Blogging Dasar

5 Unsur Terpenting Membangun Blog yang Sukses

Setiap orang yang membuat blog, tentu ingin agar blognya ramai dikunjungi.

Hal ini tidak lepas dari sejauh mana blog Anda memberi manfaat, menyenangkan atau ‘menghibur’ para pengunjung.

Blog Anda tidak akan sukses jika tampil dengan cara yang membosankan!

Melengkapi tulisan saya sebelumnya: Sukses Menjadi Blogger? 5 Hal Dasar yang Harus Dimiliki, di bawah adalah unsur atau elemen penting untuk mengantar Anda mencapai blog yang sukses. Blog yang ramai dikunjungi, serta mendapat tanggapan positif dari komunitas yang Anda bentuk.

Yuk, kita simak:

1. Sentuhan pribadi

Blog Anda harus mencerminkan kepribadian dan siapa diri Anda sebenarnya. Ini termasuk unsur terpenting dalam membangun blog yang sukses.

Pembaca menginginkan sentuhan personal!

Jika pengunjung merasa bahwa blog Anda seperti hanya sebuah kumpulan berita yang membosankan, maka mereka tidak akan kembali. Anda perlu memasukkan sentuhan pribadi di setiap tulisan yang dibuat. Buatlah tulisan seolah Anda sedang bicara face to face dengan pengunjung. Jadikan tulisan Anda sebagai alat komunikasi dua arah, antara Anda dengan pembaca.

Temukan gaya milik Anda sendiri. Tampilkan hal tersebut dalam setiap aspek blog Anda, dalam setiap artikel, dalam setiap komentar dan lainnya. Sentuhan pribadi ini akan membuat blog Anda tampil beda dan menarik untuk dikunjungi lagi dan lagi.

2. Opini

Salah satu komponen terpenting dari pembentukan gaya pribadi seperti yang saya maksud pada poin pertama diatas, adalah opini. Opini Anda lah yang akan menjadi pembeda dari semua blogger lainnya.

Untuk itu, jika tidak mau dikatakan sebuah keharusan, Anda tidak perlu ‘takut’ menyertakan opini Anda sendiri dalam setiap permasalahan yang Anda angkat melalui tulisan. Justru pendapat Anda ini yang dinanti oleh pengunjung. Tanpa opini, tulisan Anda akan tampak seperti sebuah kabar belaka.

Yang membuat sebuah blog menjadi menarik adalah karena adanya opini pribadi dari pemiliknya!

Lebih jauh, silakan baca: Menjadi Blogger Ahli itu Mudah!

3. Partisipasi

Yang saya maksud adalah kesertaan Anda secara total dalam setiap konten yang Anda buat. Janganlah menganggap setelah selesai menulis, mempublikasikannya, kemudian Anda boleh melupakannya.

Kekuatan dari blog adalah komunitas yang terbentuk dalam suatu topik bahasan tertentu. Dengan terbentuknya komunitas ini, maka pengunjung merasa bahwa mereka ikut berpartisipasi dalam komunikasi dua arah.

Jika seseorang meninggalkan komentar, balaslah. Jika pembaca mengirimkan email secara pribadi dan mengajukan pertanyaan ataupun kritikan, berilah respon secara baik.Buatlah pembaca blog

Anda merasa mereka penting, dengan berbicara dengan mereka, bukan sekadar berbicara kepada mereka.

4. Nilai manfaat

Blog Anda harus memberikan nilai manfaat yang nyata, sesuatu yang menarik, jika tidak, maka mereka merasa tidak mendapatkan apapun dan hanya membuang waktu untuk mengunjungi blog Anda.

Dengan kata lain, blog Anda harus memberi ‘nilai lebih’, sehingga pembaca merasa perlu untuk mendengarkan apa yang Anda katakan. Anda bisa memberi nilai manfaat ini dengan cara menyajikan konten yang tidak sekedar mendaur ulang informasi yang sudah basi atau hanya berupa link ke blog atau website lainnya.

Posting blog Anda harus menyampaikan sesuatu yang unik, dengan suara Anda sendiri, dengan opini Anda sendiri, dan disajikan dalam bentuk komunikasi dua arah.

5. Kesediaan

Jangan pernah, setelah mempublikasikan sebuah posting, Anda menghilang berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan!

Bukan begitu cara menjadi blogger sukses.

Pembaca akan berkembang dengan sendirinya, karena percaya bahwa Anda ada untuk mereka. Mereka berkunjung karena informasi berharga yang Anda sampaikan, komentar bernilai, respon yang bersahabat, serta apapun yang terjadi di blog Anda.

Jika pembaca tidak dapat meyakini bahwa Anda ada untuk mereka ketika mereka berkunjung membaca konten terbaru, maka mereka akan mencari tempat lain yang lebih memuaskan dahaga mereka.

Nah, kelima hal diatas, adalah elemen dasar yang membentuk kesuksesan sebuah blog.

Apakah Anda siap dan telah memilikinya? Atau Anda punya pendapat lain? Silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

21 Komentar