Freelancer

7 Software dan Tool Penting bagi Freelancer

Seorang freelancer tentu saja membutuhkan alat yang memudahkan pekerjaannya. Komputer atau laptop Anda, adalah kantor Anda, dan Anda membutuhkan software dan tool guna menunjang pekerjaan Anda.

Kali ini, saya akan membagikan 7 tool yang akan meningkatkan efisiensi serta produktivitas Anda sebagai freelancer.

1. Skype

Ya, saya kira sebagian besar freelancer oDesk sudah memiliki Skype terpasang di komputer mereka, namun jika Anda belum memilikinya, maka sekarang lah waktu yang tepat untuk memasangnya.

Akan banyak sekali klien yang meminta Anda untuk melakukan interview melalui Skype (teks dan suara) dan biasanya ini adalah klien yang dapat diandalkan untuk kerjasama jangka panjang.

Skype bukan saja menghubungkan Anda dengan klien, namun juga menyimpan semua log chat sehingga dapat Anda review kembali kemudian. Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi Skype.

2. Dropbox

Dropbox amat membantu hidup para freelancer menjadi lebih mudah dengan menawarkan storage online secara gratis. Anda dapat menyimpan backup hasil kerja Anda, atau berbagi file besar kepada klien secara mudah dengan Dropbox.

Anda dapat mengakses file Anda dari mana saja. Anda hanya perlu login ke akun Dropbox Anda atau menggunakan software Dropbox yang terpasang di komputer. Silakan download Dropbox untuk Desktop.

3. Google Drive

Google Drive memungkinkan Anda merencanakan, berkolaborasi dan mengecek perkembangan projek Anda bersama tim Anda dimana saja. Ini adalah tool yang sangat bermanfaat untuk bekerjasama dari jarak jauh.

Bisa didownload langsung dari Google Drive.

4. Firebug

Firefox adalah sebuah browser gratis, dan Firebug adalah salah satu add on yang dapat menghemat banyak waktu bagi developer web. Jika Anda adalah seorang desainer web (atau berencana menjadi desainer web), maka ini mungkin tool yang amat bagus untuk Anda.

5. Mozilla Thunderbird

Ini adalah aplikasi client email gratis terbaik yang pernah saya gunakan. Anda dapat dengan mudah mengatur semua akun email Anda pada software ringan ini dan menggunakan semua email tersebut dalam satu platform.

Anggap saja Anda mempunyai satu akun Yahoo, satu Gmail dan satu email bisnis. Untuk memeriksa email tersebut Anda harus masuk ke website mereka satu per satu. Namun, dengan Thunderbird Anda dapat memeriksa semuanya sekaligus pada satu tempat.

Tentu, ada beberapa client email lainnya yang juga gratis, tapi menurut saya di antara semuanya, Thunderbird adalah yang paling mudah dan praktis untuk digunakan. Anda hanya perlu memasukkan alamat email dan password, selebihnya Thunderbird yang akan melakukannya untuk Anda.

Silakan Anda download Thunderbird di situs resmi mereka.

6. Jing

Jing adalah aplikasi ringan tapi powerful untuk keperluan menangkap tampilan layar (screenshot capture). Anda dapat dengan mudah menambahkan catatan, membuat highlight pada bagian tertentu dari gambar, serta membagikannya secara otomatis kepada klien.

Tool ini dapat menghemat banyak waktu Anda, ketika ingin menunjukkan draft pekerjaan kepada klien atau memberi gambaran awal ide-ide Anda kepada klien. Anda dapat mendownload Jing dari website resmi mereka.

7. Image Editing

Bahkan meski Anda bukanlah seorang desainer grafis, Anda tetap memerlukan sebuah aplikasi editing gambar dan dalam hal ini tidak ada yang lebih baik dari Adobe Photoshop. Tapi bagi kebanyakan orang, ia terlalu mahal, karena itu Anda dapat memilih alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan editing gambar dengan fungsi dan fasilitas yang cukup memadai. Dan menurut saya Gimp adalah salah satu pilihan terbaik.

Nah, itulah 7 tool atau aplikasi yang dapat mempermudah hidup seorang freelancer dalam tugas-tugas dan pekerjaan melayani klien. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

3 Komentar