Menulis Konten

5 Tips Mudah untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Anda

Untuk menjadi blogger sukses, Anda mesti menjadi penulis yang baik.

Menjadi penulis yang baik, bukan berarti Anda harus memiliki gelar S2 di bidang literatur sastra atau gelar apapun lainnya.Seiring waktu, seiring Anda membaca posting di blog lain, seiring Anda lebih banyak lagi menulis artikel, maka kemampuan menulis Anda akan meningkat secara alami.

Namun, Anda tidak perlu menunggu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk mencapai itu semua. Ada banyak cara yang dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam menulis, hanya dalam waktu yang relatif singkat.

Nah, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan cepat.

1. Buatlah rencana tulisan, sebelum Anda menulis

Ada menyebutnya membuat kerangka tulisan atau apapun itu, yang jelas memiliki rencana apa yang akan ditulis, memberikan perbedaan sangat besar terhadap kualitas tulisan Anda. Hasilnya, Anda akan temukan pengalaman menulis yang lebih baik, serta pengalaman membaca yang juga lebih baik pagi pengunjung.

Sempatkan waktu paling tidak 5 menit untuk menyiapkan tulisan Anda:

  • Menentukan ‘masalah’
  • Membuat kerangka acuan, berupa poin-poin penting yang ingin disampaikan
  • Mengikuti kerangka tersebut agar Anda tidak melenceng kemana-mana selama proses menulis

2. Bayangkan Anda sedang menulis untuk satu orang

Pernahkah Anda mentok saat menulis karena tidak yakin bagaimana ‘mengekspresikan’ sesuatu? Cara paling mudah untuk mengatasi hal ini adalah dengan membayangkan Anda tengah menulis bagi satu orang.

Anda juga dapat menganggap sedang menulis kepada pembaca spesifik tertentu, seperti seseorang yang punya kebiasaan buruk memberi komentar dan sebagainya.

Saya sendiri seringkali membuat posting blog yang berasal dari korespondensi email dengan seseorang, terutama jika mereka bertanya sesuatu dan saya anggap perlu juga diketahui oleh lainnya.

3. Menulis  kalimat dan paragraf pendek

Trik ini memang tidak selamanya berhasil, tapi paling tidak ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kualitas artikel Anda.

Dengan menulis kalimat dan paragraf lebih pendek, bukan hanya membuat pembaca tetap fokus serta membuat mereka lebih mudah mencerna tulisan Anda, tetap juga membuat hidup jadi lebih mudah. Karena akan jauh lebih mudah membuat satu kalimat pendek, dibandingkan membuat kalimat panjang, yang melelahkan.

4. Bicaralah dengan pembaca dengan menggunakan kata “Anda”

Anda bisa menyesuaikan dengan audience Anda sendiri. Anda bisa menggunakan “kamu” atau lainnya. Intinya adalah gunakan kata ganti orang kedua tunggal. Cara ini membantu tulisan Anda seperti sebuah percakapan, yang lebih enak dinikmati.

Pada umumnya, setiap tulisan, paling bagus adalah dibuat seolah sedang berbicara kepada satu orang. Jadi alih-alih menulis: “beberapa dari Anda mungkin tahu…..” akan jauh lebih baik menulis: “Anda mungkin tahu….”.

Lebih jauh tentang pentingnya hal ini, silakan baca: Alasan Anda Harus Menggunakan Kata ‘Saya’ dan ‘Anda’ di Dalam Artikel.

5. Bacalah artikel Anda dengan keras

Agak sulit untuk menemukan salah ketik, salah penempatan kata dan kesalahan lainnya, karena Anda merasa telah mengetahui apa yang telah Anda tulis.

Membacanya dengan keras, merupakan cara bagus untuk menyegarkan pikiran Anda dan menemukan kesalahan-kesalahan tersebut.

Tidak jarang, terutama saat saya menulis artikel yang cukup panjang, saya mencetaknya, lalu baru saya baca kembali. Cara ini efektif untuk menemukan kesalahan-kesalahan serta kelemahan dalam tulisan saya sendiri.

Kelima cara di atas, sedikit banyak akan membantu Anda menjadi penulis yang lebih baik. Dan jika Anda masih kesulitan dalam menulis artikel yang baik, silakan baca selengkapnya pada: Cara Membuat Artikel yang Bagus.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

4 Komentar