Tantangan Blogging

Tantangan #9: Apa yang Memotivasi Saya untuk Ngeblog?

Ketemu lagi dengan Tantangan Blogging PortalUang. Dan kali ini saya menantang Anda untuk mengetahui apa sebenarnya yang memotivasi Anda tetap menjadi seorang blogger, sampai hari ini!Setiap hal yang kita kerjakan pasti membutuhkan motivasi agar tetap berlanjut. Begitu pula dengan ngeblog, kita butuh motivasi atau dorongan untuk bisa terus menjadi seorang blogger.

Banyak sekali blogger yang pada akhirnya terhenti di tengah jalan sebelum mencapai tujuan mereka.

Kenapa?

Karena mereka tidak memiliki (atau memiliki tapi sedikit sekali) motivasi untuk melanjutkan meraih target yang begitu menggebu pada saat dulu baru memulai.

Saya sendiri mulai ngeblog sejak tahun 2010 lalu (tidak terasa 5 tahun berlalu sudah). Di tahun itu saya membuat geekreatif.com yang adalah blog pertama saya (sayang sekali blog tersebut sudah lama saya hapus). Saya masih ingat betapa saya berkutat dengan banyak hal teknis dalam blogging, berkenalan dengan html dan css, dan ya, itu semua sangat, sangat, memusingkan bagi saya.

Setelah itu baru saya membuat beberapa blog lainnya, beberapa saya hapus, beberapa saya telantarkan begitu saja, beberapa yang lain bertumbuh demikian cepat. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog ini, yaitu PortalUang.

Pada dasarnya, saat membuat blog ini, saya hanya ingin berbagi cerita, berbagi tip dan trik yang telah saya pelajari selama membangun blog-blog lainnya.

Kemudian, saya sadari bahwa ternyata jika dihitung semua sampai hari ini (termasuk artikel ini), tidak kurang dari 2.590 artikel telah saya tulis selama kurang lebih 5 tahun ini (tentang ini saya sempat berpikir, jika semua artikel itu dikumpulkan untuk dijadikan buku, woowwwww…. berapa buku yang telah saya hasilkan?)

Lalu dari mana dan apa motivasi yang membuat saya tetap ngeblog sampai sekarang?

Entahlah, saya sendiri tidak begitu yakin!

Beberapa mungkin membantu banyak:

Pertama, pembaca!
Jika saja tidak ada yang membaca tulisan-tulisan saya, mungkin akan membuat saya sudah berhenti jauh-jauh hari dan lebih memilih hal lain untuk dikerjakan. Imbal balik yang saya dapatkan melalui email, komentar, obrolan di sosial media sungguh sangat banyak membantu saya tetap termotivasi.

Kedua, bisa jadi adalah uang!
Hanya dengan menjalankan program periklanan di blog yang saya kelola, saya bisa menghasilkan uang dari blog. Meski bukanlah sumber penghasilan terbesar saya, tapi tetap banyak membantu saya dalam hal keuangan.

Dan paling penting, hasil dari blog ini dapat saya gunakan untuk membantu pekerjaan saya lainnya sebagai freelancer desain grafis. Inilah yang pada akhirnya merupakan lingkaran besar dari perjalanan kerja dan bisnis online yang saya geluti.

Jika saja, kedua hal di atas tidak saya dapatkan, sangat mungkin saya tidak akan bertahan sampai hari ini menjadi seorang blogger, atau dengan kata lain, saya tidak akan bisa tetap termotivasi untuk ngeblog.

Meskipun demikian, dengan semua alasan dan motivasi yang sebutkan di atas, saya tetap mendapati hari-hari dimana dihinggapi rasa frustasi, hari-hari dimana saya begitu membenci untuk menulis.

Namun, nyatanya saya tetap bertahan, saya memaksakan diri untuk terus menjadi seorang blogger! Karena saya menyadari bahwa jika saya ingin pembaca menghargai dan mengapresiasi blog saya (seperti mengunjungi lagi dan mempercayai kontennya), maka saya harus menghargai mereka terlebih dahulu, dan itu artinya adalah dengan cara menyajikan konten berkualitas secara teratur.

Nah, tantangan saya adalah:

Apa yang membuat Anda termotivasi untuk ngeblog? Dari mana motivasi itu berasal?

Bagikan pengalaman Anda melalui komentar, atau yang terbaik adalah, tulislah sebuah posting tentang motivasi ngeblog Anda, lalu kembali kesini dan cantumkan link ke posting tersebut, agar saya dapat belajar dari Anda.

Dan bagi Anda yang masih berjuang mendapatkan motivasi yang kuat untuk tetap ngeblog, saya pernah menyampaikannya pada: 5 Langkah Praktis Mengembalikan Motivasi Blogging.

Sedangkan bagi Anda yang mulai berpikir untuk berhenti saja dari blogging, sebaiknya membaca: Ingin Berhenti Ngeblog? Tunggu: Baca Dulu Artikel Ini!

Seperti biasanya saya meminta kesediaan Anda untuk membagikan artikel ini ke G+ atau Facebook. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

14 Komentar

  • Wooow…. postingan mas gee membuat semangat ngeblog ku terbakar lagi… motivasi saya untuk menjadi blogger adalah memberikan informasi untuk orang lain, memang pada dasarnya saya lumayan suka membaca blog, dan suatu hari saya mencari informasi namun ternyata informasi yang saya dapatkan waktu itu kurang memuaskan, mulai saat itu hati saya tergugah untuk “melengkapi informasi dari blog lain dengan niche tertentu” . mudah”an saya bisa istiqomah menjadi seorang blogger, meskipun saya tahu pengetahuan semua orang terbatas, oleh karena itulah kita sesama blogger harus saling melengkapi satu sama lain.

  • @mu.
    betul mas, setiap blogger tentu punya motivasi sendiri2. Bagaimana sudah menulis tentang motivasi blogging Anda di blog? mengenai menulis, saat ini blogging sudah saya anggap sebagai salah satu pekerjaan saya.

    Anggap saja saya bekerja di perusahaan: berapa jam kerja dalam sehari? 8Jam? Gunakan waktu itu untuk menulis artikel. berapa banyak yg bisa dihasilkan?

    Memang, saya tidak menghabiskan waktu untuk blog sebanyak itu, namun dengan berpikir bahwa ini adl salah satu ladang mencari uang (=pekerjaan), saya jadi serius untuk mengelola semua blog2 saya.

    Sukses selalu.

  • setiap blogger pasti motivasinya beda-beda mas. saya salut mas Gee sanggup nulis sampai 2600 artikel. Berarti kalkulasinya mas Gee sehari sanggup nulis 2-3 artikel.

  • Kebetulan untuk saat ini saya masih kerja di luar, saya memutuskan belajar dan membuat banyak blog dengan harapan bisa memberi income tambahan, motivasinya murni sebagai salah satu terobosan bagaimana bisa keluar dari kotak (dunia kerja). Saya menyadari penghasilan saya dari blog bisa di bilang masih sangat jauh jika di bandingkan penghasilan utama, namun saya masih percaya suatu saat blog akan bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup bagi saya..Di saat kondisi financial dan penghasilan dari blog sudah mulai bisa di andalkan, saya akan memutuskan total untuk balik ke indo dan tetap menjadi blogger dan membuka usaha manual.. salam sukses. 🙂

  • @denny.
    sama, saya juga awalnya iseng2, tapi setelah bisa ngasilin duit, jadi pekerjaan deh. 🙂

    @gundul.
    siipp…. lanjutkan mas Gundul. Semangat selalu!

    @daniel.
    oke, yang penting tetap semangat mas Daniel. Kalau boleh saya sarankan, cobalah Ambient, hasilnya bagus kok. dg syarat trafik sudah 1000pv/day.

  • Awal saya kenal blog tahun 2010, tapi tidak paham dan diterlantarkan begitu saja. Setelah lebih dari 10 kali berganti nama dan url, akhirnya saya konsisten untuk megnembangkan blog Catatan Inspirsi url http://danzierg.blogspot.com. Sayang saya tidak bisa mendaftar google adsense karena selalu di disable oleh tim google, alasannya saya dianggap melanggar aturan dan yang lainnya. Saya sellau berusaha untuk semangat ngeblog. Untuk itulah saya akan membaut artikel semangat dan motivasi blogging.

    trims

  • awalnya saya bkin blog buat berbagi info sekaligus buat keren-kerenan maklum waktu saya sma dlu blm ada yg ngerti blog tapi setelah tau bisa dimonetisasi jadi makin semangat lagi 🙂