Tips Youtube

SEO Youtube Paling Penting yang Jarang Dibicarakan

Youtube dikenal luas sebagai host video terbesar di dunia. Bahkan tidak sedikit yang sukses mendulang uang dengan menjadi partner Youtube.

Fakta ini membuat kita sering melupakan fakta, bahwa Youtube juga adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia!

Orang-orang yang menyukai konten berupa video, pasti akan melakukan pencarian di Youtube tentang banyak hal, mulai dari tutorial aplikasi komputer, sampai yang hanya sekadar hiburan semata.

Dan biasanya, mereka lebih berpotensi untuk membeli barang atau jasa, dibandingkan yang melakukan pencarian di Google Search. Itulah alasan, mengapa konten video dapat sangat efektif dalam internet marketing.

Nah, jika Anda termasuk salah satu Youtuber, tentunya ingin agar video Anda lah yang muncul di hasil pencarian dengan keyword yang jadi sasaran, bukan?

Untuk itu, kali ini saya coba mengungkap tips optimasi pencarian video di Youtube. Dan sebagai bonus, sekali Anda berhasil melakukan SEO Youtube dengan baik, video Anda akan menang baik di pencarian Youtube sendiri, maupun di Google Search.

1. Buatlah Closed Caption (Teks)

Selain membantu video Anda ditonton lebih banyak orang, teks ini akan diindeks dengan sangat baik oleh crawler Youtube. Dan jika ada orang yang mencari video dengan memasukkan keyword yang terdapat CC ini, maka video Anda akan muncul di hasil pencarian.

CC - penting untuk SEO youtube
Cara ini sangat berguna jika video Anda, misalnya berupa tutorial atau bimbingan melakukan sesuatu, atau di dalamnya terdapat dialog. Dengan adanya teks sub-title ini, video Anda akan ditonton lebih banyak orang, karena CC dapat diterjemahkan secara otomatis oleh Youtube.

Ada beberapa cara untuk membuat closed caption ini. Anda bisa membuatnya langsung di Youtube, mengunggah file sub-title yang telah Anda buat dengan aplikasi, atau bisa juga dengan menggunakan tool online. Salah satunya adalah CaptionTube. Disini, Anda bisa membuat teks CC dengan sangat mudah.

membuat closed caption youtube online
(CaptionTube, membuat caption Youtube dengan mudah)

Kesimpulannya, video dengan CC selalu lebih baik dari sisi SEO jika dibandingkan dengan video dengan topik yang sama tanpa CC. Jadi, jika Anda ingin menguasai pencarian buatlah Closed Caption!

2. Tambahkan teks di deskripsi video

Bila Anda merasa cukup sulit membuat teks di dalam video (CC), tidak begitu dengan membuat teks di dalam deskripsi. Anda dapat membuatnya dengan sangat mudah, dan untungnya teks ini pun diindeks sama baiknya oleh Google.

3. Gunakan keyword sebagai nama file video

Jika Anda mengunggah video tentang ‘Membuat Efek Api dengan Photoshop’, maka file video Anda mestinya ‘efek-api-dengan-photoshop.avi’ atau kombinasi lain sejenisnya.

Nama file berupa MOV0234.avi sama sekali tidak berguna. Memang, pemirsa Youtube tidak melihat perbedaan ini, tapi Youtube memberikan perhatian lebih dalam hal ini. Karena, jika Anda memberi nama file berupa keyword, Youtube akan menganggap bahwa kemungkinan besar video Anda memang relevan persis seperti yang Anda katakan.

4. Gunakan format HD (High Definition)

Jika memungkinkan, selalu gunakan format HD untuk video yang Anda unggah ke Youtube. Youtube selalu berusaha menampilkan video berkualitas terbaik, dan video HD selalu lebih diunggulkan dibanding video SD (Standard Definition).

Mungkin Anda berpikir Youtube tidak menyukai video HD karena memakan lebih banyak ruang penyimpanan juga bandwidth mereka, Anda salah! Nyatanya mereka memiliki sumber daya jauh lebih besar dari yang Anda bayangkan. Alasan mengapa mereka membatasi durasi video, bukan perkara menghemat space dan bandwidth, tapi untuk mencegah orang-orang mengunggah video berhak cipta.

Jadi, jika Anda bersedia berinvestasi lebih dalam waktu dan sumberdaya untuk membuat video HD, maka usaha keras Anda akan dibayar dengan popularitas dan hasil pencarian yang lebih baik.

Untuk itu, cobalah unggah video ukuran 1080p jika memungkinkan, jika tidak, 720p sudah cukup baik. Jangan pernah mengunggah video lebih rendah dari 640p.

5. Bangun reputasi saluran

Dalam hal ini, tidak jauh berbeda dengan SEO website atau blog. Memposting artikel yang di sebuah blog baru dan di blog yang memiliki PR tinggi dan telah memiliki reputasi yang amat baik, akan memberi hasil berbeda di hasil pencarian Google, bagaikan langit dan bumi!

Begitu pula dengan video Youtube. Jika Anda memiliki beberapa saluran, selalu unggah video yang relevan dengan topik saluran Anda. Dan sebisa mungkin unggah video Anda di saluran yang telah dikenal baik, dibandingkan membuat saluran baru.

Reputasi saluran pun di sini ikut berperan. Saluran dengan reputasi yang baik dalam hal hak cipta, akan lebih ‘dihargai’ oleh Youtube. Hasilnya, video-video dari saluran ini lebih berpeluang menang di hasil pencarian.

6. Membuat video yang ‘menarik’ ditonton lebih lama

Mungkin Anda menganggap ini bukan merupakan usaha SEO. Tapi, saya harus menyampaikannya. Karena sehebat apapun usaha SEO yang Anda lakukan, jika video Anda tidak cukup menarik bagi pemirsa, bagi ‘penonton yang sesungguhnya’, maka usaha Anda akan sia-sia.

Mengapa?

Karena Youtube memberi nilai relevansi yang tinggi terhadap video yang ditonton lebih lama. Semakin lama video Anda ditonton oleh pemirsa, semakin Youtube menganggap video Anda relevan, karenanya Youtube dengan senang hati menyarankannya kepada pengunjung, baik di halaman hasil pencarian maupun di halaman depan Youtube.

Nah, itulah 6 tips SEO Youtube yang mudah-mudah dapat membantu Anda meraih lebih banyak pemirsa di Youtube.

Sebagai tambahan di bawah ini ada beberapa saran-saran umum tentang SEO Youtube:

Gunakan judul yang mengandung keyword yang relevan.

  • Masukkan tag dari video lain yang lebih populer dengan keyword yang menjadi target Anda.
  • Tempatkan link Anda di bagian paling atas, sebelum konten lainnya di bagian deskripsi video.
  • Buat call to action kepada pemirsa di bagian awal atau akhir video, untuk membagi, menyukai, atau berlangganan video Anda.

Semoga bermanfaat. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

40 Komentar

  • kalau boleh menambahkan, kita juga bisa mensubmit video kita ke situs pingger, contohnya seperti masspings,com

    semoga bermanfaat 🙂

  • mas Gee Jhon ma tanya nih, kalo mau buat video yang ada capture-an display dari software berbayar apakah di izinkan youtube? contohnya pake words, photoshop. apakah melanggar hak cipta?

    terima kasih

  • Mau tanya ni mas Gee…
    Apakah kita bisa merubah judul vidio kita yg sudah di upload ke youtube mas.?
    Dan yg ke 2 apakah kita bisa monetasi vidio org lain yg sudah ada di youtube. .
    Mohon pencerahan nya mas.

    • merubah judul, tentu saja bisa, tinggal masuk ke pengelola video dan edit video mana yg ingin diubah judulnya.

      memonetis video org lain, tentu saja tidak bisa. kalau bisa, wah enak sekali, saya akan monetis video2nya gags yg bisa ditonton jutaan orang.

  • salam kenal mas, kali pertama ni mampir di blog ini. Kebetulan saya sedang mencari info-info tentang SEO youtube dan ternyata tulisan ini sangat membantu saya dan lagi bahasanya mudah di cerna. terima kasih

  • mas mau nanya : saya baru di youtube,yang mau saya tanyain bagaimana caranya menguasai relevan side video kita di youtube?biar video kita yang lain juga view nya bisa nambah,saya masih bingung,mohon pencerahannya.

      • kalau caranya mendominasi relevan side video kita di youtube bagaimana yah mas?maksud saya,kalau satu video kita ada yang play,nah di sisi video itu biasanya kan banyak video yang lain,nah supaya video kita semua yang muncul gimana yah?saya ambil contoh channel net,media tv,coba deh mas play satu video aja,nanti semua video di channel tsb malah muncul semua.

      • ya itu salah satu upaya seo youtube bos. paling penting adalah relevansi dengan kw dimana penonton masuk kesana. Jadi usahakan setiap video satu sama lain saling terkait kontennya.

  • lebih baik mana mas di mata google, video yang di tonton 1 menit sementara durasi penuhnya 5 menit (20% ditonton). Dibandingkan dengan video yang di tonton 40 detik sementara durasi penuhnya 80 detik (50% di tonton).
    Jadi maksud saya… lebih utama lamanya waktu di tonton atau persentase lama nya di tonton?

  • Artikel di blog ini sangat memberikan smngat buat saya.
    Saya pemula di youtube..sy jadi termotivasi untuk membuat video tutorial
    Yg kebetulan bberapa waktu yg lalu saya posting di blog saya.
    Jadi ngeblog sambil ngeyutub juga hehe..

    Jika sy mnggunakan nama blog saya sama dengan nama kanal di youtube
    Apkh tdk mnyalhi aturan youtube dan blog? Karena artikel sy diblog
    Sy buatkn link videonya juga..
    Trims

  • Salam kenal mas. Makasih banyak atas sharringnya mas, sangat mencerahkan. Saya masih bingung dalam penggunaan anotasi-anotasi pada youtube. Khususnya anotasi yang menggunakan gambar. Mohon sharing untuk itu mas. Makasih

  • akhirnya ketemu nya juga artikel ttg youtube. heheheehe
    thx bang, utk artikelnya ^_^ setelah m'bacanya masih byk yg kurang . heheehehehe
    mudah2n dri artikelnya abang, saya bs memaksimalkan youtube ku. krn udh bs di monet.

    selalu sukses bang

  • Hai..saya dari Malaysia.. Sangat suka dengan post anda.. sangat berinformasi. Saya baru sahaja menghasilkan videoo saya berkenaan perniagaan saya.. Terima kasih atass artikelnya..salam dari malaysia.. success selalu.

  • @udeh.
    sip… tetap semangat, sukses selalu juga.. 🙂

    @ballocoe.
    1. bisa dibilang kita numpang pada video yg telah populer dg cara ini. Mudahnya, pada saat Anda memasukkan tag, biasanya akan muncul saran dari Youtube, nah bisa dipastikan saran tersebut adalah kw populer dari video popular juga, ikut sertakan tag itu. Atau jika ada salah satu video Anda sendiri atau punya orang lain, cukup populer, masukkan tag yg berkaitan dg video2 tersebut. Percayalah cara ini berhasil, 🙂

    2. Jika kita menempatkan link di bagian deskripsi video (dan memang kita perlu melakukannya), entah link ke video lain yg berkaitan, atau pun link ke blog / situs kita, maka sebaiknya link tersebut berada pada baris paling atas. Tentu saja, karena berada di atas, maka link tersebut akan terlihat tanpa pengunjung membuka deskripsi secara penuh. Dan ini meningkatkan peluang link tersebut diklik pemirsa.

    3. ya.. buatlah opening (video pembuka), atau sisipan di tengah, atau pun video penutup pada video utama. yg berisi ajakan berlangganan, seruan lain dan sebagainya.

  • Sangat bermanfaat artikelnya.
    Mas, yang bagian ini yasa kurang paham bagaimana melakukannya, maklum mas saya baru belajar. Mohon petunjuknya.

    1. Masukkan tag dari video lain yang lebih populer dengan keyword yang menjadi target Anda.

    2. Tempatkan link Anda di bagian paling atas, sebelum konten lainnya di bagian deskripsi video.

    3. Buat call to action kepada pemirsa di bagian awal atau akhir video, untuk membagi, menyukai, atau berlangganan video Anda.

  • Wah, bagus mas ulasannya… menambah wawasan bagi saya yang baru mau memulai monetisasi youtube. Sayangnya video dari akun lama saya sudah tidak bisa untuk dimonet, makanya rencana video lama di mix dan dimasukkan ke akun baru deh.

    Sukses selalu mas