Google Adsense

Mengatasi Kebutaan Iklan Adsense dengan Merubah Warna Iklan

Banyak sekali orang bertanya kepada saya: Strategi apa yang bekerja terbaik untuk Adsense?

Saya selalu menjawab bahwa hal itu dapat berbeda antara satu blog dengan blog lainnya.

Eksperimen adalah kuncinya!

Apa yang bekerja baik bagi blog seseorang, belum tentu juga bekerja sama baiknya bagi blog Anda.

Saya sering sekali menyarankan untuk melakukan eksperimen dalam setiap kesempatan. Tapi lucunya, belakangan saya sadari bahwa saya tidak benar-benar melakukannya.

Saya tidak melakukan perubahan apapun pada iklan Adsense saya dalam waktu yang cukup lama. Saya kira, penyebabnya mungkin saya sudah terlalu puas dengan hasil dari Adsense yang saya peroleh.

kebutaan terhadap iklan

Padahal, bukankah selalu ada ruang untuk penyempurnaan?

Nah, tadi siang saya iseng-iseng baca-baca lagi halaman bantuan Adsense, dan menemukan halaman Kiat Pengoptimalan ‘Gaya iklan tersukses’.

Setelah membacanya, saya menyadari, betapa sudah berlalu lama sejak saya melakukan eksperimen terakhir atau melakukan perubahan warna pada gaya iklan Adsense saya.

Memang, informasi pada halaman itu adalah informasi yang umum saja (dan sudah sejak lama saya pahami), tapi saya bersyukur karena ia mengingatkan saya, bahwa saya mesti melakukan beberapa perubahan pada gaya iklan untuk mengatasi ‘kebutaan iklan’ (ad blindness).

Dan barusan saya melakukan perubahan kecil pada unit 336×280 di atas posting. Dan saya ingin melihat hasilnya dalam dua minggu ke depan.

Nah, giliran Anda. Seberapa sering Anda melakukan eksperimen perubahan pada gaya iklan Adsense Anda? Bagikan pengalamannya melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

20 Komentar

  • Akhir-akhir ini tingkat ctr adsense sepertinya cenderung menurun meski visitor mulai naik, orang sekarang pada pintar bedain mana iklan mana konten.

    • pembaca memang seharusnya bisa membedakan mana iklan mana konten bos. jadi mrk klik iklan bukan krn ‘kesasar’ melainkan krn memang ia tertarik terhadap iklannya.

  • @basri.
    silakan dipasang saja mas Basri. jika kemudian blognya tidak memenuhi syarat hanya blog tersebut saja tidak bisa menampilkan iklan. untuk akun adsense-nya sendiri tetap aman kok., kecuali pelanggarannya adalah berupa 'fraud click'. itu baru dibanned akun -nya

  • Mau tanya satu lagi gan,,,Saya ni sudah punya akun non hosted,niatnya saya mau pasang diblog lainnya yg masih ada embel2 blogspotnya,hingga sekarang blom berani pasang,nanti kalau blog itu gak memenuhi syarat apakah akun adsense saya dibanned atau hanya blognya saja yg dibanned?,yg saya khawatirkan akun saya malahan yg dibanned gara2 blog yang kedua gak memenuhi syarat.mohon pencerahannya gan.terimakasih

  • @surat.
    iklan mana yg muncul di suatu website, bukan hanya berdasarkan kontekstual, tapi ada banyak faktor lainnya, yg dalam hal periklan disebut dengan penargetan. Seperti penargetan kontekstual, geografi, kebiasaan pengguna, dan sebagainya.

    jadi tidak perlu risau ttg masalah relevansi. Krn iklan yg anda lihat blm tentu sama dg yg dilihat orang lain. JIka iklan sangat sangat tidak relevan, misalnya yg muncul iklan sabun cuci, maka bisa Anda blokir iklan tersebut.

  • Mau tanya gan,kenapa ya disitusku temanya otomotif,tapi kenapa iklannya yg muncul gak relevan,iklan terkait otomotif cuma muncul beberapa aja,,itu kalau sy cek di kompi saya,gak tahu kalau kompi orang lain.Tolong minta pencerahannya gan karena sy baru 5 hari diterima.

    Dan mohon agan untuk merivew blog saya apa penempatan iklannya sudah benar,serta warna yg digunakan sudah benar atau belum.

    url situs ane; http://www.otomotif7.com

    Mohon dengan sangat ya gan,,,Terimakasih sblmnya.

  • Saya bereksperimen dari ads ukuran 336 x 280 ke responsive malah sering CTR nol Mas Gee, padahal itu di blog saya yang dengan PV terbanyak.

    Saya baca-baca lagi kenapa, ternyata katanya memang ads ukuran 336 x 280 itu paling bagus. Ini mau saya coba lagi.

  • @aji.
    yup.. memang seperti itu 🙂

    @pengacara.
    saya kurang mengerti, 'tempat iklan' yg dimaksud apa? plugin google publisher, tidak ada kaitan dg template, krn itu plugin untuk browser.

    • maksudnya sepertinya plugin Google Adsense Mas Gee… yang biasa dipakai adsenser untuk memasang iklan di web.

      Biasanya setahu saya, Plug in ini agak konservatif dalam menentukan tempat iklan yg mau dipakai. Itu memang ada pengaruh dari template, kalau template yang dipakai sudah ada plugin untuk slot iklan, biasanya Google Adsenser plug ini tidak akan memunculkan tanda + ..jadi kadang plug ini harus dikombinasikan dengan plug in lain atau yg dari bawaan template.

  • maaf mas saya mau tanya,
    saya pakai plugin google publisher ,
    pas saya mau setting tempat iklan nya kok iklannya gak keluar ?
    itu masalahnya kira-kira karena template atau apa mas ?
    terima kasih sebelumnya

  • @aji.
    salam sukses kembali….

    apakah maksudnya masih dalam tahap review? Biasanya review hanya butuh waktu 3 hari, dan sudah dapat jawaban, apakah disetujui atau tidak. Tapi banyak jg melaporkan bahwa review terkadang butuh waktu sampai 1 minggu. Jadi, bisa ditunggu dulu.

  • Salam sukses selalu om.
    Maap mas mau tnya iklan di blog saya blm keluar biasanya nunggu berapa hari yah udah saya pasang 3 hari yg lalu msh web not page misal dlm sebulan msh seperti itu solusinya apa mas?

  • @hemly.
    salam juga mas Helmy. kabar baik,,,, weekend, diem aja di rumah. 🙂

    hmm… aneh jg ya, kalau tidak munculnya hanya di homepage. kalau di halaman posting tertentu biasanya karena ada kw di dalamnya yg tidak dibolehkan oleh adsense.

    Apakah ada pemberitahuan dari Adsense terkait itu? Biasanya ada. Coba cek di akun adsense-nya.

    Jika tidak ada sama sekali, saya kita masalahnya bukan di akun adsensen-nya, tapi pada template-nya, mungkin menaruh kode hanya menampilkan di hal. posting?

    @anton.
    untuk website murni bertujuan berjuala (toko online), tidak bisa dipasangi adsense. kalau masih penasaran, tidak ada salahnya tuk mencoba didaftarkan. jadi bisa tau bisa atau gak nya.

  • Salam bro Gee Jhon,
    Apa khabar?..kemana hari minggu ni gak weekend..)

    Maaf ganggu mas..ada masalah baru pulak ni diblog saya;http://fortunamedia.blogspot.com/
    semua iklan AdSense gak muncul alias gak nongol di homepage..
    Apa sebab dan knpa gitu ya mas..apa ada warning2 dari GA ya..

    Mohon benar2 pencerahannya mas..tapi di blog saya yg satu lagi yg pemilik ID.GA muncul seperti biasa..
    Terimakasih sebelumnya atas bantuannya mas..

%d blogger menyukai ini: