Google Adsense

Ingin Pendapatan Adsense Naik 2 Kali Lipat dalam 4 Minggu? Ini Strateginya!

Mungkin blogger yang menjalankan Google Adsense, masih kesulitan dan tidak puas dengan pendapatan yang didapatkan.

Ada yang cukup banyak mendapat klik, tapi nilai CPC-nya terlalu rendah, ada pula sebaliknya, yang memperoleh CPC cukup tinggi namun sedikit sekali yang mengklik iklannya.

Dua-duanya sama:
pendapatan Adsense masih jauh dari harapan.

Penyebab penghasilan Adsense yang rendah, berbeda-beda dari satu blog dengan blog lainnya. Mungkin niche blog Anda nilai kliknya sangat rendah dan tidak memiliki banyak pengiklan. Dalam hal ini, tidak banyak yang bisa dilakukan, kecuali mengganti niche blognya.

Namun dalam banyak kasus, permasalahannya ada pada optimasi yang kurang optimal, sehingga nilai CTR terlalu kecil.

Nah, kali ini saya akan berbagi salah satu strategi bagaimana memperoleh setting terbaik Adsense bagi blog Anda dalam 4 minggu. Jika Anda melakukannya dengan baik (seperti yang telah saya buktikan sendiri), penghasilan Adsense Anda bisa meningkat paling tidak 2 kali lipat dari sebelumnya.

Strategi ini terdiri dari 4 langkah, yang masing-masing dilakukan per minggu. Setiap minggunya, nanti Anda akan mencatat kinerja dan penghasilan yang didapat. Lalu pada akhir minggu ke-4, Anda akan memilih setting terbaik yang bisa meningkatkan pendapatan Adsense untuk seterusnya.

Namun, sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat tentang optimasi Adsense:

  • Anda dapat menempatkan sampai maksimal 3 unit iklan per halaman.
  • Google menyukai halaman yang cepat.
  • Google menyukai konten, jadi teruslah menulis konten baru.
  • Jangan nyepam. Jangan pernah copas artikel blog lain, karena tidak akan membawa blog Anda menuju sukses.
  • Usahakan terus meningkatkan trafik blog. Tanpa trafik, Anda tidak akan bisa meningkatkan pendapatan dari Adsense.

Baiklah, sekarang saatnya melakukan optimasi Adsense Anda.

Minggu Pertama
Sebelum melakukan perubahan-perubahan, sebaiknya Anda catat beberapa hal tentang penempatan unit iklan Adsense yang Anda gunakan saat ini. Seperti jumlah dan ukuran unit iklan. Dimana iklan ditempatkan, warna dan gaya iklan dan lain-lain.

Jika sudah, sekarang Anda siap melakukan optimasi Adsense secara bertahap.

Seperti diketahui, Adsense membolehkan Anda memasang sampai 3 unit iklan pada satu halaman.Β (Lebih detil tentang aturan jumlah unit iklan Adsense, silakan baca:Β Berapa Jumlah Unit Iklan Adsense yang Dibolehkan dalam Satu Halaman?)

Dan Adsense juga menyediakan banyak unit berukuran besar, seperti 728×90, 336×280, 160×600, dan 300×600. Unit-unit inilah yang terbukti paling banyak diklik dibandingkan unit lainnya yang lebih kecil.

Karenanya, pada minggu pertama ini, Anda harus menggunakan 3 unit berukuran besar pada blog Anda. Ini akan memberi Anda ide terbaik bagi penempatan iklan Anda nantinya.

Dengan alasan paling banyak mendapatkan klik, saya menyarankan Anda menggunakan 3 unit ukuran besar, yaitu 728×90, 336×280 dan 160×600. Jika tidak memungkinkan memasang unit 728×90, bisa menggantinya dengan unit berukuran besar lainnya yang direkomendasikan oleh Adsense.

Harap diperhatikan, sebelum Anda mulai memasang unit-unit tersebut, cobalah untuk mengamati sejenak desain blog Anda secara keseluruhan. Cari posisi atau tempat terbaik untuk penempatan iklan. Menempatkan iklan di bagian bawah halaman tidak akan banyak membantu. Karena itu, masalah penempatan ini menjadi hal yang sangat penting.

Mencari posisi yang pas untuk iklan memang tidak terlalu mudah. Namun, beberapa tempat terbaik adalah persis di bawah judul posting dan di atas konten, di sidebar, dan persis di bawah artikel.

Penempatan iklan terbaik, amat tergantung dari desain blog masing-masing dan bisa jadi berbeda antara satu blog dengan lainnya. Untuk itu, Anda harus bisa menentukan sendiri dimana posisi terbaik untuk iklan Anda.

Silakan baca penempatan iklan Adsense terbaikΒ untuk penjelasan lebih rinci.

