Promosi Blog

10 Fakta Penting tentang Promosi Blog

Setiap blogger ingin mengembangkan blog mereka dan meraih trafik yang lebih besar lagi. Dan itu dapat dicapai dengan cara mempromosikan blog dengan baik dan benar.

Sayangnya, mayoritas mereka yang baru saja menekuni dunia blogging, tidak mengetahui cukup banyak tentang hal promosi blog ini.

Untungnya, Anda akan belajar dengan cepat jika terus berupaya melakukan promosi blog secara konsisten.

Nah, di bawah ini adalah 10 fakta tentang hal promosi blog yang saya petik dari pengalaman selama ini:

1. Meraih trafik dari search engine, itu butuh waktu

Bagi sebuah blog baru, paling tidak butuh beberapa bulan sebelum meraih ‘kepercayaan’ dari mesin pencari untuk memberi Anda trafik yang melimpah.

Jadi, jika pun Anda berencana untuk memperoleh trafik utama dari mesin pencari, sebaiknya Anda juga fokus terhadap sumber-sumber trafik lainnya di bulan-bulan pertama usia blog.

Membangun blog yang ‘bersahabat dengan mesin pencari’, adalah prioritas utama untuk meraih trafik dari search engine, sementara Anda tetap berupaya ekstra sejak awal untuk menyajikan konten yang bagus, konten yang menjadi ‘buah bibir’, dan orang-orang mau memberi link ke konten Anda dengan sukarela.

2. Tidak semua trafik, itu sama

Tidak ada dua sumber trafik yang memberi dampak persis sama. Saya sendiri mendapatkan cukup banyak trafik yang berasal dari sosial media, terutama Google+ dan Facebook.

Dari situ saya dapat membuktikan bahwa trafik dari media sosial pada umumnya tidak terlalu responsif serta kurang bagus dalam hal keterlibatan terhadap blog, dibandingkan dengan sumber trafik lainnya.

Jadi, jika Anda hanya melihat angka statistik tanpa melihat lebih dalam hasil yang didapat, maka Anda akan ‘tertipu’. Tentu, setiap visitor adalah luar biasa. Setiap pengunjung adalah sangat berharga, tapi apakah mereka hanya mampir ke blog Anda selama 20 detik, lalu pergi dan tidak pernah kembali lagi?

Trafik dari search engine ada yang paling banyak diminati, karena visitor ini cenderung lebih aktif dalam menemukan apa yang Anda tawarkan.

Tapi, masih ada lagi sumber trafik yang sangat baik, yaitu visitor yang berasal dari referensi blog lain. Pengunjung jenis ini, lebih aktif lagi, karena ia datang atas rekomendasi orang yang mereka percayai.

Intinya adalah, setiap sumber trafik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu, cobalah mempertimbangkan pula hal ini pada saat Anda mempromosikan blog, lalu analisa hasilnya.

3. Update posting teratur, itu kunci

Kebanyakan blogger butuh menerbitkan konten baru untuk menjaga trafik bertahan pada level tertentu.

Mungkin, beberapa blogger mampu meraih trafik berlimpah dari mesin pencari dengan posting lama. Atau dengan kata lain, trafik relatif bertahan stabil tanpa adanya posting baru, tapi itu kasus pengecualian yang sangat jarang terjadi.

Seperti kita tahu, konten baru lah yang membuat subscriber kembali lagi. Posting baru juga yang tetap menjaga voting di media sosial berkelanjutan. Posting baru pula yang menambah jumlah indeks pada mesin pencari, yang mana sangat disukai oleh mereka.

Jadi sekali lagi: update secara konsisten adalah kunci!

Update secara konsisten bukan berarti Anda harus menyajikan konten baru setiap hari (meskipun jika mampu, itu adalah yang terbaik, terutama bagi sebuah blog baru).

Update konsisten hanya berarti Anda perlu menyajikan posting baru secara teratur. Hampir semua blog yang sukses meraih trafik tinggi, adalah mereka yang menyajikan konten secara konsisten.

4. Trafik konsisten, itu hampir mustahil

Meskipun update teratur diperlukan untuk menjaga trafik tetap stabil, itu bukan berarti ia akan membuat trafik benar-benar konsisten. Dalam hal jumlah trafik, setiap blog pasti mengalami naik dan turun, dan hampir tidak ada dua hari yang memiliki jumlah kunjungan sama besarnya.

Ini adalah sesuatu yang wajar alami. Anda harus belajar menerima kenyataan ini, jika tidak, mungkin Anda akan dilanda rasa frustasi. Pastikan Anda menikmati saat-saat dimana trafik begitu melimpah, sementara tetap semangat di kala trafik sempat turun di lain hari.

Malah sepertinya, blogging mungkin sesuatu yang membosankan, jika trafik tidak mengalami fluktuasi seperti adanya. Entahlah…..

5. Pengunjung berulang, itu tujuan utama

Meski begitu senang kita melihat sejumlah besar visitor unik mengunjungi blog kita, tapi seberapa banyak darinya yang kembali berkunjung lagi?

Pengunjung berulang adalah urat nadi sebuah blog, dan subscriber (mereka yang berlangganan update blog Anda), tentu saja adalah yang paling cenderung untuk kembali lagi. Karena itu, fokus meningkatkan jumlah subscriber menjadi hal yang sangat bagus.

Pengunjung berulang, bukan saja membantu menambah jumlah trafik Anda secara keseluruhan, lebih penting lagi mereka jauh lebih responsif dalam hal berkomentar, membagikan konten ke media sosial dan hampir segala aspek dari blog Anda.

Terakhir, karena mereka terus mengunjungi blog Anda secara berulang, itu berarti Anda juga tengah memupuk kepercayaan dan pada akhirnya ‘lingkaran’ (meminjam istilah G+) Anda terus berkembang besar.

6. Link, dalam berbagai cara, itu sangat membantu

Membangun link menjadi prioritas banyak blogger, dan memang mereka memiliki alasan untuk itu. Link mendatangkan trafik dari blog lain, ia meningkatkan reputasi Anda di blogosphere, dan ia juga meningkatkan ranking di mesin pencari.

Link building, biasanya diprioritaskan hanya untuk tujuan ranking di search engine, khususnya Google. Namun, faktor-faktor lain tidak seharusnya diabaikan.

Jika blog Anda berada pada niche dengan kompetisi yang tinggi, pengakuan, reputasi dan promosi keberadaan blog Anda, justru adalah hal terpenting.

Mendapatkan link dari blog yang telah dikenal baik serta memiliki reputasi bagus, memang dapat membantu Anda dalam hal optimasi search engine, namun sebenarnya, kredibilitas lebih yang Anda peroleh dari sebuah link adalah hal paling utama, khususnya bagi seorang blogger baru.

7. Keseimbangan, itu penting

Keragaman sumber trafik yang Anda miliki, dapat membantu Anda terhindar dari kehilangan sejumlah besar persentase trafik jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Ranking pada mesin pencari bukanlah hal yang permanen, terutama Google yang selalu siap sedia dan tak segan-segan menghukum blog, jika mereka menganggap ada pelanggaran pedoman baku mereka.

Jika Anda terlalu mengandalkan trafik dari mesin pencari, Anda dapat kehilangan trafik sewaktu-waktu.

Begitu pula dengan media sosial. Trafik darinya adalah salah satu yang sangat tidak konsisten. Jadi, jika saat ini Anda telah berhasil meraih trafik tinggi, bukan berarti itu akan terus berlanjut.

Pendekatan terbaik, adalah meluaskan pilihan serta fokus untuk memperoleh trafik dari berbagai sumber, alih-alih hanya mengandalkan dari satu sumber trafik saja. Dengan cara itu, Anda akan selalu merasa aman, dan tidak bergantung pada salah satu sumber.

8. Sumber trafik kecil, itu tidak boleh diabaikan

Tidak semua sumber trafik sama memberi Anda ribuan pengunjung, tapi itu bukan berarti mereka tidak berguna sama sekali.

Seperti contoh, berpartisipasi aktif dalam sebuah forum, sedikit banyak akan memberi Anda trafik meskipun tidak berjumlah besar. Meski demikian, visitor tersebut sangatlah bernilai, karena mereka telah mengenal Anda, telah belajar sesuatu dari Anda melalui forum, sehingga mereka cenderung akan menjadi seorang pembaca setia.

Contoh lainnya, dari manfaat berkomentar di blog lain, juga sama mendatangkan trafik, meski sangat jarang dari sebuah komentar Anda memperoleh trafik membludak.

Namun lagi-lagi, trafik ini pun sangat bernilai, sebab mereka tertarik berkunjung ke blog Anda karena tertarik dengan komentar cerdas yang Anda tulis. Ujung-ujungnya sama seperti contoh pertama tadi.

Intinya, jangan menilai suatu sumber trafik hanya dari angka, sumber trafik paling kecil sekalipun, adalah instrumen penting dalam membangun blog yang sukses.

9. Membangun jaringan, itu tak kalah penting

Semua blogger sukses, adalah mereka yang ‘dikelilingi’ blogger sukses lainnya. Ini adalah sesuatu yang tidak terlalu saya sadari sedari awal. Namun, belakangan saya menyadari begitu pentingnya membangun sebuah jaringan yang kuat sesama blogger.

Sebuah hubungan baik yang kuat, memberi Anda kawan sekaligus partner kerja yang siap membantu saat Anda membutuhkan bantuan. Mereka bersedia memberi link, mereka mau berbagi di media sosial, mereka bisa menjadi inspirasi dan penyemangat, bahkan tidak mustahil mereka akan menjadi rekan dalam proyek Anda di masa yang akan datang..

Membangun network yang kuat, adalah melulu tentang kesediaan membantu yang lain dan selalu bersikap pro-aktif dalam setiap kesempatan bersama.

10. Trafik blog, itu bisa diraih dengan sedikit modal

Jika Anda tertarik untuk memperoleh promosi ekstra atau ingin mengembangkan blog dengan cepat, ada banyak pilihan iklan terpercaya yang bisa memberi Anda trafik sebenarnya.

Iklan PPC, adalah salah satu pilihan efektif dan cukup murah (tergantung dari keyword yang Anda sasar).

Beriklan pada sesama blogger juga merupakan pilihan bagus. Ada bisa memperoleh iklan dengan harga Rp500 per klik atau harga ‘damai’ yang berkisar ratusan ribu per bulannya.

Jalankan iklan selama satu bulan atau lebih, akan membuat blog Anda cepat dikenal dan mendatangkan trafik dan audiens baru. Dan jika Anda berhitung, manfaatnya akan sepadan dengan uang yang sedia Anda keluarkan.

Nah, giliran Anda. Apakah Anda telah menyadari semua fakta tentang promosi blog di atas? Jika Anda memiliki pengalaman lain untuk mempromosikan blog secara efektif, bagikan melalui komentar.

Terakhir, saya sangat menghargai dan berterima kasih, jika Anda berkenan membagikan artikel ini.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

7 Komentar