpromosi, termasuk melakukan optimasi search engine?

    Kalau kita setiap hari membagikan di sosial media, terus menerus, mungkin iya. Namun, bukan itu yg saya maksud. Dengan kata lain, jangan hanya 1 metode yg kita gunakan. Mengomentari blog lain, menurut saya juga salah satu cara berpromosi.

  • @afrid.
    memang, masing2 blog pnya kelebihan dan kekurangannya sendiri2. Tapi menurut saya, tetap blog dg satu topik lebih baik. dengan alasan:
    – lebih mudah bersaing dg hasil pencarian (benar bahwa Google lebih menyukai blog dg satu topik yg berhubungan erat)
    – akan dikenal baik sebagai blogger di bidang tertentu, tentu hal ini akan meningkatkan 'authorship' dan berpeluang mendapatkan pembaca setia.

    Nah, dari pembaca setia itulah, kita banyak mendapatkan share, link, komentar dsb. Itu semua tentu saja berpengaruh terhadap hasil SERP di mesin pencari.

    Mengenai trafik yg belum kunjung meningkat, coba mulai sekarang ikuti ke-4 langkah di atas secara simultan.. Saya akan ada peningkatan signifikan. Tapi syaratnya ya itu tadi: blog kita harus bertopik!

  • mas, saya sudah update setiap hari, bahkan sudah rutin 1 artikel perhari sejak tahun 2013 yg lalu. lalu domain juga sudah saya ganti ke domain prabayar. tapi blog saya masih saja pengunjungnya sedikit dari google. tapi jarang sih saya menulis artikel pilar. paling banyak kata yg saya buat cuma 250 kata. selain dan selebih itu jarang yg hingga diatas 300 kata perhari.

    mas yg mau saya tanyakan. apakah benar SEO Google juga berpengaruh pada jenis jenis artikelnya seperti pada tema gado-gado dan tema 1 topik. sampai sekarang saya masih bingung. yg mana yg bagus ya tema diantara kedua topik ini. apakah 1 blog bagusnya cuma buat 1 topik saja. jujur saja punya saya blog saya temanya banyak topik. apa benar google tidak menyukai blog gado gado.

    bisa dibuatkan ya mas lain waktu artikel tentang blog gado-gado vs blog niche. soalnya sampai sekarang saya masih bingung memilihnya. ada yg bilang blog gado-gado itu bagus dan bisa dapet traffik yg banyak tapi ada juga Master SEO yg bilang kalau blog gado-gado itu ngga bagus buat SEO google. nah, saya kan jadi bingung mas, yg mana yg benarnya…, bisa tolong dijelasin ngga ya mas dilain waktu. terima kasih

  • @moch.
    gunakan saja adwords keyword planner.

    riset kata kunci, dimaksudkan untuk mencari keyword yang menjadi target artikel kita. Sebisa mungkin cari yang paling sedikit dicari 10.000 / bln. dg kompetisi rendah atau sedang.