Google Adsense

Bolehkan Memasang Adsense dari Akun yang Berbeda pada Satu Halaman?

Mungkin Anda salah satu yang bertanya-tanya: Apakah boleh memasang iklan Adsense dari akun berbeda pada satu halaman?

Dulu Google melarang memasang iklan Adsense dari akun yang berbeda pada satu halaman, namun belakangan mereka merubah kebijakannya.

Dan sekarang, Anda boleh menggunakan dua akun Adsense berbeda pada satu halaman yang sama. Namun, aturan mengenai jumlah unit iklan yang dibolehkan tetap tidak berubah, yaitu 3 unit konten, 3 unit tautan dan 2 unit penelusuran.

Hal ini bisa dilihat pada halaman kebijakan Adsense:

memasang dua akun adsense pada satu halaman

Nah, berdasarkan kebijakan Adsense tersebut, Anda dapat memasang lebih dari satu akun Adsense pada halaman yang sama, tetapi masing-masing publisher bertanggung jawab bahwa suatu halaman sesuai dengan kebijakan Adsense.

Lalu untuk apa menggunakan lebih dari satu akun adsense pada satu halaman? Apa gunanya?

Hal seperti ini biasanya dilakukan pada website atau blog yang memiliki banyak kontributor atau penulis. Dengan demikian, masing-masing kontributor dapat memiliki penghasilannya sendiri dari Google Adsense.

Jika Anda termasuk salah satunya, maka ada beberapa cara yang paling umum digunakan untuk berbagi pendapatan melalui Adsense pada satu website yang sama.

1. Menjadi mitra host Adsense

Ini adalah cara paling ideal untuk berbagai pendapatan Adsense antara masing-masing kontributor. Namun, menjadi mitra host Adsense bukanlah sesuatu yang mudah, dan memerlukan persetujuan khusus dari Google.

Saat ini syarat utamanya minimal website Anda memiliki trafik 100.000 tayang per hari.

2. Merotasi unit iklan

Ini adalah cara yang paling umum digunakan oleh banyak pemilik website untuk berbagai pendapatan kepada para kontributornya.

Dalam hal ini, unit iklan dari akun Adsense setiap kontributor akan ditampilkan secara bergantian. Pemilik website dan kontributor telah menyepakati berapa jumlah impresi iklan yang akan ditampilkan untuk masing-masing kontributor.

Dengan cari ini, setiap akun Adsense hanyak akan memperoleh pendapatan sesuai klik pada masing-masing akun.

Anda dapat melakukan hal ini dengan menggunakan Google DFP atau server penayangan iklan lainnya.

3. Menayangkan iklan bersama-sama

Pada setiap halaman, menggunakan unit iklan dari semua kontributor. Anggap saja blog Anda memiliki 3 kontributor, maka Anda bisa menggunakan 1 unit iklan konten dan 1 unit iklan tautan dari masing-masing akun, sehingga setiap halaman menayangkan 3 unit iklan dari setiap akun kontributor.

Nah, apakah Anda tertarik menjadikan blog Anda sebagai tempat berbagi pendapatan adsense?

Salam.

Bagi Anda yang ingin menjalankan Adsense, tapi tidak tahu harus mulai dari mana, silakan baca Panduan Lengkap Menjalankan Adsense.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

24 Komentar

  • wah baru tahu sekarang kalau 1 blog bisa dipasang 2 iklan dari akun adsense yang berbeda, matur nuwun informasinya om Gee Jhon, sukses selalu

  • akun GA saya di suspend udah sekitar 4-5 th lalu, trus coba buat akun dari situr perantara, diterima, tapi baru mau coba aktifin sekitar beberapa bulan lalu untuk web saya (blog yang baru di upgrade), hummm ga muncul2 iklannya sampai skrg, hari ini coba daftar GA lagi, (dengan aga putus asanya) saya pakai nama yang sama, masukin url web yang sama, entah diterima atau ga… sempet muter2 cari info tentang masukin web yang sama di 2 akun GA berbeda di google, nemu artikel ini disini πŸ™‚ thanks mas bro infonya..

  • aku pnya 1 adsense & Istri q pnya 1.masing2 amailnya lain.dng begitu alamatnya kan sama.untuk no hp,nama,videonya jga berbeda dllnya berbeda.yg sama cuma alamat,kadang logo chnel q jga msuk k vdeo istri q.apa boleh bagi gogle adsense.mhon saranya.

  • Aku pnya adsense 1-istri aku pnya adsense 1,dng begitu alamatnya sama & logo di vdeo youtube kdng2 sama.untuk amail,no hp,video yg di uploaud jga berbeda dllnya berbeda.apakah diperbolehkan oleh adsense?tkutnya kedua akun adsense aku di baned.

  • Terima kasih Mas Gee, akhirnya saya menukan jawabannya di sini…
    Namun masih ada yang ganjel nih…
    Satu akun sudah approve dan sudah tayang iklan selama beberapa minggu…

    Rencananya satu akun lagi yang masih review saya mau letakkan juga (dan tetap mengacu pada jumlah unit iklan yang diperbolehkan)…. Apakah hal ini juga bisa saya lakukan walaupun masih dalam tahap review…

    Terima kasih… πŸ˜€

  • mas gee, saya punya 2 akun adsense. ketika saya rotasi(1 aktif, 1 tidak).
    ketika saya check akun yang tidak aktif tetap ada viewer nya, kok bisa?

      • di gonta ganti mas. sekitar seminggu yang lalu saya dikasih akun GA sma temen. setelah seminggu pakai akun baru, saya ngecek ke akun GA lama dan ternyata ditiap harinya ada viewer di GA yang lama walaupun sedikit, viewernya memang berasal dari blog saya.

  • tapi, sebelumnya kan harus mendambahkan situs ke dasbor adsense milik masing-masing akun. Kalau sekedar masang iklan, maka bisa jadi iklan gak muncul, betul. jadi, ketika situs sudah masuk daftar situs di dasbor adsense miliknya, apakah boleh ditambahkan dalam akun milik orang lain lagi?

    Memang asal pasang iklan di sembarangan blog boleh tanpa perlu direview terlebih dahulu (walau kasusnya sudah direview di akun milik orang lain)?