Google Adsense

2 Tahun Bersama Adsense: Apa Saja yang Telah Saya Raih?

Selamat Hari Jadi! Pada hari ini, Anda telah bersama Adsense selama 2 tahun.

Itulah tulisan yang terpampang pada halaman depan akun Adsense saat saya buka tadi pagi.

Tidak terasa, 2 tahun sudah saya menjalankan program Adsense. Tentu saja, ini saya syukuri sangat, di saat masih banyak teman-teman lainnya hanya bisa menjalankan Adsense beberapa bulan saja karena keburu dibanned.

Banyak suka-duka. Banyak pikiran, waktu dan tenaga telah saya curahkan untuk mengelola Adsense. Banyak malam-malam yang saya habiskan hanya untuk mempelajari bagaimana cara kerja Adsense. Melakukan optimasi, bereksperimen, kena teguran beberapa kali.

Lalu apa yang telah saya raih?

Sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa ternyata menjalankan Adsense itu susah-susah gampang.

Susah, karena di awal butuh komitmen dan dedikasi yang tinggi. Bagaimana tidak, saya butuh waktu 8 bulan untuk mencapai $100 pertama! Sungguh melelahkan dan membuat hampir patah semangat.

Gampang, ketika sudah berhasil melewati masa-masa sulit dan mulai menghasilkan tiap bulan. Alhamdulillah, harapan saya ke depan mudah-mudahan pendapatan dari Adsense selalu bertambah.

Dari semuanya itu, hal paling penting agar bisa sukses di Adsense adalah dengan cara tidak melakukan pelanggaran kebijakan mereka. Berapa banyak orang gagal, karena masalah ini.

2 tahun menjalankan Adsense

Yang saya raih dalam 2 tahun ini?

Jika yang dimaksud adalah jumlah uang, memang belum mencapai angka yang fantastis. Seperti saya katakan tadi, 7 bulan pertama berarti saya sama sekali tidak dibayar oleh Adsense. Tapi sekarang, bulan ini, pendapatan Adsense saya, Insya Allah tidak kurang dari 800$.

Dan jika mau dihitung sejak awal, saya telah memperoleh total kurang lebih $5.610, dengan kurs Rp11.000 per dolar, berarti Rp61.710.000,- Kalau dirata-ratakan selama 2 tahun ini, berarti selama ini per bulan saya ‘dapat gaji’ sebesar sekitar Rp2.500.000,-

Tidak terlalu buruk kan? Hehe…

Tapi saya yakin, masih banyak yang jauh lebih besar di luar sana. Seperti yang saya baca di blognya MbakΒ +Indri Lidiawati, ada seorang blogger yang mampu menghasilkan Rp70 juta sebulan dari Adsense.

Waoowwww…. Kalau dia bisa, kenapa saya tidak?!! Iya kan?

Nah, bagaimana dengan Anda? Sudah berapa lama Anda menjalankan Adsense? Dan sudah berapa penghasilan Anda saat ini? Berbagilah melalui komentar.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

92 Komentar

  • selamat om gee jhon… saya malah mulai baru 2 hari, tapi sedikit kelabakan karena daftar adsense dulu baru buat blog n youtube, mudahan gak kena banned karena terlalu cepat daftar tapi ilmu nol

  • baru satu tahun gabung GA, baru 2x gajian…belum rutin…susah banget ternyata ngasilin $100/bulan. apa karena blog saya gado2, ya?

    • ya bisa jadi bos. tp sebenarnya, yg utama tetap trafik bos. Jika trafik masih di bawah 3000pv/ hari , memang agak berat tuk bisa PO tiap bulan dg topik gado2.

  • Mas, mau tanya kalau akun google adsense saat dibuka disable itu kenapa ya? apa di banned? Tapi bberapa iklan google masih ada di web saya.

    • Ya, disabled sama dg banned. Tp klo msh ada iklan tampil di satu blog, sedangkan di blog lainnya gak muncul, berarti yg di-disabled adalah blognya. Tu yg disebut pelanggaran di tingkatkan konten/blog. Jd akun Adsense msh aktif, hanya saja gak muncul pada website yg dianggap melanggar.

      Until kasus spt ini, begitu perbaiki APA kesalahannya, biasanya iklan dapat tampil kembali. Silakan ajukan banding.

