Tips Youtube

Cara Memonetis Video Youtube yang Berisi Audio Pihak Ketiga

Anda telah mengunggah video ke Youtube, namun sayangnya tidak dapat dimonetisasiΒ (menampilkan iklan), karena Anda tidak memiliki hak komersial terhadap musik yang digunakan di dalam video.

Ya, Youtube memang memiliki aturan yang cukup ketat agar video Anda dapat dimonetisasi (menghasilkan uang dari Youtube).

Seperti misalnya, Anda merekam suasana riuh ramainya penonton pada suatu konser musik, maka biasanya video itu tidak bisa dimonetisasi karena Anda tidak memiliki hak komersial terhadap lagu yang menjadi latar belakang video tersebut.

Begitu juga misalnya, Anda membuat slideshow dari koleksi foto dengan latar belakang musik yang Anda beli dari i-Tunes, maka video tersebut tidak akan diterima untuk dimonetisasi, karena meskipun Anda memiliki foto-fotonya, Anda tidak memiliki hak komersial pada audionya.

Nah, bila Anda memiliki video yang tidak bisa dimonetisasi lantaran tidak memiliki audionya, ada cara mudah untuk mengatasinya.

Anda dapat mengganti musik latar belakang dari video-video tersebut dengan musik bebas royalti yang tersedia di perpustakaan Youtube. Setelah Anda melakukan ini, maka video tersebut dapat dimonetisasi dengan baik.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama
Masuklah ke pengelola video, lalu pilih ‘Tidak dimonetisasi’ pada menu drop-down ‘Tampilkan’. Atau dapat langsung klik link video ini, untuk menampilkan semua video dengan status monetisasinya masih dipending.

video youtube tidak dimonetisasi

Kedua
Gambar logo $ berwarna abu-abu, menunjukkan bahwa video tersebut tidak bisa dimonetisasi. Jika ini disebabkan oleh masalah audio pihak ketiga, maka mudah saja untuk mengatasinya. Anda hanya perlu mengganti audio latar belakang dengan audio lain yang dapat dimonetisasi.

Untuk melakukannya, klik tombol ‘Edit’, lalu pilih ‘Audio’ dari menu drop-down.

mengganti audio video youtube

Ketiga
Pada halaman berikutnya, pilih lagu atau musik apapun dari audio library Youtube, yang terdaftar pada ‘Bebas iklan dan layak untuk monetisasi’ (‘ad-free and eligible for monetization’).

Kemudian Anda bisa mengatur posisi dari audio untuk menyesuaikan dengan videonya dengan mengklik ‘Mengatur posisi audio’. Setelah posisi audio sudah sesuai, klik tombol ‘Selesai mengatur posisi’.

Lalu klik ‘Simpan’ untuk menimpa audio asli di video Anda dengan musik yang baru.

cara mengganti audio video youtube agar dapat dimonetisasi

Butuh waktu beberapa lama bagi Youtube untuk memprosesnya, jadi Anda harus bersabar. Dan sementara proses belum selesai, penonton akan masih melihat video dengan audio versi yang asli.

proses penggantian audio oleh Youtube

Setelah audio berhasil diganti, Anda dapat mengajukan kembali video tersebut, dan sekarang video Anda telah dapat dimonetisasi dengan baik.

Semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dipahami atau ada pertanyaan, silakan tuliskan pada kolom komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

153 Komentar

  • Mas mau nanya….saya sudah membuat beberapa music video dengan lirik beberapa artist terkenal dunia..apa memang tidak bisa di monitise…mengingat saya memakai audio artist tsb..minta saran apa bagaimana cara izin monitise pihak ke 3 dan cara agar video tsb di approve.

  • hallo Aa masalah saya 1 x suspend berakhir tgl 6/2/2017 tapi sekarang sudah tgl 7/2/2017 tpi blm balik ke semula itu gimana ya Aa solusi nya mohon bantuan ??

  • hallo Aa Jhon masalah saya 1 x suspend berakhir tgl 6/2/2017 tapi sekarang sudah tgl 7/2/2017 tpi blm balik ke semula itu gimana ya Aa solusi nya mohon bantuan ??

  • Mas mau nanya ne, saya upload video ke youtube sudah 7 hari dan viewernya udah 8ribu. Hari ke 8 videonya di klaim hak cipta. Pertanyaannya apakah penghasilan viewer yg 7 hari ke belakang tidak akan di bayar lagi atau di reset karna videonya udah di klaim hak cipta. Mohon pencerahaannya. Thank

  • Mas, mau tanya donk saya punya VLOG.Di VLOG saya ke 4 ini terdapat backsoud musik lagu dari The Fray-Happiness, ini antara video yang saya buat dan musik sudah pas sekali editannya. Tapi ternyata oleh youtube tidak bisa di monetization. Pertanyaannya adalah bagaiamana biar VLOG sya ini bisa ter monetization,kalaupun harus beli lagu ini bagaimana caranya?

    mohon bantuannya mas,berikut link nya :https://www.youtube.com/watch?v=uuUbMAbCrb8&t=310s

    terima kasih.

  • Mas mau tanya misal sy upload video lalu saya monitize.
    Terus 2 hari kemudian video itu saya hapus. Itu gmn mas? Pendapatan iklan dr video itu ttp masuk atau engk ya?

  • Permisi bos mau nanya .. status monetize saya kok masih disable ya , padahal sudah ada email balasan adsense bahwa telah di setujui .. terimakasih

  • Bos mohon bantuanya. Video saya berisi lagu yang di klaim yang punya tapi bagi hasil.
    Lah mslahnya kalau saya ngulangi keslahan pelanggaran hak cipta itu lagi bisa di ban atau gak mslah bos. Trima kasih..

  • Kalo di audio library gaada musik yang kita cari itu gimana ya? kaya misalnya lagunya Lyn judulnya Love Story tapi gaada di audio library. gimana tuh?

  • mas mau tanya kalo aq pake musik yg disediain youtube trs durasi musik sama video nya panjangan video bisa gk pake bbrp musik, biar bagian akhir video nya gak hening? soal nya aq dah otak atik gk nemu cara nya.

  • Mas kalau video yang saya upload, tidak bisa di view lewat hp.. ? Kenapa ya? Sedangkan video lain bisa saya view lewat hape.
    Apa setting yg harus saya lakukan.?
    Video sudah saya setting publik juga, koneksi internet baik dan tdk ada masalah bila nonton video lain.
    Mohon bantuannya

    • apa video baru di upload
      atau bisa dicoba cara ini
      Pilih menu utama dan masuklah pada channel kalian yang berisi semua video-video yang telah kalian upload.
      Klik tulisan video manager untuk melihat list video yang ada, setelah itu klik tulisan Acknowledged third party content
      Selanjutnya pilih tulisan My use of the content meets legal requirements for fair use or fair dealing under applicable copyrights laws dan klik tombol continue.
      Kemudian centang kolom persetujuan dan klik continue.
      Pada halaman selanjutnya masukan alasan untuk dispute dengan alasan sebagai berikut :
      “This video uses copyrighted material in a manner that does not require approval of the copyright holder. It is a fair use under copyright law”. Klik tombol submit dispute dan oke ketika muncul pop up tentang submit dispute.
      sekarang silahkan dicoba diputar kemabali

  • Kalo misalnya saya masukin video lagu rekaman sendiri ke youtube, tapi lagu tersebut belum pernah rekaman distudio sebelumnya. Apakah video lagu saya tersebut udh jadi hak cipta milik saya? Lalu jika ada orang yang pakai lagu saya, apa orang tersebut harus ijin dulu ke saya!

