Google DFP

Membuat Adsense Bersaing dengan Inventori Iklan Lainnya: Tutorial DFP

Jika Anda membaca artikel ini, saya anggap Anda tidak hanya menjalankan Google Adsense dengan DFP, tetapi Anda juga memiliki kampanye iklan lainnya.

Nah, lalu bagaimana caranya Anda bisa memaksimalkan potensi penghasilan dari inventori unit iklan yang Anda punya?

Mudah saja: buat iklan Adsense bersaing dengan inventori iklan lainnya!

Artinya, Anda dapat mengatur DFP untuk menampilkan iklan Adsense, jika memiliki nilai CPM lebih tinggi dari iklan lainnya untuk satu unit iklan tertentu.

Untuk melakukannya, pertama Anda mesti sudah menyetel opsi Adsense pada DFP agar dapat Menampilkan Iklan Adsense Melalui DFP Small Business

Selanjutnya, mari kita lihat lebih jauh mengenai tipe Line items pada DFP, yaitu: Sponsorship, Standard, Network, Bulk, Price priority, AdMob dan House.

Dari semua jenis itu, hanya ada 4 tipe item baris yang dapat bersaing dengan iklan Adsense, yaitu:

  • Network
  • Bulk
  • Price priority, dan
  • House
Karena itu Anda harus mengatur Line items dengan salah satu dari 4 tipe tadi. Anda dapat mengaturnya pada bagian Setting di masing-masing Line items.
menentukan nilai CPM adsense
Setelah itu, Anda hanya perlu menentukan nilai CPM pada Line items Anda. Segera setelah Anda menentukan nilainya, maka Adsense akan bersaing inventori iklan Anda lainnya, dan hanya akan menampilkan iklan Adsense yang nilainya lebih besar dari nilai yang telah Anda tentukan.

Anda dapat mengatur nilai CPM dengan mengklik Line items yang Anda inginkan bersaing dengan Adsense, lalu klik tab Setting, lalu masukkan nilai CPM pada kolom Rate, atau klik set value CPM lalu masukkan nilai pada kolom Value CPM.

Klik Save. Selesai.

Catatan:
Beberapa orang melakukan cara ini berpikir bahwa mereka dapat ‘mengakali’ Adsense agar menampilkan iklan bernilai lebih tinggi, atau pun mengelakkan dari sistem Smart Pricing Adsense, maka saya katakan itu tidak benar.

Jika tujuan Anda hanya untuk menampilkan iklan dengan nilai CPM sama atau lebih tinggi dari yang Anda tentukan, sedangkan Anda tidak memiliki iklan pihak ketiga lainnya, maka itu berarti Anda kehilangan banyak sekali impresi dari Adsense. Dan setiap impresi hilang, meskipun hanya bernilai beberapa sen, jelas itu berarti kehilangan potensi penghasilan. Pikirkan hal ini baik-baik.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Sebelumnya:

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

21 Komentar