Promosi Blog

8 Tips Utama Membangun Blog yang Sukses

Setiap blogger pasti berkeinginan membuat blognya sukses. Sukses dalam arti blog Anda dikenal dengan baik, diapresiasi oleh pembaca dan sesama blogger, mendapat banyak trafik dan terakhir tentu saja, menghasilkan uang.

Melengkapi tulisan saya sebelumnya, 8 Penyebab Kegagalan Blog Baru, kali ini saya berikan 8 tips kunci bagaimana membangun blog yang sukses.

1. Konten

Blog yang sukses adalah melulu tentang konten. Dalam hal konten ini, pada dasarnya ada 4 hal: bermanfaat, informatif, gratis, dan mudah untuk dipahami.

Jika Anda menghadirkan artikel yang ditulis dengan baik, orisinal, informasinya mudah dipahami, diperindah dengan gambar cantik yang relevan, maka kesempatan untuk memperoleh link berkualitas, dibagikan secara luas di media sosial serta mendapat rangking tinggi di mesin pencari, tentu akan semakin besar.

Poin utama dari dunia internet, tidak lain adalah menemukan informasi yang bermanfaat, relevan dan bisa didapat dengan gratis. Ya, semua adalah tentang informasi!

Maka dari itu, jika Anda mampu memberikan informasi yang tepat, dengan cara berbeda dan menonjol di antara belantara blog-blog lainnya, maka secara otomatis Anda pasti berada di depan.

Jika Anda termasuk yang masih belum memiliki strategi dalam menghadirkan konten secara sistematis, silakan baca:

2. Dasar-dasar SEO

Saya berani mengatakan bahwa Anda tidak harus menjadi seorang ahli SEO untuk mengantarkan blog Anda di halaman pertama pencarian Google.

Saya sendiri merasa tidak paham apapun tentang SEO. Oleh karena itu pula, saya pernah menulis artikel Blogging Tanpa SEO? No Problem! yang saya tujukan kepada mereka, para blogger (yang sama seperti saya) yang tidak menguasai jurus-jurus SEO.

Namun demikian, setidaknya Anda juga mesti berusaha mencicipi tips-tips SEO dasar, dan cuma itu yang saya bisa lakukan, di antaranya:

  • Mengoptimalkan keyword dan menggunakannya secara alami.
  • Membuat judul artikel yang baik dan menarik.
  • Navigasi yang sederhana dan mudah.
  • Penggunaan tag H1, H2 dan H3 dengan tepat.
  • Menyertakan sitemap.
  • Menggunakan Google Webmaster dan Google Analytic untuk mempelajari mana yang bekerja baik dan mana yang tidak.
  • Menggunakan robot.txt.
  • Menggunakan tag canonical.
  • Menghindari konten duplikat.
  • Membaca panduan dasar SEO dari Google (PDF)

3. Desain

Pastinya Anda menginginkan lebih banyak pasang mata memelototi blog Anda, serta Anda ingin mereka tinggal lebih lama dan datang lebih sering.

Untuk itu, selain konten yang bagus Anda pun butuh desain blog yang bagus. Satu tips utama dalam hal ini, sebaiknya Anda jangan menggunakan template gratisan yang sama dipakai oleh ribuan blog lainnya. Dan ketika Anda memutuskan untuk membeli template premium, janganlah membeli template yang juga dijual kepada lainnya setelah Anda beli.

Yang terbaik, cobalah memesan template secara khusus kepada desainer sesuai kebutuhan Anda. Tidak harus yang berharga selangit, yang unik dan lain daripada yang lain.

Jika Anda lebih menyukai yang gratisan, maka Anda perlu melakukan sedikit perubahan di sana-sini supaya tetap tampil beda dengan lainnya. Satu aturan utama, desain yang simpel, manis, ringan dan dengan tampilan unik, sudah cukup untuk memulai.

4. Kompetitor

Apapun yang Anda lakukan, maka Anda haruslah lebih inovatif, lebih orisinal, memiliki desain yang lebih bagus serta menyajikan konten yang lebih baik dibandingkan kompetitor Anda!

Intinya, berusaha untuk selalu memenangkan persaingan. Manfaatkan mereka (para pesaing) untuk belajar apa yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak.

Namun, tentu saja Anda tidak boleh bersikap bermusuhan dengan mereka. Justru sebaliknya, Anda sebaiknya berusaha untuk berteman dengan mereka, lebih jauh lagi, biarkan mereka menjadi mentor Anda.

Mereka lah yang menguasai niche Anda saat ini. Pelajari apa yang mereka lakukan untuk sampai pada keadaan mereka sekarang. Ini berarti bukan hanya Anda membaca blog mereka setiap hari, namun mencoba mempelajari apa yang mereka lakukan, seperti apa kelebihan mereka, siapa yang memberi tautan ke mereka, platform apa yang mereka gunakan, teknik SEO apa yang mereka jalankan dan sebagainya.

Dalam hal ini, satu hal yang tidak boleh dilupakan, meski saya menggunakan kata ‘kompetitor’ pada poin ini, namun sesungguhnya: tidak ada yang nama pesaing dunia blogging, yang ada hanyalah partner.

Jadikan pesaing Anda sebagai partner untuk mencapai sukses bersama.

5. Promosi

Promosikan blog Anda kapanpun, dimanapun, dengan cara apapun yang memungkinkan dan dapat Anda lakukan. Namun, tentu tidak boleh sembrono dan berlebihan, karena Anda bisa dianggap sebagai spammer. Semua orang benci ‘tukang nyepam’, bukan?

Beberapa hal yang bisa lakukan, antara lain:

  • Manfaatkan Google+, Facebook, Twitter dan sosial media lainnya yang sedang populer saat ini.
  • Berkomentar di blog lain dengan topik yang sama.
  • Aktif di berbagai forum.
  • Menggunakan AdWords jika Anda bersedia mengeluarkan investasi untuk promosi blog.

Hal-hal di atas akan sangat membantu blog Anda dikenal secara luas.

6. Kecepatan loading

Ini masih ada kaitannya dengan desain blog secara keseluruhan. Pastikan blog Anda dapat diload secepat mungkin. Karena hal ini adalah sangat penting dilihat dari dua aspek utama, yaitu: pengalaman pengguna dan faktor SEO.

Beberapa hal yang perlu diingat:

  • Optimasi kode.
  • Optimasi image atau gambar.
  • Gunakan tool seperti Google Speed, YSlow, Web Page Test, Pingdom atau lainnya untuk mengetahui seberapa baik kinerja blog Anda dalam hal kecepatan loading dan optimasinya.
  • Jika menggunakan script, utamakan menggunakan jenis asinkron untuk loading lebih cepat.
  • Hindari redirect.
  • Baca petunjuk resmi dari Google dan Bing tentang hal ini secara detil.

7. Email dan RSS subscriber

Tidak ada yang meragukan bahwa pelanggan RSS feed dan alamat email pembaca adalah aset yang berharga. Usahakan untuk terus meningkatkan jumlah subscriber Anda. Dan jika dilakukan dengan baik, 2 – 3 tahun dari sekarang, mungkin Anda bisa memiliki 10.000 lebih alamat email, dan itu adalah sebuah aset yang sangat berharga untuk keperluan marketing blog.

8. Monetisasi

Yang terakhir adalah bagaimana Anda menghasilkan uang dari blog. Ada saatnya dimana Anda mulai memetik buah dari kerja keras Anda selama ini.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Kemungkinannya dan kesempatannya hampir tidak terbatas, karenanya eksperimen adalah kuncinya. Cari mana yang bekerja terbaik bagi blog Anda.

Di antara sekian banyak metode, sebenarnya ada 3 metode yang paling umum untuk memonetisasi blog:

  • Menjalankan program periklanan (CPC, CPM, CPA, CPV). Untuk mengenal istilah dalam dunia periklanan internet silakan baca: Istilah Advertising yang Penting Diketahui Pemula.
  • Mempromosikan produk afiliasi.
  • Menjual produk atau jasa milik Anda sendiri.

Kesimpulan

Tentu saja kedelapan poin di atas tidak mewakili semua yang Anda butuhkan untuk membangun sebuah blog yang sukses. Namun, saya bisa katakan bahwa 8 hal tadi adalah aspek yang pokok dan mendasar dari semuanya.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

5 Komentar

%d blogger menyukai ini: