Tanya Portal Uang

Bisakah Blog Download Dipasangi Adsense?

Sejak saya meluncurkan kategori baru, yaitu Tanya dan Jawab PortalUang, cukup banyak email yang masuk. Dan inilah artikel pertama yang menjawab pertanyaan dari Anda.

Bayu official bertanya:

Bisakah blog download didaftarkan atau menjalankan Adsense? Dan jika tidak, situs iklan apa yang cocok untuk blog sejenis ini selain KlikSaya? Yang iklannya relevan dengan konten blog?

PortalUang menjawab:

Pada halaman support Adsense, disebutkan:

‘Iklan Google tidak boleh tampil di situs web dengan konten yang dilindungi undang-undang hak cipta, kecuali situs memiliki hak hukum yang memadai untuk menayangkan atau mengarahkan lalu lintas ke konten tersebut.

Beberapa contoh konten berhak cipta dapat mencakup file mp3 dan video, acara televisi, perangkat lunak, komik, serta karya sastra’.

Dari situ sebenarnya dapat disimpulkan bahwa, selama file (konten) yang kita tawarkan kepada pembaca untuk diunduh, tidak melanggar hak cipta siapapun, maka sangat boleh menjalankan Adsense. Sebaliknya, jika yang ditawarkan adalah konten milik orang lain, yang secara tidak sah kita distribusikan kembali, maka itu jelas melanggar kebijakan Adsense.

blog download untuk adsense

Selanjutnya pada halaman yang sama, diberikan contoh situs download yang boleh menampilkan Adsense, yaitu:

  • situs yang menawarkan klien bittorent (perangkat lunak untuk mengunduh torrent).

Sedangkan yang tidak bisa diterima, contohnya:

  • Situs yang menjadi host atau menautkan secara langsung ke konten berhak cipta
  • Situs warez
  • Situs ROM
  • Situs yang didedikasikan untuk unduhan file audio atau video
  • Situs yang secara eksplisit menyatakan materinya merupakan hasil bajakan

Satu lagi perlu diperhatikan. Bahkan aplikasi yang jelas-jelas berlisensi freeware sekalipun, tidak selamanya mengijinkan Anda untuk mendistribusikannya kembali melalui blog Anda. Jadi meskipun misalnya, Anda hanya menawarkan konten free, tidak menjamin Anda tidak melanggar hak cipta pihak lain.

Bagaimana jika saya hanya memberikan link download langsung ke situs resmi pemilik hak cipta? Pada dasarnya ini tidak melanggar. Namun, jika konten Anda hanya berupa link, dengan sedikit konten (tulisan) Anda sendiri, maka itu telah melanggar kebijakan konten Adsense lainnya.

Pada Forum Adsense, saya juga menemukan thread mengenai hal ini. Silakan baca untuk referensi lebih jauh.

Kesimpulannya: Boleh-boleh saja Anda menawarkan konten untuk didownload oleh pengunjung, selama tidak ada pihak yang dirugikan hak ciptanya.

Mengenai apa ads-network yang cocok selain KlikSaya, mohon dimaafkan saya tidak memiliki data yang cukup untuk menjawabnya.

Namun, jika Anda mencari-cari alternatif Adsense, ada banyak sekali yang bisa diandalkan, silakan baca artikel: 10 Alternatif Google Adsense Terbaik.

Semoga ini dapat menjawab pertanyaan di atas, sekaligus berguna untuk lainnya.

Dan jika Anda sendiri memiliki pertanyaan seputar topik yang relevan dengan konten PortalUang, silakan layangkan pertanyaan melalui email (lihat caranya pada Tanya Jawab PortalUang).

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

61 Komentar