Blogging Dasar

Galau Ngeblog: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kembali, saya mengupas tentang rasa frustasi dalam blogging. Selain sering sekali dialami oleh para blogger, juga karena kemarin saya ngobrol-ngobrol sedikit dengan seorang kawan.

‘Saya lelah sekali mengelola blog,’ katanya. Lalu saya tanya mengapa ia merasa seperti itu.

‘Saya kehabisan ide,’ jawabnya singkat.

‘Oya? Tulis saja tentang itu,’ kata saya. ‘Tulis tentang hal kamu yang sedang kehabisan ide,’ saya lanjutkan.

‘Ah…. aku serius nih, kok malah bercanda sih?’ dia menjawab dengan nada kesal.

‘Loh, betul. Saya juga serius,’ jawab saya.

Ya, itulah. Kenyataan memang, semua blogger pasti mengalami (pada kadarnya masing-masing) saat dimana ia merasa seolah tidak tahu lagi harus menulis apa, melakukan apa untuk blognya, . Tidak terkecuali saya sendiri.

Saat-saat seperti itulah yang membuat banyak blogger akhirnya berhenti dan menyerah. Saat-saat itulah yang saya sebut ‘galau blogging’. Hehehe….

Nah, jika Anda saat mengalami hal seperti kawan saya tadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, sehingga mampu bertahan untuk terus mengelola blog.

Dan inilah 5 hal yang saya lakukan untuk mengatasi rasa galau dan frustasi blogging:

1. Rubah desain blog Anda

Penataan ruang dan cat baru, bisa merubah suasana sebuah ruangan bukan? Nah, jika itu berlaku untuk ruang tamu Anda, kenapa tidak berlaku untuk blog Anda?

Dan ya, nyatanya tidak ada orang yang lebih banyak melihat blog Anda dan desainnya dibanding Anda sendiri, sehingga mungkin timbul rasa bosan dan monoton.

Rubahlah!

Rubah warna, ganti gambar atau buat logo baru di header, bisa juga tambahkan gadget baru di sidebar yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya dan sebagainya.

Merubah tampilan blog Anda ke suasana baru, sedikit banyak akan merubah cara pandang dan perasaan terhadap blog Anda sendiri. Dan jika saat ini perasaan Anda sedang negatif, tentu akan berubah menjadi lebih positif lagi.

2. Menulis sesuatu di luar topik blog

Betul. Ada beberapa orang yang ngeblog sebenarnya tidak menyukai dunia blogging itu sendiri. Tapi lebih merupakan pekerjaan buat mereka.

Tapi, bagi kebanyakan dari kita?

Kita ngeblog karena kita menyukai dan menikmatinya! Tentu, kita ingin sukses dan banyak dari kita berusaha menghasilkan uang dari blog, tapi jauh di dasar hati, ngeblog adalah sesuatu yang kita suka untuk melakukannya.

Namun demikian, ketika merasa buntu untuk menulis atau ‘galau blogging’ melanda, blogging berhenti menjadi sebuah kesenangan. Ia menjadi sebuah pekerjaan, dan yaaa…. pasti Anda setuju bekerja itu menyebalkan, bukan?

Lalu apa yang perlu dilakukan?

Coba kembali kepada hal paling mendasar, mengapa Anda menyukai blogging. Berceritalah! Ceritakan tentang sesuatu, tentang Anda, tentang hidup Anda! Dan kali ini, sama sekali tidak perlu sesuai topik utama blog Anda. Bahkan semakin jauh dari topik, itulah yang terbaik.

Seperti percakapan di awal artikel ini: ‘mengapa tidak menulis tentang kita yang sedang kehabisan ide?’

3. Bacalah posting lama Anda

Jika Anda telah ngeblog beberapa lamanya, pasti Anda telah memiliki cukup banyak artikel. Dan jika Anda sama seperti saya, mungkin Anda telah melupakan apa-apa saja yang pernah Anda tulis sebelumnya.

Bacalah kembali!

Selain mungkin dapat memberi Anda ide-ide baru, membaca posting lama dapat ‘menghubungkan’ Anda kembali ke masa-masa dimana Anda begitu bersemangat dan tidak frustasi seperti sekarang. Sedikit banyak itu akan membangkitkan kembali semangat yang redup.

Membaca posting lama juga memungkinkan Anda bisa menemukan artikel yang perlu di-update, diperbaiki, atau mendapati bahwa ada bagian-bagian penting dari satu artikel yang bisa dikembangkan lebih lanjut dan dijadikan artikel yang benar-benar baru.

Membaca posting lama, dapat mengingatkan kembali bahwa Anda pernah begitu bersemangat untuk menulis, yang tentu saja Anda bisa dapatkan kembali semangat itu.

4. Lupakan sementara blog sendiri, fokuslah ke blog orang lain

Yang saya maksud disini adalah, kadang cara terbaik mengatasi frustasi dalam blogging adalah dengan sejenak melupakan blog sendiri, dan berpaling sementara ke blog orang lain.

Lupakan dulu tentang menulis. Lupakan tentang memasak ide-ide menjadi tulisan. Lupakan tentang mencari topik baru. Lupakan segala tentang blog Anda sendiri!

Pergilah ke blog yang pernah Anda baca dan menikmatinya, atau cari blog baru lainnya. Bacalah posting mereka (saya maksudkan benar-benar membaca, bukan hanya sekilas lalu). Setelah selesai membaca, tulislah sebuah komentar. Komentar yang detil, mencerahkan dan memberi arti.

Apa manfaatnya?

Pertama, Anda bisa ‘mengendurkan’ sedikit tekanan pada diri sendiri. Melepaskan pikiran dari tekanan mencari topik untuk menulis artikel baru. Anda bisa rileks.

Kedua, Anda kembali pada inti dasar dari blogging itu sendiri, yaitu berinteraksi, menjalin hubungan satu sama lain.

Saat Anda hanya berkonsentrasi untuk meninggalkan komentar yang bagus di blog lain, Anda tidak lagi memikirkan diri dan blog Anda sendiri, tapi Anda sedang memberi sinar untuk orang lain. Dan itulah, konsep dasar dari ngeblog.

Dan sebagai bonus, dengan membaca dan berkomentar di blog lain, Anda bisa jadi mendapatkan ide tulisan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Jika Anda hanya menginginkan satu hal dari artikel saya kali ini, cukuplah ingat satu hal:

Yang terpenting, lakukanlah sesuatu bagi blog Anda setiap hari! Meski hanya sekedar memperbaiki salah ketik artikel lama. 

Itulah cara tetap bersemangat dan meraih sukses dalam blogging.

Nah, sekarang giliran Anda. Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi ‘galau blogging’? Saya ingin mendengarnya melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

16 Komentar

  • Wah Artikelnya bermanfaat 🙂
    Jadi tau mengusir galau ni…
    Mumpung saya lagi berumur 15 tahun jadi sering galau”an.

    Terima Kasih Artikelnya Om GeeJhon 🙂

  • @edi.
    entahlah, saya pikir akan sangat sulit ngeblog pake hp. masalahnya nulis artikel sepertinya susah kalau pake hp. Kalau masalah bisa tidaknya daftar adsense, saya kita bisa2 aja,

  • @dismanto.
    kok, blognya dua2nya tidak ditemukan mas Dismanto? Tapi oke deh, sukses selalu, semoga tetap bersemangat membangun blog sampe mencapai hasil maksimal.

  • Bener semua pointnya mas
    Kalau lagi mentok ga ada ide biasanya sy cuma blogwalking aja terus komen, atau menulis diluar topik (asal jangan terlalu jauh keluarnya hehe), kalau ga baca2 lagi blog sendiri dan kalau memang bisa bikin posting lanjutan maka akan sy bikin

    cara lain biar ga selalu kehabisan ide biasanya sy catet dinotepad begitu dapet ide, paling garis besar atau topiknya aja, setelah ada waktu baru sy buat artikelnya

  • @helmy.
    ya itu sudah bagus,,, dg banyak membaca blog lain, banyak manfaat yg dapat diambil. Namun, alangkah lebih bagusnya lagi, jika luangkan waktu tuk menulis komentar. Menulis komentar saya kira sangat bermanfaat untuk mengasah keterampilan kita menulis.

    @edi.
    sip… itu pula yg saya lakukan. 🙂

    @patar.
    sama2, semoga bermanfaat.

  • Salam @bro Gee Jhon Saya tertarik dgn kalimat saudara "Dan itulah, konsep dasar dari ngeblog. Dan sebagai bonus, dengan membaca dan berkomentar di blog lain, Anda bisa jadi mendapatkan ide tulisan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya"

    >Cara tsb lah yg saya terapkan secara berangsur-angsur..cuma saya ada kelemahan.dikit ,saya suka membaca artikel sahabat2 yg bagus seperti blog ini..tp cukup malas untuk menulis komentar..maksudnya konten dibaca dan dinikamati sampai habis dan terus beredar!
    Namun klu bertanya saya suka sekali…hehee..gimana tuh brader Gee Jhon?