Monetisasi Blog

Ada Berapa Banyak Jaringan Periklanan di Luar Sana?

Cobalah Anda ketikkan kata kunci ‘ads network’ di Google.

Ada berapa situs jaringan periklanan yang muncul? Termasuk yang berupa iklan di bagian atas dan samping kanan halaman?

Banyak sekali bukan?

Ya, hampir setiap minggu saya menerima email dari bermacam ads network. Yang kesemua isinya hampir senada, kira-kira seperti ini (sudah saya terjemahkan):

Hi Gee Jhon,
ย 
Nama saya ‘X’ dari ‘XYZ’ advertising network, pemimpin global dalam industri CPM dan banner advertising. Saya coba menawarkan apakah kita bisa bekerjasama yang saling menguntungkan.
ย 
Kami memiliki sistem dan platform terbaik, yang menjamin rating CPM tertinggi, sehingga memaksimalkan hasil dan potensi penghasilan terbaik, ditunjang dengan optimasi yang fleksibel dan dukungan penuh dari kami, serta fleksibilitas dalam metode pembayaran.
ย 
Kami memiliki inventori pengiklan yang sangat baik, yang siap menempatkan iklan mereka di situs Anda! Dan seterusnya…. dan seterusnya….
Jarang sekali, pada akhirnya saya mencoba mendaftarkan diri ke jaringan-jaringan periklanan tersebut, karena sampai saat ini saya masih memilih menjalankan Google Adsense sebagai model monetisasi utama. Karena itu saya tidak tahu seberapa bagus kinerja mereka.

Tapi memang, beberapa saya mencobanya juga, seperti Geniee dan YesAdvertising. Dan hasilnya, jujur, cukup bagus, tapi tetap tidak sebagus Google Adsense.

Bagi Anda yang sedang mencari program alternatif terbaik Adsense, silakan baca: 10 Alternatif Adsense Terbaik.

Namun, bukan itu masalahnya. Ada satu pertanyaan di benak saya: ‘Bagaimana bisa sebegitu banyaknya pemain advertising network dapat bertahan?’

Entahlah….

Apakah mereka semua mendapatkan hasil yang cukup besar? Jika tidak, bagaimana mereka dapat bertahan? Atau, mungkinkah pasar periklanan online sebegitu besarnya, sehingga mereka sama-sama mampu bertahan?

Bagaimana menurut Anda?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

13 Komentar

    • Wah, sy sendiri blm tahu Dan blm pernah coba tuh bos. Jd gak bisa beri komentar apapun. Coba saja bos, nnti bagikan pengalamannya di portal uang, hehe…

      • iya baru saya coba kemarin mas, iklannya bagus, tapi saya cari keterangan dari teman2 blogger juga belum ada, yg banyak penjelasan dari bule

  • @afrid.
    ya gitu deh, saya blm menemukan yg lebih baik dari Adsense secara keseluruhan.

    @heriyanto.
    ya, tidak apa2. saya sendiri memilih 'no' untuk semua blog… ๐Ÿ™‚

  • wah iya nih mas, saya baru aja mau tanya soal ini, kebetulan saya juga dapat email dari admin swithcads, dan penawarannya sama kayak yang mas Gee Jhon jelaskan diatas, tapi saya agak ragu mas, soanya saya nyari review tentang swithcads, semuanya masih belum jelas mas.

    Oh iya nih mas, sya ingin bertanya nihmas, hehe gk apa2 kan saya sering nanya ke mas Gee John?

    hmm ini berkaitan dengan menu earning yang ada di menu blogger, kan dari menu tersebut kita bisa langsung tampilin iklan GA, dengan memilih opsi "yes" pada bagian "Show ads on blog", nah apakah jika saya memilih opsi "No" itu tidak apa2 mas, soalnya ukuran iklan yang disediakan dari menu earning tersebut menerut saya tidak selengkap dibandingkan unit iklan yang kita buat langsung dari akun GA kita mas. hehe itu aja mas yang ingin saya tanyakan, sebelumnya saya ucapin terimakasih mas Ge Jhon karena selalu menjawab pertanyaan saya ๐Ÿ˜€

  • kayaknya Google Adsense tetap yg terbaik ya mas.
    pernah juga nyoba pake yg lain. tapi tetap yg terbaik google adsense.
    kadang-kadang agak aneh juga pakai yg lain. karena isi iklannya kosong dan malah disuruh untuk beriklan di website mereka. lalu kalau pakai yg lain juga, iklan-iklannya aneh-aneh. dan ngga baik banget untuk dilihat oleh anak-anak