  • bagus banget artikelnya, jadi menambah semangat buat terus menulis. mas boleh minta pendapatnya tentang blog saya, apa saja yang harus diperbaiki? terimakasih mas. sukses selalu

  • Mas apakah kita bisa membuat beberapa akun adsen dengan 1 orang kepemilikan , untuk akun adsen youtube + bloger sebaiknya digabung / pisah than kyu , apakah usaha saya dengan cara membuat banyak blog yg nge- link ke bloger utama itu juga bagus uk usaha menaiksn trafik sebelum banyak pengunjung , suwun mz kalau bisa bslas ke email ( sewannur@gmail.com )

    • tidak bisa bos, 1 orang hanya boleh punya 1 akun adsense. jadi meski menjalankan blog dan youtube, akun adsense-nya ya cukup 1.

      membuat blog dummy tuk narik trafik???? emangnya blog dummy nya sudah dapat trafik?

  • Kitorang baru bulan ke 3 jalankan adsense, sekarang lagi tunggu pin, mudah-mudahan pin tempo datang…..

    semoga dari 10$ terus meningkat…

    semua karena ilmu dari portaluang.com

    terimakasi mas bro. su bagi ilmu gratis buat kitorang yang jau di timur sana…

    Tuhan berkati.
    salam

  • Saya masih 366 dollar sejak 2008, memang belum fokus ke adsense. Selama ini hanya olshop yang jalan. Jadi sekarang mau fokus di adsense nya sekalian, karena olshop sudah jalan Alhamdulillah. Doain bisa kayak Mas Gee Jhon, buat tambahan lagi hehehe…

  • makasih bang gee informasinya sangat berguna buat aku yang baru main blog ini, mohon pencerahaannya kedepan, mudah mudahan bisa seperti bang gee ini hehehe

  • kalau boleh tahu itu dari pendapatan dari berapa blog? apakah cuman blog indo?
    portal uang memang sangat sesuatu terutama untuk mengoptimalkan google adsense khususnya bagi orang yang masih “buta” dan meraba-raba seperti saya πŸ˜›

  • Terima kasih Pak Gee..response nya cepat..mantap! , saya coba baca pedoman2 yang pak gee sarankan..nanti kalau saya sudah punya blog..sudi mampir dan mohon kritik dan saran nya ya Pak Gee.(learn from the expert)..sukses selalu buat Pak Gee..!

  • @muhammad.
    makasih ,… πŸ™‚

    @paulsadrak.
    halo jg mas Paul… terima kasih banyak atas apresiasinya, atas kunjungannya serta komentarnya πŸ™‚

    pertama sy ingin sampaikan bahwa siapapun bisa menghasilkan uang online, jika mau dan bersedia kerja keras. memanfaatkan waktu luang bisa jadi permulaan yang bagus. Jadi, take action segera, jgn ditunda lagi. Karena dapat uang online, khususnya dari blog, lebih kepada strategi jangka panjang, krn bisa jadi hasilnya baru akan kita rasakan 1 tahun kemudian.

    tentang pertanyaan topik apa yg baik dan mendatangkan trafik, sy tentu saja tdk bisa kasih saran apapun, krn semua tergantung masing2 orang. Untuk membantu mas Paul, silakan baca beberapa pedoman sy pernah sy tulis dalam memilih niche / topik yg baik:
    http://www.portal-uang.com/2013/09/cara-memilih-niche-terbaik.html
    http://www.portal-uang.com/2013/09/cara-memilih-niche-terbaik.html
    http://www.portal-uang.com/2014/03/menemukan-niche-yang-tepat.html
    http://www.portal-uang.com/2014/02/kerangka-jenis-konten-blog.html
    dan ada beberapa yg lainnya, silakan mas Paul pelajari pelan2, sy yakin pasti nemu yg paling pas dg mas Paul sendiri. Sukses selalu!

  • Hallo Pak Gee Jhon, saya termasuk komentar orang2 di atas yang senang bisa menemukan blog website seperti ini. Saya barusan kemarin ketemu dengan blog bapak ini..dan terus terang pertama kali baca artikelnya, ada semacam rasa ketertarikan karena mungkin bahasa yang disajikan asyik untuk dibaca dan yang pasti topiknya seputar uang yang selalu menjadi kejaran manusia selama masih hidup di muka bumi ini..hehehe..oke itu mungkin seputar "basa-basi" perkenalan pak :)..saya mau tanya nih pak Gee..saya tertarik dengan blogging sejak dulu, tapi tidak pernah saya tekuni, dikarenakan pekerjaan sangat memakan waktu..nah sekarang saya ada cukup waktu untuk bisa dijadikan sampingan (rencana untuk saat ini, karena masih ada pekerjaan utama), nah sebagai pekerjaan sampingan, bolehkan saya minta pendapat Pak Gee apa kira-kira topik yang baik dan bisa mendatangkan traffic?saya ingin buat seperti Pak Gee punya ini tapi saya pastinya akan minder karena yang pertama saya belum punya pengalaman untuk dibagikan seputar cara menghasilkan uang dari internet…demikian dari saya dan SALAM KENAL – dari Paul di Makassar

  • @pipin.
    maksudnya menggunakan widget adsense bawaan blogger? Jika menggunakan widget adsense, tidak perlu lagi pasang kode iklan.

    tapi sebaiknya buatlah unit iklan baru, lalu ambil kodenya, baru dipasang di widget html.

    oya? mm… ya kayaknya sy blm pernah membahas ttg membuat unit iklan adsense. mgkin saya anggap sangat dasar, jadi sy anggap sudah bisa semua melakukannya.

  • saya pake kode adsensenya di pasang di widget.
    pemasangan javascript iklannnya disatuin sama kodenya. itu bermasalh gak ?
    saya kucek do postimangan om gak nemu hal demikian.. heheh

  • @crusher.
    insya Allah, akan menyusul secepatnya. πŸ™‚

    @pipin.
    cara kerja dimananya mas? Coba deh baca2 lagi artikel yg saya tulis ttg adsense, hampir semua pertanyaan ttg adsense, pernah saya ulas. πŸ™‚

  • @tumpal.
    makasih, sukses buat semua blogger Indonesia..

    @didin.
    aminnn…. semoga kali ini sampe… sudah dicek alamatnya?

    @amin.
    hehe… kaya karpet aja pake disedot.. silakan mas Amin… sukses selalu.

    @hari.
    terimakasih mas Hari.. sukses selalu. tetap semangat..

    @mamad.
    ayo tetap semangat mas Mamad. tuh… sudah mencapai 94$, berarti dikit lagi bisa PO.. πŸ™‚

  • Saya hampir frustasi dengan adsense, sejak 2009 sampai sekarang belum pernah cair. Masalahnya blog semuanya terbengkalai.
    Setelah baca artikel ini saya termotivasi lagi untuk memulai melanjutkan. Adsense saya mencapai 94 dolar.
    Terima kasih gan atas sharing nya

  • Sukses terus yah mas, terima kasih buat artikelnya sangast bermanfaat… saya baru seminggu mulai buat artikel jd msh newbie bgt pdhal blog nya udah buat dr thn 2012 hehehe.
    nyobain iseng daftar pdhl baru ada 10 artikel (artikelnya juga gak fokus dan akan saya usahakan fokus seperti saran mas) dan di TOLAK sama google…
    Ayo yang belum di setujui terus berusaha…

  • wah suksek gan, saya sudah join adsense selama 3bulanan, tapi belum bisa payout, pin nya belum nongol-nongol ini yang ketiga saya nunggu pin, semoga…sampai dengan selamat πŸ˜€

  • @guz.
    hmm…. kalau jenuh pasti ada lah ya…. cara ngilanginnya, biasanya saya tinggalkan dulu aktifitas blogging untuk sementara waktu, nanti baru kembali lagi.

  • wow,, super sekali pak ge,, saya baru 0.2 perday.. tp tetap saya syukuri, karena tiap bulan naik.. ini sementara ganti template yang responsive, Ins Allah target penghasilan akan naik 2 sampai 3 kali lipat .. doain saya cepet nyusul ya pak ge.. amin

  • @penggemar.
    wah… terima kasih sekali telah memproklamirkan sebagai penggemar portaluang,,hehe… saya merasa tersanjung… sekali lagi terima kasih atas apresiasinya…

    ya dapat uang dari internet memang bisa melalui banyak cara, saya sendiri penghasilan terbesar justru dari menjadi freelancer. dan sya setuju sekali bahwa apapun itu, akan butuh kerja keras di awal. sampai kita benar2 berhasil.

    sukses selalu… dan saya doakan semoga cepat dapat akun adsense-nya… πŸ™‚ best regards…

  • Congrats luar biasa, semoga bisa istiqomah dan lebih baik lagi kedepannya mas gan. Blognya emang inspiratif banget dehh.. betah lama2 disini, gk rugi komen disini wkwkwk. Kalau saya boleh jujur pendapatan online kontinue saya sekarang dari kontest2 mas, lumayan lah. Semua pekerjaan emang harus fokus, sabar dan kerja keras tentunya serta merta materi dan skill yang memadai. Membangun suatu bisnis (apalagi jangka panjang) gk mungkin bakal bisa langsung terasa enaknya, kalau kata alm Zainudin MZ, gk langsung terasa sepertinya kita makan cape langsung terasa pedas. Btw, how about my new blog (ada di url komen) mas gan? bisa review sedikit. Naman blog saya bagus gk hehe :p. Ternyata pake blogspot gk kalah bagus2 sama self host wordpress/joomla atau cms lainnya. Salut untuk semua komentator semua beliau rata2 sudah pada punya adsense, cuma ane doang yang belum, pengen cepet punya adsense nih hihihi :(. Warm Regards – Your fan

  • @lintang.
    betul mas Sunu, cukup banyak publisher Indonesia yang telah sukses menjalankan adsense, itu juga yg memotivasi saya…..

    sukses selalu juga buat mas Sunu… dan terima kasih sudah mau jadi pembaca setia PortalUang, hehe…

  • Mantap Mas Gee… $800 per bulan, sama dengan gaji pegawai bank. Mudah-mudahan saya segera menyusul. Oh ya, kalau 70 juta itu mungkin tidak begitu fantastis jika dibandingkan yang lain yang lebih tinggi. Yang membuat saya termotivasi ketika nonton videonya Eka Lesmana, yang hanya mantan tukang angon bebek dan hanya lulusan SMP berhasil meraih 11 ribu dollar per bulan dari Google AdSense. Jika Eka Lesman bisa, seharusnya yang lebih tinggi secara akademis, tentu harus lebih bisa. Itu yang sangat memotivasi saya.

    Sukses selalu ya Mas Gee. Dan saya siap jadi pembaca setianya. Saya suka gaya penulisannya.

  • 8 bulan itu sih sebentar, saya malah perlu waktu 3 tahun bisa dapat gaji konsisten hmmm..

    semoga pendapatannya semakin naik dan bisa menyamai para pakar yg sukses ya mas, amin πŸ™‚

  • @catatan.
    hayo..! kita belajar bersama-sama. πŸ™‚

    @fauzul.
    wah sayang sekali ya mas Fauzul. Tapi biarlah itu jadi pengalaman dan pelajaran. Sekarang tinggal semangat lagi…… πŸ™‚

    tuk referensi, saya memang banyak baca blog ttg adsense, tapi saya tidak punya referensi khusus sebenarnya. Tapi saya yakin informasi terlengkap dan terpercaya tentang Adsense adalah halaman bantuan dari Adsense sendiri dan blog resminya.

  • Saya sebenarnya sudah lama jadi publisher adsense mas gee, kalo di hitung ada sekitar 5 tahunan tapi karena tidak fokus dengan blog yang pernah saya buat ( mungkin kalo boleh saya katakan terabaikan ) karena kesibukan pekerjaan offline saya, serta saya ingat waktu itu adsense hanya diperbolehkan utk blog yang berbahasa Inggris dan saya juga ada sedikit kesulitan dengan faktor bahasanya, jadi ini yang membuat saya jadi sedikit 'menyerah' . tapi sekarang dengan adanya iklan adsense berbahasa Indonesia saya jadi semangat lagi. Pencapaian saya selama 5 tahun di adsense ini baru sekitar $4 mas ( hehehe sedikit bangga ) dan saya komitmen semoga dalam setahun ini bisa menjadi $4xx,xx. Semoga.

    Ada referensi blog atau website mas mengenai adsense yang mas gee sering baca? Mungkin bisa saya jadikan referensi buat saya juga.

    Sukses terus mas Gee.

  • @helmy.
    makasih, mas Helmy. ayo terus semangat. πŸ™‚

    menurut saya blognya sudah cukup bagus, tinggal terus tingkatin trafiknya. Selama ada trafik, disitu ada uang.. πŸ™‚

    @edi.
    makasih Mas Edi, dah jadi pembaca setia PortalUang. Sukses selalu ya…..

  • Selamat ya mas +Gee Jhon dan moga sukses selalu..
    Tulisan ini membuat saya semangat lagi nihh..
    Saya bersama AdSense baru sekitar 3bulan lebih gitu..ya belum apa2nya.
    menulis..belajar..dan seterusnya..
    Mas .tolong di review blog saya tsb..apa ya yg perlu saya baiki dsbnya..
    Terimakasih.

  • Dulu saat sy masih duduk di smk , saya ingat betul dengan blog ini yg saat itu sedang di bangun dengan konten yang saya nilai bikin betah buat baca . Sampai sekarang pun .. ternyata kualitas kontennya masih tetap sama . Sukses terus gan .

  • Selamat Mas Gee atas anniversary nya .. Terus terang blog portal uang telah memberi banyak inspirasi buat saya dan menjadi panduan untuk mengelola blog-blog saya. Terus berkarya mas Gee ..