Monetisasi Blog

Inilah 10 Alternatif Google Adsense Terbaik

Alternatif Google Adsense terbaik – Ada banyak alasan untuk memilih Google Adsense dan mengapa Adsense masih menjadi pilihan utama sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari blog melalui program periklanan.

Namun, beberapa blogger tidak bisa menjalankan Adsense dengan berbagai alasan, mungkin kebetulan blognya tidak cocok, mungkin berkali-kali ditolak Adsense, mungkin pula setelah diterima akhirnya dibanned karena adanya pelanggaran terhadap kebijakan Adsense.

Namun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menghasilkan uang dari blog tanpa Adsense. Nyatanya, ada banyak sekali program periklanan yang layak dijalankan. Dan dari sekian banyak itu, kali ini saya coba memilihkan 10 yang terbaik sebagai pengganti Google Adsense.

Dasar dari pemilihan ini, beberapa memang saya telah mencobanya sendiri, beberapa saya dapat informasinya dari teman-teman yang menjalankannya dan berhasil cukup baik, sisanya hasil ‘survey’ dari berbagai sumber.

Alasan lain, mengapa saya menulis artikel ini, karena cukup banyak juga yang menanyakan kepada saya mengenai alternatif Adsense terbaik ini.

Dan inilah alternatif Google Adsense terbaik (versi Portal Uang, hehehe….), yang saya susun secara urut berdasarkan penilaian dari yang terbaik, namun dengan susunan terbalik mulai dari nomor 10.

10. Infolinks

alternatif Adsense terbaik 2014, Infolinks

Infolinks adalah program advertising sistem pay per click yang memungkinkan Anda menghasilkan uang dari blog berdasarkan keyword spesifik tertentu. Cara kerjanya, Infolinks akan mengindeks halaman blog Anda, lalu menambahkan hiperlink pada teks artikel secara otomatis.

Perusahaan ini membayar melalui Paypal, transfer bank, cek, Western Union dan Payoneer, dengan batas pembayaran sebesar $50.

9. Kontera

kontera, alternatif Adsense Terbaik 2014

Kontera bekerja mirip-mirip seperti Infolinks. Ini juga merupakan ads network berbasis teks yang akan menambahkan link pada teks. Saya anggap kontera lebih baik dari Infolinks karena lebih mudah untuk menjadi publishernya, sehingga ini cocok bagi blog kecil atau blog baru.

Pembayaran bisa dilakukan melalui Paypal dengan batas minimum sebesar $50. Selain itu, jika mau Anda bisa pula menyandingkannya dengan Google Adsense bersamaan.

8. Amazon Associates

amazon associates - alternatif adsense terbaik 2014

Amazon mungkin adalah toko online terbesar di dunia, ini salah satu alasan bagus untuk mencoba menjalankannya dengan serius.

Jika Anda memiliki blog atau website yang membicarakan tentang produk yang dapat ditemukan di Amazon, maka program ini kiranya dapat bekerja baik untuk Anda. Sistem yang digunakan adalah afiliasi, dimana Anda akan memperoleh sejumlah komisi dari setiap transaksi penjualan yang terjadi.

Satu kekurangan Amazon Associates, menurut saya, adalah hanya menyediakan pembayaran melalui cek, yang mana dapat memakan waktu beberapa minggu untuk sampai ke tangan kita. Namun secara umum, Amazon cukup bisa diandalkan.

7. BuySellAds

BuySellAds - pilihan selain Google Adsense

Jika Anda berniat menjual space iklan secara langsung, namun tidak tahu harus mulai dari mana untuk mencari klien, maka BuySellAds adalah tempat yang tepat.

BuySellAds memungkinkan Anda menjual space iklan kepada banyak klien, bergantung dari beberapa kriteria yang mereka tentukan, biasanya trafik adalah pilihan utama. Semakin besar trafik, semakin banyak peminat yang bersedia bekerjasama memasang iklannya di blog Anda.

Cara ini menjanjikan penghasilan yang sangat baik, tapi dengan syarat Anda memiliki trafik yang cukup tinggi untuk bisa menjadi publisher BuySellAds.

BuySellAds memberi Anda 75% bagi hasil, dengan pembayaran 2 minggu sekali melalui Paypal, tanpa batas minimum pembayaran.

6. Geniee

Geniee - iklan alternatif Adsense

Pertama kali saya tahu Ads-Network ini dari email, dan setelah saya mencobanya dalam beberapa bulan, ternyata cukup bagus hasilnya.

Dan karena saya sudah pernah mengulasnya secara khusus, silakan baca: Geniee – Alternatif Dapat Uang dari Blog.

5. Clicksor

clicksor - pengganti Adsense yang terbaik 2014

Anda bisa memilih jenis iklan teks, kontekstual dan pop-ups. Clicksor sudah cukup lama dikenal sebagai alternatif terbaik. Untuk menjadi publisher relatif sangat mudah, tidak sesulit Google Adsense.

Mereka memberi share sebesar 60%, tergantung dari jenis iklan yang dipilih (iklan pop-ups biasanya memberi hasil lebih besar). Mereka membayar melalui Paypal dan cek, dengan pembayaran minimum $50.

4. Qadabra

Qadabra - alternatif Google Adsense

Qadabra berbasis eCPM, dan saya menemukan Qadabra dan platform mereka sangat mudah dan sederhana.

Qadabra menyediakan cukup banyak ukuran unit iklan, termasuk juga iklan pop-ups. Pembayaran bisa dilakukan melalui Paypal (minimal $1), Payoneer (minimal $20) dan wire transfer (minimal $500). Sangat cocok untuk memulai memonetis blog jika Anda telah memiliki Paypal.

3. Chitika

Chitika - pilihan selain Adsense terbaik

Alasan mengapa saya menempatkan Chitika pada urutan ketiga, adalah karena Chitika bisa dikatakan sama dengan Adsense, dan ini adalah program periklanan kedua yang saya jalankan setelah Adsense.

Chitika memungkinkan Anda melakukan kustomasi unit iklan, namun hanya menyediakan iklan kontekstual. Pendaftarannya yang relatif mudah, juga salah satu kelebihan Chitika.

Pembayaran dilakukan melalui Paypal (minimal $10, yang sangat cocok bagi pemula) dan cek (minimal $50). Jika saya diminta rekomendasi alternatif bagi Google Adsense, maka Chitika adalah pilihan utama yang saya pilih.

2. Adversal

Adversal - pilihan utama pengganti Adsense

Adversal adalah alternatif Adsense yang sangat baik, bekerja sama bagusnya dengan Chitika. Namun kelebihannya dibanding Chitika, Adversal juga menyediakan beberapa opsi lain, seperti pop-under dan iklan berbasis CPM. Juga bagus untuk blog non-english, termasuk Bahasa Indonesia.

Saya menjalankan Adversal pada beberapa blog saya yang lainnya, dan melihat nilai CTR-nya cukup bagus. Sehingga, saya menempatkan Adversal pada urutan kedua sebagai alternatif Adsense terbaik.

Jika ada kekurangannya, mungkin adanya syarat blog Anda harus memiliki PV minimal 50.000 per bulan agar diterima sebagai publisher. Namun, sekali disetujui, Adversal dapat memberi peluang besar sebagai sumber penghasilan dari blog.

1. Affiliati Marketing

Dan inilah alternatif paling baik sebagai pengganti Adsense, bahkan bisa jadi, jika benar-benar dilakukan dan dijalankan secara total, hasilnya akan jauh lebih besar dari Adsense itu sendiri.

Ya. Pemasaran afiliasi adalah pilihan utama untuk menghasilkan uang dari blog.

Lebih jauh tentang seluk beluk dan bagaimana memulai pemasaran afiliasi ini, silakan baca: Apa Itu Affiliate Marketing? Sebuah Panduan Dasar.

Kesimpulan:
Seperti saya sampaikan di awal tulisan ini, mungkin Anda adalah salah satu yang tidak bisa menjalankan Google Adsense sebagai sarana monetisasi blog, dan itu sama sekali bukanlah halangan untuk bisa menghasilkan uang dari blog Anda.

Ada begitu banyak alternatif selain Adsense yang dapat diandalkan sebagai sumber penghasilan. Bahkan, jika pun Anda saat ini juga menjalankan Adsense, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu atau beberapa program di atas. Seperti pepatah lama mengatakan: ‘Janganlah menaruh telur dalam satu keranjang’.

Kuncinya adalah diversifikasi, jangan hanya mengandalkan satu program, melainkan cari mana yang terbaik, bila perlu gabungkan bersama-sama.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.


Update Maret 2016:
Alternatif Adsense lainnya:

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

90 Komentar