Menulis Konten

9 Cara Mudah Meningkatkan Jumlah dan Kualitas Link Internal

Ada beberapa alasan mengapa link internal (tautan yang menuju ke posting di blog yang sama) itu menjadi penting:

1. Membantu meningkatkan page view dan membuat pengunjung berada lebih lama di blog Anda, dengan menyajikan link ke artikel tertentu yang mungkin menarik bagi pengunjung. Dan kita tentu sudah paham, semakin lama pengunjung bertahan di blog kita, maka itu semakin baik.

2. Membantu meningkatkan ranking di search engine (mesin pencari).

Nah kali ini, saya ingin menyampaikan 9 cara mudah bagaimana meningkatkan kualitas link internal antar posting.

Jika Anda berhasil melakukan semuanya, maka blog Anda akan lebih ‘ramah’ bagi pengunjung, dan pada saat yang sama akan meraih ranking yang lebih baik di mesin pencari.

Inilah 9 strategi meningkatkan link internal:

1. Gunakan link teks di dalam artikel

Setiap kali membuat posting baru, selalu cari kesempatan untuk membuat link ke posting lama Anda. Caranya, jika Anda mendapati teks yang relevan dengan posting lama Anda, maka berilah link ke teks tersebut. Seiring artikel Anda semakin bertambah banyak, maka hal ini akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.Selain itu, cobalah juga untuk mengaduk-aduk artikel-artikel lama, cari apakah ada peluang untuk menyisipkan link ke artikel yang lebih baru.Pelajari pedoman membuat link yang baik, pada: Cara Terbaik Membuat Link.

2. Buatlah halaman daftar isi (sitemap)

Daftar isi, bukan saja memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka cari, tapi juga meningkatkan jumlah internal link ke halaman-halaman utama Anda.

Saya tidak sedang membicarakan sitemap untuk mesin pencari, tapi adalah sitemap untuk pengunjung blog Anda, dimana di situ tercantum link ke semua artikel yang Anda buat. Disini, saya tidak mengulas bagaimana cara membuatnya, bagi yang belum tahu, silakan googling, banyak sekali yang membahasnya.

3. Membuat ringkasan mingguan atau bulanan

Banyak blogger melakukan ini. Mereka membuat sebuah posting berupa ringkasan dalam jangka waktu tertentu, biasanya bulanan atau bahkan mingguan. Di dalamnya dimuat link ke halaman tertentu disertai penjelasan singkat untuk masing-masing artikel.

Ringkasan bisa berupa artikel terpopuler, artikel paling banyak dikomentari, paling banyak dishare, dan sebagainya. Silakan berkreasi.

Dengan cara ini, selain meningkatkan link internal, juga akan sangat membantu pengunjung blog untuk menemukan halaman penting yang Anda miliki, yang mungkin mereka lewatkan selama ini.

4. Cantumkan link di footer blog

Begitu selesai membaca akhir artikel Anda, biasanya pembaca akan menggulung layar ke bagian footer, dimana mereka berharap menemukan link yang mungkin bermanfaat dan mereka cari, dibandingkan mereka kembali ke bagian atas blog.

Nah, untuk itu Anda harus memanfaatkan footer sebaik-baiknya. Cantumkan link ke artikel-artikel pilar Anda. Selain meningkatkan peluang menambah page view, juga menambah jumlah link internal blog Anda.

5. Pasang related post

Memasang link ke posting lain dengan tema yang sama dan saling berkaitan, akan membantu pembaca menemukan tambahan informasi yang mungkin mereka cari.

Selain itu, yang juga tidak kalah pentingnya, ia membantu menambah jumlah link internal.

6. Memasang widget popular post

Hampir semua blog melakukannya. Dan memang ini akan sangat membantu, baik untuk meningkatkan page view, juga meningkatkan jumlah internal link.

7. Membuat artikel serial (bersambung)

Cara mudah menambah jumlah internal link yang baik, adalah dengan membuat artikel serial. Karena dalam artikel berseri, memungkinkan mencantumkan link antar artikel dengan lebih baik.

Oleh karena itu, jika Anda menulis artikel atau tema yang cukup panjang, pertimbangkan untuk membaginya menjadi sebuah artikel bersambung.

8. Membuat link di halaman error 404

Halaman error 404, adalah halaman yang akan terbuka jika satu alamat url blog Anda tidak ditemukan. Biasanya terjadi jika sebuah halaman yang telah diindeks oleh mesin pencari, kemudian Anda hapus dengan berbagai alasan.

Halaman error ini cukup ‘menjengkelkan’ bagi pembaca. Nah, untuk itu cobalah ‘mengobati’ kekecewaan mereka yang telah terlanjur berkunjung ke blog Anda dengan mencantumkan link di halaman error 404.

halaman error portal uang, cara menambah link internal
(contoh halaman error 404 Portal Uang)

Untuk sekedar inspirasi, silakan ketikkan url yang tidak terdapat di blog ini, maka akan muncul halaman error 404, seperti tampak pada gambar di atas.

9. Buatlah halaman FAQ

Kumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh pengunjung blog Anda. Lalu tulislah dalam sebuah halaman FAQ (frequently asked question), beserta jawaban yang mengacu ke artikel yang relevan.

Satu hal, selalu gunakan keyword penting sebagai anchor text pada link ke artikel yang Anda rekomendasikan. Hal ini akan sangat membantu ranking halaman Anda di mesin pencari.

Nah, itulah cara mudah bagaimana meningkatkan jumlah dan kualitas internal link di blog Anda. Adakah yang belum saya sebutkan?

Silakan berbagi melalui komentar, dan jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, seperti biasanya, saya akan senang jika Anda mau membagikannya.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

7 Komentar

%d blogger menyukai ini: