Blogging Dasar

10 Kebiasaan Blogger Hebat yang Membuat Mereka Sukses

Semua orang yang terjun menjadi blogger, tentu ingin menjadi seorang blogger yang ‘diperhitungkan’. Masuk ke dalam kategori ‘bukan blogger biasa’.

Ya, katakanlah, mereka ingin menjadi blogger yang populer, yang berpenghasilan tinggi, dan blognya masuk ke jajaran blog top di jagat per-blog-an dunia.

Lalu apa yang mengantarkan mereka menjadi seperti itu?

Mengapa blogger-blogger top, memiliki begitu banyak pengikut? Menghasilkan ribuan pengunjung setiap harinya? Dan dibicarakan dimana-mana?

Satu hal yang saya amati dari mereka: bahwa blogging sama sekali bukanlah satu skema cepat untuk mengumpulkan uang, tapi Anda akan terkejut, nyatanya mereka mampu menghasilkan uang dari blog dengan jumlah yang mungkin tidak terbayangkan oleh kebanyakan blogger pemula.

Kembali ke pertanyaan di atas, lalu apa yang membuat mereka sedemikian unik, dan keluar dari kerumunan jutaan blogger lainnya?

Jawabannya:
Mereka memiliki beberapa kebiasaan yang mengantarkan mereka menjadi sukses seperti sekarang. Dari pengalaman pribadi, serta hasil ‘memata-matai’ para blogger top dunia, saya menyadari bahwa ada kebiasaan baik yang hampir pasti dimiliki oleh semua blogger hebat.

Bagaimana cara menjadi blogger hebat dan terkenal?

Pertama sekali saya ingin sampaikan sebuah kebenaran: blogging bukanlah semata perkara kerja keras atau kerja cerdas. Tapi ia adalah kombinasi dari keduanya, plus keunikan yang Anda miliki.

kebiasaan blogger hebat

Tidak peduli Anda sudah mulai menjadi blogger sejak bertahun lalu, ataupun baru saja memulai, jika Anda memulai segala sesuatunya dengan benar, maka menjadi blogger ‘hebat’ bukanlah hal yang terlalu sulit.

Satu hal lainnya, hampir semua blogger hebat selalu mengawali dengan hanya satu topik, dan mereka setia dengan topik tersebut. Mereka tidak pernah melompat dari satu topik ke topik lainnya, demi menjadi keunikan ‘suara’ mereka. Mereka senantiasa melakukan eksperimen, mencoba sesuatu yang baru, lalu membagikannya dari waktu ke waktu kepada pembaca mereka.

Dan inilah 10 kebiasaan blogger sukses:

1. Gairah

Mereka memiliki gairah, kecintaan yang cukup terhadap topik yang mereka tulis. Itulah yang membuat mereka menyukai untuk membagikannya kepada setiap orang. Uang? Itu hanya menjadi konsekuensi logis dari apa yang mereka lakukan.

Ini mungkin diibaratkan seperti menjadi seorang penyanyi. Anda semata-mata menyukai menyanyi. Anda belajar apa yang Anda sukai dengan penuh gairah, dan juga bernyanyi dengan kegairahan yang sama. Tentu, Anda akan menjadi terkenal dan menghasilkan banyak uang dengan bernyanyi, tapi itu semua tetap saja menjadi nomor dua!

Begitu pula dengan para blogger top. Mereka mencintai apa yang mereka lakukan, tulis dan bagikan. Dan semua hal lainnya: trafik, jumlah kunjungan, pengikut serta penghasilan besar, tetap menjadi nomor dua!

Saya tidak mengatakan bahwa popularitas dan uang tidak berarti bagi mereka. Tapi dari sisi kegairahan mereka, uang dan lainnya adalah nomor dua. Yang utama, adalah karena mereka menyukai apa yang mereka lakukan!

Baca: Cara Terbaik Menghasilkan Uang Internet: Lakukan Saja Hal yang Anda Sukai

2. Berpikir sebagai pembaca

Ya. Setiap blogger hebat berpikir seperti layaknya seorang pembaca. Mereka berpikir persis seperti apa yang dipikirkan oleh pembaca setelah membaca blog mereka. Hal ini sangat membantu mereka mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh pembaca.

Sebelum menulis sebuah artikel, mereka akan bertanya:

  • Mengapa orang-orang harus membaca artikel ini?
  • Untuk siapa saya menulis ini?
  • Bagaimana cara saya menulis agar dapat membantu mereka?

3. Menulis untuk pembaca

Mereka selalu dan hanya menulis untuk pembaca! Mungkin Anda sedikit heran dengan pernyataan ini: tentu saja saya menulis untuk pembaca saya!

Oke. Tapi nyatanya, masih banyak sekali blogger yang menulis untuk menghasilkan uang. Ketika menulis yang ada di kepala mereka: MONEY. Dan inilah penyebab terbesar, mengapa mereka tidak mampu bertahan lama.

Motto para blogger top dalam hal menulis, adalah untuk berbagi dan membantu pembaca mereka, bukan semata demi uang.

Bahkan, meski mereka bergabung dalam program afiliasi untuk merekomendasikan suatu produk tertentu, mereka membeberkan segala aspek, baik dan buruknya dari produk tersebut. Mereka selalu berdiri di sisi pembaca.

Inilah yang membuat mereka memiliki begitu banyak pengikut setia, karena orang-orang merasa mereka berada untuk mereka. Untuk membantu mereka, bukan untuk ‘merampok’ uang mereka.

4. Menghargai dan menghormati pembaca

Mereka benar-benar sangat menghargai setiap pembaca blog mereka. Mereka membalas semua komentar, meski pembaca menyerang kelemahan mereka, membuka kesalahan mereka, dan mengkritik mereka.

Mereka, para blogger top, bahkan sangat berterima kasih ketika ada yang memberi koreksi atas beberapa kekurangan. Dan mereka selalu berusaha menjaga keterlibatan dari pembaca-pembaca mereka.

5. Mengambil setiap peluang

Mereka selalu mencari peluang dan kesempatan untuk:

  • Mempromosikan blog
  • Menjadi yang pertama mengulas suatu topik
  • Menyuguhkan sesuatu yang berguna untuk pembaca

6. Tidak berhenti belajar

Mereka selalu menambahkan pengetahuan dan informasi di niche mereka dan kebiasaan #1 membantu mereka dalam hal ini. Mereka mencari ke semua blog, forum, media sosial untuk memperoleh sedikit tambahan informasi di topik mereka. Membaca, merupakan salah satu kebiasaan utama.

Khususnya bagi Anda, yang ingin menjadi ‘ahli’ di topik Anda, sudah semestinya Anda menjadi orang pertama yang mengetahui apa yang sedang terjadi dan apa yang mungkin terjadi kemudian.

7. Seorang pembangun jaringan yang hebat

Para blogger top, sangat baik dalam usaha membangun jaringan dengan sesama blogger, dengan cara:

  • Berkomentar di setiap blog yang bertopik sama (maupun yang tidak)
  • Bertukar link dengan blog bertopik sama
  • Saling mengikuti sesama blogger di media sosial
  • Menulis artikel untuk blog lain
Ini semua, bukan hanya membantu mereka, namun juga membantu pembaca mereka mendapatkan informasi yang lebih kaya.

8. Jujur

Mereka menjunjung tinggi  kejujuran dalam banyak hal:

  • Mereka tidak pernah mengakui karya orang lain sebagai karyanya sendiri. Bahkan meski hanya mengutip beberapa kalimat dari tulisan orang lain, mereka tidak pernah lupa untuk mencantumkan link sumber.
  • Mereka tidak malu atau risih untuk berbagi kegagalan dan kekurangan mereka kepada pembaca.
  • Mereka tidak pernah membagikan tips atau nasihat palsu. Mereka selalu mengujinya pada diri mereka sendiri terlebih dahulu.

9. Mudah dihubungi

Jika ada pembaca yang ingin menghubungi mereka, mereka selalu ‘ada’ untuk mereka. Mereka selalu menyediakan halaman kontak atau paling tidak memberitahu kepada pengunjung bagaimana cara menghubungi mereka.

Mereka berusaha agar pembaca dapat semudah mungkin untuk menghubungi mereka, melalui media sosial, email dan sebagainya. Mereka juga selalu menyempatkan untuk merespon setiap pesan dari pembaca.

10. Gaya menulis yang unik

Mereka memiliki gaya khas milik mereka sendiri dan mereka tetap setia dengannya, sehingga pembaca dapat dengan mudah mengingat dan mengenali setiap tulisan-tulisannya.

Mereka selalu berusaha menjaga karakter. Jika mereka memiliki selera humor, misalnya, maka mereka akan mempertahankan gaya itu di setiap tulisan, di media sosial, di forum dan di setiap kesempatan.

Kesimpulan

Untuk menjadi blogger top yang sukses, Anda mesti berpikir dan berperilaku dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan para blogger hebat yang telah ada seperti di atas.

