Monetisasi Blog

Tahukah Anda, Apa Syarat Utama Menghasilkan Uang dari Blog?

Mari kita akui dulu: kita semua ingin menghasilkan uang dari blog bukan?

Ya, tentu saja!

Saya sering mengobrol dengan kawan-kawan tentang blogging. Saya mengatakan kepada mereka bahwa kita bisa menghasilkan uang dari sebuah blog.

Bisa ditebak, mereka begitu antusias, dan mulai berpikir untuk segera membuat blog.

Dan beberapa hari yang lalu, kembali ada seorang kawan yang amat tertarik bisa mendapatkan uang dari blog. Dan seperti biasa terjadilah dialog semacam ini:

Saya: ‘Jadi bener, kamu ingin menghasilkan uang dari blog?’

Kawan: ‘Ya, tapi saya tidak tahu bagaimana caranya.’

Saya: ‘Oke, apakah kamu setuju jika saya katakan: untuk menghasilkan uang dari apa yang kita usahakan, kita harus memberikan sesuatu kepada orang lain?’

Kawan: ‘Ya, tentu saja.’

Saya: ‘Nah, oke. Sekarang saya tanya, apa yang bisa kamu berikan kepada pembaca? Sesuatu yang bernilai buat mereka?’

Biasanya pula, percapakan mentok sampai di sini.

Saya kira, kawan saya itu butuh sehari dua untuk memikirkan bolak-balik pertanyaan saya tadi. Beberapa di antaranya ada yang kembali dengan ide yang solid, dan jika demikian semua bisa dimulai dari situ.

Namun, sebagian lagi kembali dengan kebingungan dan malah balik bertanya:

‘Apa sih yang memberi nilai manfaat bagi pembaca?’

Sebuah pertanyaan bagus, dan saya pun memiliki jawaban yang bagus pula. Jawaban yang mengantarkan kepada satu ‘syarat utama bisa menghasilkan uang dari blog, yaitu:

Anda harus mengajarkan sesuatu kepada pembaca!

Jika Anda hanya sebatas menulis ulang berita terkini, atau pun sekedar menyampaikan opini Anda terhadap suatu kejadian dan fenomena, maka Anda tidak ‘mengajarkan’ banyak untuk pembaca.

Untuk keluar dari keramaian dunia blogging yang semakain sesak, Anda harus tampil sebagai blogger yang ‘luar biasa’. Inilah kabar buruk bagi blogger opini, karena opini tidaklah luar biasa! Semenonjol apapun sebuah opini, ia akan tenggelam dan cepat dilupakan, karena memang tidak memberi manfaat nyata bagi pembaca.

Jika Anda menginginkan sebuah opini tentang sesuatu apapun, mulai dari berita politik terbaru, sampai peluncuran gadget terbaru, Anda dengan sangat mudah menemukannya di banyak situs.

Begitu banyak penulis yang berlomba adu cepat meng-update posting di blog mereka, dengan harapan jika mereka yang pertama kali menyampaikannya, kemungkinannya lebih besar meraih pembaca.

Tapi, sungguh itu sebuah perlombaan yang melelahkan. Tidak ada yang namanya ‘pemenang’ dalam hal blogging tentang opini dan berita.

Nah, jika Anda memilih untuk mengabaikan ‘perlombaan yang melelahkan’ itu, dan fokus bagaimana menjadi bernilai untuk pembaca Anda, maka mulai dikenal sebagai seseorang. Seseorang yang memberi nilai!

Nah, jika Anda berhasil melakukannya, maka menghasilkan uang dari blog bukan lagi hal sulit. Segala peluang mendapatkan uang dari blog, akan muncul dengan sendirinya.

Setelah saya menjelaskan panjang lebar, tentang mengajarkan sesuatu untuk bisa menghasilkan uang dari blog, biasanya kawan itu melanjutkan dengan pertanyaan berikutnya:

Bagaimanakah caranya saya mengajarkan sesuatu melalui blog?

Jawaban saya, saya bagi menjadi 3 bagian. Dan sebelum saya menjelaskannya, saya ulangi pertanyaannya:

Bagaimanakah caranya saya mengajarkan sesuatu melalui blog? Dan mulai menghasilkan uang? Mari kita simak:

1. Mulailah dari hal yang Anda ketahui

Dari internet, Anda bisa belajar hampir tentang apapun. Meskipun misalnya, Anda belum pernah mengenal sama sekali tentang bagaimana beternak itik, Anda dapat menemukan banyak sekali petunjuk dan instruksi bagaimana beternak itik yang baik.

Tapi….

Jika Anda mau mengajari pembaca tentang bagaimana melakukan sesuatu, Anda butuh pengetahuan yang lebih. Orang-orang mencari sesuatu yang lebih dalam, sesuatu yang ril, sesuatu dari hasil pengalaman dan pengetahuan Anda, dimana informasi beternak itik di blog lainnya, tidaklah ‘mengubur’ informasi yang Anda sajikan.

Mulailah blogging mengenai sesuatu yang Anda bergairah di dalamnya. Jika Anda mengetahui banyak hal tentang bagaimana memanfaatkan internet untuk menghemat uang belanja, misalnya, buatlah blog tentangnya. Mungkin Anda tidak mengetahui segalanya, namun minimal Anda memang mengetahuinya, dan tentu Anda bisa mulai ngeblog dari pengetahuan itu.

Apakah sudah cukup? Tentu saja tidak. Anda perlu untuk terus belajar, dan ini mengantarkan kita kepada poin kedua.

2. Gali lebih dalam, lebih dalam lagi

Memilih topik yang familiar, cukup lah untuk segera memulai. Namun, Anda harus menggali lebih dalam dan belajar tentang topik tersebut. Kenapa? Karena jika tidak, Anda akan kehabisan bahan.

Kita ambil contoh di atas, jika Anda tidak terus belajar tentang menghemat uang dengan belanja online, Anda tidak akan mampu mengajarkan sesuatu yang baru kepada pembaca. Belum lagi bisa jadi terjadinya banyak perubahan dalam dunia belanja online itu sendiri.

Kesimpulannya, apapun topik yang Anda pilih, Anda perlu belajar, belajar dan terus meningkatkan kemampuan, keterampilan agar selalu bisa mengajarkan sesuatu yang baru kepada pembaca. Dari situlah, penghasilan dari blog berawal.

3. Terlibat langsung dengan pembaca

Menjalin hubungan yang ‘mesra’ dengan pembaca adalah hal terakhir yang mesti Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog. Banyak hal bisa dilakukan, salah satunya berinteraksi baik dengan pembaca dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan atau keluhan dari mereka melalui komentar.

Jika Anda mengabaikan komentar yang masuk, maka Anda tidak akan mampu menjalin hubungan yang baik dengan pembaca Anda. Hal ini berlaku untuk blog jenis apapun, namun dalam hal blog yang mengajarkan sesuatu, peran menjawab komentar menjadi jauh lebih penting, karena biasanya pembaca akan banyak bertanya seputar hal-hal yang belum mereka pahami.

Selain itu, pada saat Anda terlibat dan menjalin komunikasi dengan pembaca, Anda dapat mempelajari kelemahan diri sendiri. Mungkin Anda tidak begitu jelas menerangkan poin tertentu. Mungkin Anda menggunakan terlalu banyak kata-kata untuk menjabarkan suatu hal. Mungkin tulisan Anda terlalu banyak salah ketik, dan sebagainya.

Apapun alasannya, pembaca ingin mendapat perhatian. Jika mereka bisa belajar dari Anda, dan Anda bisa belajar dari mereka, Anda akan melihat perkembangan yang luar biasa.

Nah sekarang, pertanyaan selanjut adalah:

Mengapa blog yang mengajarkan sesuatu bekerja sangat baik?

Baiklah, saya coba menjelaskannya. Paling tidak ada 3 hal mengapa blog yang mengajari orang bagaimana melakukan sesuatu adalah yang terbaik dari segi peluang menghasilkan uang.

1. Pengiklan menyukainya
Bila Anda mengajari orang sesuatu hal, maka biasanya mereka perlu membeli sumber daya yang belum mereka miliki. Nah, ini adalah peluang sempurna bagi pengiklan untuk masuk.

Bahkan, seperti Anda tahu, iklan dari ads network semacam Google Adsense, biasanya memberi hasil relatif kecil, namun bagi blog yang mengajarkan sesuatu, maka hasilnya bisa jauh lebih besar dibandingkan blog jenis lain.

2. Dibagikan sukarela oleh pembaca di sosial media
Setiap kali saya membaca artikel, dan saya mempelajari sesuatu yang baru darinya, Anda bisa memastikan kalau saya pasti membagikannya di Facebook atau Google+.

Karena, jika saya bisa belajar darinya, maka mungkin sekali teman-teman saya lainnya pun bisa mengambil manfaat yang sama. Dan jika teman-teman itu pun memperoleh manfaat juga, mereka pun akan membagikannya lagi kepada yang lainnya. Dan terjadilah ekspos artikel yang luar biasa.

Apa artinya ini semua? Jelas, blog Anda akan mendapatkan pembaca yang luar biasa.

Jadi, jika Anda menginginkan artikel yang dibagikan luas di sosial media, tulislah artikel yang mengajari orang sesuatu. Ia adalah bentuk yang terbaik dari konten blogging.

Lebih jauh tentang jenis-jenis konten blog, silakan baca:

3. Paling sesuai untuk program afiliasi
Blog yang mengajari sesuatu adalah yang terbaik untuk program afiliasi. Karena, jika Anda mengajarkan sesuatu, kemudian Anda menaruh link ke suatu produk yang dibutuhkan untuk melakukannya, maka peluang pembaca akan membeli dari referensi Anda semakin besar. Apalagi bila Anda telah mendapatkan kepercayaan yang baik dari komunitas di topik Anda.

Artinya, artikel atau blog yang mengajari orang-orang bagaimana melakukan sesuatu, jauh lebih berpeluang sukses menghasilkan banyak uang.

Bagaimana? Cukup memiliki gambaran sebenarnya tentang menghasilkan uang dari blog?

Memang, membangun blog yang mengajarkan sesuatu kepada pembaca, bukanlah perkara mudah. Namun, jika Anda bertekad, menyediakan waktu yang cukup, tidak menyerah dan bersedia bekerja keras, hasil yang Anda peroleh akan sangat sepadan dengan semua itu.

Dan jika Anda melakukannya dengan sangat baik, penghasilan besar dari blog, bukanlah hal yang sulit untuk dicapai.

Nah, sudah ada bayangan ingin mengajarkan hal apa di blog baru Anda? Apakah Anda setuju dengan saya? Apakah Anda memiliki pengalaman tersendiri?

Bagikan melalui komentar. Dan seperti biasanya: sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

33 Komentar

  • salam gan,,, saya newbe bloging,,,, ,,
    saya butuh sekali paanduan agar blog saya yang masih muda ini bisa mengikuti jejaknya agan,,
    terimakasih atas tulisannya..

  • saya hobby menulis artikel, sudah banyak yang saya buat tetapi belum saya upload ke media social, bagaimana cara untuk mengaktifkan blog nya agar berbayar ya ka ? mksh ya ka informasinya

    • hmm.. hoby menulis itu sudah bagus, lanjutkan. Ttg blog, sy agak krg paham maksudnya gimana. Mengaktifkan? Memangnya blm memiliki blog atau gimana? Klo blm lah itu nulis artikelnya dimana? Jika mau, dan memang hoby menulis, boleh Dek Mita bergabung menjadi penulis erudisi.com, di sana jg bisa berbagi pendapatan dari iklan. SIlakan hub. email: jauhani@gmail.com

      • Wah bos Anton ini merendah sekali, sy amat suka dg tulisan2 sepitar kota Bogor, hehe…

        Jika mau, silakan buat akun di erudisi langsung bos. Begitu sdh buat akun, lgsung bs menulis. Sukses selalu….

  • @wahyudi.
    betul saya setuju mas Wahyudi. Memang tidak ada yg mudah, dan saya pun tidak pernah mengatakan bahwa menghasilkan uang dari blog itu adalah sesuatu yg mudah. sukses selalu….

  • @rudy.
    alhamdulillah, meskipun sedikit πŸ™‚

    @danu.
    sip… siap. Saya pasti berkunjung balik. Terima kasih atas kunjungannya.

    @tantowi.
    apapun topiknya, patokannya: selama ada yg mencari informasi tersebut, maka itu adalah topik yang bagus.

  • @bakti.
    salam kenal juga Mas Gun. Sukses selalu….. terima kasih telah berkunjung dan berkomentar.

    @dzaky.
    ya mulai dari sesuatu yg kita sukai, memang amat bagus. Tapi bagaimana kita bisa ngeblog, jika tidak 'mengetahui' sesuatu? Itulah mengapa saya memilih untuk mulai dari yang kita ketahui. Yakinlah, Anda tidak akan bisa menulis apapun, jika tidak mengetahui sesuatupun!

    Namun, jika Anda sudah menyukai sesuatu, itu bisa jadi semangat tuk menggali lebih dalam tentangnya, artinya 'mencari tahu lebih banyak lagi'. Baru kemudian bisa ngeblog tentang itu. Akhirnya, tetap saja kita baru bisa ngeblog, setelah kita mengetahui sesuatu bukan? hehe…..

    anyway, terima kasih atas komentarnya… πŸ™‚ Sukses selalu untuk kita semua.

  • Kalau untuk yang tips nomor 1, "Mulailah dari hal yang Anda Ketahui", kalau menurut ane sih lebih pasnya dengan "Mulailah dari hal yang Anda Sukai". Mengapa? Karena dengan menusli sesuai dengan hal yang kita sukai, semangat kita pasti bakal meningkat.

  • @fikri.
    sama sekali tidak pengaruh…. memang target pembacanya negara mana? seperti blog ini, menggunakan b. indonesia, mka sudah jelas target pembacanya adalah org Indonesia. Jadi jika terjadi 1000 klik seluruhnya dari Indonesia, ya tidak masalah, lah wong pembacanya emang orang Indonesia kok, πŸ™‚

  • @fikri.
    berapa % kemungkinan itu terjadi? Saya kira kecil sekali kemungkinannya. Klo pun terjadi, tidak akan apa2, kecuali hasil klik yg tidak wajar itu tidak akan dihitung penghasilan!

    misalnya, dari 1 ip terjadi 5 klik terhadap iklan, maka klik itu tidak akan dihitung, karenan dianggap tidak wajar. Jika Google tidak memiliki data lain yg menunjukkan itu sebuah fraud click, maka tidak akan berakibat akun dibanned. Tidak ada masalah.

  • @abang revo.
    sama2 bang revo. terima kasih pula telah berkunjung dan berkomentar.

    @comtel cell.
    silakan dipelajari sampai tuntas, hehe… sukses selalu buat comtel cell.

    @ibrahim.
    ya saya setuju sekali: Yang terbaik adalah kita menyampaikan, mengajarkan apa yang telah kita alami. Itu luar biasa dan super sekali.

    Namun, berapa banyak dari kita terpaksa menunggu ngeblog sampai kita 'mengalami' semuanya?

    Maka dari itu, saya nyatakan bahwa 'kita bisa memulai dari yang kita ketahui', itu sudah cukup. Ingat itu adalah permulaan, itu adalah langkah awal. Makanya, di langkah kedua saya melanjutkannya: gali lebih dalam!

    Setelah kita mengetahui ssuatu, jangan ragu: sampaikanlah! Buatlah blog tentangnya. Namun harus dilanjutkan dengan mau belajar lebih dalam lagi. Menguasai lebih luas lagi. Artinya apa? Kita menuju apa yang Mas Ibrahim sampaikan, yaitu: 'kita menyampaikan kepada pembaca apa yang kita alami!'

    Anyway, sebenarnya itu hanya sebuah permainan logika dalam kata, hehe…. tapi intinya kita bisa mulai dari apa yang paling kita sukai, kita bergairah di dalamnya, dan tentu saja kita mengetahui banyak tentangnya.

    Salam juga mas Ibrahim, senang sekali berkenan memberi komentar yang luar biasa. Terakhir, terima kasih atas kunjungan dan subscribe-nya. πŸ™‚

  • bagaiamana kalau "Mulailah dari hal yang Anda ketahui" di ganti dengan "Mulailah dari hal yang Anda alami" Mengetahui saja sepertinya kurang berkesan dibanding dengan mengalami.

    Saya tahu jika garam itu asin. Tapi saya baru benar-benar tahu jika garam itu rasanya asin setelah saya mencicipinya.

    Itu hanya pendapat saya saja sih, Mas Gee?

    Anyway, saya suka cara Mas Gee menulis. Dan, tanpa ragu, saya masukan email untuk berlangganan..

    Salam

%d blogger menyukai ini: