Tips Youtube

9 Tips Mencari Video Youtube Cepat dan Tepat dengan Mudah

Mencari video di Youtube memang sangat mudah dilakukan, namun  jika Anda tahu beberapa trik tambahan untuk mencari video, tentu akan lebih menyenangkan dan lebih akurat hasilnya.

Tim Youtube telah berusaha membuat fungsi pencarian lanjutan video di Youtube menjadi semudah mungkin, tanpa harus menggunakan syntax yang rumit.

Nah, di bawah ini adalah beberapa tips pencarian video Youtube, yang dapat membantu Anda menemukan video yang Anda cari dengan lebih cepat, mudah dan akurat. Mari kita lihat contoh menggunakan frasa sebenarnya.

mencari video youtube lebih mudah dan akurat

1. Menemukan saluran (channel) tertentu

militer, channel

Youtube akan memberi Anda banyak sekali hasil pencarian yang berkaitan dengan militer, namun jika Anda sedang mencari channel atau saluran yang berisi informasi tentang militer, Anda bisa menambahkan ‘channel’ di akhir kata kunci yang Anda cari dipisahkan dengan koma. Cara ini juga efektif untuk menemukan saluran resmi (official) dari suatu organisasi tertentu.

2. Membatasi hasil pencarian pada video yang diupload terbaru

on the spot, todayIni hanya akan menampilkan video yang berkaitan dengan ‘on the spot’ yang diunggah dalam 24 jam terakhir. Anda juga bisa menggunakan rentang waktu yang lain, seperti ‘this week’ untuk seminggu terkhir, dan ‘this month’ untuk sebulan terakhir.

3. Menemukan film di Youtube

bruce lee, movieYa, Anda bisa menemukan film berdurasi penuh di Youtube. Anda tinggal menambahkan ‘movie’ di belakang kata kunci.

4. Menemukan video berkualitas tinggi

sepak bola, hdJika Anda hanya ingin menonton video berkualitas tinggi di Youtube, Anda bisa menambahkan kata ‘hd’. Ini akan menampilkan video dengan kualitas minimal 720p (1280×720 pixel).

5. Menemukan video 3D

avatar, 3d

Anda memiliki kacamata 3D? Tambahkan kata ‘3d’ pada pencarian Youtube, dan Anda akan mendapatkan video 3D.

6. Menemukan daftar putar (playlist) di Youtube

lagu tarling, playlist

Daftar putar adalah hal yang sangat bagus bila Anda ingin menonton banyak video relevan sekaligus.

7. Menemukan video berdurasi panjang

cak lontong, long

Tambahkan keyword ‘long’, maka Youtube akan memberi hasil video berdurasi panjang (lebih dari 20 menit). Anda juga bisa menggunakan keyword ‘short’ untuk menampilkan video berdurasi pendek (kurang dari 4 menit).

8. Mencari video dengan judul yang sama persis

allintitle:”presiden jokowi blusukan”

Anda dapat meminjam operator pencarian dari mesin Google di Youtube untuk menemukan judul video yang memiliki kata kunci yang sama persis.

9. Menggabungkan semuanya

allintitle:”presiden jokowi blusukan”, hd, today, short

Inilah bagian terbaiknya, Anda dapat menggabungkan semua keyword filter di atas untuk menemukan video yang lebih cepat dan lebih akurat lagi. Contoh di atas akan menemukan video yang judulnya mengandung kata ‘presiden jokowi blusukan, kualitas hd, diunggah hari ini dan berdurasi pendek.

Nah, mudah bukan? Selamat berburu video di Youtube. Jika Anda memiliki tip lainnya, jangan ragu untuk berbagi melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

14 Komentar