Bisnis Afiliasi

6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Afiliasi

Banyak cara menghasilkan uang dari blog, seperti Google Adsense, alternatif Adsense dan tentu saja dengan menjalankan program afiliasi.

Program afiliasi adalah salah satu cara terbaik menghasilkan uang melalui internet. Bahkan saat ini, banyak perusahaan-perusahaan besar menawarkan program afiliasi untuk meningkatkan penjualan mereka. Dan ya, terbukti sampai sekarang, metode ini masih berhasil dengan baik.

Namun, sebelum Anda menentukan untuk menjalankan program afiliasi apapun, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Pelajari potensi penghasilannya

Siapapun yang ingin menjalankan program afiliasi perlu realistis terhadap potensi dari masing-masing program yang akan dipilih.

Pertama sekali, haruslah mempertimbangkan apakah cukup banyak prospek potensial dari produk yang ditawarkan. Pertimbangan ini mencakup kebutuhan terhadap produk itu sendiri maupun masalah sudah seberapa banyak orang-orang menawarkan produk serupa.

Hal lainnya adalah seberapa besar bagian yang akan kita dapatkan. Untuk blog dengan trafik minimum, menjalankan program afiliasi dengan pembagian keuntungan kurang dari 20% sepertinya tidak akan banyak memberi hasil sepadan. Maka dalam hal ini, carilah produk afiliasi yang menawarkan keuntungan cukup besar.

2. Pentingnya relevansi

Blog yang memiliki trafik tinggi bisa memperoleh hasil memuaskan dari program afiliasi, selama produk yang dipasarkan sesuai dengan niche atau topik blognya.

Relevansi ini amatlah penting dan merupakan faktor kunci dari keberhasilan dalam menjalankan afiliasi. Menempatkan banner generik, mungkin saja berhasil. Tapi, dengan menempatkan iklan yang menarik konsumen pada halaman tertentu yang relevan akan memberi hasil yang jauh lebih baik.

Seperti misalnya, sebuah blog tentang musik, seharusnya menempatkan iklan mengenai musik rock lebih banyak pada halaman yang membahas tentang musik rock, dan menempatkan iklan musik pop pada halaman tentang musik pop.

3. Pilih yang telah teruji dan terpercaya

Pilih program afiliasi yang telah teruji dan memiliki reputasi baik. Hati-hatilah terhadap program-program afiliasi baru yang ‘membual’ dengan iming-iming komisi yang tinggi.

Cukup banyak program afiliasi yang telah terbukti dan terpercaya, karena mereka bekerja baik dan melakukan pembayaran tepat waktu.

4. Integrasi yang baik

Carilah program afiliasi yang bisa diintegrasikan dengan baik (tidak mencolok) pada blog Anda. Sebagai contoh, misalnya berupa review dari sebuah film yang disertai dengan link untuk pembelian DVD-nya.

Jangan terlalu menjejali halaman dengan banyak link afiliasi, meskipun link tersebut relevan. Satu atau dua link dalam satu halaman adalah yang terbaik.

5. Teks atau gambar?

Coba perhatikan bagaimana tampilan visual iklan dari suatu program afiliasi. Ini juga perlu dipertimbangkan dalam menentukan pilihan. Terkadang iklan teks lebih berhasil dibandingkan dengan iklan gambar. Sementara iklan gambar pun bisa bekerja sama baiknya, selain membentuk mempercantik tampilan desain blog.

Untuk perlu mempertimbangkan jenis iklan apa yang paling sesuai bagi halaman blog Anda. Apakah mereka menyediakannya?

6. Kemudahan penerapan dan pengelolaan

Kebanyakan program afiliasi, mudah untuk digunakan, namun jika suatu program terlihat terlalu ‘ribet’, sebaiknya cari program lainnya yang lebih mudah dan sederhana.

Dan nanti, seiring pengalaman Anda bertambah, Anda bisa mencoba program-program afiliasi lain yang lebih kompleks.

Nah, itulah 6 hal yang kiranya perlu dipertimbangkan untuk memilih program afiliasi terbaik dan sesuai dengan blog Anda sendiri.

Namun, saya ingatkan disini, bahwa dalam menjalankan program afiliasi, jangan pernah berharap langsung mendapatkan hasil melimpah dalam semalam. Seiring waktu, Anda nanti akan belajar banyak: mana yang bekerja, mana yang tidak. Mana yang menguntungkan, mana yang tidak.

Jika Anda hanya ingin satu kalimat kesimpulan: Gunakan program afiliasi yang sesuai dengan pengetahuan dan keahlian Anda sendiri! Itu yang terbaik.

Giliran Anda. Apakah saat ini Anda telah menjalankan afiliasi? Faktor apa saja yang Anda pertimbangkan untuk memilihnya? Bagikan pengalaman Anda melalui komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

2 Komentar

  • Kalau saya si sudah pernah jalankan 2 program affiliasi:
    1. BOC (Hosting dan Domain Website)
    2. Program Cepat Hamil
    cuma berdasrkan pengalaman selama ini meman belum ada hasilnya karena tidak terlalu serius dalam menjalani bisnis affiliasi, faktor kedua adalah soal traffic blog yang sedikit.

    untuk itu, saat ini masih fokus tingkatkan taffick hingga 3K perhari, setelah mencapai target baru akan menjalankan program online marketing seperti PPC, Affiliasi dan kawan-kawannya.

    Salam