Semoga apa yang saya sampaikan dapat mengantarkan kita menjadi blogger sukses berikutnya. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

31 Komentar

  • salam knal mas gee jhon…
    Bisa saya minta tolong,kunjungi blog saya ,apakah sudah bagus atau ada yg perlu dibenahi?..saya jg banyak belajar dari artikel gee jhon…oh iya blog saya _www.tips10tips.blogspot.com… Terima kasih sebelumnya

  • Ass, Mas Gee, saya ingin bertanya. saya blogger pemula dan ya yang namannya blogger pemula pasti blog gado-gado awalnya.sebagai pemula, saya baru memiliki 8 post,dan PENGUNJUNG BLOG saya yaitu dari negara Amerika Serikat (28 visitor), Indonesia (27 visitor), Jerman (7 Visitor), dan Perancis 3, dilihat dari jumlahnya negara amerika yang terbesar. Jadi petanyaannya, APAKAH SAYA JUGA HARUS BUAT POSTINGAN BLOG BERBAHASA INGGRIS atau menambahkan bahasa inggrisnya dibawahnya di setiap postingan, atau bagaimana Mas gee. Mohon tanggapannya ya mas, Terima kasih.

    • tetap saja konsisten dg bahasa indonesia, jika itu yg dirasa paling nyaman. mengenai sumber trafik dari US, tidak lantas itu berarti pengunjung benar2 dari USA. krn bisa saja yg berkunjung menggunakan proxy.

  • seep (y)
    akan tetapi sekian paragraf yang saya lahap dalam tulisan diatas tersebut, ada 1 point yang membuat saya tidak tertarik yaitu (7. Seorang pembangun jaringan yang hebat)
    Pertanyaannya: apakah penulis sendiri sudah menerapkannya? saya rasa di point 7 itu penulis melakukan disaat penulis belum TOP :v :v, ketika sudah TOP? mungkin saya pernah membaca di postingan PU juga tidak ada kesempatan untuk berkunjung balik dan memulai hitung-hitungan matematika yang merontokan urat syaraf. bisakah diakui secara mental? masuk dalam point 8 (JUJUR)

    terima kasih mas GeeJhon

  • Assalamualaikum Mas Gee Jhon dan salam kenal utk semuanya teman2 Blogger. utk masalah Kejujuran.
    sekarang kan website dan blogger dengan berbagai konten atau post yang terkadang isinya sama. nah jika kita mau menulis entri baru dan kita mengambil dri beberpa tulisan. bagaimna cranya suaya kita terhindar dri plagiatisme..??

  • @admin.
    ya itu sudah bagus mas… tp knp yg lain tak terpikirkan? hehe… oke mulai sekarang, yuk mari kita sama2 berusaha menjalankan kebiasaa2 hebat di atas. sukses selalu..

  • @muhammad.
    ya setuju mas Muhammad. wah, kalau begitu mas Muhammad sangat berpeluang jadi blogger yg luar biasa, karena sudah memiliki latar belakang penulis pro. tidak seperti saya yg belajar nulis sejak bikin blog. 🙂 Sukses selalu mas….

    @hasan.
    salam kenal juga mas Hasan… terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

  • Saya sangat setuju sebagai blogger juga dituntut menjadi penulis pro. Sehingga tulisannya bukan hanya bermanfaat tapi membantu karena ia bisa memposisikan diri sebagai pembaca. Sehingga tulisannya akan selalu dinanti oleh pembacanya.

    Ya apalagi alhamdulillahnya saya dari penulis pro yang terjun ke dunia blogging.

  • @moch.
    betul mas Fadhil. memang bukan hal yg mudah, tapi minimal kita selalu berusaha untuk mencapainya. selama ada niatan itu, ada tekad itu, yakin suatu saat akan menjadi kebiasaan kita juga.

  • 10 poin tersebut memang sangat penting sekali untuk menjadi seorang blogger yang bukan biasa (luar biasa) 😀
    namun tidak mudah juga untuk menerapkan semua hal tersebut

  • @denny.
    Dalam kadar tertentu, insya Allah sudah. memang mgkin belum sempurna, tapi saya tetap berkomitmen untuk semaksimal mungkin menjaganya. 🙂

    @daniel.
    salam Mas Daniel. Memang dg berusaha menjalankan 10 kebiasaan di atas, diharapkan bisa mengantarkan kita menjadi blogger sukses… aminnn…

  • menarik pembahasannya mas gee, memang masing2 blogger memiliki gaya, cirikhas dan keunikan masing2 jadi sejauh apapun kita mengeksplorasi tulisan kita tentu itu semua tergantung pada gairah tadi….gairah yang tak pernah padam. Benar apa kata mas gee, kalau blog itu bukan cara tercepat dalam menghasilkan uang, melainkan investasi jangka panjang.

    dari 10 kebiasaan diatas, saya sendiri baru memiliki 5, jadi harus semakin giat belajar ya mas agar menjadi blogger hebat.

    Salam

  • @sutoro.
    terima kasih banyak atas apresiasinya mas Sutoro. Mengenai trafik, hmm… sejak ganti domain 2 bulan yg lalu, trafiknya terjun bebas mas, baru 2 mingguan trafik perlahan kembali naik. yang jelas sekarang masih di bawah 10k 🙂