Blogging Dasar

Pentingnya Komentar bagi Seorang Blogger

Persis di bawah posting blog, pada umumnya adalah bagian bagi pengunjung untuk meninggalkan komentarnya.

Komentar blog merupakan bagian yang amat penting dari blog yang sukses, serta merupakan bagian blog yang harus mendapatkan perhatian lebih.

Manfaat dan tujuan komentar

Komentar blog merupakan bagian yang membuat blog menjadi interaktif dan bersifat sosial. Kebanyakan blog-blog populer memiliki komunitas yang sangat interaktif menyampaikan pendapat mereka terhadap posting blog yang bersangkutan.

manfaat komentar

Orang-orang senang merasa ikut terlibat. Meninggalkan komentar memberi kesempatan kepada pembaca untuk ikut serta dalam diskusi mengenai topik yang mereka sukai.

Dengan demikian jelas, fungsi dan manfaat dari komentar blog ini cukup krusial guna membantu kesuksesan sebuah blog.

Karena hanya dengan terjalinnya sebuah interaksi antara penulis dengan pembacanya (juga pembaca dengan pembaca lainnya), akan terbentuk satu komunitas, yang adalah nafas dari blog yang sukses.

Selengkapnya tentang manfaat komentar, silakan baca: 8 Manfaat yang Anda Peroleh dengan Berkomentar di Blog Orang Lain.

Nilai komentar bagi blogger

Komentar ibarat urat nadi yang menghidupi blog. Komentar pula yang membedakan blog dengan situs web statis biasa. Semakin ramai komentar, semakin interaktif sebuah blog, semakin terjalin kuat hubungan Anda sebagai blogger dengan pembaca, semakin populer pula blog Anda.

Ajak pembaca Anda untuk meninggalkan komentar. Berikan respon segera komentar mereka, agar mereka merasa dihargai. Sama seperti Anda tidak suka jika tidak dipedulikan oleh orang lain, maka jangan membuat mereka merasakan hal yang sama dengan tidak merespon komentar yang mereka tinggalkan.

Manfaat lain dari komentar

Satu aspek yang menarik dari komentar blog adalah, bahwa mereka yang meninggalkan komentar juga dapat menaruh link blog atau situs lain atau pun blog mereka sendiri untuk diskusi lebih lanjut.

Link ini dapat menjadi sumber bagus bagi Anda untuk menemukan blog baru untuk dibaca, blogger yang menyukai hal sama, bahkan mendapatkan ide baru bagi posting Anda berikutnya.

Jadi, komentar, tak pelak lagi adalah sebuah cara yang bagus sekali untuk membangun hubungan baik dengan blogger lain, selain juga dapat mendatangkan trafik ke blog Anda melalui link di blog lain yang Anda tinggalkan.

Maksimalkan manfaat dari adanya komentar blog ini, dengan membuat posting yang menggugah pembaca untuk meninggalkan komentar mereka. Dan yang juga tidak kalah pentingnya adalah, tinggalkan jejak Anda ketika mengunjungi blog orang lain dengan menyempatkan diri memberi sebuah komentar disana.

Nah, sekarang silakan tinggalkan komentar disini, bagikan pengalaman Anda. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

10 Komentar

  • That is really attention-grabbing, You are an overly professional blogger.

    I have joined your rss feed and look ahead to searching for more of your great post.
    Additionally, I have shared your website in my social networks

  • Sepakat dengan admin, bahwasannya komentar blog itu penting untuk diperhatikan. Namun, moderasi kontar juga tak kalah pentingnya. Sebab, adakalanya komentator yg nakal hanya sebatas numpang promosi link refferal menurut saya itu menjengkelkan. Bagaimana tanggapan admin tentang kasus spt ini? Thanks before

    • Ya memang seperti itu mas Anwari. Untuk kasus komentar spam spt itu, biasanya langsung ditandai spam, jika masih lolos, sy langsung menghapusnya 🙂

  • @edi.
    ya betul. tuk itu banyak2 komentar itu bagus. 🙂

    @ama.
    jika menerima komentar2 yg miring spt, biarin saja, tidak perlu ditanggapi. dibawa santai saja. saya sendiri seperti itu.

  • Saya setuju semua. Komentar membuat kita makin rajin menulis menulis dan menulis. Tapi banyak juga komentar anonim yg menyerang, di luar konteks, rasis, promotif. Komentar2 anonim ini sering kali sangat berbahaya. Gak apa2 kalau isinya normatif aja. Komentar2 akan berdatangan kalau tulisannya mengandung informasi yg kontroversial dan trending topics.

  • Prinsipnya, kalau kita tidak mau komentar di blog orang lain mana mungkin mereka komentar di blog kita. Khusus blog mas Gee Jhon, saya sih pasti komentar pertanyaan. Terima kasi ya…