Desain Blog

Cara Menurunkan Bounce Rate dalam 5 Detik!

Saya telah menulis beberapa artikel tentang bounce rate. Bagi Anda yang belum memahami apa yang dimaksud dengan bounce rate, silakan baca: Bounce Rate: Apa dan seberapa pentingkah?

Selain itu saya juga pernah menulis 24 cara memperkecil bounce rate, namun apa yang ingin saya sampaikan kali ini adalah hal yang berbeda sama sekali.

cara menurunkan bounce rate

Nah, sekarang bagaimana cara membuat pengunjung menghabiskan waktu lebih lama di blog Anda dan menurunkan nilai bounce rate hanya dengan meluangkan waktu tidak lebih dari 5 detik?

Jawabannya: mudah sekali!

Pertama, buka setelan blog Anda. Jika Anda menggunakan Blogger, maka bukalah edit html template. Cari sebaris kode CSS yang mengatur ukuran huruf di blog Anda, dan perbesar angkanya. Ya, cukup cuma itu yang perlu Anda lakukan!

Kenapa saya berani mengatakan hal ini?

Karena ya, beberapa minggu yang lalu saya merubah ukuran huruf blog ini, dari yang tadinya 15px menjadi 16px. Hasilnya, ada perubahan angka bouce rate yang cukup signifikan.

Ukuran font kecil-kecil, memang terlihat bagus karena lebih banyak memuat teks. Tapi, coba pikirkan baik-baik. Mereka yang mencari informasi online, atau membuka blog Anda, biasanya di saat mereka bersantai setelah seharian bekerja. Dan Anda tahu, hampir semua pekerjaan kantor mengharuskan mereka memandangi layar monitor seharian.

Dengan kata lain, mata mereka telah lelah sepanjang hari. Dan mereka akan sangat berterima kasih dan sangat mengharapkan blog Anda memiliki tulisan yang besar-besar sehingga mudah dan nyaman dibaca.

Belum lagi jika digabungkan dengan ukuran layar monitor yang saat ini semakin lebar, yang berarti semakin besar resolusi gambar, sementara pada saat yang sama menampilkan grafis yang lebih kecil. Maka pengunjung blog Anda sebenarnya lebih berharap lagi menemukan huruf yang cukup besar untuk mereka baca.

Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda merasa nyaman membaca artikel PortalUang? Bukalah blog lain yang memiliki ukuran huruf lebih kecil? Apakah Anda merasa ada perbedaan?

Jika ya, saya ingin Anda mencoba hal ini. Perbesarlah ukuran huruf Anda. Buat pengunjung lebih nyaman. Dan untuk melakukannya Anda hanya butuh waktu tidak lebih dari 5 detik!

Giliran Anda memberi pendapat melalui komentar. Keep happy blogging. Sampai ketemu lagi senin depan.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

14 Komentar

  • Saya juga baru saja mencoba untuk menaikkan point pada font yang ada di dalam blog, dari mulai header, body sampai ke sidebar pun saya perbesar, sampai saat ini saya masih menunggu perubahan terhadap boncerate yang saya alami. semoga saja ini menjadi salah satu solusi untuk blog saya.

    Terima Kasih PU

  • Ouh,dengan mengubah ukuran font menjadi lebih besar akan memperngaruhi bounce rate ya?Soalnya bounce rate saya tinggi sekali diatas 60.Lantas,apakah Tipe font juga mempengaruhi bounce rate juga?

    • bisa mas, coba bikin tampilan enak dibaca dan mudah dipahami juga navigasinya + menarik perhatian yang terpenting jd pengunjung tertarik membaca halaman lainnya tidak langsung keluar

  • Hai.. Mas Gee John
    Tips yang bagus mas… memang benar untuk menurunkan bounce rate dengan memperbesar font efeknya cukup lumayan.. karena tidak membuat mata jadi cepat lelah saat membaca artikel, namun bisa ditambah juga dengan kombinasi font-style yang pas akan lebih menurunkan bounce rate juga..

    Salam mas.. Gee Jhon

  • Mas Gee Jhon..apakhabar?
    Tadi kebetulan ketemu artikel ini,sangat menarik.
    Cuma saya mau pencerahan sikit mas..krn ini melibatkan kode.saya takut mau otakatik dulu..

    Kode CSS yg mana mau dirobah mas?sbb saya ada jumpa beberapa kode ttn font 15px.seperti dibawah ini;

    (1)..content-wrapper{background-color:#fff;position:relative;width:970px;margin:0 auto;border-left:15px solid #ddd;border-right:15px solid #ddd}

    (2)…post blockquote{line-height:1.6em;color:#333;background:#eee;border-left:20px solid #ccc;margin:10px 10px 10px 20px;padding:10px 15px}

    (3)…plus-menu{float:right;position:absolute;background:#333;font-size:24px;color:#eee;width:50px;text-align:center;top:0;right:0;padding:15px 0 13px;cursor:pointer;border-radius:0 2px 0 0}

    (4)..
    #BounceToTop:before {content:""; position:absolute; bottom:5px; right:5px; width:0; height:0; border-style:solid; border-width:0 15px 20px 15px; border-color:transparent transparent #fff transparent; line-height:0;}
    #BounceToTop:hover:before {content:""; position:absolute; bottom:5px; right:5px; width:0; height:0; border-style:solid; border-width:0 15px 20px 15px; border-color:transparent

    (5)…#GoToDown:hover:before {content:""; position:absolute; bottom:5px; right:5px; width:0; height:0; border-style:solid; border-width:20px 15px 0 15px; border-color:#888 transparent transparent transparent; line-height:0 }

    Terimakasih mas atas bantuannya.
    Salam sukses selalu.

  • ide nya masuk akal banget mas jhon, semenjak ganti template, font pd setiap artikel saya berubah kecil..dampaknya bounce rates blog melonjak pelan tapi pasti..mungkin ini bisa jadi solusi..thank ya mas jhon…btw tampilan website nya makin ok nih mas..saya baru berkunjung lagi..sukses terus mas

  • @heru.
    silakan dicoba mas Heru. mmm.. bounce rate portaluang, setelah saya perbesar hurufnya, mencapai 48%. namun entah nanti2, krn nilai bounce naik turun itu sudah biasa. dan memang tidak sebenarnya tidak selamanya nilai bounce rate tinggi itu buruk, saya pernah menulis tentangnya pada: http://www.portal-uang.com/2014/09/apakah-bounce-rate-menghancurkan-blog-anda.html

    @daniel.
    silakan mas Daniel. Semoga berhasil, hehe… tuh bener kan? artikel PU jadi lebih mudah dibaca. Jujur, saya sendiri juga jadi semangat baca2 lagi tulisan2 yg dulu2 setelah digedein hurufnya…. hehehe….

    @m. rudianto.
    sip… semoga berhasil.. sukses selalu untuk kita semua.

%d blogger menyukai ini: