Promosi Blog

Haruskah Saya Membuat Link ke Artikel Lama?

Tadi pagi ada bertanya kepada saya:

“Haruskah ketika menulis artikel baru membuat link ke artikel lama? Apakah itu baik atau buruk dari sisi search engine? Mengapa bisa begitu?”

membuat link

Lalu saya menjawabnya: Ya. Itu adalah kebiasaan yang sangat bagus, baik dari perspektif mesin pencari maupun dari sisi pembaca blog.

Mengapa?

Membuat link ke artikel lama adalah bagus bagi mesin pencari (berupa sejumlah link), karena ia memberi lebih banyak ‘jalan’ kepada mesin pencari untuk menemukan konten Anda. Lebih dari itu, setiap kali Anda menautkan artikel lama, berarti Anda sedang memberitahukan mesin pencari bahwa artikel tersebut adalah salah satu konten penting di blog Anda.

Semakin banyak link yang dimiliki suatu artikel, maka ia akan dianggap lebih penting di mata search engine.

Itulah mengapa ‘homepage’ adalah halaman paling penting dan paling terpercaya bagi sebuah website. Karena semua halaman lainnya me-link kesana.

Terakhir, membuat link ke artikel lama adalah hal bagus bagi mesin pencari adalah karena Anda dapat membuat anchor text spesifik pada link Anda buat, dan ini adalah salah satu faktor yang digunakan oleh algoritma search engine untuk mengevaluasi konten blog Anda.

Dalam hal membuat link yang baik, jangan pernah menulis klik disini sebagai link. Lebih jauh silakan baca: Cara Terbaik Membuat Link: Jangan Pernah Menggunakan “Klik Disini”.

Sekarang, membuat link ke artikel lama juga adalah sangat baik dari perspektif pembaca, karena Anda memberi mereka lebih banyak informasi berkaitan dengan topik yang mereka telah tertarik terhadapnya.

Nah, dengan demikian semua diuntungkan. Untuk itu, buatlah selalu minimal satu link ke artikel lama Anda setiap kali membuat artikel baru.

Tentang bagaimana cara membuat link yang baik dan berkualitas, Anda dapat membaca: 9 Cara Mudah Meningkatkan Jumlah dan Kualitas Link Internal.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

15 Komentar