Blogging Dasar

5 Kesalahan Umum Gagal Blogging dan Cara Memperbaikinya

Saya melanjutkan artikel serial ‘kesalahan umum blogging’ yang telah beberapa lama saya tinggalkan.

Nah, kali ini saya ingin mengulas kesalahan paling umum, yang menyebabkan seseorang gagal membangun blog yang sukses.

Tidak ada blogger yang sempurna. Siapapun berpeluang melakukan berbagai kesalahan. Dan memang tidak ada yang ‘salah’ untuk melakukan kesalahan. Yang salah adalah jika kita tidak mau belajar dari kesalahan orang lain.

Jadi, sebisa mungkin Anda menghindari kesalahan-kesalahan di bawah ini, karena banyak sekali blogger yang gagal karenanya.

Inilah 5 kesalahan umum gagal blogging dan cara memperbaikinya:

1. Kemalasan

Dengan terpaksa, saya menyebutnya di urutan pertama, karena tampaknya kemalasan adalah penyebab utama dari gagalnya membangun sebuah blog yang sukses.

Blog adalah sebagai sumber informasi, sehingga Anda perlu meng-update-nya dengan konten baru dan segar. Selain itu, satu blog akan bersaing dengan ribuan blog lainnya di niche yang sama, sehingga satu-satunya cara agar tetap bertahan adalah dengan terus menyajikan konten baru secara teratur.

Dan itu artinya: membuang rasa malas dan bekerja keras!

Cara memperbaikinya:
Tidak ada alternatif selain kerja keras. Belajar hal-hal baru, mengikuti perkembangan tema yang dipilih, lalu menyajikannya sebagai konten fresh di blog, adalah sebuah keniscayaan. Ngeblog memang butuh banyak investasi waktu, sebelum bisa menikmati hasilnya.

2. Mengabaikan komentar

Komentar adalah sesuatu yang vital bagi blog. Ia adalah sarana membangun hubungan antara penulis blog dan pembacanya. Jadi jelas, mengabaikan komentar merupakan kesalahan yang membuat gagal banyak blogger.

Cara memperbaikinya:
Tanggapi semua komentar yang masuk. Permudah orang lain berkomentar. Dengan begitu Anda sedang membangun sebuah komunitas yang teramat penting untuk kesuksesan blog Anda. Lebih rinci, silakan baca: 5 Kesalahan Umum Kolom Komentar dan Cara Memperbaikinya.

3. Tidak membangun hubungan baik dengan blogger lain

Menjadi blogger, bukanlah sebuah one man show, karena pada dasarnya, blog adalah sarana membangun komunitas bersama untuk berbagi manfaat. Ada banyak keuntungan dengan membangun hubungan erat sesama blogger lain. Mulai dari berbagi info, saling bertanya, bertukar link, promosi blog, dan mengenalkan diri.

Cara memperbaikinya:
Cobalah hubungi blogger-blogger lain yang lebih dulu sukses, terutama mereka yang memiliki kesamaan niche. Hubungi mereka secara personal. Biasanya mereka dengan senang hati mau berbagi. Tulislah posting yang mengulas konten blog mereka beserta link-nya, biasanya mereka pun akan melakukan hal yang sama terhadap blog kita.

Hasilnya, akan terjadi pengertian yang saling menguntungkan, meningkatkan basis pembaca dan banyak lagi. Ingatlah selalu, sesama blogger bukanlah pesaing, melainkan mitra untuk maju bersama.

4. Semata hanya uang

Sebenarnya ini lebih pantas saya tempatkan pada urutan kedua. Karena memang ini adalah penyebab utama kedua, mengapa begitu banyak blogger berguguran.

Ya, 70-80% blogger membuat blognya dengan tujuan mendapatkan uang. Namun, yakinlah: uang tidak bisa menjadi satu-satunya motivasi yang akan membuat Anda bertahan sebagai blogger.

Cara memperbaikinya:
Alih-alih melulu masalah uang, blog yang sukses lebih fokus bagaimana menyajikan konten yang bagus. Ada perbedaan mendasar antara fokus bagaimana menghasilkan uang, dan fokus memberi manfaat kepada pembaca. Dan ini adalah pembeda utama antara blog yang berhasil dan yang tidak.

Tidak ada yang salah dengan tujuan menghasilkan uang dari blog, namun pastikan Anda menempatkan manfaat dan konten berkualitas di urutan pertama. Yakin, dengan cara demikian, uang akan mengikuti dengan secara otomatis.

5. Tidak membaca posting blog lain

Ini adalah kesalahan berikutnya. Blogging adalah tentang bagaimana menyajikan konten yang bagus. Jika jika kita tidak mau membaca blog lain, kita tidak tahu apa yang terjadi kita tidak bisa membandingkan antara konten kita dengan lainnya.

Lebih bagus? Lebih buruk?

Harus ada ukuran, sehingga kita bisa menyusun strategi yang lebih baik. Dan itu semua hanya bisa dilakukan jika Anda mau dan tidak malas untuk membaca posting dari blog lain.

Cara memperbaikinya:
Sediakan waktu dari jadwal blogging Anda untuk membaca 2 – 3 posting di blog lain, terutama blog yang memiliki niche yang sama. Dengan membacanya, selain Anda memperoleh pengetahuan baru, juga memiliki gambaran apa yang diberikan oleh yang lain, sehingga Anda bisa menyajikan sesuatu yang lebih baik, unik dan bermanfaat bagi pembaca.


Itulah 5 kesalahan umum yang menyebabkan seseorang gagal membangun blog yang sukses. Bagaimana dengan Anda? Apa kesalahan utama yang pernah Anda lakukan dalam blogging? Bagikan pendapat Anda melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

4 Komentar