Tips Youtube

Cara Memonetis Video Youtube yang Berisi Audio Pihak Ketiga

Anda telah mengunggah video ke Youtube, namun sayangnya tidak dapat dimonetisasi (menampilkan iklan), karena Anda tidak memiliki hak komersial terhadap musik yang digunakan di dalam video.

Ya, Youtube memang memiliki aturan yang cukup ketat agar video Anda dapat dimonetisasi (menghasilkan uang dari Youtube).

Seperti misalnya, Anda merekam suasana riuh ramainya penonton pada suatu konser musik, maka biasanya video itu tidak bisa dimonetisasi karena Anda tidak memiliki hak komersial terhadap lagu yang menjadi latar belakang video tersebut.

Begitu juga misalnya, Anda membuat slideshow dari koleksi foto dengan latar belakang musik yang Anda beli dari i-Tunes, maka video tersebut tidak akan diterima untuk dimonetisasi, karena meskipun Anda memiliki foto-fotonya, Anda tidak memiliki hak komersial pada audionya.

Nah, bila Anda memiliki video yang tidak bisa dimonetisasi lantaran tidak memiliki audionya, ada cara mudah untuk mengatasinya.

Anda dapat mengganti musik latar belakang dari video-video tersebut dengan musik bebas royalti yang tersedia di perpustakaan Youtube. Setelah Anda melakukan ini, maka video tersebut dapat dimonetisasi dengan baik.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama
Masuklah ke pengelola video, lalu pilih ‘Tidak dimonetisasi’ pada menu drop-down ‘Tampilkan’. Atau dapat langsung klik link video ini, untuk menampilkan semua video dengan status monetisasinya masih dipending.

video youtube tidak dimonetisasi

Kedua
Gambar logo $ berwarna abu-abu, menunjukkan bahwa video tersebut tidak bisa dimonetisasi. Jika ini disebabkan oleh masalah audio pihak ketiga, maka mudah saja untuk mengatasinya. Anda hanya perlu mengganti audio latar belakang dengan audio lain yang dapat dimonetisasi.

Untuk melakukannya, klik tombol ‘Edit’, lalu pilih ‘Audio’ dari menu drop-down.

mengganti audio video youtube

Ketiga
Pada halaman berikutnya, pilih lagu atau musik apapun dari audio library Youtube, yang terdaftar pada ‘Bebas iklan dan layak untuk monetisasi’ (‘ad-free and eligible for monetization’).

Kemudian Anda bisa mengatur posisi dari audio untuk menyesuaikan dengan videonya dengan mengklik ‘Mengatur posisi audio’. Setelah posisi audio sudah sesuai, klik tombol ‘Selesai mengatur posisi’.

Lalu klik ‘Simpan’ untuk menimpa audio asli di video Anda dengan musik yang baru.

cara mengganti audio video youtube agar dapat dimonetisasi

Butuh waktu beberapa lama bagi Youtube untuk memprosesnya, jadi Anda harus bersabar. Dan sementara proses belum selesai, penonton akan masih melihat video dengan audio versi yang asli.

proses penggantian audio oleh Youtube

Setelah audio berhasil diganti, Anda dapat mengajukan kembali video tersebut, dan sekarang video Anda telah dapat dimonetisasi dengan baik.

Semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dipahami atau ada pertanyaan, silakan tuliskan pada kolom komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

171 Komentar