Promosi Blog

Apakah Anda Sudah Benar-benar Memasarkan Blog Anda?

Melanjutkan artikel sebelumnya, yaitu: 10 Fakta Penting tentang Promosi Blog, kali ini saya ingin menyoroti tentang investasi untuk promosi blog.

Ada semacam mitos di kalangan blogger, bahwa mereka tidak perlu mengeluarkan sepeser pun untuk mengiklankan sebuah blog.

Hal ini biasanya berasal dari cerita sukses blogger terkenal, yang menyatakan bahwa mereka berhasil meraih pendapatan ribuan dolar per bulan dari blog, TANPA mengeluarkan sepeser pun untuk biaya iklan atau teknik promosi lainnya.

Cerita ini bisa jadi benar, tapi itu tidak mewakili situasi atau keadaan blogger pada umumnya. Blogger-blogger sukses tersebut, biasanya memulai blogging bertahun-tahun yang lalu, dan mereka hampir selalu ‘menciptakan’ niche mereka sendiri.

Tapi sekarang keadaan jauh berubah. Dunia blogger sudah sedemikian ‘ramainya’. Akibatnya, akan semakin berat membuat blog Anda ‘tampil di depan’, tidak peduli sebagus apapun konten yang Anda miliki.

Marketing adalah kuncinya!

Nah, salah satu solusi dari permasalahan ini adalah apa yang disebut dengan marketing. Hampir semua blogger memiliki strategi marketing (meski tidak terdefinisi dengan jelas), tapi mereka hanya fokus pada metode gratis untuk mempromosikan blognya.

Metode gratis itu seperti, meninggalkan komentar di blog lain, aktif di forum-forum, direktori artikel, sosial bookmark, sosial media dan sejenisnya.

Mengapa banyak blogger hanya fokus pada metode gratis seperti ini?

‘Yah… karena memang gratis, tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun!’, mungkin Anda menjawab dengan cepat.

Ini benar, tapi tidak sepenuhnya. Setengah kebenaran lainnya, ternyata banyak blogger gagal memahami keuntungan yang bisa didapat dari metode atau teknik marketing berbayar.

Hal ini mirip seperti saya mengatakan kepada Anda:

‘Hey, mengapa Anda tidak mau mengeluarkan $100 untuk mengiklankan blog Anda?’

Ini adalah pertanyaan yang mungkin berkecamuk dalam pikiran para blogger, dan biasanya jawabannya adalah:

‘Tidak, terima kasih, saya lebih suka menggunakan metode gratisan.’

Bagaimana kalau pertanyaan tadi dilanjutkan:

‘Hey, mengapa Anda tidak mau menghabiskan $100 untuk mengiklankan blog Anda? Dengannya Anda akan memberi Anda keuntungan sebesar $500.’

Sekarang, pertanyaan tadi menjadi lebih menarik. Inilah kalimat kedua yang tidak dipahami dengan baik oleh banyak blogger, serta kenyataan bahwa metode berbayar adalah sebuah investasi yang menguntungkan.

memasarkan blog atau marketing

Nilai lebih, bukan uang!

Perlu digarisbawahi, di sini saya lebih menggunakan kata ‘nilai lebih’ dibandingkan uang. Pada saat sebuah kampanye iklan dapat memberi Anda keuntungan berupa uang, sesungguhnya itu bukanlah satu-satu hasil yang Anda peroleh.

Dan sesungguhnya pula, di sini lah banyak orang akhirnya gagal memahami keuntungan dari berpromosi berbayar. Tidak semua keuntungan atau nilai dari sebuah kampanye marketing, dapat diukur dengan uang.

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus secara aktif mempromosikan blog. Sekaligus menegaskan dan menjelaskan bahwa menginvestasikan uang untuk promosi blog adalah sebuah ide yang bagus:

Trafik

Trafik, bisa dikatakan adalah ‘mata uang’ paling utama di internet. Kapanpun kita bicara tentang blog, website bisnis atau pun forum online, trafik adalah faktor paling penting sebuah kesuksesan.

Memang, teknik promosi gratis dapat juga memberi trafik melimpah, tapi solusi berbayar menawarkan hasil yang lebih konsisten.

Beberapa puluh dolar biaya promosi, seharusnya memberi Anda ribuan trafik yang sangat tertarget ke blog atau website Anda. Dan jika digabungkan dengan konten Anda yang hebat, ini akan menciptakan potensi yang sangat luar biasa.

Penghasilan

Jika Anda mampu meningkatkan trafik, maka Anda pasti juga mampu meningkatkan potensi penghasilan blog.

Mereka yang menjalankan rogram pay-per-click (PPC) seperti Google Adsense, ataupun program afiliasi per-per-action (PPA), akan secara langsung meningkatkan pendapatan dengan kampanye promosi blog.

Meningkatkan brand-awareness

Saat saya berpikir tentang pakaian olah raga, saya langsung teringat ‘Nike’. Kenapa? Ya karena saya ingat begitu saja.

Kampanye iklan memungkinkan Anda ‘mengirimkan’ pesan tertentu kepada pelanggan (dalam hal blog adalah pembaca). Setelah mereka melihat pesan yang sama tiga atau empat kali, orang-orang pada akhirnya akan mengasosiasikan pesan tersebut dengan produk atau blog Anda.

Kredibilitas

Menginvestasikan uang untuk promosi blog akan pula meningkatkan kredibilitas blog Anda dalam berbagai cara.

Jika pembaca melihat bahwa Anda benar-benar membelanjakan uang untuk mempromosikan blog, maka mereka akan tahu bahwa Anda ‘serius’ dan begitu percaya diri dengan konten yang Anda tawarkan.

Selain itu, bila Anda mempromosikan blog melalui blog yang telah dikenal baik, maka pembaca secara tidak langsung akan menganggap pemilik blog tersebut merekomendasikan blog Anda.

Keuntungan tidak langsung

Trafik, membangun brand blog dan kredibilitas, secara tidak langsung juga akan ikut meningkatkan pendapatan Anda. Ia juga lebih memudahkan Anda menemukan sponsor potensial atau suatu kesepakatan kerjasama yang menguntungkan dengan pihak lain.

Dari sekian keuntungan yang bisa Anda raih dengan cara menginvestasikan sejumlah uang untuk mempromosikan blog Anda, apakah Anda masih ragu untuk mengiklankan blog Anda saat ini?

Bagaimana pendapat Anda? Bagikan melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

13 Komentar

  • dah pernah baca posting ini … sekarang tak coba baca lagi ^_^
    kayaknya promosi berbayar emang pantas untuk mulai diterapkan …

    Btw … buat para sobat yang merasa content blognya masih biasa …
    saya se7 betul ama maz gee …
    “biasa” buat kalian belum tentu “biasa” bagi orang lain …
    saya ngerasain sendiri ada sejumlah posting di blog saya yang sebelumnya saya anggap topik yg remeh dan sekedar nulis …. ternyata …
    posting2 tersebut menyumbang organic traffic banyak setiap hari.

    good luck

  • kadang ada keraguan mas gee, terhadap konten blog sendiri, “pantas nggak sih blog saya di promosikan?” itu yang sering muncul,..pesimistis terhadap konten yg menjadi penghalang saya untuk promosi..makanya lewat yg gratis dulu terasa lebih aman, sekalian buat penjajakan respon pembaca terhadap materi blog yang kita promosikan..itu dulu mas gee komentar dari saya..thanks

    • sip.. tp saran saya, ya jangan ragu dong. Sekecil apapun, sesederhana apapun, ‘seremeh’ apapun info yg kita bagikan, pasti ada yang membutuhkannya. Krn pasti akan selalu ada orang yg pengetahuannya di bawah kita.

  • @info.
    makasih 🙂

    @bayu.
    hehe.. oke mas bayu, itu jg bagus. untuk adsense dari youtube, ya bisa dipasang di blog. tapi harus melewati review lagi. Silakan daftarkan blognya… jika disetujui maka baru muncul iklannya.

  • wah, mau fokus ke konten dulu deh sebelum membayar untuk iklan, oh iya mas saya mau nanya, apakah adsense yang mendaftar dari youtube bisa dipasang di blog?

  • @hiendrich.
    saya kira sebaiknya dicoba, gunakan budget yang seminim mungkin untuk awal-awal. Dan beriklan di fb dan adwords, saya merupakan pilihan utama.

    @daniel.
    jawabannya hampir sama dengan untuk mas Hiendrich. mengenai 'konten yg biasa saja', saya kira bukan kita yg menilai, mungkin saja konten tsb menurut kita biasa, tapi blm tentu untuk orang lain.

    intinya, saya hanya ingin menyampaikan, bahwa promosi blog melalui iklan, adalah salah metode yang sangat baik untuk perkembangan blog mencapai sukses.

  • oooo Gitu ya mas, memang sih ada juga kepikiran untuk promosi berbayar untuk blog, tapi melihat konten yang masih biasa saja, jadi berusaha dulu untuk belajar membuat konten berkualitas dan bermanfaat, kan percuma juga asal bayar tapi cara membuat konten blog yang berkualitas dan bermanfaat tidak dipahami.

    itu menurut pendapat saya sih mas, karena saya belum terlalu berpengalaman juga dalam hal ini.

  • mantap, tapi memang kebanyakan blogger termasuk saya sendiri masih ragu jika harus mempromosikan blog dengan cara berbayar, "kalo saya promosiin blog saya kira-kira sukses gak ya?" itu yang jadi masalah, dan memang gak menutup kemungkinan saya juga ingin berspekulasi 😀

%d blogger menyukai ini: