Google Adsense

Mengapa Penghasilan Adsense Turun Drastis dan Berubah-ubah?

Artikel ini saya maksudkan untuk melengkapi tulisan saya sebelumnya, yaitu:Β Mengapa Nilai Klik Adsense Berubah-ubah?

Karena cukup banyak yang menanyakan kepada saya, ‘Mengapa penghasilan Adsense seringkali berubah atau ada kenaikan dan penurunan secara drastis pada nilai CTR dan RPM?’

Hal pertama yang harus Anda pahami tentang Adsense adalah, bahwa seberapa banyak yang Anda peroleh, tergantung dari seberapa besar uang yang dibelanjakan oleh pengiklan AdWords.

Ingat, iklan yang tampil di blog Anda, dibayar oleh pengiklan AdWords!

Lalu ada mekanisme lelang, dimana para pengiklan menentukan penawaran harga tertinggi mereka. Lelang ini menentukan iklan apa yang tampil di blog Anda, juga seberapa besar nilai iklan tersebut. Yang seperti pasti dapat Anda bayangkan, bahwa nilai ini dapat berubah secara drastis dari hari ke hari, dari bulan ke bulan.

Satu-satunya yang Anda ketahui adalah, bahwa Anda memperoleh bagian sebesar 68% per klik, tapi nilai harga setiap iklan selalu berubah setiap saat.

Di samping itu, ada hal lainnya lagi….

Pendapatan dari Adsense seringkali bersifat musiman. Artinya, mungkin Anda akan menemukan bahwa penghasilan dari Adsense jauh lebih rendah pada waktu-waktu tertentu, seperti momen hari-hari besar keagamaan dan sebagainya.

Intinya adalah: Jika pengiklan membayar lebih rendah, maka pendapatan Anda pun akan turun.

Oleh karena itu, tidak perlu panik jika trafik Anda relatif stabil, namun pendapatan Adsense Anda anjlok. Ini adalah normal. Ini terjadi karena pengaruh musiman atau event tertentu, atau bisa jadi hanya sekedar karena proses lelang membuat harga iklan jadi berubah.

Lalu, bagaimana saya bisa meningkatkan nilai CTR dan RPM Adsense?

RPM (Revenue per Mille), adalah ukuran yang dapat kita jadikan acuan untuk mengukur seberapa banyak yang kita dapatkan dari Adsense, yang dihitung dari:

(Penghasilan tertaksir / Jumlah page views) x 1000

Tentu, penghasilan tertaksir Anda tergantung dari seberapa banyak klik yang Anda peroleh. Semakin tinggi nilai CTR (yang dihitung dari: jumlah klik / page views), semakin besar yang Anda peroleh.

Peningkatan nilai CTR, juga akan meningkatkan nilai RPM.

Saya beri contoh:
Jika nilai RPM Anda sebesar $4, itu berarti untuk setiap 1000 page views, Anda memperoleh penghasilan sebesar $4 rata-rata. Dari situ, kemudian Anda dapat memperkirakan, jika Anda memiliki page views sebanyak 10.000 di hari ini, maka RPM Anda bisa jadi sekitar $40.

Saya menggaris bawahi ‘bisa jadi’, karena sekali lagi, ini hanya semata perkiraan, nyatanya nilai klik iklan berubah setiap waktu.

Jadi, saya harap Anda dapat memahami bahwa cukup sulit memperkirakan penghasilan dari Adsense. Juga kenyataan pendapatan akan naik dan turun setiap saat. Dan itu adalah NORMAL.

Apa cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan Adsense?

Karena Anda tidak bisa mengontrol jumlah klik yang Anda terima atau seberapa besar pengiklan membayar untuk iklan mereka, maka cara terbaik untuk meningkatkan penghasilan adalah dengan cara meningkatkan trafik.

Semakin tinggi trafik, biasanya juga berarti semakin banyak klik, yang ujungnya semakin besar penghasilan Anda dari Adsense.

Bagaimana dengan optimasi? Optimasi memang perlu, bahkan wajib. Namun, sebagus apapun optimasi yang dilakukan, trafik tetap memegang peranan utama dalam hal besarnya penghasilan Adsense.

Bagi Anda yang masih bingung mengenai optimasi Adsense, silakan baca seri optimasi Adsense.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah: tidak ada jaminan penghasilan Adense akan stabil, naik turun itu biasa. Dan bahwa satu-satunya cara meningkatkan penghasilan, adalah dengan fokus kepada usaha meningkatkan trafik blog Anda sebanyak-banyaknya.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

82 Komentar