Google DFP

Penjelasan Lengkap Tentang Line Items DFP

Melengkapi seri artikel DoubleClick for Business Small Business yang telah saya luncurkan secara runut pada 6 artikel sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan lebih jauh tentang Line Items pada DFP.

Line items ini secara khusus saya tulis dalam artikel terpisah, karena saya anggap di bagian inilah yang paling banyak pengaturan yang perlu dipahami agar dapat menjalankan DFP Small Business secara baik dan berhasil.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu DFP Small Business, saya sarankan untuk membaca artikel seri DFP, yaitu:

Baik, kita kembali ke pengaturan Line items. Pada halaman New line items, ada 4 bagian pengaturan, yaitu: Pengaturan dasar, Setting, Adjust delivery dan Add targeting.

Dasar

Name: 
Nama untuk Line items yang dibuat.

Inventory size: 

Ini untuk menentukan ukuran Creatives yang ingin Anda gunakan bagi Line item. Semua Creatives yang tidak sesuai dengan ukuran ini, nantinya akan disaring dan tidak ditampilkan.
Anda dapat memilih lebih dari satu unit ukuran pada kolom ini, dipisahkan dengan ‘koma’. Anda pun dapat memilih Creatives berupa video yang akan ditampilkan bersama-sama sebagai Creatives tambahan.

Label:
Pada dasarnya ada 2 macam Label. Yaitu:

  • Competitive exclusion: Line items tidak akan ditampilkan pada halaman yang sama, apabila ada Line items dari pengiklan lain telah ditandai dengan Label yang sama.
  • Ad exclusion: Mencegah Line items untuk ditampilkan pada Ad Units yang memiliki tag DFP yang mengandung key-value yang sama.
pengaturan dasar line items DFP(Saya kan mengulasnya secara khusus tentang Label ini pada artikel tersendiri)
Allow same advertiser exception:
Anda dapat memilihnya, jika menginginkan Line item ini dan Line item lainnya dari Advertiser yang sama dapat muncul pada halaman yang sama.
Comments:
Catatan tambahan, tidak berpengaruh terhadap pengaturan apapun.
Custom fields:
Digunakan untuk kepentingan pelaporan kinerja, yang dapat dibuat melalui halaman ‘Admin’. Tidak akan berpengaruh terhadap penampilan iklan atau pun deliveri.

Setting

Type:
Untuk menentukan prioritas antara line items terhadap line items lainnya yang terkait dengan Ad Units yang sama.setting type delivery line items dfpMemang ada beberapa faktor lainnya yang ikut mempengaruhi prioritas Line items mana yang akan muncul, namun ini adalah yang paling penting. Angka di sebelah kanan Type, menunjukkan prioritas tersebut. Semakin kecil angkanya, semakin tinggi prioritasnya.Jika kita klik daftar Type, maka akan muncul Type yang diurut mulai dari paling tinggi ke paling rendah nilai prioritasnya. Mari kita lihat satu per satu.

  • Sponsorship. Line item ini memiliki prioritas tertinggi untuk ditampilkan. Gunakan tipe ini jika suatu iklan ingin Anda tampilkan sepanjang waktu (Anda dapat menentukan presentase dari total impresi) selama durasi tertentu. Dengan seting Type Delivery ini, Line items akan selalu ditampilkan dan akan mengalahkan semua Line items lainnya dengan prioritas lebih rendah. Halaman Support Sponsorship Delivery.
  • Standard. Tipe Standard, memiliki 3 pilihan: High, Normal dan Low, yang menentukan deliveri prioritas dan Anda dapat mengatur target total jumlah impresi ataupun jumlah klik. Halaman Support Standard Delivery.
  • Network. Tipe ini pada dasarnya memberikan persentase dari sisa impresi yang tidak digunakan oleh Line items yang berprioritas yang lebih tinggi. Ini baik digunakan pada saat Anda ingin beberapa Line items tampil secara merata. Umumnya tipe ini (sesuai namanya) cocok digunakan untuk menampilkan iklan dari Ads-Network. Tipe ini juga merupakan tipe pertama yang dapat diatur untuk berkompetisi dengan iklan Adsense. Halaman Support Network Delivery.
  • Bulk. Tipe deliveri ini bisa dibilang merupakan versi lebih rendah dari Type Standard, dimana ia akan menampilkan sejumlah persentase dari sisa total impresi suatu Line items yang tidak digunakan oleh Line items berprioritas lebih tinggi. Tipe ini juga dapat berkompetisi dengan iklan Adsense. Halaman Support Bulk Delivery.
  • Price priority. Pengaturan ini akan mengisi inventori tak terpakai Anda, dengan Line items yang membayar paling tinggi. Jika Anda menjual iklan langsung (direct ads), yang berdasarkan jumlah impresi, maka jenis Line items barangkali cocok untuk digunakan. Anda dapat menentukan target harian ataupun total keseluruhan impresi yang diinginkan dan dapat diatur untuk berkompetisi dengan iklan Adsense. Halaman Support Price Priority Delivery.
  • AdMob. Ini adalah tipe prioritas yang relatif baru. Saking barunya, sampai di halaman support resmi DFP belum ditemukan penjelasan tentangnya. Namun, dari namanya bisa dilihat bahwa ini ditujukan untuk mengelola iklan AdMob atau iklan bagi para pengembang aplikasi perangkat mobile.
  • House. Ini adalah prioritas terendah dari kesemuanya dan lebih ditujukan sebagai cadangan jika tidak ada Line items lain yang tersedia untuk ditampilkan. Pada dasarnya ini Anda gunakan jika Anda ingin mempromosikan artikel, konten atau pun bisnis milik Anda sendiri. Halaman Support House Delivery.
Nah, itulah penjelasan singkat masing-masing Tipe Line items yang tersedia. Jadi, jika Anda memiliki banyak Line items tersedia untuk satu Ads Units yang sama, maka DFP akan memeriksa secara berurutan:

Sponsorship >> Standard >> Network >> Bulk >> Price priority  >> AdMob >> House

Start time & End time
Pengaturan ini cukup jelas, yaitu menentukan waktu kapan mulai dan akhir dari satu Line items akan ditampilkan.

