Tantangan Blogging

Tantangan #7: Pliiisssss…… Kasih Tahu Siapa Anda!

Siapa sih Anda? Apa yang Anda kerjakan? Apa yang Anda bicarakan? Apa yang ingin Anda sampaikan? Siapa yang menganggap Anda berhak mengatakan tentang sesuatu? Apa yang Anda lakukan dengan blog Anda? Mengapa Anda mau melakukannya?

Pliiissss….. Siapa Anda?!

Itulah, banyak sekali pertanyaan yang muncul saat saya mengunjungi sebuah blog. Saya ingin tahu siapa di balik semua kata-kata yang tertulis, apa kecakapan mereka, mengapa mereka rela membuang-buang waktu mereka (juga waktu saya) dengan menulis semua artikel ini dan kenapa saya harus mempercayai apa yang mereka katakan.

Bagaimana dengan Anda? Sama bukan?

Nah, Tantangan PortalUang kali ini, saya mengajak Anda untuk menengok sekarang juga, apakah Anda telah memiliki halaman ‘about’ atau ‘kontak’ di blog Anda.

Satu halaman ini, dapat membantu orang-orang untuk memutuskan apakah apa yang Anda tulis, cukup berharga atau tidak untuk dibahas dan diulas lalu memberikan link ke blog Anda. Halaman ‘about’ tidak perlu selengkap riwayat hidup, tapi hanya butuh sesuatu yang dapat memberi kami petunjuk tentang siapa Anda.

Untuk membantu Anda membuat halaman ‘about’ yang bagus, silakan baca: Membuat Halaman ‘About’ yang Bagus dan 5 Kesalahan Umum Halaman ‘About’ dan Cara Memperbaikinya.

Benar. Salah satu hal yang menyenangkan dari blogging, adalah bahwa kita dapat menulis secara anonim.

Tidak ada keharusan orang-orang untuk tahu siapa Anda. Tapi, mereka butuh mengetahui sesuatu tentang Anda sehingga bisa menaruh kepercayaan terhadap apa yang Anda sampaikan. Anda tidak harus menggunakan nama sebenarnya, jika tidak ingin. Anda tidak harus memberikan nomor hp, alamat email, alamat rumah ataupun situs / blog lain yang Anda kelola.

Anda bebas menentukan apa pun yang ingin Anda bagikan tentang diri Anda. Kami hanya butuh sedikit saja, informasi tentang siapa Anda dan apa yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mengatakan semua yang Anda tulis. Sehingga kami dapat mengintip lebih dalam di balik semua nasihat dan petuah Anda, supaya kami bisa lebih mantap untuk mempercayai Anda.

Sedikit informasi tersebut juga dapat membantu kami lebih memahami apa yang Anda tulis.

Jika Anda menulis tentang segala sesuatu di planet ini, maka sampaikan pada kami bahwa Anda memang qualified dan mengapa Anda melakukannya.

Jika Anda menulis topik khusus tertentu, ceritakan pula sedikit alasan dan pengalaman Anda yang membuat Anda ‘berhak’ menyampaikan tentang topik tersebut.

Anda membuat blog karena Anda memiliki sesuatu yang Anda ingin orang lain membacanya. Anda juga telah bekerja keras untuk mendapatkan ‘perhatian’ (juga penghargaan) terhadap blog Anda, dengan melakukan banyak hal: ping, submit ke search engine, berpromosi ke kanan kiri.

Jadi, mengapa Anda tidak memberi sedikit perhatian terhadap blog dan kualifikasi Anda sendiri?

Sekarang juga, pada halaman ‘about’ Anda, coba jawab pertanyaan ini: SIAPAKAH SAYA?

Dan, untuk menjawab pertanyaan tadi, mungkin Anda sendiri ingin tahu dan bertanya-tanya tentang diri Anda sendiri, bahkan mulai meragu: Siapa saya sesungguhnya?

Setelah Anda membuat (atau melengkapi) halaman ‘about’ dan memberi bocoran sedikit tentang siapa Anda, tulislan link-nya pada halaman komentar, agar saya dapat lebih mengenal Anda.

Hmmm…. saya juga sekarang jadi bertanya lagi: “Siapakah sayaaaaa?????” Ah……. !!!

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

9 Komentar