    • lagu buatan sendiri otomatis punya mas sendiri, kalau masalah memakai ijin atau tidak mas yang bisa nentukan. Jika ada yang pakai harus bla bla bla gitu

    • ada pesan seperti ini tidak di tab laporan kinerja mbak “Penghasilan YouTube akan ditambahkan ke laman pembayaran AdSense Anda sebelum tanggal 15 bulan bersangkutan dan disertakan dalam pembayaran Anda jika penghasilan total Anda melebihi ambang pembayaran. Taksiran penghasilan tidak akan diperbarui untuk menyertakan penghasilan YouTube Anda.”

  • om jhon ane mau tanya. gimana cara nya sih biar musik orang lain yg kita pakai itu ga kena pelanggaran hak cipta? padahal musik nya sendiri sudah ada lisensi dari cc dan boleh dipakai. saya pun sudah menyertakan di deskripsi linknya. gimana ya bro? thanks

  • Pak Gee, mau ty, klo sy upload video dr facebook ke youtube apa bs dimonetizer? Dgn syarat video tsb blum ada di youtube. Dan apa si pembuat rekaman video dpt meraih hak cipta? Makaci

    • selama kita gak merasa membuat sendiri /tidak memiliki hak cipta video tersebut, maka itu adalah pelanggaran. masalah bisa dimonetis, mungkin bisa2 saja, tapi ketika yg punya hak cipta melakukan claim, maka monetisasi akan dicabut, bahkan akun bisa dibanned.

  • Tanya mas jhon, ada satu video saya terkena blocked melanggar hak cipta, dan monetisasi saya dinonaktifkan walaupun video tsb sudah saya hapus. Satu bulan berakhir masa sanksi reputasi hak cipta saya kembali good standing namun monetisasinya masih disable, padahal masa sanksi sudah lewat satu bulan lebih. Saya sudah 2x kirim tanggapan hak cipta ke youtube namun tidak ada respon.
    Mohon pencerahannya mas Jhon. Terima Kasih.

  • Mas jhon . . Klo video yg kita upload berisi konten game. . Semisal kita main game trus direkam, kmudian diupload, apakah bisa dimonetisasi. ??? Dan apakah ada syarat tertentu ?

  • kesulitan ini yang sedang saya alami, pasalnya banyak video saya yang terupload sia-sia (mendapatkan uang) walaupun sebenarnya dapat memberikan manfaat bagi yang nonton.

  • mas jhon saya ingin bertanya ,, misalnya saya upload video orang lain di youtube terus saya jadikan kompilasi dan bisa di monetize (lolos copyright) ..hari pertama dan kedua aman” saja .. pas hari ke tiga terdeteksi include copyright pihak ketiga. video tidak bisa di monetize malah di alihkan ke yang claim video itu

    * Pertanyaannya apakah penghasilan yang sudah saya dapatkan sebelumnya akan hilang semua untuk video tersebut atau tidak ? pendapatan saya lumayan 64 $ sayang jika itu menghilang di adsense atau pada akhir bulan di potong ? mohon pencerahannya mas jhon

    Terimakasih

    • biasanya, penghasilan yg sudah masuk, akan ttp. tapi tergantung juga kebijakan / analisa mereka. jika dianggap pelanggarannya berat, uang akan diberikan ke pihak pemilik hak cipta.

      • oh tapi saya kena pelanggaran strike pertama ttg guildline komunitas ,, itu pelanggaran berat atau gimana mas jhon ?

      • ya itu termasuk salah satunya…. tp gak terlalu berat2 amat kok, tapi jika terus berulang bisa berakibat fatal (akunnya diban).

  • bang, apakah bisa akun adsense kebanned gara-gra video youtube nya melanggar hak cipta? n kalau saya bikin video gabungan gambar-gambar dari google misal lokasi wisata, apakah itu melanggar hak cipta?

    • ya, jika pelanggaran hak cipta terjadi terus menerus. setelah peringatan 1, 2, 3 masih tetap ada pelanggaran, akan dibanned semuanya, termasuk akun youtube dan adsense.

      • satu lagi bang, ko pembayaran adsense bulan ini pending ya, biasanya tgl 21 udah muncul, ni ampe tanggal 24 belum muncul?

      • Om jhon saya sering liat bnyak channel yg uploud video pertandingan bola liga besar ko dia pd lolos dri copyright si, caranya gimana ya ?

      • wah itu kurang tau ya bos, tapi channel seperti itu tidak akan bertahan lama. kecuali bos rekam sendiri pertandingannya dipastikan aman

  • pak mau tanya,mengapa lirik orang lain (misalnya lirik maroon5 – sugar) bisa memutar audionya ya? mengapa saya membuat lirik nya sama judulnya tetapi audionya tidak bisa diputar karena melanggar hak cipta..(kalau mereka bisa ,mengapa audio saya tidak bisa diputar ya? apa lagunya harus di edit dulu ya agar tidak melanggar hak cipta?

  • Mas saya mau tanya, dri semua video yg sya tonton di youtube bnyak yg channel nya udh trkenal tp backsound nya pake lagu. Youtubers dunia jga bnyak yg ky gitu. Itu apa di monetize ? Kalo ga di monetize syg bgt udh ada jutaan viewers. Atau ada cara lain biar mreka bisa pake backsound lagu yg ada hak cipta nya ?

    • sy kurang tahu mereka dimonetis atau tidak. yg jelas lagu berhak cipta tidak bisa digunakan seenaknya. ada beberapa opsi:
      – dimonetis lagu berhak cipta, tapi hasilnya dibagi 2 dg pemegang hak cipta
      – mereka menggunakan lagu yg bebas hak cipta dari youtube.

  • Mas video di channel saya baru ada 2 tapi sudah bisa dimonetize cuman ampe sekarang belum muncul iklannya…apa ada syarat jumlah videonya atau ada syarat lain supaya iklan muncul di video? Mohon masukannya mas…mksih

    • seharusnya iklan muncul di setiap video. Pastikan videonya telah dimonetis. Meski memang ada beberapa konten yg tidak mendapat impresi iklan, tapi angkanya cukup kecil kok.

  • bang numpang nanya 3 harilalu saya upload video ke youtube dan aman2 saja, tapi hari ini dapat notice kena claim hak cipta, tapi yg ngeclaim bentp*x*l nah trus gmna tuh, soalnya setahu saya itu bukan hak cipta yg ngeclaim itu

    • tahunya dari mana bos klo itu bukan pemilik hak ciptanya? tidak ada cara lain, selain mengajukan banding, dengan mengklik sengketa. dan dalam hal ini, youtube hanya sebagai penengah. youtube hanya menunggu keputusan pengadilan, siapa pemegang hak ciptanya.

  • Mas saya mau tanya kok masib bayakya cover lagu contohnya “full album noah” kok masih muncul iklan bukannya ith sudah memiliki hak cupta tari pemiliknya. Kenapa masih bisa??

    • video yg ada iklannya bukan berarti org yg mengupload video tsb dapat uang. krn jika pemilik hak cipta asli sdh memiliki content-id, maka di manapun videonya (kontennya) diupload org lain, maka hasilnya diberikan kepada pemilik hak cipta, baik seluruhnya, atau pun bagi hasil 50:50. (tergantung kebijakan pemilik hak cipta).

  • Mas saya mau nanya, kemaren saya buka-video youtube teman kok ada iklannya muncul yah dalam video itu, setelah saya tanya ke orang yang punya akun youtube itu katanya video itu tidak dimonetize dengan iklan. Kok bisa ya mas tidak dimonitize tp ada iklannya?

    yang kedua mas, ketika kita masuk ke “saluran saya” apakah iklan yang tampil di dashbord pojok kanan atas itu iklan dari ID Penayang random? soalnya kalau saya cek ID Penayangnya berganti-ganti dan bukan punya kita, padahal saya sedang buka saluran youtube saya, ibarat buka blog sendiri mestinya iklan yang tayang di dashbord youtube kan harusnya dari id penayang kita

    yang ketiga mas, kalau itu video sudah ada yang nonton tp masih 0$ apa penyebabnya ya mas?
    Terima kasih mas

    • Pertama: Mungkin temannya tidak tahu/ paham ttg monetisasi. padahal sebenarnya dia secara tidak sengaja mengaktifkan monetisasi videonya.
      Kedua: Video berisi konten pihak ketiga, dimana pemilik konten asli memiliki konten ID, yg mana dg itu di manapun video/kontennya muncul akan otomatis dimonetisasi.

      Mengenai iklan di saluran saya, setahu saya untuk halaman muka saluran, tidak ada iklan yg muncul. Yg ada adalah di hal menonton video. Dan iklan yg muncul di sidebar ya, itu ID milik yg punya saluran tersebut.

      video sudah ada yang nonton tp masih 0$ apa penyebabnya? Penyebabnya karena blm ada klik / impresi iklan yg valid. Atau bisa juga karena saluran belum terkait dg adsense, atau bisa juga karena akun masih relatif baru (Youtube perlu waktu beberapa lama untuk mulai menampilkan statistik).

  • Pak Mastah, saya mau nanya.. Untuk mengatur durasi audionya gimana ya?
    Misal video saya berdurasi 30 menit, sedangkan audio hanya 10 menit. Saya letakan audio tersebut dari awal, maka 20 menit terakhir kosong alias blank tanpa suara.. nah solusinya gimana om Ge biar audio dan video berhenti bebarengan? Thanks

  • Mas, untuk setting supaya volume musiknya tidak terlalu besar gimana ya? Saya bikin video tutorial dan pengen ada latar suara musik kevil2, krn sebelumnya pakai audio pihak ketiga sy cb edit tapi suara asli jadi kalah ma backsound. Thanks buat sharing nya

  • Bagaimana sebaiknya untuk youtuber pemula
    Saya sudh punya video… Tp belum saya monetisasi….
    Krn takut terlalu dini?
    Mohon sarannya master

  • Mas gee aku mau brtanya
    Aku pnya video di youtube, viewers nya udh skitar 3 jutaan tpi gak bsa di monetisasi krna ktanya video trsebut mencakup konten berhak cipta yaitu trletak pda konten audiovisualnya.
    Yg ingin sya tnyakan yaitu
    1. Bgaimna solusi spaya video sya trsbut dpat dimonetisasi ?
    2. Apakah nntinya jika videonya sdah dpat dimonetisasi, viewers video sya yg sdah 3 jtaan itu akn kmbali mnjadi nol atau ttap 3 jtaan ?

  • Mas saya banyak banget melihat video di youtube yang merupakan potongan dari film misal animasi, yang saya tanyakan kenapa mereka bisa mengupload video hasil cutting tadi dan di saksikan banyak orang, padahal dubingnya sama, kenapa baik baik saja? mereka pakai apa gitu lho.saya sudah mencoba cutting video animasi misal langsung saya upload ke you tube ee kena pelanggaran hak cipta,,mohon bimbingan nya mas, mereka ko bisa gitu lho. bisa langsung email ke saya mas . trima kasiih..

    • entahlah bos, krn sy belum pernah membuat video semacam itu, jadi tidak tahu apakah tu kena teguran hak cipta dari youtube atau tidak. tp yg jelas begini, bila pemilik hak cipta telah mendaftarkan content ID, atau melakukan claim, maka bisa dipastikan akan bermasalah dg konten pihak ketiga / hak cipta. Bila mereka tidak keberatan dan membiarkannya, ya akan aman2 saja.

  • mas video yutub saya viewnya udah 5ribuan tapi warna monetisasinya masih biru bukan hijau, dicek di adsense juga masih $0,. kenapa ya mas?
    cara mengetahui channel yutub kita baik atau buruknya itu gimana ya? terimakasih

      • Bang permisi numpang nanya, saya punya video hasil rekaman live panggungan dan audionya langsung ambil di mixer dia, tapi kok masih tetap kena hak cipta ya bang
        mohon solusinya?

  • Mas, kalau video kompilasi gol” pemain bola itu kan pasti kita tahu dan maklum itu dr download, diedit, diupload lg (g mgkin kita merekam sendiri). Logo asli ditutupi biasanya, itu apa bisa dimonetisasi, dg asumsi tdk ada msalah diaudio, krna sdah diganti yg gratis. Mohon penjelasannya! Makasih mas!

  • numpang nanya ye bang, kalo audionye udah di ubah gitu ntar pemirsa liat dan dengernye audionya udah beda dong? soale ane bikin live musik band,.. trus malah di hack sama orang africa katanye di klaim audionye punya dia.. sue.. nah gimane supaya audio yg didenger pemirsa tetep audio live perfomance musik yg ane bikin ga berubah bang?
    makasi bang

  • mas mau nanya , apakah bisa menambah jumlah tayang iklan di video atau mengatur waktu iklan muncul ? dan boleh ga jika video, gambar kecilnya memakai gambar/foto artis atau figur ??

    • ada syarat tertentu yg harus dipenuhi utk dpt mengatur iklan video yg muncul, jadi tidak semua dapat. masalah gambar kecil, boleh2 saja, namun sebaiknya tetap harus relevan dg konten videonya.

  • Bagaimana dengan film2 dengan soundtrack yg menggunakan music dari band tertertu, kenapa mereka bisa menguploadny ke youtube?

  • Mas, katanya video yg punya lisensi creativ comon bisa digunakan lg, tp ternyata ketika mau di remix masih banyak yg ga bisa karena klaim hak cipta, klo caranya d donlod dulu lalu d uplod lg itu melanggar hak cipta tidak? Misal kita nyanyi lagu iwan fals dgn iringan gitar sendiri itu melanggar hak cipta tidak klo d monetisasi?

    Maaf klo komenya rangkap, ada eror dikit mas

    • creative common bisa digunakan lagi, tp bukan berarti boleh digunakan untuk
      menghasilkan uang (komersil). mengenai cover lagu, itu boleh, asalkan
      menggunakan alat musik sendiri. spt contoh gitar tadi.

      • mas Gee, saya sudah mencoba utak atik video lisensi CC dan non CC dari video editor youtube itu sendiri dan hasilnya beberapa jadi HD serta semua sudah bisa saya monitize, yang ingin saya tau amankah tindakan seperti itu mas ?

      • aman tidaknya, entahlah, sy tidak pnya pengalaman spt itu. krn sy hanya upload video yg benar2 sy buat sendiri semua materinya. tp jika sudah bisa dimonetis, kemungkinan besar akan aman2 saja.

  • Hmmmmm,, seep seep. Baru tau saya…
    Makasih mas infonya.. Sukses selalu adsense’a. Isi Tulisannya bagus bagus.. Sering2

  • Mas, saya juga buat cover musik dan tutorial dari artis luar negeri.. 3 video sudah d klaim pihak ketiga dan bagi hasil..msh byk video saya yg belum di klaim ,tapi tetep saya monetisasi.. Maksudnya biar memancing pemilik hak cipta.hehehe.
    Gimana cara minta izin dengan pemilik hak cipta agar video kita terdeteksi secara manual ? Dan gimana cara mencari data mereka dan mohon izin agar mreka mau klaim karya mreka di video saya dan mau bagi hasil?? Apakah viewers hrs banyak dulu..Mohon pencerahan.tengkyu.eheheh..
    Maaf double mas.wkwkwkw

    • ok, gpp dobel, satunya sy hapus πŸ™‚

      mengenai klaim, itu sudah otomatis diatur oleh dan dikelola oleh sistem Youtube. Jadi pemilik hak cipta pun menerima pemberitahuan dari Youtube, jadi bukan mereka nyari2. πŸ™‚

  • Mas mau nanya, video saya kmarin juga terkena klaim hak cipta lagu dari pihak ketiga dan saya sudah ganti dengan audio bebas komersial yg disediakan youtube, tetapi setelah saya simpan perubahan, logo dollar yang seharusnya muncul sbagai tanda termonentisasi, dilogo tersebut logonya tanda tanya (?) Kira-kira apa penyebabnya ya mas..
    Mohon solusinya, trimakasih

  • Bos, tanya, video di youtube saya sudah pernah kena tanda “lingkaran bergaris tengah” sebanyak 2 kali.
    1) Apakah jika saya upload video2x lain lagi, video2 saya yang baru itu akan tidak bisa dimonetasi selamanya?
    2) Sampai berapa kali lagi tanda “lingkaran bergaris tengah” akan muncul kembali pada video2 baru yang saya upload, sehingga pihak youtube benar-benar mendisable monetasi pada channel youtube saya?

    • apakah maksudnya teguran tentang pelanggaran hak cipta? Jika ya, itu hanya berlaku bagi video tersebut, kecuali pelanggaran terus berulang, maka akun seluruhnya bisa dibanned. atau monetisasi dibatalkan semuanya. Tp ada jeda sekitar 6 bulan, dan biasanya dikasih kesempatan sampe 3x,. jika dalam 6 bulan, ttp ada pelanggaran, kemungkinan besar akan dibanned.

  • Mas , numpang tanya
    kalo buat video slideshow tapi foto2nya download dari google image terus audionya menggunakan musik bebas royalty apa ga papa ??
    terima kasih

  • mas saya sering bikin cover video clip jadi hampir semua video yang sering saya upload di klaim oleh pihak ke tiga.tapi kalo lagunya di ganti kan jadi gak bagus..ada saran lain gak mas?

    • apakah menggunakan clip asli? atau musiknya saja, videonya kita sendiri? Jika terkenan klaim pihak ketiga, sy kira tidak cara lain. Sekarang emat cukup ketat masalah hak cipta di youtube. Sebenarnya ada caranya, yaitu dg menghubungi pemilik hak cipta, dan minta ijin, lalu bisa bagi hasil.

  • minta solusinya dong mas.. kenapa ya vidio saya ngak ada iklan nya tapi
    gambar dolar nya udah berubah hijau,, tapi di vidio nya ngak ada iklan.minta solusinya mas πŸ™‚

    • Jika dolarnya sudah hijau, itu berarti sudah ok. perlu diketahui, bahwa tidak setiap impresi iklan tampil. dan ketika kita lihat sendiri iklan tidak tampil, blm tentu jika dilihat org lain.

    • gabung ke MCN? Entahlah…. sy belum pernah gabung ke yang gituan. Krn menurut saya, tidak ada gunanya. kita yang capek membuat video, mereka dapat dapat bagian. Bukankah Youtube sudah menyediakan program kemitraan langsung? Jika bisa berpartner langsung dg YOutube, kenapa harus berpartner dg yg lain?

  • Gan,.klo Audionya sdh di ubah,..trus videonya uda bisa di monetise, Apa masih bisa kita ubah kembali audionya,untuk kembali ke Audio asli dari video tersebut…?

  • Lagu Bebas iklan dan layak untuk monetisasi
    maksudnya apakah vidio kita tetap di bayar ataukah maksudnya di potong nantihasilnya ??
    mohon jawabannya gan ??

  • @garong.
    sama2…..

    @nordiansyah.
    ya tergantung, jika yang punyanya tidak melakukan klaim, maka tidak masalah. tapi kalau bisa lebih baik sound fx dr keyboard aja kayaknya. πŸ™‚