Google Adsense

Cara Merubah Alamat Penerima Pembayaran Adsense

Bagaimana cara merubah alamat pembayaran Adsense?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada saya, baik melalui komentar yang masuk, maupun melalui obrolan di berbagai media sosial.

Memang, ada saja alasan orang yang merasa perlu merubah alamat di akun Adsense mereka. Utamanya, bagi mereka yang belum menerima PIN verifikasi. Baik, karena memang alamatnya pindah, ataupun karena alasan agar lebih mudah dijangkau oleh petugas pos.

Caranya sebenarnya sangatlah mudah dan sederhana, namun bagi Anda yang belum mengetahuinya, artikel ini adalah untuk Anda.

Cara merubah alamat Adsense:

Login ke akun Adsense. Lalu klik link ‘Lihat pembayaran’ di sebelah kanan atas dari halaman beranda. Atau bisa juga dengan klik roda gigi (tombol setelan Google), lalu pilih ‘Pembayaran’.

cara merubah alamat adsense
  • Setelah halaman ‘Pembayaran’ terbuka, pada tab sebelah kiri, klik ‘Profil Penerima Pembayaran’. Klik ‘Edit’. Cari bagian Alamat, dan rubah sesuai yang diinginkan.
cara merubah alamat penerima pembayaran adsense
  • Terakhir, klik ‘Simpan’.

Nah, mudah sekali bukan? Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

115 Komentar

  • Gan. Klo alamat yang sudah ada di adsense berbeda dengan ktp. Apakah nanti akan menimbulkan masalah ketika menerima pembayaran? Saya sudah verivikasi alamat. Namun di adsense alamat masih beda dengan ktp

  • Bos gee jhon, mau tanya kalau kita salah memasukan alamat desa sedangkan sudah muncul tanda merah untuk memverifikasi alamat, bisa tidak saya merubah alamat desa sebelum pin itu datang sampai, apakah akan ada kendala di kemudian hari, apakah saya bisa mencairkan pengahasilan adsense jika pin sampai di tangan?Mohon pencerahannya mas gee. Trims

  • Mas video youtube saya udah banyak view nya dan iklan nya juga ada, yang ingin saya tanyakan apakah aman merubah setingan monetisasi iklan dari bisa dilompati menjadi tidak bisa di lompati??
    Supaya pendapatan lebih maksimal..

  • Mas..bole tidak memverifikasi akun google adsense saya menggunakan ktp kalo pin tidak datang..
    Yang jadi permasalahan, alamat ktp dengan alamat GA saya beda karena saya perantauan, apakah ada masalah di kemudian hari karena beda alamat di adsense dengan ktp??

  • Bang Gee jhon saya mo tanya, saya punya akun US dengan alamat dari Us, dan saya mo ngerubah payee profile ke alamat indo tapi muncul pemberitahuan
    “Sorry, address change to this country/region is not yet supported”
    apa ada cara yang bisa saya lakukan bang? mohon bantuanya.

  • Mas saya mau tanya mengenai akun US dan Indo. Saya punya akun non hosted tapi saya gak tau ini akun US atau Indo soalnya currency mata uang ditampilkan dalam bentuk $, tapi pas dulu verifikasi PIN dikirimnya ke alamat saya di Indo. Klo emang akun US kan seharusnya saya tidak bisa pake alamat Indo ya untuk verifikasi PIN?

    Saya belum pernah PO tapi sebentar lg udh mau PO dan saya mau pake metode transfer via bank lokal atau Wire, denger2 klo akun US nanti akan kena potongan klo transfer via bank lokal tapi klo akun Indo katanya nggak. Gimana ya cara memastikan apa jenis akun saya ini dan klo emang ini akun US apakah bisa saya ubah menjadi akun Indo? Mohon jawabannya menurut mas Gee Jhon. Terima Kasih dan sukses terus!

  • Oh…, ternyata yang youtube iklannya muncul, tapi kalau di blog tidak muncul, he..he…

    Dulu adik saya mendaftar google adsense lewat youtube, pake rekening orang tua. Trus saya juga mendaftar google adsense juga dengan rekening orang tua, jadi semua datanya sama, cuma email yang beda…

    Saya tidak tahu cara mengatasi
    Mohon bantuannya, masih newbie
    Makasih… πŸ™‚

  • Status permohonan AdSense Anda

    Terima kasih atas minat Anda terhadap Google AdSense. Sewaktu meninjau permohonan Anda, kami menemukan bahwa informasi akun Anda cocok dengan akun AdSense yang saat ini disetujui yang terkait dengan myprasetyo17@gmail.com.
    Karena Kebijakan Program AdSense kami tidak mengizinkan lebih dari satu akun, saat ini kami tidak dapat menerima permohonan baru Anda.
    Jika tidak dapat mengakses akun Anda yang disetujui dengan myprasetyo17@gmail.com, ikuti langkah-langkah di pemecah masalah proses masuk kami. Jika Anda tidak dapat memperoleh kembali akses ke akun Anda dalam proses tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk menghubungi kami. Selanjutnya, kami akan bekerja sama dengan Anda untuk mengakses akun menggunakan info masuk yang Anda inginkan.
    Jika Anda membutuhkan lebih dari satu akun AdSense, harap lihat artikel bantuan ini untuk panduan selengkapnya tentang cara mengirimkan lebih dari satu permohonan.

    Jika ingin menambahkan tenkosei92@gmail.com sebagai info masuk ke akun yang disetujui, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah ini.

    Hormat kami,
    Tim Google AdSense

    Ini adalah pesan yang dapat dari google adsense.
    Iklannya tidak bisa muncul di blog ataupun youtube saya, sudah beberapa kali saya dapat pesan seperti ini tapi saya tidak tahu cara mengatasinya…

    Mohon bantuannya, Makasih… πŸ™‚

    • sebenarnya tidak perlu menambahkan, tinggal buat unit iklan baru, lalu pasang di blog baru. Namun, ada baiknya mengaktifkan fitur otorisasi situs, dan masukkan alamat blog barunya di situ.

  • mau nanya nih mas, saya punya 2 akun adsense. 1 akun us, satunya lagi akun idr.
    identitas akun adsense saya menggunakan ktp saya sendiri, sedangkan yg akun idr saya pake akun us juga (namun pin tidak kunjung mampir kerumah -_-“)
    yg mau saya tanyakan, boleh gak yg akun idr saya upload ktp orang tua saya ?
    tp transfer bank nya atas nama akun us ?

    • sy krg paham dg pertanyaan dan permasalahannya. rumit kedengarannya. tp yg jelas, pin akan dikirimkan sesuai alamat yg tertera di akun. Masalah verifikasi menggunakan ktp, nama dan alamatnya harus sama dg yg di akun.

  • Bang gee jhon , saya mau tanya, jika belum verifikasi alamat akun dengan PIN , apakah bisa melakukan permintaan pembayaran/penarikan uang dari google adsense? jawab ya bang πŸ™‚

  • Mas, numpang nanya akun saya dari us nah saya tanyakan apakah bisa merubaha negara dari us pindah ke indo biar pin bisa sampe ke alamat saya mas yang ada di indo? soalnya saya ada baca blog orang lain katanya bisa. Menurut dari mas bisa apa tidak?

  • kang gee saya mau tanya, Alhamdulillah PIN sudah ditangan tapi belum saya masukkan. masalahnya adalah, nama pakai nama istri, sedangkan alamat kurang {tapi kayaknya gak masalah soalnya pengiriman PIN ternyata bisa sampai}, nah apakah boleh saya rubah nama saya sendiri sebelum saya masukkan PIN itu? saya khawatir, jika tidak saya rubah namanya, sedangkan KTP istri saya adalah kalimantan, nanti penyebab tidak bisa dicairkan. mohon petunjuknya.

  • Saatnya saya tanya mas gee, sy nunggu pin ndak datang-datang. Ini intinya. Pertanyaannya :
    Nama penerima pin, nama istri saya asal kalimnatan, tapi alamat pakai alamat saya sendiri di malang (itupun alamatnya kurang lengkap). Klik requeat sudah muncul. Pertanyaannya, apakah saya boleh ganti nama saya sendiri, sekaligus memperbaiki alamat?

  • slm kenal mas Gee,sy mau tanya dkit nih,sy menggunakan nama orangtua di GA apakah ada masalah dikemudian hari?trim sebelumnya

  • Suhu Jhon mau nanya dong
    saya kan mau beli akun adsense sama orang, nah data yang perlu di ubah apa saja ya? untuk mencegah di hack kembali dengan owner pertamanya.

    terimakasih

    • Entahlah bos. Saya blm pernah melakukannya dan tdk akan melakukannya. Jd sy krg paham apa saja yg hrs dirubah.

      Tp mungkin yg jelas, ada banyak msalah keamanan akun yg perlu dirubah. Spt email pemulihan, no hp, pertanyaan keamanan, dll. Yg psti bukan hal bagus membeli akun adsense dr org lain.

  • Bang Gee Jhon, Data payout beda dengan data akun google ads, bisa bang?
    misal akun profil (data cewek), kemudian ketika setting payment method via WU menggunakan (data cowok).

  • Mau tanya nih mastah.
    klo ngrubah nama dan alamat kan bisa yah.
    nah, kalo ngerubah negara, pada pembayaran adsense sih gimana caranya.?
    mohon pencerahanya mastah hehe

  • Jadi akhirnya meluncur ke sini mas jhon πŸ˜€
    Masih ada unek uneknya nih mas, menyangkut pertanyyan semalam di IAPD.
    Jadi masih ada yang di tanyakan seputar penerima pembayaran adsense.

    1. Apakah bisa merubah penerima pembayaran (di setelan pembayaran) adsense berkali kali ? dan mas jhon sudah jawab “tidak jadi masalah”.

    Yang saya tanyakan : Dengan merubah nama penerima pembayaran apa harus merubah nama profil pembayaran (payee name) juga mas? Sebab saya lihat tombol edit bisa di akses.

    2. Apakah berlaku juga untuk penerima pembayaran melalui bank transfer?( bisa di rubah berkali kali) jika pembayaran yang akan datang atau berikutnya dengan nama dan rekening bank yang berbeda?

    3. Payee name dan nama penerima pembayaran apa harus dengan nama yang sama?
    atau bisa di transfer ke rekening orang lain?

    4. MAAF..,Kalau pertanyaannya sedikit merepotkan.

    • Baiklah sy coba jawab lagi ya bos.. πŸ™‚
      1. merubah metode pembayaran, bisa dilakukan berkali-kali. tidak masalah. Tapi perlu diingat payee name gak bisa dirubah pada akun adsense, kecuali yg sesuai ketentuan Adsense. Seperti kesalahan ejaan, gelar dst.
      2. sebaiknya gunakan nama yg sama pada rek. bank. dg payee name pada akun.
      3. ya harus sama bos. krn berkaitan dg pembayaran pajak.
      4. saya maafkan.. hehehe…..

  • mau tanya bang, apa mungkin kita dapat pembayaran sementara PIN jatu ke alamat lama, alamat baru sudah saya ganti bang cuma pertanyaan tentang PIN yang di kirim ke alamat lama masih tertera
    MAKASI ATAS INFONYA BANG

  • Mas saya mo tanya…jika alamat di akun GA tidak sesuai dengan alamat di KTP…apakah tetap bisa menerima via WU karena saya belum menerima pin di alamat saya yang lama…jadi saya mau mengganti dengan alamat saya yang mudah terjangkau pos

  • Mas Gee, saya mau tanya nih mas, saya daftar adsense pakai email dengan nama istri saya, tetapi payee namenya (waktu pendaftaran adsense) pakai nama saya apakah bisa mas?

    Trus, saya kan mau membeli akun adsense yang sudah approved (sudah ada $1,8), kalau saldo segitu kan belum bisa seting nama dan rekening penerima pembayaran ya mas, kemudian kalo sudah bisa seting nama dan rekening pembayaran, apakah bisa saya buat sama dengan adsense saya yang satu lagi (yang pakai email istri saya di atas)?

    Terima kasih mas atas jawabannya πŸ™‚

  • Mas Ghee, jumpa lagi, biasa ngrepotin mas gee lagi :D. agak banyak gpp ya mas πŸ˜€

    1. dulu saya pernah nanya di artikel ini, (scroll ke atas), yg berhubungan dengan payee name (ga bisa diedit) dan nama dikolom address (bisa diedit), nah skrg saya lihat ga ada payee name lagi ya mas ghee?

    2, terus di menu ‘payee profile’ dibagian paling bawah ada tabel BILLING CONTACT, itu fungsinya apa sih masghee? saya lihat bisa add new contact, berarti bisa lebih dari satu ya.

    3. satu lagi mas, di menu ‘setting’ tepatnya di submenu ‘personal setting’ , disitu ada contact name , terdiri 2 kolom first name dan kolom last name, itu fungsinya buat apa, apa masih ada hubungannya dgn poin 2 diatas (billing contact)?

    makasih mas ghee πŸ˜€

    • ok gpp mas Guns. πŸ™‚ Baiklah sy coba menjawabnya atu2:

      1. Betul, skr sudah tidak ada pilihan tuk merubah nama pembayaran/
      2. Billing contact adalah kontak untuk menerima pemberitahuan ttg pembayaran. Dan betul bisa menambahkan lebih dari satu. Intinya jika Anda menginginkan orang lain tuk menerima pemberitahuan ttg pembayaran Adsense Anda, maka bisa ditambahkan disini.
      3. First name, nama awal, last name= nama akhir. Misalnya Gee Jhon, nah Gee itu adalah first name. Jhon adalah last name. dan ya itu ada hubungannya dg billing contact.

  • @nurul.
    kayaknya kalau alamatnya pindah negara gak bisa Mbak, krn berhubungan dg domisili publisher suatu negara tertentu. Lebih jauh adsense punya tos yg berbeda2 antara negara satu dan lainnya. tp entahlah, silakan saja dicoba, krn sy sendiri blm pernah mengalaminya.

  • mas, kan saya kemaren 3 hari yang lalu saya pinda tempat/ rumah. nah kan saya baru dikirim PIN oleh googe udah 2 minggu, saya mau bertanya ?
    apakah saya bisa ganti Alamat nya sekarang, dan minta PIN baru sekarang.
    saya baru jarang 2 minggu.
    minta pendapatnya, dan tutroial cara request PIN baru nya mas.
    Salam Asepk1010@gmail.com

  • @klinik.
    saya tidak sependapat. karena saya sendiri menggunakan alamat sejak awal lengkap dg rt dan rw-nya. Yg biasanya dianggap tidak valid, jika tidak mencantumkan no. rumah, krn logikanya, tidak mungkin rumah tidak punya nomor πŸ™‚

    masalah perubahan alamat, tidak masalah dan tidak ada kaitan dg rt rw.

  • Mas saya pernah baca pada saat daftar adsense itu alamatnya salah kalo di kasih RT RW, harus cuman alamat dan No Rumahnya saja, tapi kalo kita sudah di terima di GA dan ingin mengubah alamat tersebut secara lengkap disertai alamat RT RW, Kecamatan, Kabupaten, dan No.Rumah bagaimana di perbolehkan atau tidak ? terima kasih.

  • iya udah baca mas, di link itu dijelaskan kalau memang bener2 mau edit nama penerima bayaran, tp cuma di salah eja aja, itupun indonesia ga bisa keknya, kecuali tutup akun dulu baru ajukan permohonan baru lg. btw, makasih banyak ya mas, ntar klw ada yg ditanyakan lagi, mampir kesini lagi πŸ˜€

  • @guns.
    ya betul krg lebih seperti itu. Tidak masalah, antara alamat di akun adsense, dan alamat ID tidak sama. Sudah baca langsung link yg saya berikan diatas kan?

  • oh gitu, misal pake WU nih mas, nama penerima pembayaran = PAIJO , nama di alamat PT.ANU. nah berarti saat terima PIN, di suratnya itu pake kepada PT.ANU, tapi pas nuker WU di kantor pos, data penerimanya tetep pake PAIJO , gitu bukan?

  • @guns.
    gini mas, itu adalah nama untuk alamat, misalnya saja. kita pake alamat kantor, maka itu bisa kita ganti dg nama perusahaan misalnya. PT. ANU, bla bla bla…..

    alamat ini digunakan untuk mengirim PIN dan cek (jika metode pembayarannya memilih via cek).

    Sedangkan nama penerima pembayaran adalah nama pemilik akun adsense yg sesuai dg kartu identitas. Nama ini memang bisa dirubah, tapi hanya terbatas pada perbaikan salah eja saja. Misalnya, Ahmad, seharusnya ditulis Achmad. Itupun tidak tersedia untuk semua negara.

    lebih jauh tentang hal ini, silakan baca langsung dari sumber Google:
    https://support.google.com/adsense/answer/1208346?hl=id

  • iya betul mas gee jhon, di bagian alamat emang. hmmm..masih bingung mas, bedanya nama penerima pembayaran (tdk bisa diedit) dgn kolom nama di alamat (bisa diedit)? jadi nanti pak pos acuannya pake yg mana mas?

  • @moch.
    masih kurang paham dg maksud pertanyaannya. Ada beberapa item data yg bisa dirubah kemudian di Adsense. Namun, jika pertanyaannya tentang merubah nama penerima pembayaran, maka jawabnya tidak bisa.

  • @tips.
    itu dari beberapa blog mas…

    @haris.
    hmm… krg tau mas Haris, apa alasan penolakan dari Google? Dari situ kita bisa memulai memperbaiki yg kurang2….

    @abu.
    maksudnya optimasi adsense? Silakan eksplore artikel di kategori Tips Adsense, saya sudah banyak sekali mengulasnya.. πŸ™‚

    @iqrozen.
    hehe…. ya itu, disitu kan sudah ada keterangannya. itu pendapatan 28 hari terakhir. πŸ™‚ untuk tips, semua tips sudah pernah saya tulis di blog ini.. πŸ™‚

  • Saya cuma mau tanya, gimana cara optimalisasi blog biar bisa kaya blog Gee Jhon yang doalanya bikin kelilipan nehe hehe

    Salam kenal dari Pulau DOllar