Blogging Dasar

Tahukah Anda Kenyataan Blogging yang Sesungguhnya?

Ngeblog adalah salah satu cara yang sangat bagus untuk saling bertukar informasi, dan inilah semangat utama dari kegiatan blogging itu sendiri.

Namun tidak dipungkiri, bahwa banyak sekali orang yang mulai membangun blog dengan tujuan untuk mencari uang, atau yang akrab disebut dengan istilah: blogging for money.

Tidak ada yang salah dengan hal ini, dan saya telah menjelaskan secara agak panjang lebar tentang itu dalam artikel:ย Apakah Anda Benar-benar Bisa Menghasilkan Uang dari Blog?

Lalu, bagaimanakah sebenarnya kenyataan dunia blogging yang sesungguhnya? Inilah yang coba saya jawab dalam artikel ini.

Saya menulisnya, karena masih melihat begitu banyak mereka yang baru berpikir untuk membangun sebuah blog, masih saja menyimpan keraguan tentang banyak pertanyaan seputar blogging, seperti:

Benarkah saya bisa menghasilkan uang dari blog? Berapa lama waktu yang saya butuhkan? Apa saja yang mesti saya lakukan untuk membangun blog yang sukses? Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

Nah, inilah sebagian kenyataan blogging yang sebenarnya, dengan harapan membuat pikiran kita jadi lebih terbuka lagi.

Cara bagus menghasilkan uang

Inilah hal pertama yang ingin saya sampaikan, bahwa benar dari blogging Anda dapat menghasilkan uang. Namun juga saya tegaskan bahwa blogging sama sekali bukanlah cara ‘cepat kaya’ atau cara mudah menghasilkan banyak uang dalam semalam.

Lebih jauh tentang ini, bisa Anda baca pada artikel-artikel saya sebelumnya. Inilah beberapa di antaranya:

Usaha jangka panjang

Mungkin ada beberapa blogger super yang mampu berpenghasilan cukup dari blog mereka hanya dalam beberapa bulan saja. Namun, saya yakini bahwa itu bukanlah ‘kebiasaan’ pada umumnya. Ya, faktor keberuntungan mungkin ikut berperan.Namun, kebanyakan mereka yang sukses membangun blog yang menghasilkan, baru dapat memetik hasilnya dalam 6 bulan atau lebih..

Blogging adalah masalah persisten, dimana Anda dituntut konsisten melakukan apa yang mesti dilakukan, meskipun di awal-awal tidak menghasilkan apa-apa.Beberapa artikel yang mungkin bisa jadi acuan:

Sabar, sabar dan sabar

Melanjutkan poin di atas, kesabaran adalah kunci utama sukses dalam blogging. Saya menegaskan hal ini, karena banyak blogger pemula yang tidak menyadari kenyataan ini.

Mereka hanya mendengar bahwa blogger ‘A’ mampu menghasilkan $100/hari, lalu mereka mulai putus asa demi melihat diri sendiri bahkan tidak mampu menghasilkan $1/hari sekalipun! Tanpa melihat berapa banyak usaha keras yang telah dilakukan oleh blogger ‘A’ tadi dalam membangun blognya selama bertahun-tahun! Untuk mendatangkan trafik dan otoritas!

Sabar, adalah hal terpenting. Sebuah blog sungguh butuh waktu untuk berkembang dan mencapai potensi terbaiknya.

Kerja keras akan terbayar lunas

Anda pasti setuju, bahwa tidak ada satupun blog yang langsung mendatangkan ratusan ribu trafik sejak hari pertama. Dan nyatanya ada begitu banyak hal yang perlu dilakukan seorang blogger untuk mendatangkan trafik secara konsisten, yang semua itu butuh: kerja keras!

Tidak ada satupun blogger sukses yang mengatakan:

‘Saya hanya menulis artikel sebulan sekali. Tidak pernah pusing dengan promosi. Belajar sesuatu yang baru dan menambah pengetahuan? Hemm… saya malas melakukannya. Saya blogging dengan sangat santai. Tapi, nyatanya saya masih bisa menghasilkan $1000 per bulan dari blog saya!’

Yang akan dibayar, hanyalah kerja keras Anda, bukan lainnya!

Plagiat dimana-mana

Satu saran saya: jika Anda tidak bersedia karya tulis Anda, atau konten Anda ‘dicuri’ orang lain, maka sebaiknya jangan menjadi seorang blogger!

Ya, betul. Ini adalah kenyataan. Semakin bagus blog Anda, semakin berkualitas konten Anda, maka semakin besar peluang Anda menjadi korban plagiat. Mereka yang memanfaatkan kerja keras orang lain, yang pemalas dan cukup ‘tidak tahu malu’ mengakui karya orang lain sebagai karya miliknya, akan selalu ada!

Sekeras apapun usaha Anda untuk mencegah konten Anda ‘dicuri’, tidak akan mampu mencegah sepenuhnya. Sekali konten atau artikel Anda dipublish, saat itu pula kemungkinan dicuri selalu terbuka.Jadi, yang terbaik adalah, jangan terlalu memusingkan hal ini. Bersiap diri dengan kenyataan blogging yang satu ini.

Kesimpulan

Sebagai orang yang baru memulai, semestinya Anda menyadari berbagai kenyataan blogging yang sebenarnya serta mempersiapkan diri sebelum membangun blog yang sukses. Ini akan jauh lebih baik, karena secara sadar telah mengetahui kemudahan dan kesulitannya.

Blogger yang sukses adalah blogger yang realistis!

Terakhir, saya ajak Anda untuk meninggalkan komentar, karena saya senang berdiskusi tentang dunia blogging yang (menurut saya) menggairahkan dan penuh tantangan.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

19 Komentar

  • sangat Bermangfaat dan sangat memotifasi om gee…. terutama yang plagiaters…. tapi sekarang pokoknya nulis,, bagusin seo yang mampu, dan terus belajar hehehe…masalah di copas enggaknya tak serahin sama yang maha kuasa yang penting bermangfaat bagi pembacanya hihiih

  • Realita nyari duit di dunia maya, adsense yg paling lama dapet earningnya tuh youtube. Nggak semua org liat iklan di video kita. Rata2 saya ngasilin 60 PV dan 1-3 klik tiap hari.

  • @achmad.
    hem…. knp mesti tidak PD, toh kita tidak perlu mengeluarkan modal apapun tuk mengikuti adsense.

    mengenai niche, sebenarnya blog campur2 pun tidak masalah. Hanya saja adsense memang lebih menyukai niche blog. Tapi sekali lagi, itu tidaklah jadi penghalang untuk menjalankan adsense.

  • wah,saya mulai ngeblog dari 2006,waktu itu gk ada pikiran cari uang dari blog.
    cuma senang nulis aja dan berbagi ilmu kepada pembaca.
    semenjak traffik meningkat +/- 300/hari di tahun 2013,jadi kepikiran cari uang dari blog,dan mulai cari2 ilmunya.
    tapi saya gk PD ikut adsense,gan.niche blog saya tidak mengerucut,meski banyak artikel dengan tema yg sama.
    kalau ada 2 niche gimana gan?

  • @hidup.
    benar, 100%. ๐Ÿ™‚ tetap semangat!

    @leony.
    hemm…. cukup lama juga. Memang blogging butuh waktu dan kesabaran, namun kita juga harus punya target. Kapan kita mencapai apa?! Sehingga benar2 kerja keras kita itu dapat terukur dan memastikan semua berjalan dalam rel dalam mencapai target.

    Mengenai plagiarism, ya…. itu memang resiko, Blog ini pun tidak luput dari itu. Sampai skr sya mencatat sudah lebih dari 200 blog yg copas konten PortalUang.. ๐Ÿ™‚

  • poin2 ini yang perlu kita sadari mas, tidak mungkin dalam semalam menjadi kaya, sebagai blogger saya mulai dari tahun 2012 dan hingga detik ini saya masih belum menghasilkan uang yang besar, itupun saya tetap tidak menyerah dan terus berkarya. gagal adalah hal biasa bukan heheeh.. apalagi Plagiat, blog saya memang menjadi incarannya.

  • kerja keras dan kesabaran memang kunci yang paling utama mas, dan tidak semua orang mampu bekerja keras dengan dibarengi kesabaran, terimakasih atas sharing nya. dengan ini bisa menjadi memotivasi kembali bagi saya untuk bisa semangat lagi dalam dunia blog..

  • @djangkaru.
    sip deh kalau begitu. Memang ada banyak sekali cara mendapatkan uang melalui blog. Semoga tambah sukses… ๐Ÿ™‚ Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

  • aku ngeblog sudah menghasilkan uang, uang dari hasil rapi-rapi dan membuat template atau blog untuk orang lain. lumayan bisa untuk beli bakso lima mangkok.
    Betul sekali, jangan buat posting jika artikel di copas orang lain. tetap semangat untuk ngeblog.

  • @heri.
    betul sekali, sabar memang 'segalanya', hehe… saya pun sama, baru bisa menghasilkan $100 pertama dari blog butuh waktu 7 bulan lamanya!

    Jadi, memang tidak ada yg instan, kecuali mie…. ๐Ÿ™‚

  • Mantap Mas Jhon….sangat realistis…..Menurut Saya SABAR adalah Jurus yang paling ampuh untuk menemani seorang Blogger..disamping Kerja Keras Tentunya….saya ajah seorang Pemula..butuh Waktu 6 sampe 7 bulan Buat bisa dapat Visitor 40/Day hehehhe,,,sekedar Berbagi maa Jhon…sukses selalu Untuk Mas Jhon….

%d blogger menyukai ini: