Bisnis Afiliasi

Apa Itu Affiliate Marketing? Sebuah Panduan Dasar

Salah satu metode untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjalankan affiliate marketing (pemasaran afiliasi).

Bahkan bisa dikatakan model afiliasi ini adalah salah satu cara terbaik memberikan pendapatan yang besar dan konsisten dari blog.

(secara lengkap bagaimana cara mendapatkan uang dari blog, bisa Anda temukan dalam artikel: ringkasan cara mendapatkan uang dari blog).

Lalu, apa dan bagaimana sebenarnya cara kerja affiliate marketing ini? Jika Anda belum mengetahuinya, maka artikel ini adalah untuk Anda.

Secara ringkas afiliasi adalah:

‘sebuah cara sederhana untuk menjual produk atau jasa pihak lain, dan mendapatkan komisi’

Ya, sesederhana itu. Bahkan seluruh prosesnya, dari memulai keikutsertaan, mempromosikan sampai Anda benar-benar menghasilkan uang, juga sangat-sangat sederhana.

  • Perusahaan-perusahaan besar, seperti Microsoft, HP, Apple dan sebagainya, bekerja sama dengan penyedia pemasaran afiliasi (affliate provider), dan membekali mereka dengan materi iklan produk mereka, dan membayar mereka untuk itu.
  • Anda kemudian bekerja sama sama dengan penyedia pemasaran afiliasi tersebut (yang bertindak sebagai penengah), lalu memilih produk-produk yang tersedia dalam bentuk banner atau teks link, atau pun bentuk lainnya.
  • Lalu, Anda memasang banner atau link tersebut di beberapa posting blog yang relevan atau di tempat khusus di blog / website Anda.
  • Selesai.

Nah sekarang, ketika orang-orang membaca posting atau mengunjungi blog Anda, maka mereka pun akan melihat iklannya lalu mengkliknya. Dan jika mereka melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi. Seluruh proses inilah yang disebut sebagai: affiliate marketing!

Dengan kata lain, secara lebih sederhana adalah: Anda mengafiliasi terhadap suatu produk, lalu bekerja bagaimana caranya agar terjadi penjualan.

Lalu, dimana tempat terbaik untuk mulai menghasilkan uang dari program afiliasi ini?

Ada sangat banyak, namun 2 di antaranya yang paling terkenal adalah Amazon Assosiates dan Clickbank. Selain 2 itu, banyak lagi lainnya, baik yang memasarkan produknya melalui perantara maupun yang langsung menyediakan program afiliasi secara mandiri.

Salah satu toko online terbesar di Indonesia, yaitu Bhinneka juga menyediakan program afiliasi ini. Dan masih banyak lagi lainnya, tinggal Anda menyesuaikan dengan tema atau topik blog Anda sendiri.

Nah, itulah pengertian dan cara kerja dari program afiliasi. Insya Allah besok-besok saya akan menyambung artikel ini dengan berbagai tips bagaimana menjalankan serta meningkatkan penghasilan dari program afiliasi. Agar tidak ketinggalan (hehehe…) silakan berlangganan via email.

Bagaimana? Tertarik menjalankan affiliate marketing? Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

19 Komentar

  • tambahan mas john… blog saya sudah termasuk mempunyai trafik tinggi coba cek aja yang judulnya bengkel ndeso jos. dan tolong beri penjelasan. kirim di email aku.

    • salam kenal juga bos… pertama sekali saya ingin menyampaikan, mohon untuk memberi komentar yg relevan dg topik artikelnya, agar terjadi diskusi yang ‘asyik’.

      Bila punya pertanyaan lain, sebaiknya lemparkan saja ke forum, pasti akan saya jawab, atau oleh temen2 yg lainnya.

      Mengenai pertanyaannya:
      Agar tdk terdeteksi, silakan hapus (minta penon-aktifan) akun adsense yg lama. Buang juga data pada GWT yg menggunakan email lama (yg terkait dg akun adsense tadi).

      Buatlah email baru, yg benar-benar baru. Artinya email tersebut sama tidak terkait dg email yg pernah didaftarkan ke adsense, misalnya mengaitkan email lama sebagai email pemulihan, maka itu percuma karena email yg digunakan sebagai email pemulihan dianggap milik satu orang.

      Nah, jika semua serba baru, baru daftarkan kembali. Tapi sebaiknya periksa dan pelajari lebih dulu, semua aspek blognya, perbaiki apa saja yg kurang, dan tambahkan apa2 yg perlu ditambahkan.

      Satu lagi, jangan terburu2 mendaftar ulang. Tunggu 1 – 2 bulan.

  • Salam bang aku mau tanya nih.. aku sudah berulang ulang memperbaiki kesalahan diblog saya ko’kenapa masih ditolak dan bagai mana mengganti untuk pendaftaran baru. sebab blog yang aku perbarui tidak muncul di searc consule tapi yang muncul blog lawas yang ditolak. jadi setiap aku daftar ulang selalau kesalahnya sama. bagai mana cara mengatasinya??? terimakasih..

  • Saya mencoba berkali-keli di Amazon, kok sepertinya sulit banget ya mas?
    Kunci utama itu ada di konten blog atau di seringnya kita mengelola ya? maksud saya mengelola apakah harus setiah hari website dibuka dan dikenalkan ke publik…atau bagaimana? juga produk2 yang kemungkinan banyak dicari itu sulit juga ya menentukannya.

    Thanks buat artikelnya mas…
    Salam

    • kunci utamanya tetap ada pada konten mas Maryono, dg konten bagus, upaya promosi dan lainnya akan jadi lebih mudah, karena konten yg bagus ‘mampu memasarkan dirinya sendiri’.

  • Saya beri tambahan jawaban buat mas @afrid, memang benar apa yang di katakan mas gee jhon di atas, dan saya tambahkan sedikit. apabila kita mempunyai blog tentang tutorial affiliasi lalu di pasang iklan affiliasi mungkin tidak ada yang meng-klik iklan affiliasi kita, namun lain halnya jika kita mempunyai blog tentang harga dan spesifikasi produk, kemungkinan besar iklan kita akan di klik orang.

  • @george.
    ilmu bisa dipelajari kemudian, sedikit demi sedikit mas. yg terpenting lgsung action! lakukan.

    @edi subarkah.
    boleh mas… tidak ada masalah.

  • @afrid.
    menurut saya, itu terlalu skeptis. Karena berapa banyak org yg mau 'menyibukkan' diri dan bersusah payah menjadi affliater? Hanya untuk membeli sebuah produk?

    Mungkin sama dg kita2 sebagai blogger. Jujur saja, saya bisa dikatakan hampir tidak pernah mengklik iklan saat membaca blog / website apapun. Saya yakin begitu pula dg Anda bukan? Nah, tapi Jika saya berpikir bahwa semua org sama dg saya, maka tidak ada gunanya sy pasang iklan di blog ini! Tapi, nyatanya? Akan selalu ada org yg mengklik iklan.

    Seberapa sering Anda mengklik iklan saat menonton Youtube?

    Jadi, akan selalu ada org yg membeli melalui link afiliasi, bahkan mereka tidak terlalu memusingkan, apakah itu afiliasi atau bukan. Mereka hanya tertarik ingin membeli.

    dan nyatanya sampai sekarang bisnis ini tetap berjalan dg baik dan efektif. Itu jelas bukti bahwa model ini tetap akan berjalan dg baik. Skenario bahwa org akan berbondong2 menjadi afiliasi palsu untuk membeli sendiri produknya lewat link afiliasi sendiri, saya kita itu skenario yg terlalu berlebihan? Bagi org yg membutuhkan produknya dan punya uang, ngapain repot2 jadi afiliasi? Kita yg jadi afiliasi adalah org yg BUTUH uang, tapi yg butuh produk, tidak butuh uangnya, tapi butuh produknya.

    demikian… pendapat saya.. 🙂

  • Saya rasa mas, Bisnis Affiliasi atau Affiliate punya kelemahan paling fatal. contoh kasusnya seperti di Amazon Assosiates. Contoh : di Amazon kita bisa mendapatkan uang dari Afiliasi bila kita berhasil menjual produk milik amazon ke orang lain melalui link affiliate-nya. nah pertanyaannya. bagaimana kalau seaindainya orang tersebut paham dan mengerti dgn model bisnis ini. tentu saja ia akan membeli produk amazon menggunakan link affiliate palsu yg ia buat sendiri. ini sebenarnya udah jadi polemik sendiri buat amazon.com tapi hingga sekarang bisnis ini berjalan dan efektif. untuk orang-orang yg ngga paham dan ngga mengerti model bisnis affiliate. bagaimana kalau semua orang paham dgn model bisnis ini. tentu saja semua orang akan ramai berbondong-bondong membuat link affiliate palsu di amazon. dan setelah itu mereka akan membeli di link affiliate-nya sendiri. jelas banget model bisnis ini udah ngga efektif bagi orang yg paham bisnis.

    bagaimana mas menurut mas.
    oh ya, affiliate juga konon katanya bikin sebuah harga produk jadi mahal. saya sendiri udah ngga lagi belanja di toko online yg menjediakan affiliasi. toko online yg menyediakan affiliasi. konon hargany mahal-mahal karena mereka harus membayar affiliasinya juga. kalau di toko online yg ngga ada affiliasinya. tentu saja harganya murah meriah. karena ngga kena biaya affiliasi. atau kalau orang bilang afiliasi itu calo ya mas.

%d blogger menyukai ini: