Blogging Dasar

Sukses Menjadi Blogger? 6 Hal Dasar yang Harus Dimiliki

Artikel ini saya tulis bagi Anda yang masih meragu untuk segera memulai blogging.

“Apakah saya cocok menjadi blogger?”

Pertanyaan itu yang coba saya jawab dalam tulisan kali ini. Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap sukses tidaknya blog Anda kelak.

Ijinkan saya mengatakan yang sebenarnya, bahwa menjadi blogger sukses, tidaklah untuk semua orang. Ada hal-hal ‘khusus’ yang diperlukan untuk sukses dalam blogging, yang mana tidak semua orang memilikinya. Bukan perkara pintar atau bodoh, bukan pula masalah bisa atau tidak, tapi lebih kepada ‘pilihan’, kebiasaan dan mungkin: jalan hidup!

Dan inilah 6 syarat dasar yang dibutuhkan untuk menjadi blogger sukses:

1. Anda menikmati waktu menjelajahi internet

Sukses membangun blog, butuh komitmen waktu yang tidak sedikit, serta bersedia untuk bekerja keras.

Kegiatan blogging tidak berhenti pada saat Anda selesai membuat artikel, lalu mempublikasikannya. Justru itu hanya salah satu saja dari banyak hal yang mesti dilakukan oleh seorang blogger.

Anda perlu melakukan promosi, membaca blog dan website orang. Anda butuh memperbarui pengetahuan dan keterampilan Anda di bidang atau topik yang Anda pilih dan masih banyak lagi.

Nah, sebagian besar pekerjaan blogging adalah kegiatan online. Maka dari itu, untuk sukses sebagai blogger, Anda harus menikmati untuk membaca, mencari, melakukan riset dan berlama-lama menghabiskan waktu di depan komputer berselancar di dunia maya.

2. Anda ‘tidak alergi’ untuk menulis

Jika Anda ‘benci’ menulis, atau menulis bukanlah pembawaan alami Anda, maka kemungkinan blogging tidaklah cocok untuk Anda.

Membangun blog yang sukses, perlu update posting berkualitas secara teratur, dan dalam jumlah banyak! Butuh menanggapi komentar yang masuk juga berkomentar di blog lain dan masih banyak lagi. Semua faktor penunjang sukses itu adalah melulu berkaitan dengan kegiatan tulis-menulis.

Intinya, untuk menjadi blogger sukses Anda perlu menjadi seorang penulis yang produktif, yang mencintai kegiatan tulis-menulis.

Bagaimana jika saya tidak bisa menulis saat ini? 

Sebenarnya, saya yakin semua orang bisa menulis. Bedanya, ada yang menikmatinya, ada yang tidak. Yang paling dibutuhkan, sebenarnya adalah upaya untuk terus meningkatkan diri menjadi penulis yang lebih baik.

3. Anda mencintai topik yang dipilih

Blog yang berhasil adalah blog yang artikelnya di-update artikel sesering mungkin, dengan menghadirkan artikel berkualitas sesuai topik yang dipilih.

Jika Anda hanya sedikit saja menyukai topik yang Anda pilih sendiri, akan menjadi hal yang cukup ‘sulit’ nantinya untuk senantiasa bisa menyuguhkan posting dan komentar yang segar, menarik dan menginspirasi orang lain.

Dengan memilih topik yang Anda benar-benar menyukai dan bergairah tentangnya, akan memudahkan Anda bisa menghadirkan konten blog dengan senyum gembira setiap harinya.

Lebih jauh tentang topik blog, silakan baca panduan memilih topik blog terbaik.

4. Anda berkomitmen tinggi

Sukses ngeblog perlu komitmen tinggi dalam hal waktu dan usaha keras. Jelas, ini membutuhkan disiplin diri dan motivasi yang kuat. Anda harus mampu memasukkan aktivitas blogging ke dalam jadwal kegiatan hari-hari Anda, dan setia mengikuti jadwal tersebut.

5. Anda nyaman menyampaikan pendapat dan ide

Sebagai blogger, artinya Anda menyampaikan pemikiran dan pendapat pribadi kepada komunitas online yang akan dibaca oleh siapa saja.

Betul, memang ada yang sukses ngeblog dengan menulis secara anonim, namun hal ini bukanlah hal wajar dan umum. Untuk menarik banyak pengunjung dan diterima baik di dalam blogosphere, Anda perlu memberi tahu identitas dan berbagi sedikit tentang diri Anda.

Yang jadi permasalahan adalah, tidak selamanya semua orang setuju dengan pendapat Anda. Suatu saat akan terjadi dimana orang tidak setuju dengan pemikiran, ide dan pendapat Anda. Dan seringkali hal ini diungkapkan oleh mereka dengan kritik tajam, ejekan yang menyakitkan.

Sebagai blogger sukses, Anda harus nyaman menyampaikan pendapat Anda, dan mampu menanggapi kritik paling pahit sekalipun.

6. Anda tidak ‘gagap’ teknologi dan mau belajar

Bagaimanapun, ngeblog butuh pengetahuan teknis tentang dunia internet dan bagaimana menjalankan berbagai aplikasi. Jika Anda ‘takut’ terhadap komputer, mungkin blogging bukan untuk Anda. Namun demikian, jika Anda berkemauan untuk belajar, maka itu bukanlah perkara sulit.

Dunia blogging khususnya, teknologi komputer umumnya, adalah dunia yang selalu berkembang. Bahkan seorang blogger yang telah sukses pun, tidak berhenti untuk terus belajar hal-hal baru untuk memperbaiki blog mereka.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Anda jadikan rujukan, apakah ngeblog memang adalah ‘dunia’ Anda. Jika masih kurang, Anda bisa mengisi kuis blogger, untuk mengetahui lebih jauh, apakah Anda memang cocok menjadi blogger yang sukses.

Senang jika Anda berbagi melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

13 Komentar

%d blogger menyukai ini: