Tanya Portal Uang

Bisakah Blog Download Dipasangi Adsense?

Sejak saya meluncurkan kategori baru, yaitu Tanya dan Jawab PortalUang, cukup banyak email yang masuk. Dan inilah artikel pertama yang menjawab pertanyaan dari Anda.

Bayu official bertanya:

Bisakah blog download didaftarkan atau menjalankan Adsense? Dan jika tidak, situs iklan apa yang cocok untuk blog sejenis ini selain KlikSaya? Yang iklannya relevan dengan konten blog?

PortalUang menjawab:

Pada halaman support Adsense, disebutkan:

‘Iklan Google tidak boleh tampil di situs web dengan konten yang dilindungi undang-undang hak cipta, kecuali situs memiliki hak hukum yang memadai untuk menayangkan atau mengarahkan lalu lintas ke konten tersebut.

Beberapa contoh konten berhak cipta dapat mencakup file mp3 dan video, acara televisi, perangkat lunak, komik, serta karya sastra’.

Dari situ sebenarnya dapat disimpulkan bahwa, selama file (konten) yang kita tawarkan kepada pembaca untuk diunduh, tidak melanggar hak cipta siapapun, maka sangat boleh menjalankan Adsense. Sebaliknya, jika yang ditawarkan adalah konten milik orang lain, yang secara tidak sah kita distribusikan kembali, maka itu jelas melanggar kebijakan Adsense.

blog download untuk adsense

Selanjutnya pada halaman yang sama, diberikan contoh situs download yang boleh menampilkan Adsense, yaitu:

  • situs yang menawarkan klien bittorent (perangkat lunak untuk mengunduh torrent).

Sedangkan yang tidak bisa diterima, contohnya:

  • Situs yang menjadi host atau menautkan secara langsung ke konten berhak cipta
  • Situs warez
  • Situs ROM
  • Situs yang didedikasikan untuk unduhan file audio atau video
  • Situs yang secara eksplisit menyatakan materinya merupakan hasil bajakan

Satu lagi perlu diperhatikan. Bahkan aplikasi yang jelas-jelas berlisensi freeware sekalipun, tidak selamanya mengijinkan Anda untuk mendistribusikannya kembali melalui blog Anda. Jadi meskipun misalnya, Anda hanya menawarkan konten free, tidak menjamin Anda tidak melanggar hak cipta pihak lain.

Bagaimana jika saya hanya memberikan link download langsung ke situs resmi pemilik hak cipta? Pada dasarnya ini tidak melanggar. Namun, jika konten Anda hanya berupa link, dengan sedikit konten (tulisan) Anda sendiri, maka itu telah melanggar kebijakan konten Adsense lainnya.

Pada Forum Adsense, saya juga menemukan thread mengenai hal ini. Silakan baca untuk referensi lebih jauh.

Kesimpulannya:ย Boleh-boleh saja Anda menawarkan konten untuk didownload oleh pengunjung, selama tidak ada pihak yang dirugikan hak ciptanya.

Mengenai apa ads-network yang cocok selain KlikSaya, mohon dimaafkan saya tidak memiliki data yang cukup untuk menjawabnya.

Namun, jika Anda mencari-cari alternatif Adsense, ada banyak sekali yang bisa diandalkan, silakan baca artikel:ย 10 Alternatif Google Adsense Terbaik.

Semoga ini dapat menjawab pertanyaan di atas, sekaligus berguna untuk lainnya.

Dan jika Anda sendiri memiliki pertanyaan seputar topik yang relevan dengan konten PortalUang, silakan layangkan pertanyaan melalui email (lihat caranya pada Tanya Jawab PortalUang).

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

80 Komentar

  • Mas saya mau tanya, blog saya kan memiliki niche pendidikan. Pasti artikelnya itu diambil dari buku-buku. Apakah itu termasuk pelanggaran hak cipta? Tetapi saya sudah mencantumkan daftar pustaka di bagian bawah post.

  • Mas mau tanya nih, saya punya blog yang membahas seputar game. Untuk beberapa artikel saya membagikan modifikasi game yang saya buat ke blog saya dengan link upload file seperti Mega.nz dan Google Drive, apa itu aman dan tidak melanggar kebijakan adsense?

    Dan untuk membantu beberapa kasus yang sering dialami dalam memasang mods seperti crash & error, saya membagikan juga software gratis dari forum ke blog saya dengan link dari web upload file, apa ini melanggar kebijakan adsense?

  • Mas, mau tanya. Saya punya blog dimana isinya merangkum dari berbagai sumber (buku, jurnal, dll) dan disertai daftar pustaka. Semacam artikel ilmiah. Apakah melanggar hak cipta? misal artikel yg saya tulis dibagikan dalam bentuk link download apakah juga melanggar?

    • Artikel yang ditulis sendiri, original, dari pengalaman pribadi insya allah aman dan tidak melanggar mbak. Blog saya juga berisi template dan pembukuan ms excel yang saya buat sendiri dan saya sediakan file untuk download.

  • minta sarannya mas,,saya rencana mau buat blog tentang tutorial flashing smartphone,,nah pada konten tersebut sudah pasti kita menyediakan tool beserta firmware dari smartphone tersebut, nah pertanyaan saya apakah blog tersebut nantinya akan dikategorikan dalam blog donwload jika kita hanya menyediakan linknya (tool dan firmware) saja??? terimakasih,,

  • Mau tanya Mas
    Blog saya membahas masalah aplikasi yang kebanyakan terbuat dari excel misalnya aplikasi administrasi guru, penjualan dll, sebagian besar aplikasi itu karya saya dan saya unggah di google drive, apakah blog saya aman2 saja bila didaftarkan adsense
    terima kasih sebelumnya

  • Mas mau tanya, misal saya buat website untuk mengunduh script after effect, plu-gin after effect, project after effect dan wordpress theme apakah bisa dipasangi Adsense? Semua file di taro di pihak ketiga seperti mediafire dsb. Kontennya jelas buatan orang mas. Saya liat di shareae.com dan aedownload.com, mereka bisa menampilkan iklan GA, padahal semua konten bajakan.
    Terimakasih Mas.

      • Oh begitu ya Mas, lantas, kenapa website yg saya sebutkan diatas bisa dipasang Adsense yah? Apakah ada alasan tertentu mungkin?, Atau langkah awal mereka membuat konten sendiri dulu, sehingga ketika di approve oleh Adsense baru mereka taro konten orang?. Hehehe

  • Ikut nanya gan,,sya baru bikin blog,blum terdaftar/blum bisa didaftarkan,tpi saya mau kasih link download seperti tusfiles,zippyshare,juga melewati adfly,ttapi filenya buatan saya sendiri,apakah nantinya itu melanggar atau ttap bisa diterima google ads???
    Trimakasih gan

  • mas jika kita membuat suatu cerita yang berasal dari vidio yuotube dan mengarahkan orang supaya mendonload dengan menggunakan layanan gratis en.savefrom dot net. Boleh tidak mas

  • Artikel yang sangat bermanfaat, memang benar blog atau situs yang boleh dipasang GA yg memiliki bitorrent karena kebetulan saya pernah melihat blog download game terdapat iklan GA dan juga terdapat link download torrent, yang saya mau tanyakan gimana biar bisa pasang bitorrent disitus saya ?? Makasih banyak

  • Mas tapi sekarang apakah berbeda kebijakannya? Karena saya sendiri lihat banyak sekali situs download Aplikasi Android yang Modifikasi atau yang berbayar jadi Gratis dan mereka memasang iklan Adsense juga. Jd bingung.

    • sy lihat filehippo tidak melanggar hak cipta, krn mereka hanya menawarkan download program berlisensi freeware atau versi gratisannya, bukan program berlisensi kemudian dibajak, atau hasil cracking.

  • Mas..mau nnya, misal saya bwt blog yang berisi artikel-artikel. Tetapi artikelnya diambil dari buku-buku, dan disaat akhir artikel Saya tulis sumbernya. Apakah itu melanngar hak cipta..?dan dapat diterima oleh adsense? Terimah Kasih

  • Maaf mas mau nanya, saya kemarin sudah daftar adsense dan udah bisa masuk dasboard juga udah pasang kode iklan di blog, tapi iklan belum muncul dan belum ada email pemberitahuan blog saya diterima/ditolak, itu kemungkinan apakah blog saya masih belum sesuai persyaratan ya, mohon saran dan masukannya. terima kasih

  • Gan kalo ane nulis artikel bahas soal permainan dan aplikasi dari play store terus ane nyertain link game/aplikasi tersebut,apakah melanggar hak cipta,apakah bisa diterima adsense??soalnya ane udah berulang-ulang di tolak adsense

  • mas klo saya mau upload file film ke blog yang pernah saya download seperti anime,drama korea dll, bisa pasang adsense ngga?
    atau kena langgaran hak cipta?
    saya mau upload lagi sayang klo di hapus mending di upload deh. judul blognya aja yarmoviesave.

  • ini dijawab sm adminnya nggak ya?
    kalo sy kasih link halaman ke website yang di isinya software bajak boleh nggak? misal ke halaman kaskus ato site berisi game bajak? jadi ngeklik link nggak langsung ke download filenya gitu.

    • mungkin maksudnya ‘men-donwload dari youtube’? Lalu upload kembali dengan menyebutkan sumbernya. Hmmm… kalau saya tanya: lalu apa kelebihan atau manfaat yg Anda berikan? Sy yakin Adsense tdk akan menerimanya, apalagi jika yg punya video asli melaporkannya, Habislah kita. ๐Ÿ™‚

    • sy kurang tahu tentang topik itu bos, mohon maafnya. Tapi pada prinsipnya, jika tidak melanggar hak cipta, maka pasti boleh. Untuk meminta izin, sy kurang tahu ttg hal itu.

  • mas misalkan kita download trus upload lgi ke penampung seperti tf,zippyshare dll gimana? contohnya apk4fun,com itu ada yg dri google play sma yg dri zippyshare tpi ada iklan adsense nya

  • Postingan yang berguna sekali mas…
    ini yang saya cari-cari selama ini.
    Berarti kalau file yang kita bagikan secara gratis milik kita, atau hasil karya kita sendiri, misalnya gambar vektor karya kita sendiri tidak jadi masalah mas ya….?

    ah, berdasrkan hasil encarian, saya temuakan berapa situs tempat kita bagi file berupa apa saja gratis. setiap kali orang download kita katanya akan dapat bayaran sepesekian download, apa bisa link dowload dari situs tersebut kita pasang di blog yang kita monitasi dengan blog kita?

    Terimakasih.

    • ya betul sekali, selama tidak melanggar hak cipta orang lain, maka itu sama sekali tidak masalah. tuk pertanyaan kedua, klo masalah bisa sih ya bisa saja. tapi buat apa?

      • ane juga sama gan, punya jutaan file vektor.. ๐Ÿ˜€
        sebagian karya pribadi, sebagian lagi orderan..
        sayang kalo cuma kesimpen di hardisk..

        pengen bikin blog download vector trus pasang adsense tapi takut kebanned..

    • jika kontennya melulu file MP3, sy kira tidak. tapi jika itu hanya sebagai pelengkap konten, itu hal yg sangat bagus dan bisa diterima adsense.

      • berarti sama juga dengan video ya??
        soalnya mau bikin blog tutorial yang di lenkapi video dan mp3..
        mohon infonya master sebelum terlalu jauh dan sia sia.. hehe

        o ya klo mau ngobrol sama cs adsensenya dmn ya?? berbahasa indo apa english ya..??

        makasih atas responnya.. n_n sukses selalu bang jhon

      • tutotial dilengkapi video, itu luar biasa bagus. dan sama sekali tidak masalah dg adsense. Yang penting kontennya bukan hanya berupa video, tapi ada juga teks tulisan.

        Support adsense hanya tersedia bagi publisher dg kriteria tertentu, yaitu pendapatan minimal $25/minggu selama 6 minggu berturut2.

      • ok bang.. makasih… n_n

        sama satu lagi bang..

        apakah rumor web berbahasa indonesia cenderung kurang menguntungkan ketimbang yang berbahasa inggris itu benar ??
        kebetulan sy mau fokus adsense

        soalnya klo liat web berbahasa indo seperti detik atau kaskus penghasilan mereka luarbiasa padahal berbahasa indo dan saya lihat iklannya juga adsense…

      • yg menentukan itu bukan bahasanya, tapi trafiknya. B. indonesia pun klo trafik luar biasa, ya hasilnya jg luar biasa. Pake b. inggris, apa yakin bisa dapat trafik tinggi???

  • @sugex.
    alasan navigasi yang sulit, mencakup hal yang cukup luas. Termasuk desain, pemilihan font (cobalah untuk konsisten, dalam arti menggunakan pem-formatan huruf yang seragam). Juga menu (bisa diperbesar sedikit). Logo? Kalau bisa diperbaiki lagi.

    Penulisan yg baik dan benar pun, juga saya kira berpengaruh. Seperti penulisan judul dg huruf kapital di setiap awal kata, dsb.

  • sampai sekarang saya belum di terima sama google adsense mas, saya sudah mencoba mematuhi tos mereka dan belum diterima dengan alasan karena navigasi di blog saya masih belum memenuhi kriteria mereka mas minta saranya agar cepat diterima kalau berkenan

%d blogger menyukai ini: