Google Adsense Tips Youtube

Bolehkah Menjalankan Adsense pada Blog Video dari Youtube?

Ini adalah artikel seri Tanya Jawab PortalUang, dimana saya memilih satu pertanyaan dari pembaca PortalUang, lalu saya menjawabnya melalui sebuah artikel.

Jika Anda memiliki pertanyaan apapun yang ingin Anda sampaikan kepada saya, silakan baca: Tanya Portal Uang untuk mengetahui caranya.

Dan tadi pagi, Faidzinn menanyakan yang intinya:

“Bolehkah kita memasang iklan adsense di blog TLD yang isi kontennya hanya video dan sedikit artikel penjelasan. Mungkin hampir mirip dengan konsep blog wallpaper, cuma ini video semua kontennya (misalnya embed dari Youtube, Vimeo, Metacafe, Yahoo Screen dan lain-lain)?”

Dan inilah jawaban PortalUang:

Pertama-tama, meskipun pertanyaan di atas menyertakan Vimeo, Metacafe dan Yahoo Screen, tapi saya hanya akan fokus pada Youtube. Bukan saja ia adalah yang paling banyak dipilih para blogger, tapi juga saya kira sudah mewakili penyedia hosting video lainnya. Karena pada dasarnya, ToS mereka tidaklah jauh berbeda.

Jika saya sarikan, pertanyaan di atas menjadi:

Apakah Google membolehkan kita untuk membuat blog dengan video Youtube yang disematkan (embedded), dan memonetisasinya menggunakan Google Adsense atau pun ads-network lainnya?

Saya telah melakukan riset kecil-kecilan untuk menjawab pertanyaan ini.

Pertama, jika yang dimaksud video Youtube yang disematkan di blog tadi, bukan merupakan hasil karya kita sendiri, maka saya bisa katakan bahwa itu adalah sesuatu yang tidak etis. Kenapa? Karena kita tidak memiliki hak untuk menggunakan video milik orang lain secara komersil (untuk keuntungan materi).

Betul, Youtube membolehkan siapapun untuk menyematkan videonya di sembarang website, bahkan Youtube menyediakan opsi lengkap untuk melakukannya. Namun, itu bukan berarti Youtube mengijinkan Anda untuk memonetis video tersebut di luar Youtube.

Mari kita lihat kebijakan Youtube dalam hal ini:

You agree not to use the Service for any of the following commercial uses unless you obtain YouTube’s prior written approval:

  • the sale of access to the Service;
  • the sale of advertising, sponsorships, or promotions placed on or within the Service or Content; or
  • the sale of advertising, sponsorships, or promotions on any page of an ad-enabled blog or website containing Content delivered via the Service, unless other material not obtained from YouTube appears on the same page and is of sufficient value to be the basis for such sales.

Dari sini, jelas sekali bahwa kita tidak boleh menggunakan Google Adsense atau program periklanan lainnya pada halaman blog yang berisi video Youtube, KECUALI halaman tersebut memiliki KONTEN BERNILAI lainnya. Anda tidak bisa hanya mengandalkan video Youtube sebagai satu-satunya konten untuk dimonetisasi.

kebijakan Youtube memasang iklan pada video blog

Bagaimana dari sisi kebijakan Adsense?

Kebijakan Adsense tidak menyebutkan apapun secara langsung hal yang berkaitan dengan monetisasi video Youtube. Namun, kebijakan tentang hak cipta bisa menjadi pijakan.

Dan inilah bunyi kebijakan Adsense tentang hak cipta:

Penayang AdSense tidak boleh menampilkan iklan Google pada laman web dengan konten yang dilindungi undang-undang hak cipta, kecuali penayang memiliki hak hukum yang diperlukan untuk menampilkan konten tersebut.

Ini mencakup situs yang menampilkan materi berhak cipta, situs yang menjadi host untuk file berhak cipta, atau situs yang menyediakan tautan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs yang berisi materi berhak cipta.

Jadi, jika Anda menampilkan Adsense pada halaman berisi video Youtube tersemat, maka pertama sekali Anda harus memastikan video itu sendiri tidak melanggar kebijakan hak cipta dari Adsense.

Betul, sangat mungkin terjadi seseorang memasang video yang melanggar hak cipta orang lain. Tapi ini sama sekali tidak bisa menjadi alasan Anda bisa ikut melanggar atau beralasan tidak tahu tentang kebijakan hak cipta ini.

Dan berdasarkan kebijakan Adsense, jika Anda memasang Adsense pada halaman dengan video yang berhak cipta, maka akun Adsense sangat beresiko melanggar dan berujung banned.

Kesimpulan

Berdasarkan kebijakan dari Youtube, Anda boleh menggunakan Adsense atau program periklanan lainnya di blog Anda, jika halaman tersebut memiliki konten teks lainnya sebagai tambahan.

Membuat blog yang menjalankan iklan dan hanya berisi video Youtube tersemat di dalamnya, adalah pelanggaran terhadap kebijakan Youtube.

Dengan kata lain, jika Anda memiliki konten bernilai lainnya, dan video tersemat dari Youtube hanya sebagai pelengkap konten, maka Anda boleh memasang iklan di dalamnya. Menyematkan video itu sendiri bukanlah sebuah pelanggaran.

Untuk lebih mudahnya, sebelum Anda memasang iklan Adsense pada blog video Anda, tanyakan pada diri sendiri:

Apakah Anda bisa memasang iklan Adsense tanpa adanya video tersemat dari Youtube? Jika jawabannya iya, maka Anda boleh menggunakan Adsense pada halaman tersebut dengan video dari Youtube.

Nah, semoga jawaban ini dapat menjawab keraguan Anda, khususnya bagi penanya tentang boleh tidaknya menjalankan Adsense pada blog video dari Youtube.

Senang sekali jika Anda berkenan membagikan artikel ini. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

44 Komentar

  • Mas saya sudah share video youtube saya ke blog, tapi ketika saya tes lewat blog iklan di video tersebut tidaak tampil, kira2 masalahnya apa ya mas? kalo di youtube iklan tampil
    Terima kasih sebelumnya

  • Saya ingin membuat blog khusus untuk video-video channel youtube saya.
    Apakah diperbolehkan oleh youtube ?
    jika diperbolehkan apakah setiap video harus dibuatkan artikelnya ?
    terimakasih

    • boleh mas , sebenarnya tidak ada larangan walau menyematkan viedo orang lainpun. cuma kita juga harus tau tatakrama bos. dan jika bos buat artikelnya pun lebih bagus

  • nice info!
    saya blogger baru, tepatnya music blogger. saya mau tanya kalo saya menyematkan video youtube, apakah harus mencantumkan sumber seperti link uploader-nya atau tidak usah? terus saya juga pernah sekali menyematkan video yang bukan dari akun official karena versi dari akun official berbeda (ada dua versi, dan saya menyematkan keduanya), apa itu diperbolehkan oleh google adsense?
    mohon jawabannya..

    • untuk menyematkan video orang lain bisa dibaca di artikel ini, kalau itu tidak etis ? dan kemungkinan google adsense pun tidak suka dengan itu. Jadi pilih amanya saja mbak 🙂

  • Untung saja saya baca artikel ini. Tadinya saya hampir saja membuat blog yang isinya khusus video dari Youtube, Vimeo, dll. Huhuhu. Akhirnya bertahan dengan blog saya yg gado2 saja, termasuk beberapa postingan video.
    Terima kasih Mas Gee. Salam kenal.

  • maaf mas mau tanya kalo seandainya kita embed semua video kita diblog tapi blog tersebut tidak saya kaitkan ke adsense, jadi blognya hanya untuk memperbnyak viewer aja, apakah itu diperbolehkan dan tidak ada dampak negatifnya pada akun kita ?

  • maaf gan mohon pencerahannya sblmnya terimakasih atas artikelnya,
    ada yang mau saya tanyakan, akun youtube sayakan sudah di aprove adsense (hanya untuk youtube) ada beberapa vidio saya yang saya embed ke blog milik saya, setelah pemasangan selesai saya tes play vidionya nah karena sudah terkait dengan iklan pasti otamatis juga keluar iklannya di vidio youtube yang saya embed di blog,
    apakah trafik iklan youtube di blog saya akan dihitung penghasilannya oleh youtube, atau tidak,

  • saya punya blog yg tidak disetujui ketika di monetisikan ke google adsence, tetapi akun tersebut juga terdaftar sebagai youtuber, monetisi di youtube disetujui. tp saya tidak punya akun adsence untuk dikaitkan di youtube. apakah saya bisa daftar adsence lewat youtube dengan akun gmail yang berbeda? thanks

  • salam kenal saya pemula nih yang lagi mau belajar
    saya punya chanel di youtube dan ada blog yang berisi tentang video yang ada dalam chanel youtube.
    apakah boleh saya menyematkan link youtube saya di blog tersebut ???
    dan saya tidak mendaftarkan blog saya ke adsense hanya youtube saja yang di daftarkan.
    mohon pencerahan
    terimakasih

  • masbro, ane minta pencerahan, saya sudah punya akun adsense youtube hosted, trus ane pasang di blog, trus ane pasang lewat menu di blog : penghasilan, dengan memasukan id pub, tetapi setelah ane buka lagi akun adsense, disana ada keterangan bahwa akun tsb tdk bisa dipakai untuk blogger. ane jadi bingung, akhirnya ane coba buat email baru dan daftar lewat blogger, eh malah di misaprove dengan alasan ada 2 akun. jadi ane bingung gimana cara pasang iklan di blog ane?
    terima kasih sebelumnya semoga dapat jawaban..

    • Alangkah pertama sdh benar. Setelah dikaitkan, Dan kode iklan sdh terpasang nanti blognya akan direview. Bila disetujui, keterangan bahwa hanya tuk youtube akan hilang Dan iklan akan tampil

      • saya takut nantinya akun saya google adsense youtube nanti malah di banned, karena disana ditulis keterangan dengan tanda kutif merah “keterangan bahwa akun tsb tdk bisa dipakai untuk blogger”

        benar ini gan saya tidak ke banned ?

      • Ooo… Kalau begitu berarti emang hanya tuk youtube. Tp ttp bisa dipasang di blog, tp iklan tdk akan langsung muncul, tp harus direview dulu nantinya. Jika disetujui baru iklannya muncul. Dan blognya jg harus menggunakan domain sendiri (tld)

  • mas gee gimana ya saya blom bisa fokus untuk mengelola blog ato youtube tapi saya pengen banget bisa belajar jadi blogger juga youtubers ada saran ga mas gee.. ? o ya saya mu daftar adsense pake host adsense youtube tapi ga bisa mas. apa harus blog dengan hosting sendiri mas ? mohon pencerahan ya mas

  • mas mau nanya, maklum masih pemula,
    saya sudah punya akun adsense pada akun google A, ini saya gunakan lewat youtube,
    dan saya membuat blog lewat akun google B, dengan blog tersebut saya embetkan vidio saya dan saya taruh di blog tersebut agar viewer vidio saya tambah banyak, di samping itu saya berpikir untuk mendaftarkan blog saya untuk google adsense, apakah itu boleh? kalau tidak boleh bagaimana dengan situs atau fitur yang lain, seperti cpa atau CPM seperti POPCASH ATAU POPADS?tolon jelasin dan sarannya mas

    • tergantung mas… sesungguhnya artikel yang dilengkapi dengan video, itu luar biasa. Namun pastikan bahwa tidak hanya video, tapi juga ada tulisan yg cukup.

  • @anang.
    kalau begitu ya memang boleh. tapi kemudian apa gunanya blog? tidakkah lebih baik maksimalkan saja youtube-nya, maksudnya video youtube sudah cukup dikelola secara baik.

  • mas, gimana kalo misalnya saya membuat blog di blogspot yang isinya hanya video2 youtube dari channel saya yang di embed-kan? monetisasinya cuma dari Hosted AdSense for Content milik Youtube? tidak ada iklan lain selain iklan youtube itu saja?
    trima kasih banyak mas.

  • Mas @geejhon
    mau nanya, kalau seandainya kita sudah memiliki adsense youtube, apakah kita boleh memasang iklan dari adsense youtube tersebut ke blog kita? thanks

  • damn malah udah di publish begitu aja wkwkwk, btw makasih Om atas pencerahannya. Makasih juga backlinknya jadi terharu hiks -_-