Goal Persentase dari impresi yang ingin dicapai (untuk Sponsorship, Network dan House), Quantity (untuk Standard dan Bulk): Jumlah impresi atau klik Daily (harian) atau Lifetime (selama penayangan), dan Limits (untuk Price priority): Menentukan batasan jumlah impresi atau klik untuk satu Line items.

Rate
Disini Anda dapat memasukkan nilai Cost per thousand impressions (CPM), Cost per Click (hanya untuk Network dan House) or Cost per Deal (hanya pada Network).

Untuk tipe Sponsorship dan Standard, ini hanya sebatas informasi agar memudahkan Anda mengetahui lagi berapa total nilai projek tertentu. Untuk tipe prioritas lainnya, Rate ini dapat menentukan nilai prioritas Line items, terhadap level prioritas Type-nya sendiri.

Ini juga merupakan nilai dimana Line items akan bersaing dengan iklan Adsense, jika ‘Compete with Adsense’ diaktifkan untuk unit iklan tersebut.

Discount
Hanya untuk referensi, tidak berpengaruh terhadap apapun.

Adjust delivery

Deliver impressions

  • Evenly. Line items akan menampilkan iklan secara merata sepanjang impresi, dengan rumus: (target impresi harian = [Total impresi] / [Jumlah hari dari hari pertama sampai akhir])
  • Frontloaded. Menampilkan Line items di awal skedul sampai mencapai sebesar 40% lebih tinggi dibandingkan yang bukan Frontloaded. Lalu, secara bertahap dikurangi sebanyak 5%, seiring skedul penayangan mencapai batas akhir. Hasilnya, total impresi pada paruh pertama dari waktu kampanye iklan bisa mencapai 25% lebih tinggi jika dibandingkan tidak menggunakan Frontloaded.
  • As fast as possible. Line items sama sekali tidak melihat skedul penayangan. Ia akan menggunakan seluruh impresi yang didapat.
Display creatives
Jika Line items menggunakan lebih dari satu Creatives dan dikaitkan dengan Placement yang memiliki lebih dari satu Ads Unit, maka Anda dapat menentukan apakah Line items tersebut menampilkan:
  • Only one. Menampilkan hanya satu Creatives per halaman jika terdapat beberapa materi iklan terkait dengan Line items ini.
  • One or more. Membolehkan beberapa Creatives pada Line items untuk tampil.
  • As many as possible. Menampilkan Creatives pada sebanyak mungkin Ads Unit pada satu halaman. Hanya digunakan pada Line items dengan bebarapa Creatives aktif.
Rotates creatives
Jika Anda memiliki beberapa Creatives untuk satu Line items, Anda dapat merotasinya dengan beberapa aturan tertentu:
  • Evenly. Dirotasi secara merata.
  • Optimized. Creatives dengan CTR tertinggi akan ditampilkan lebih banyak.
  • Weighted. Creatives akan dirotasi dengan frekuensi yang diatur pada tab ‘Creatives’.
  • Sequencial. Creatives akan dirotasi dalam urutan yang Anda tentukan. Anda harus memasukkan angka antara 1 dan 80 untuk masing-masing Creatives.
Day and time
Untuk menentukan pada hari apa dan pukul berapa Line items ditampilkan.
setting item baris, line items pada dfp
Frequency
Mengatur berapa kali pengunjung melihat iklan yang sama dalam waktu satu menit, jam, hari, minggu, bulan, atau sekali selamanya.

Add targeting

Inventory
Di sini Anda dapat menentukan di Ads Unit atau Placement mana Line items ditempatkan.

Custom criteria
Anda dapat memberi tag atribut spesifik tertentu pada satu halaman dan menargetkan atribut tersebut.

Seperti contoh, jika Anda memiliki bagian ‘berita’ pada website Anda, maka Anda dapat memberi tag halaman tersebut dengan ‘berita’, sedangkan artikel Anda lainnya diberi tag ‘artikel’. Kemudian Anda dapat menargetkan kategori tersebut dengan Custom criteria.

menentukan target iklan di DFPGeography
Disini Anda dapat menargetkan berdasarkan lokasi (geo-targeting).Devices
Anda bisa menentukan target berdasarkan browser, bahasa browser, merk pabrikan, sistem operasi dan sebagainya.Connection
Menargetkan pengunjung berdasarkan koneksi internet. Bisa ditentukan berdasarkan bandwidth, operator jaringan dan domain.

Bagian terakhir adalah ‘Save’ dan ‘Save as’. Dengan Save as, Anda dapat menyimpan Line items yang telah diatur sebagai Line items baru, juga dapat langsung memilih untuk mengunggah Creatives baru.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang item pada halaman Line items DFP. Semoga bermanfaat. Jangan sungkan untuk bertukar pikiran dan berdiskusi tentang penggunaan DFP melalui komentar di bawah.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar