Promosi Blog

Cara Mendapatkan Sitelink dari Google

Cara terbaik membangun blog yang sukses dan menghasilkan adalah dengan memperoleh sebanyak-banyak trafik dari mesin pencari (search engine).

Semakin tinggi trafik organik yang Anda peroleh, semakin besar keuntungan yang Anda dapat untuk jangka panjang. Tanpa memperoleh trafik organik dari SE, blog Anda akan ditemukan orang-orang dan tidak akan kemana-mana.

Ada banyak sekali strategi SEO dan tips untuk meningkatkan trafik dari mesin pencari. Tapi saya tidak akan membahas itu lebih jauh. Pertama, karena artikel ini saya tujukan bagi para pemula dan kedua, jujur saja saya tidak terlalu menguasainya.

Yang akan saya tunjukkan pada artikel ini adalah cara sederhana bagaimana meningkatkan click through rate blog blog Anda dari hasil mesin pencari.

Lalu apa cara sederhana meningkatkan trafik dari search engine? Jawabannya adalah: Google Sitelink.

Mungkin Anda bertanya apa Google sitelink serta apa manfaat darinya?

Gambar ini saya ambil dari halaman Tautan Situs Google Webmaster.

cara mendapatkan sitelink google
(Alat Webmaster Google)

Ya, sekarang Anda pasti mulai mengerti. Mudahnya, sitelink adalah sub-judul yang muncul pada suatu hasil pencarian Google. Ada banyak manfaat memperoleh Ggoogle sitelink, yang akan saya bahas lebih lanjut nanti pada artikel ini.

Sudah cukup lama PortalUang ‘dihadiahi’ tautan situs oleh Google. Hal ini pernah saya sampai pada artikel: Blogging Tanpa SEO? No Problem! Tentu saja saya sangat senang waktu itu, ketika pertama kali tahu PortalUang mendapatkan sitelink.

Inilah yang membuat saya berpikir, kenapa saya tidak bagikan beberapa tips agar Anda atau siapapun dapat pula memperoleh Google Sitelink untuk blognya.

Mari kita lanjutkan:

Apa itu Google Sitelink?

Google sitelink adalah tautan otomatis yang dibuat oleh algoritma Google. Ia akan muncul di bawah daftar website kita pada halaman hasil pencarian. Google membuatnya bertujuan membantu pencari untuk memahami lebih baik suatu situs sebelum mengunjunginya dengan menampilkan tautan-tautan paling utama atau terpenting dari situs tersebut.

Sedangkan link-link tersebut dipilih secara acak oleh algoritma Google, sehingga kita tidak bisa berbuat banyak untuk menentukan link halaman mana yang dipilih oleh Google sebagai sitelink.

Namun, kita diberi opsi untuk memblokir suatu halaman yang tidak diinginkan sebagai sitelink melalui alat webmaster.

Jumlah sitelink berbeda-beda

Ada yang menarik dari sitelink ini. Saya menemukan bahwa jumlah sitelink pada hasil pencarian bisa berbeda-beda.

Contohnya adalah sitelink dari PortalUang sendiri.

Apabila Anda masukkan keyword ‘portaluang’ maka akan tampil 6 buah tautan situs di bawah nama blog. Tapi ketika saya masukkan ‘portal uang’ atau ‘portal-uang’ maka yang tampil hanya 4 sitelink. Beda lagi memasukkan secara lengkap portal-uang.com, maka muncul sebanyak 8 sitelink.

Dan inilah daftar artikel PortalUang yang masuk Sitelink Google:

Ada pula yang mendapatkan sitelink hanya berjumlah 2, seperti kawan kita +Agifa Gumelaar dengan blognya agifa.web.id.

sitelink blog

Ada juga yang muncul sampai 10 buah, seperti blog milik Mbak +Indri Lidiawati yang sudah tidak asing lagi dengan blog juragancipir-nya.

Nah, apakah blog Anda juga memiliki sitelink? Ada berapa banyak? Dan halaman apa saja yang muncul? Bagikan melalui komentar.

Tapi, jika Anda belum mendapatkan sitelink, ikuti tips di bawah ini agar blog Anda pun sama memperoleh Google Sitelink di masa yang akan datang.

Tapi sebelumnya, mungkin Anda bertanya:

Apa manfaatnya mendapatkan Google Sitelink?

Manfaat pertama yang saya lihat dari sitelink ini adalah lebih banyak dari Google yang berasal dari brand blog, karena mendapatkan ekspos lebih banyak dengan adanya sitelink, dan tentu saja meningkatkan rasio klik pada hasil pencarian tersebut.

Manfaat yang kedua, mendapatkan sitelink dapat diartikan memiliki authority lebih tinggi bagi suatu website di mata Google. Kelihatannya, Google hanya memberikan sitelink kepada mereka yang termasuk kategori ‘sangat populer’ di topik bersangkutan, memiliki backlink yang kuat, struktur navigasi yang baik dan seterusnya.

Jadi, mendapatkan sitelink membuat Anda tersenyum puas karena dianggap memiliki authority di mata Google.

Dan inilah beberapa manfaat lainnya dari sitelink Google:

  • Meningkatkan rasio klik blog Anda secara keseluruhan. Tentu saja, jika orang melihat lebih dari link menuju blog Anda, kemungkinan mereka mengklik salah satunya, akan semakin besar.
  • Sitelink secara tidak langsung menunjukkan popularitas blog.
  • Membuat crawler Google merayapi blog Anda lebih dalam lagi.
  • Memberi pengunjung lebih banyak pilihan untuk mengunjungi blog Anda. Sitelink biasanya menampilkan halaman populer dari blog Anda, sehingga orang memiliki pilihan lebih untuk berkunjung.
  • Meningkatkan brand awarness. Popularitas blog Anda akan meningkat jika sitelink menampilkan halaman-halaman blog lainnya pada hasil pencarian. Ini membuat sitelink mampu meningkatkan ‘brand awareness’ blog secara keseluruhan.

Bagaimana cara mendapatkan sitelink dari Google?

Sekarang Anda mungkin bertanya: bagaimana cara PortalUang mendapat sitelink?

Pertama, kita buat semuanya jelas dulu: Google tidak memberitahu apapun tentang bagaimana suatu website berhak mendapat sitelink atau tidak! Apa yang saya bagikan disini, hanya berdasarkan pengalaman bagaimana blog saya memperolehnya, juga blog lain memperolehnya.

Jadi, tidak ada jalan pintas, cara pasti atau suatu tombol yang dapat klik untuk mendapatkan sitelink dari Google.

Meskipun begitu, ada beberapa faktor yang perlu Anda lakukan untuk memperoleh sitelink bagi blog Anda:

1. Jumlah link yang mengarah ke halaman depan (home), sangat berpengaruh. Inilah pentingnya memiliki banyak link ke halaman home dengan kata kunci berupa brand atau nama blog. Contohnya untuk PortalUang, saya berusaha mendapatkan link bagi kata semisal: ‘portaluang’, ‘portal uang’, ‘blog portal uang’, ‘gee jhon blog’ dan sejenisnya. Kombinasi antara nama blog dan nama sendiri, akan meningkatkan authority keduanya, ya nama dan blog.

Jadi, usahakan untuk mendapatkan link lebih banyak ke homepage dengan anchor text nama blog atau nama author. Karena kita akan dapat sitelink dengan sedikit saja kata kunci, tidak semua kata kunci yang ada.

2. Usia blog / domain juga menentukan. Saya belum melihat domain atau blog yang berusia beberapa bulan (kurang dari 6 bulan) mendapatkan sitelink dari Google. Portal uang sendiri dapat sitelink setelah kurang lebih tahunan.

3. Blog Anda mesti sudah menempati urutan pertama di hasil pencarian Google pada keyword yang Anda inginkan menampilkan sitelink. Dan ranking blog Anda mesti stabil untuk waktu yang cukup lama.

4. Rasio klik yang tinggi pada hasil hasil pencarian serta trafik dominan (dan besar) blog berasal dari Google juga meningkatkan peluang Anda memperoleh sitelink.

5. Anda butuh struktur navigasi yang baik di mata pengguna.

6. Anda perlu memperbaiki judul dan meta tags pada homepage, juga link-link navigasi untuk mendapatkan rasio klik lebih tinggi dari mesin pencari.

Selain dari semua, pastikan Anda telah memiliki akun di Webmaster Google. Dan saya juga sangat merekomendasikan untuk menggunakan Google Analytic dan Google Adwords agar peluang mendapatkan sitelink semakin besar.

Terakhir, jangan lupa untuk membuat sitemap.

Setelah Anda melakukan semuanya diatas, blog Anda butuh beberapa waktu untuk memperoleh Google Sitelink. Anda tidak akan mendapatkannya secara instan, dan tidak akan melihat sitelink blog Anda segera setelah melakukan hal-hal di atas. Kembali lagi: sabar! Hehehe…..

Kesimpulan
Mendapatkan sitelink dari Google bukanlah hal yang teramat sulit. Anda hanya perlu membuat Google dapat merayapi blog Anda dengan baik seluruh konten Anda. Kemudian, jika (dan hanya jika), Google menentukan halaman populer di blog Anda, baru akan muncul pada sitelink.

Nah, itulah yang dapat saya sampaikan berkenaan dengan Google Sitelink. Anda memiliki pengalaman sendiri? Silakan berbagi melalui komantar. Dan bila Anda merasa artikel ini bermanfaat, saya akan sangat senang jika Anda mau membagikannya.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

36 Komentar