Menulis Konten

5 Cara Mudah Memberi Nilai Tambah di Setiap Posting Blog Anda

Pernahkah Anda bertanya: ‘Apakah pembaca memperoleh nilai sesungguhnya dari posting blog Anda?’

Anggaplah, Anda sedang berbagi ide, memberi petunjuk dan panduan, atau  memberi sebuah inspirasi.

Tapi, bisa jadi Anda masih perlu melakukan sedikit upaya ekstra agar membuat posting Anda benar-benar memberi nilai manfaat nyata kepada pembaca.

Nah, di bawah ini adalah 5 cara sederhana untuk menambah nilai pada setiap posting yang Anda buat.

Untuk menerapkannya, Anda dapat mengambil satu atau dua di antaranya setiap kali membuat posting baru. Atau bisa juga Anda menelusuri arsip dan mencobanya pada posting lama Anda, terutama posting yang mendapatkan banyak trafik cukup banyak dari mesin pencari.

cara memperbaiki posting blog

Mari kita bahas satu per satu:

1. Lengkapi dengan petunjuk ‘lakukan ini!’

Adalah hal mudah untuk memberi sebuah informasi. Tapi, apakah pembaca Anda benar-benar mampu menerapkan apa yang telah mereka pelajari dari blog Anda? Bantulah mereka dengan memberi tips sederhana untuk menerapkan dengan praktis apa yang mereka pelajari.

Misalnya, Anda dapat menambahkan kalimat: lakukan ini…, cobalah yang ini…, kini giliran Anda…, latihan…. atau petunjuk senada itu,  yang terbukti bekerja baik bagi diri Anda sendiri dan pembaca.

Contohnya seperti pada artikel seri kesalahan blogging, dimana saya memberi konklusi ‘cara memperbaikinya’ di setiap akhir poin yang dibicarakan.

2. Beri link ke sumber yang bermanfaat

Apapun yang Anda sajikan, link selalu dapat memberi nilai tambah bagi pembaca. Misalnya, Anda sedang memberi petunjuk membangun blog yang sukses, maka Anda dapat memberi link ke posting ‘cara memilih nama yang cocok untuk blog’.

Beberapa link, dapat mengacu pada posting blog Anda lainnya (sangat baik untuk menurunkan nilai bounce-rate dan SEO).

Sedangkan beberapa lainnya, mungkin lebih baik mengacu ke posting blog orang lain (sangat bagus untuk membangun hubungan baik dengan blogger lain, serta menunjukkan keahlian Anda dengan mengarahkan pembaca ke sumber bermanfaat di niche Anda).

3. Format artikel agar mudah dibaca

Sub-judul, poin angka, teks tebal, miring, blockquote…. semua ini akan memudahkan pembaca untuk ‘menikmati’ tulisan Anda.

Jika Anda menulis posting yang cukup panjang tanpa tanpa banyak formatting teks, bagilah menjadi beberapa bagian. Dengan sub-judul yang jelas, akan sangat memudahkan pembaca melompat langsung ke bagian yang mereka minati.

4. Berilah contoh kongkrit

Ketika Anda menerangkan sebuah konsep, berilah sebuah contoh. Misalnya, jika Anda menyarankan pembaca untuk membuat judul posting yang baik, berilah paling tidak satu contoh (lebih banyak, lebih baik), seperti apa judul posting yang baik menurut Anda.

Contoh yang Anda berikan bisa saja berupa: tangkapan layar, foto, video, kutipan, contoh kasus… atau apapun yang membantu pembaca memahami apa yang Anda maksud.

Buatlah contoh se-spesifik mungkin, bila perlu sempatkan waktu untuk menjelaskannya lebih mendalam.

5. Katakan kepada pembaca: apa yang mereka lakukan berikutnya

Di setiap akhir posting, pastikan Anda memberi petunjuk apa yang harus dilakukan oleh pembaca setelahnya. Bisa berupa saran agar mereka segera melaksanakan apa yang sarankan, atau berupa link ke posting relevan lainnya untuk penjelasan yang lebih dalam.

Ini juga berkaitan erat dengan apa yang disebut ‘call to action’. Carilah celah untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan mereka. Seperti misalnya, Anda dapat menyarankan mereka untuk berlangganan artikel terbaru, bergabung dengan grup diskusi, atau meminta mereka untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komentar.

Nah, itulah 5 cara sederhana bagaimana menambah nilai pada setiap konten yang Anda buat.

Sekarang giliran Anda!

Lihatlah sekali lagi tumpukan arsip atau recent post, lalu pilih salah satu atau dua ide dari poin-poin di atas, kemudian terapkan untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah posting blog Anda.

Setelah itu, Anda dapat kembali ke posting ini untuk menceritakan dan memberitahu bahwa Anda telah melakukannya melalui kolom komentar. Dan jika Anda memiliki ide lain untuk memberi nilai tambah suatu posting, kiranya sudi berbagi.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

12 Komentar