Menulis Konten

5 Cara Pasti Menghasilkan Ide Artikel Hebat untuk Blog Anda

Apakah merasa kesulitan mendapat ide bahan tulisan untuk blog?

Kebanyakan blogger juga mengalaminya, paling tidak pada waktu-waktu tertentu sepanjang perjalanan blogging-nya.

Saat awal-awal blogging, setelah berhasil memilih niche blog yang tepat, mungkin Anda memiliki begitu banyak ide, namun setelah Anda telah ngeblog selama beberapa bulan (atau beberapa tahun), seringkali cukup sulit bisa memperoleh inspirasi segar untuk tulisan berikutnya.

Dan bagi Anda yang baru beberapa minggu menjalani blogging, mungkin Anda merasa bahwa ide-ide Anda tidaklah terlalu orisinal, atau pun Anda merasa telah menuangkan semua ide terbaik yang Anda miliki.

Nah, bagaimana cara agar ide dan inspirasi dapat terus mengalir?

Di bawah ini adalah 5 cara yang dapat membantu Anda mendapat ide artikel hebat, kapanpun, dimanapun Anda membutuhkannya. Cobalah salah satu teknik berikut, dan lihat hasilnya.

1. Bacalah banyak-banyak blog lain yang bertopik sama

Tidak disangsikan lagi, banyak membaca = banyak menulis. Dengan kata lain, jika Anda ingin banyak menulis, maka Anda harus banyak membaca. Membaca bisa diibaratkan sedang menabung, yang dalam hal ini, Anda sedang menabung ide, menabung pengetahuan dan informasi. Suatu saat Anda bisa memanfaatkan tabungan itu untuk menghasilkan tulisan sendiri.

Jika Anda telah melakukan hal ini, membaca blog lain dengan topik yang sama, maka ini lah cara terbaik untuk mulai membangun koneksi dengan blogger lain. Anda akan banyak belajar lebih dalam lagi mengenai topik Anda.

Pada saat membaca blog lain, janganlah hanya membaca posting atau artikelnya saja, namun baca juga komentar-komentar yang ada. Lihatlah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembaca lain, atau bagaimana pemilik blog merespon terhadap suatu pertanyaan dan sebagainya. Komentar dapat menjadi ladang emas bagi ide tulisan Anda.

2. Sediakan waktu khusus untuk brainstorming

Apakah Anda selalu merasa tergesa-gesa mencari ide setiap kali ingin menulis? Ataukah Anda memiliki simpanan ide cukup banyak, yang dapat Anda ambil satu kapanpun Anda butuhkan?

Adalah hal yang sangat bagus untuk menggali banyak ide sekaligus pada saat melakukan brainstorming (curah ide).

Ketika Anda berhasil mendapatkan 5 – 10 ide, seringkali Anda akan jauh lebih mudah untuk menemukan ide-ide lebih banyak lagi. Ini seperti menyetel otak Anda ke mode ‘pencetus ide’. Ide datang begitu saja dengan mudahnya.

Ingat satu hal, pada saat Anda brainstorming, jangan pernah menghakimi suatu ide tertentu, seperti dianggap terlalu sulit, terlalu bodoh, terlalu berlebihan, terlalu mudah, tidak original dan lain sebagainya. Tuliskan saja semua ide yang muncul.

Anda akan menemukan bahwa ide yang Anda terlalu ‘bodoh’ tadi, bisa jadi akan menuntun Anda mencapai ide yang lebih brilian lagi, atau sebaliknya Anda menemukan bahwa ide tersebut ternyata tidaklah terlalu buruk.

3. Manfaatkan benda dan keadaan sekitar sebagai pemicu ide

Ini adalah salah satu teknik yang jarang dibicarakan berkaitan dengan proses kreatif mencari ide untuk tulisan. Namun saya menemukan bahwa cara ini berhasil.

Teknik ini bisa digunakan pada saat Anda membutuhkan ide cepat, atau sebagai pemanasan pada saat melakukan brainstorming.

Sederhananya, lihatlah sekeliling Anda atau ruangan dimana Anda berada saat ini, lalu pilihlah salah satu benda yang ada. Sebagai contoh, di meja kerja saya, bisa saya lihat:

  • Potongan kertas bertumpuk bekas saya membuat coretan desain logo.
  • Sebuah kamera eos 600D
  • Pensil berbagai ukuran dan warna
  • Alat e-secure untuk transaksi internet banking
  • Sebuah gunting berukuran sedang
  • Segelas air putih, dan
  • Foto berbingkai ketiga anak saya

Beberapa benda di atas, dapat menjadi pencetus beberapa ide, seperti misalnya:

  • Gunting membuat saya berpikir tentang betapa pentingnya ‘memotong’ kata dan kalimat yang tidak perlu saat melakukan editing artikel.
  • Alat pengaman transaksi net banking, mengingatkan saya untuk menulis sebuah review tentang layanan net-banking dari masing-masing bank dimana saya jadi nasabahnya.
  • Segelas air putih, entahlah….. sebagai contoh sepertinya punya hubungan erat dengan ‘refreshing’, kesegaran. Dari situ saya bisa menulis sebuah artikel yang amat panjang bertajuk ’21 Cara Membuat Blog Anda Menjadi Oasis Menyegarkan di Tengah Padang Kehidupan Blogging Membosankan’.

Lihatlah, bagaimana teknik ini bekerja. Ini sangat menyenangkan dan teknik yang sangat mudah dilakukan. Teknik yang akan membantu Anda mencari hubungan-hubungan baru dan memunculkan ide yang tidak mungkin Anda dapatkan sebelumnya kecuali dengan cara memikirkannya secara mendalam.

Anda dapat melakukan teknik ini kapan saja, dimana saja Anda ingin menulis artikel, di sofa, di pantai atau dimanapun.

4. Pilihlah sebuah judul untuk dipoles

Judul artikel blog yang hebat, jarang sekali yang bisa dikatakan benar-benar unik. Mereka cenderung mengikuti pola judul artikel yang telah terbukti dan teruji berhasil. Dan sangat boleh jadi, judul artikel yang sedang Anda baca, ternyata terinspirasi oleh artikel orang lain.

Dan, sangat boleh jika Anda menggunakan judul artikel orang lain sebagai struktur dasar dari milik Anda sendiri. Anda cukup memolesnya untuk merubah topik dan aspek lainnya, seperti jumlah list dan sebagainya, untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Contoh judul artikel yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan, bisa Anda temukan pada: 63 Ide Judul Posting Blog Terbaik (Terbukti Berhasil).

Misalnya, jika Anda melihat judul artikel ini, berikut adalah beberapa cara Anda bisa memolesnya menjadi sesuatu yang baru:

5 Cara Pasti Menghasilkan Ide Artikel Hebat untuk Blog Anda

#1. 8 Cara Pasti Menghasilkan Karakter Hebat untuk Novel Anda (menulis kreatif)

#2. 10 Cara Mudah Mendatangkan Penulis Tamu di Blog Anda (online marketing)

#3. 5 Cara Mudah dan Kreatif Menyenangkan Putra-putri Anda di Musim Liburan Ini (blog parenting)

Contoh pertama, sama sekali tidak berbeda jauh dengan aslinya, sementara contoh ketiga lebih bebas sesuai kreatifitas masing-masing.

Intinya, tidak ada batasan, Anda boleh membuat semirip mungkin dengan aslinya, ataupun merubah total sesuai kebutuhan. Cara ini adalah cara yang luar biasa mudah mendapatkan ide baru, cobalah!

5. Tanyakan pembaca apa yang mereka inginkan

Teknik ini mungkin kurang berhasil jika pembaca Anda masih hitungan satu atau dua digit. Namun, begitu Anda mencapai 100 pembaca tetap atau lebih, Anda dapat mencoba cara ini untuk menghasilkan ide.

Anda bisa melakukan teknik ini dengan cara mengajak pembaca berkomentar atau mengirim email dengan permintaan posting macam apa yang mereka harapkan. Atau lebih baik lagi, Anda meluncurkan polling untuk mengetahui apa yang pembaca inginkan untuk disajikan di blog Anda.

Bertanya ini pun bisa Anda lakukan melalui media sosial atau pun forum yang Anda ikuti.

#tips tambahan

Selain dengan cara bertanya kepada pembaca, teknik lain yang bisa dilakukan adalah dengan memberi kesempatan kepada pembaca untuk bertanya kepada Anda.

Dengan alasan ini pula, saya meluncurkan seri ‘Tanya PortalUang’, dimana Anda bisa mengajukan pertanyaan apapun kepada saya dan saya akan menjawabnya melalui sebuah artikel dimana saya akan menyebutkan nama dan link ke blog Anda.

Nah, itulah 5 cara pasti bagaimana menghasilkan ide hebat untuk bahan tulisan Anda berikutnya. Jika Anda memiliki pendapat lain, silakan berbagi melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

20 Komentar

  • sip jadi aman2 aja.
    o iya mas, satu lagi .. Saat saya liat di tab pembayaran, itu tiap bulannya ada tulisan “invalid traffic content” terus penghasilan akhir dipotong sekitar $ 0.08 – $0.12 . Jadi saldo akhir bulan dikurangi pada tab debit.
    Nah. yg saya tanyakan, apa itu wajar2 saja mas?Karena aku baca2 artikel yg lain katanya kalau sering “invalid traffic content” akun bakan terancam dibanned. Apakah itu benar mas?

  • mas, mau tanya tapi oot,
    kalau iklan adsense dipasang di bagian sidebar tepat di atas banner iklan mandiri itu apa gak melanggar tos??

  • bos, setiap kali saya menulis artikel, kemudian saya cari digoogle, mendaapatkan urutan ke 2, atau ke tiga, tapi yang ditampilkan tidak dengan nama blog saya, tetpi yng muncul google+ itu gimana bos?

    • ya itu artinya, popularitas (rank) blognya blm mencukupi tuk tampil di hal. pertama. Sedangkan google plus jelas dapat prioritas dari Google, sehingga jika ada konten yg dicari ada di GooglePlus, maka pasti Google kan menampilkannya.

    • Mas boy…

      Kemungkinan lain yang terjadi adalah ketika mas melakukan pencarian di google dan artikel mas yang muncul adalah google+ itu dikarenakan metode pencarian dalam metode email aktif. Atau email mas saat itu sedang aktif. Coba sign out dulu emailnya lalu coba lagi

  • Kalo saya lebih sering pakai yg point 3.
    Karena blog saya niche nya wisata, begitu mengunjungi sebuah tempat walaupun bukan tempat wisata. Ide itu langsung datang dengan sendirinya

  • @mu zibur.
    sip. itu adalah kebiasaan baik yang mesti dipertahankan. 🙂

    @tony.
    terima kasih atas kejujurannya mas Tony, hehe… sukses selalu.

    @PPU.
    hemm…. masih inget deh kayaknya. 🙂 tentang submit yahoo, ya betul sekarang kan yahoo dah digabung dengan bing.

  • Masih inget sama inisial PPU gk yah wkwkwk, no.1 dan 2 itu paling TOP deh kayanya, favorite saya. Oh iya sekalian mau tanya dong, klo kita submit url ke yahoo di search dot yahoo dot com/info/submit.html kok langusng meuju ke bing dot com/toolbox/webmaster ya Mas gan? Apa yahoo sudah tidak menyediakan submit url atau yahoo dan bing kerja sama yah. Berarti tugas kita hanya submit url ke bing sama google aja dong ya? Mohon koreksi. Makasih atas jawabnya, i see…