Desain Blog

8 Cara Terbaik Membantu Pembaca Menemukan Konten Terbaik Anda

Apakah Anda membiarkan artikel-artikel terbaik blog Anda terkubur dalam tumpukan arsip?

Berapa banyak konten terbaik hebat yang telah Anda publish berbulan yang lalu tidak pernah dibaca lagi oleh pengunjung blog?

Orang-orang mengunjungi blog Anda adalah untuk ‘menikmati’ kontennya, jadi amat lah penting untuk menunjukkan kepada mereka cara paling mudah menemukan konten terbaik yang Anda tawarkan.

Recent post, misalnya, cukup banyak membantu untuk tujuan ini, namun hanya mengandalkan itu saja, saya kira tidak lah cukup.

Nah, kali ini saya memberi Anda 8 cara terbaik untuk menunjukkan kepada pengunjung baru (juga pembaca setia) konten terbaik yang Anda miliki.

1. Tunjukkan konten terbaik Anda

Ini bisa berupa artikel paling populer, paling banyak dikomentari, artikel favorit pembaca, dan sebagainya. Kebanyakan blogger menggunakan ‘popular post’ untuk tujuan ini. Dan memang ini adalah elemen penting yang semestinya ada di sidebar Anda, karena secara langsung memberi ‘alasan’ kepada pembaca mengapa blog Anda layak dibaca.

2. Kendalikan konten yang dipromosikan

Biasanya blogger menampilkan ‘popular post’ secara otomatis menggunakan widget atau pun plugin, namun sebenarnya ada banyak keuntungan jika Anda mau melakukannya secara manual.

Anda bisa memilih konten mana yang ingin direkomendasikan, mencampur antara posting baru dan posting lama, dan banyak lagi kombinasi yang bisa Anda lakukan.

3. Buat konten Anda mudah ditemukan

Artikel pilar Anda, barangkali adalah hal yang paling bermanfaat dan paling menarik bagi pengunjung baru dibandingkan apapun yang ada di sidebar lainnya.

Tempat terbaik adalah di bagian atas sidebar. Anda bisa saja menempatkannya secara kreatif, namun sebaiknya biarkan tetap berada di bagian paruh atas (terlihat tanpa harus menggulung layar ke bawah).

4. Gunakan gambar untuk menarik perhatian

Gambar selalu menarik bagi mata. Alih-alih menampilkan konten terbaik Anda dengan tautan berupa teks, kenapa tidak mencoba menggunakan gambar? Saya menggunakan strategi ini di blog saya lainnya, dan bekerja dengan sangat baik.

Cara termudah, gunakan saja gambar yang digunakan di dalam artikelnya, lalu tambahkan judul posting di dalam gambar tersebut. Pasang di sidebar dengan link menuju halaman posting dengan ukuran 125×125 piksel.

Cobalah, selain lebih menarik perhatian pembaca, juga akan turut mempercantik desain blog Anda.

5. Rubah konten utama Anda secara teratur

Dalam hal ini, jangan lupakan pembaca setia Anda. Jika konten yang rekomendasikan statis, maka ia hanya akan menarik perhatian pada kunjungan pertama, selanjutnya akan dilupakan pembaca (anggap pengunjung telah membaca dan mengetahui semua yang Anda rekomendasikan).

Lain hal, jika Anda melakukan rotasi terhadap konten yang Anda rekomendasikan, ini akan memberi alasan kepada pengunjung baru maupun pengunjung lama, untuk tetap menaruh perhatian terhadap daftar artikel terbaik yang Anda miliki.

6. Beri petunjuk kemana pembaca setelah selesai membaca sebuah artikel

Banyak blogger menggunakan ‘artikel terkait’ (related post) untuk tujuan ini. Ya, saya sendiri menggunakannya, tapi karena nyatanya ‘artikel terkait’ berada di luar artikel itu sendiri, maka seringkali diabaikan oleh pembaca.

Saya menduga, ini terjadi karena konsentrasi pembaca tidak lagi fokus, begitu mereka tuntas membaca sebuah artikel. Karenanya, cara terbaik mengatasinya adalah dengan merekomendasikan langsung konten terbaik di akhir tulisan, dimana saat itu pembaca masih fokus secara penuh terhadap isi artikel.

Sebagai contoh, Anda bisa menulis:

‘Anda tertarik menggali lebih dalam tentang …., silakan temukan di …..”

atau;

‘Sebaiknya Anda mempelajari lebih jauh di artikel yang saya tulis sebelumnya, yaitu ….”

Dengan menambahkan saran kemana pembaca harus ‘pergi’ menjadi bagian dari artikel, akan lebih mendapat perhatian karena pengunjung masih berada pada ‘mode membaca’ dan lebih memperhatikan setiap kata yang Anda tulis.

Namun demikian, saya hanya menyarankan Anda melakukan ini jika konten lain tersebut sangat berhubungan erat secara langsung, jika tidak maka pembaca akan kecewa. Sebaliknya, jika rekomendasi Anda benar-benar terkait, maka pembaca akan selalu menuruti rekomendasi Anda di waktu-waktu mendatang.

7. Menyelipkan link ke konten langsung di posting yang Anda tulis

Hati-hati dengan cara yang satu ini. Karena ini bisa menjadi sangat baik, namun juga bisa jadi sangat buruk. Lalu apa patokannya?

Yang terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa link yang Anda cantumkan harus benar-benar relevan dengan keyword yang Anda gunakan sebagai hyperlink. Semakin spesifik, semakin baik.

Sebagai contoh, membuat link pada kata yang jelas seperti: ‘panduan menjalankan Google Adsense’ ke artikel yang benar-benar relevan akan dihargai baik oleh pembaca. Sedangkan memberi link pada kata kunci yang tidak jelas seperti kata: ‘Google Adsense’, ‘ngeblog’, ‘mendapatkan uang’, bagaimanapun bukanlah sesuatu yang bagus, karena gagal menjelaskan kemana pembaca diarahkan.

8. Susun link ke konten terbaik Anda dalam sebuah posting

Ini adalah salah satu cara paling ampuh mengajak pembaca menggali lebih dalam konten blog Anda, yaitu dengan menyusun link ke konten-konten tersebut dalam sebuah posting tersendiri.

Salah satu contoh dari posting jenis ini yang pernah saya buat adalah: Cara dan Langkah Sukses Mendapatkan Uang dari Google Adsense.

Ini juga adalah cara yang bagus memberi petunjuk kepada pembaca, dimana Anda bisa menyajikan satu topik bahasan secara runut, teratur dan terarah, dimana sebelumnya Anda menulisnya secara acak.

Alternatif lain, Anda bisa menulis sebuah posting tentang artikel terpopuler dalam 3 bulan terakhir, misalnya. Atau 10 artikel terbanyak dikomentari, dan sebagainya.

Nah, itulah 8 cara mudah dan terbaik untuk merekomendasikan konten terbaik Anda kepada pengunjung. Jika Anda berhasil melakukannya dengan baik, maka bisa dipastikan tulisan terbaik Anda tidak sia-sia terkubur tanpa tersentuh lagi oleh pengunjung baru.

Sukses selalu untuk kita semua, semoga bermanfaat. Saya tunggu komentar dan masukannya.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

10 Komentar

%d blogger menyukai ini: