Blogging Dasar

Seberapa Sering Kita Perlu Memeriksa Statistik Blog?

Ada satu hal yang pasti dilakukan oleh semua blogger, yaitu memeriksa statistik blog!

Saya pernah menulis tentang 3 fase yang akan dilewati seorang blogger, dimana pada fase pertama, seorang blogger berada pada keadaan begitu ‘bergairah’ dengan blog barunya. Nah, salah satu yang seringkali dilakukan dengan semangat adalah memeriksa statistik blog.

Anda begitu tertarik terhadap blog baru Anda dan amat bersemangat kepada pengunjung yang mulai berdatangan. Hal ini yang membuat Anda merasa perlu untukย memeriksa statistik blog setiap hari, kadang beberapa kali sehari, atau bahkan beberapa kali dalam sejam!

Lalu kemudian, seiring waktu, Anda menyadari bahwa memeriksa statistik blog terlalu sering, tidak bagus dalam pemanfaatan waktu yang efektif bagi blogger. Karena Anda sekarang mengetahui bahwa trafik dan pengunjung selalu naik dan turun setiap harinya, dan itu sama sekali tidak bisa memberikan cerminan yang bisa dijadikan patokan.

Dan yang jauh lebih penting lagi, alih-alih menghabiskan waktu untuk memeriksa statistik blog, Anda mestinya melakukan hal yang lebih berguna untuk mendatangkan pengunjung baru bagi blog Anda, seperti menulis konten baru, mempromosikan blog di sosial media dan sebagainya.

Pertanyaannya adalah, seberapa sering kita perlu memeriksa statistik blog?

Memang tidak ada patokan pasti seberapa sering perlu memeriksa statistik blog. Karena setiap blog memiliki karakteristik berbeda. Namun, saya bisa katakan bahwa memeriksa statistik sebulan sekali adalah rentang waktu yang paling ideal.

Tentu saja, Anda bisa memeriksa statistik secara sekilas seminggu sekali jika mau, sekadar memastikan bahwa semuanya berjalan baik-baik saja. Tapi, analisis yang mendalam untuk mengetahui apakah strategi yang dilakukan berhasil atau tidak, maka memeriksa statistik dengan basis bulanan adalah yang terbaik.

Inti dari apa yang sampaikan kali ini adalah, daripada kita banyak membuang waktu memeriksa statistik blog terlalu sering, lebih baik gunakan waktu yang ada sebaik-baiknya untuk hal lain yang lebih bermanfaat bagi perkembangan blog. Lagipula, rentang waktu yang pendek (harian), sama sekali tidak mencerminkan keberhasilan maupun kegagalan dari strategi yang kita jalankan.N

ah, bagaimana dengan Anda? Seberapa sering Anda memeriksa statistik blog?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

24 Komentar

  • @arya.
    ya betul sekali mas Arya… ckp sekali semingu lah paling banyak . ๐Ÿ™‚

    @la rusman.
    haha… seperti ada kekuatan yg memaksa kita harus memeriksa stats setiap lima menit ya mas Rusman? Hehe… tapi gapapa lah, sedikit2, nanti lama2 pun akan menyadari dan menjadi realistis dalam hal ini. Sukses selalu mas…

  • hahaha,, beginilah nasib pemula, selalu mengecek statistik blog tiap beberapa jam. entah mengapa bisa seperti itu padahal kita sadar bahwa itu hanya buang-buang waktu dan pengunjung tetap tidak akan bertambah meskipun statistik dibuka setiap menit.

  • @helmy.
    waduh, saya kurang menguasai tentang hal ini, hehe…. tapi biasanya penyebabnya ada di robot.txt. apakah sudah diperiksa dan pastikan bahwa tidak ada crawl yg dicekal oleh robot.txt?

  • Salam bro Gee Jhon..
    Hari ini selepas saya blogwalking di blog ini .sayapun ronda2 di webmaster tool blog saya..ternyata ada artikel yg langsung gak muncul di SERP google..Selepas di check di SEO Analisisnya di Bing Webmaster tool..ini jawabannya :

    SEO Suggestions
    Error Count Description
    1-The description is missing in the head section of the page.
    1-The page is missing meta language information.

    Artikel saya tersebut adalah;
    http://fazryan87.blogspot.com/2014/09/5-cara-menyakitkan-ditempuh-wanita.html

    >>Jadi mohon bantuan mas bro Gee Jhon ..krn artikel saya kadang2 gak muncul si SERP google..dan kesalahan apa yg terjadi pd artikel diatas contohnya..Dan gimana untuk memperbetulkannya..
    Terimakasih sebelumnya atas bantuan mas..dan Salam Sukses selalu.

  • sy ga tau berapa sering tapi setiap login ke gmail biasanya sy buka google analytic juga, buat analisa singkat aja, sambil cari tau jenis postingan seperti apa yang cepat mendatangkan traffic karena tidak semua postingan dicari orang ๐Ÿ™‚

  • @agung.
    setuju.. tapi yg sy maksud dalam artikel ini, adalah melihat statistik blog dg pendalaman. Bukan sekedar melihat tapi menganalisa data secara mendalam. untuk mengetahui apakah strategi yg kita pakai sudah berjalan baik atau tidak. Dan jelas, hal ini tidak perlu dilakukan setiap hari, bukan?

    Jadi, kalau sekedar melihat sekilas statistik, untuk memastikan semua berjalan baik2 saja, tentu saja bisa dilakukan kapan saja. Namun, jika yg dimaksud adalah menganalisa data statistik blog secara mendalam, maka cukuplah dilakukan sebulan sekali atau lebih lama.

  • Tak ada yang salah kalo blogger melihat statistik blog miliknya karena itu privasi mereka, dan bebas kapan pun mau ia cek, because it's their blog. Melihat statistik juga udah jadi habit yang melekat buat blogger, mau itu pemula, mau itu pro, they do the same thing. ๐Ÿ™‚

  • @edi.
    menurut saya lebih akuran dari blogger. Tapi sebaiknya, saya sarankan menggunakan Google Analytic, untuk analisa statistik lebih lengkap dan mendalam.

  • Ane juga sering banget ngecek statistiknya, maklum masih baru. nanya mas gee jhon klo statistik blogger sama histats hasilnya beda yang paling akurat pake yang mana ?

    belajaroffice. com

  • @kangucup.
    tidak perlu dikhawatirkan, tidak masalah kok sama adsense. Kalau sebaliknya, baru masalah. Artinya di blog kita ada link ke situs2 tersebut.

    @afrid.
    hemmm….. Insya Allah, saya akan tetap menulis tentang Menghasilkan Uang Online. Dan kalau dilihat, tidak sepenuhnya kok akhir2 ini hanya menulis ttg blog, terutama ttg adsense saya masih terus menulis artikel baru.

    Tapi, terima kasih sekali sudah mengingatkan. Satu masukkan yg sangat bagus, terima kasih sekali lagi.. ๐Ÿ™‚

  • Blog ini beralamat di Portal Uang.
    Akhir Akhir ini banyak Artikel yg hanya mengenai Blog. Saya Rindu mas Admin membahas Cara Cara dan Tips Tips Jitu lagi menghasilkan Uang Lewat Blog, atau Lewat Media Internet lainnya. Seperti Desain, Freelanc, dll

  • saya juga termasuk yang masih bergairah, karena dalam sehari mungkin 2 – 3 kali, sekedar untuk memeriksa url rujukan yang akhir akhir ini berasal dari situs dewasa. padahal saya tidak pernah mengunjungi situs tersebut, katanya bisa berpengaruh buruk pada akun adsense kita ya mas ?

  • @m. rudianto.
    hehe.. ya gapapa, saya juga dulu begitu di awal2.

    @ilham.
    ya ya… dikurangi sedikit2 ya.. ๐Ÿ™‚

    @wendi.
    ya betul sekali, ๐Ÿ™‚