Menulis Konten

5 Tips Memilih Topik untuk Sukses Membangun Blog

Membangun blog yang sukses butuh komitmen dan kerja keras. Salah faktor pentingnya adalah bisa menyajikan konten secara berkesinambungan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Agar dapat melakukannya, pemilihan topik blog menjadi hal yang sangat penting. Jika salah dalam memilih topik blog ini, maka rasanya akan sulit bagi Anda untuk mengembangkan blog naik ke level yang lebih tinggi.

Sebelumnya, saya pernah menulis Strategi Memilih Topik Blog Terbaik, di situ saya menjelaskan langkah-langkah runut dalam memilih niche blog dengan baik dan benar. Saya sangat merekomendasikan Anda untuk membacanya.

Nah, kali ini saya berikan 5 tips tambahan yang bisa membantu lebih memantapkan Anda dalam memilih topik yang paling tepat bagi blog Anda.

1. Pilihlah topik dimana Anda mempunyai minat tinggi dan bergairah terhadapnya

Hampir semua blogger yang telah sukses menyarankan hal ini. Membangun blog yang sukses, itu berarti Anda harus selalu menghadirkan konten yang fresh. Dengan kata lain Anda harus mengupdate blog Anda secara teratur.

Pastikan memilih topik untuk blog yang Anda merasa paling ‘kuat’ di bidang itu dan Anda benar-benar nyaman dan menikmati topik tersebut. Jika tidak, maka dengan cepat Anda akan mencapai kejenuhan. Anda perlu punya motivasi kuat terhadap topik blog Anda untuk jangka lama.

2. Pilihlah topik yang Anda suka untuk mendiskusikannya dengan orang lain

Blog sukses membutuhkan komunikasi dua arah, antara Anda (blogger) dengan pengunjung blog Anda (pembaca). Apabila pembaca meninggalkan komentar di blog Anda, atau mengirimkan email bertanya berbagai hal, Anda mesti memberi respon yang tanggap. Di sinilah perlunya memilih topik yang Anda suka untuk didiskusikan bersama.

Kesuksesan blog dalam jangka panjang, amat tergantung dari komunitas yang terbentuk dari blog tersebut.

3. Pilihlah topik yang Anda tidak keberatan untuk berdebat dengan orang lain

Blogosphere terdiri dari segala macam orang dengan latar belakang berbeda, pemikiran berbeda, dan sifat yang berbeda pula.

Seiring berkembangnya blog Anda nanti, maka akan semakin banyak orang yang menemukan dan membacanya. Dan kemungkinan beberapa ada di antara mereka yang tidak setuju terhadap apapun yang Anda tulis.

Blogger yang sukses, menyukai untuk mendiskusikan topik blognya dari sudut pandang berbeda, bahkan jika harus menyebabkan perdebatan yang sehat.

4. Pilihlah topik yang Anda tidak terlalu sensitif dengannya

Seperti pada poin 3 diatas, seiring berkembang dan dikenalnya blog Anda, maka akan semakin banyak orang  membacanya. Dan kemungkinan, dari sekian banyak pembaca ada yang tidak setuju dengan pendapat Anda. Ketidaksetujuan ini bisa berupa serangan tajam terhadap Anda secara pribadi.

Sebagai seorang blogger sukses, Anda harus memiliki ‘muka tebal’ untuk menolak segala serangan yang bersifat pribadi dari orang-orang yang tidak sepaham dan sangat bertentangan kuat dengan opini Anda.

5. Pilihlah topik yang menjaga Anda menikmati untuk melakukan riset dan menambah pengetahuan

Dunia perblogan, senantiasa berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Selain itu, salah satu kekuatan blog adalah kemampuannya dalam menyajikan konten yang baru, segar dan up-to-date, konten bernilai yang menarik didiskusikan dengan beragam topik yang sangat luas.

Agar sukses membangun blog, Anda harus menikmati untuk membaca, melakukan riset yang berkaitan dengan topik blog. Dengan mencari tahu perkembangan baru, event, berita yang berkaitan dengan topik blog, akan membuat blog Anda tetap mampu menyajikan konten yang menarik dan relevan untuk para pembaca.

Nah, bagaimana? Anda telah mantap memilih topik blog Anda berikutnya? Bagikan pengalaman melalui komentar. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

13 Komentar