Promosi Blog

Berkomentar di Posting yang Memiliki Ranking Tinggi

komentar blogMeninggalkan komentar cerdas di blog lain adalah salah satu strategi promosi blog untuk menarik pengunjung, sekaligus membangun kredibilitas blog.

Dan kita sudah sama-sama tahu akan hal ini. Saran yang sering kita dengar adalah kita mesti memiliki “nilai” saat membuat komentar pada blog dengan topik yang sama dengan blog kita sendiri.

Nah, selain itu, adakah hal lainnya yang perlu diperhatikan untuk menulis komentar pada suatu posting di blog lain?

Ya, tentu saja ada.

Agar strategi Anda dalam mempromosikan blog melalui komentar dapat lebih berhasil, cobalah mencari suatu posting atau artikel yang mendapat ranking tinggi di hasil pencarian Google dengan keyword tertentu, dan tinggalkan komentar di sana.

Sebagai contoh, anggap Anda menulis tentang ‘desain web’ dan ‘desain logo’. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pencarian di Google dengan kata kunci tersebut. Lalu temukan blog yang muncul sebagai 5 teratas di hasil pencarian.

Begitu Anda temukan, kunjungi mereka satu per satu, lalu tinggalkan komentar di sana.

Seperti biasa, idealnya dalam berkomentar, Anda mesti memberi suatu nilai tambah pada diskusi yang berlangsung. Tunjukkan keahlian Anda, berikan pendapat dan pandangan Anda terhadap tema yang dibahas.

Bagaimana praktik terbaik berkomentar, silakan temukan di: 14 Praktek Terbaik Memberi Komentar yang Bagus.

Mengapa ini bisa berhasil?

Logikanya sederhana saja. Halaman-halaman yang memiliki rank tinggi di Google ini, lebih berpeluang mendapat banyak trafik dari search engine (yang disebut trafik organik). Karenanya mereka yang berkunjung kesana sedang mencari sesuatu informasi khusus tertentu.

Dan jika mereka membaca komentar Anda, dan menemukan sesuatu yang menarik, maka kemungkinan besar mereka akan mengikuti link ke blog Anda untuk menemukan informasi yang mereka cari.

Nah, silakan dicoba. Jika dilakukan secara konsisten, Anda akan memperoleh hasil yang baik dari kegiatan berkomentar. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

16 Komentar