Selain itu, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan pengaturan warna teks berbeda untuk masing-masing unit. Sesuaikan dengan tema warna blog Anda, seperti warna teks, link, border dan latar belakang.

Terakhir, jangan lupa untuk mencatat perubahan-perubahan yang Anda lakukan pada minggu pertama ini, seperti jumlah, ukuran, warna dan penempatan iklan.

Google Adsense memiliki fasilitas dimana Anda dapat membuat saluran khusus untuk masing-masing unit iklan. Dengannya Anda bisa lebih mudah memonitor kinerja iklan yang ada. Silakan baca:Β Melacak Kinerja Iklan Adsense Menggunakan Saluran Khusus.

Setelah berjalan satu minggu, catatlah beberapa hal penting dari performa iklan Anda. Seperti, berapa total pendapatan dalam seminggu, unit mana yang paling banyak diklik, warna apa yang paling banyak diklik, dan unit iklan mana yang memiliki nilai klik paling tinggi.

Minggu Kedua
Di awal minggu kedua ini, Anda telah memiliki data untuk masing-masing unit iklan. Nah, Anda harus mengetahui unit mana yang paling buruk kinerjanya, baik itu ukuran, warna atau penempatannya.

Kemudian, pada minggu kedua ini, gantilah semua warna unit iklan dengan warna unit terbaik pada minggu pertama. Lalu, gantilah unit yang paling rendah performanya dengan unit iklan yang lebih kecil, seperti 486×60, 250×250 atau lainnya.

Nah, sekarang unit iklan ketiga Anda lebih kecil dibandingkan minggu pertama tadi, dan semua dengan warna yang bekerja paling baik.

Unit lebih kecil akan menampilkan iklan lebih sedikit dibandingkan dengan unit yang lebih besar. Hal ini akan memberikan unit iklan pertama memperoleh nilai klik lebih besar, yang tentu akan memberi pendapatan lebih besar lagi.

Minggu Ketiga
Pada awal minggu ketiga ini, sekali lagi Anda memiliki data baru performa unit iklan Anda. Cari unit yang paling rendah kinerjanya.

Pada minggu ini, buanglah unit iklan terburuk dari halaman blog Anda. Sehingga sekarang Anda hanya memiliki 2 unit saja yang akan memiliki nilai klik lebih besar.

Makin sedikit jumlah unit iklan, akan memberi nilai klik lebih besar. Namun, makin sedikit unit juga memberi jumlah klik lebih sedikit, sehingga dapat mengurangi pendapatan.

Karena itu keseimbangan antara keduanya adalah hal penting untuk diperhatikan. Dan nanti pada minggu keempat Anda akan bisa menentukan yang terbaik, mana yang lebih baik bagi blog Anda, apakah jumlah unit lebih sedikit tapi dengan nilai klik tinggi, atau jumlah unit banyak dengan nilai klik lebih kecil.

Minggu Keempat
Anda memiliki data baru lagi pada awal minggu ini. Temukan unit iklan terburuk pada minggu ketiga, dan buang unit tersebut dari halaman. Sekarang Anda hanya memiliki satu saja unit iklan di blog Anda.

Saya menduga: unit yang tersisa sekarang adalah unit pada bagian paruh atas halaman (iklan langsung terlihat tanpa harus menggulung layar ke bawah).

Dengan satu unit iklan yang memiliki nilai klik tinggi atau mendapat banyak jumlah klik, dapat meningkatkan pendapatan Anda secara signifikan.

Namun perlu saya ingatkan lagi, satu unit iklan juga dapat menurunkan pendapatan untuk blog-blog atau website tertentu karena mereka mendapatkan klik lebih sedikit. Mendapatkan lebih banyak klik dengan jumlah unit yang banyak, bekerja baik pada blog atau website tertentu.

Penentuan
Ini adalah tahap akhir dalam optimasi Adsense. Pada akhir minggu keempat, silakan Anda bandingkan pendapatan dari keempat eksperimen selama 4 minggu tadi. Mana yang paling tinggi penghasilannya?

Jika Anda menemukan satu minggu memberi hasil lebih besar dari 3 minggu lainnya, maka itulah setting terbaik bagi blog Anda. Kemudian Anda mengembalikan kembali kepada setelan tadi dan menyesuaikan optimasi-optimasi lainnya.

Cara ini berhasil meningkatkan pendapatan Adsense saya 2 kali lipat dari sebelumnya. Pada blog-blog lainnya, ada yang menggunakan 1 unit, juga ada yang 2 unit atau lebih.

Saya berharap Anda berhasil meningkatkan pendapatan Adsense Anda setelah menjalankan 4 langkah sederhana di atas. Satu lagi, jika Anda melakukan strategi ini, setelah 4 minggu kemudian kembalilah ke posting ini, dan ceritakan bagaimana hasilnya melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

41 Komentar