Menulis Konten

4 Langkah Menulis Konten Abadi

Ketika Anda berusaha sukses membangun blog dan menjadi terkenal, Anda mesti bekerja keras guna membangun image tertentu dari blog dan diri Anda di dunia online.

Pendekatan terbaik untuk itu, adalah menemukan topik terbaik yang dapat Anda sajikan di blog dengan baik, sesuatu yang menarik, berguna, dibutuhkan banyak orang. Dengan kata lain: konten yang abadi!

Meski demikian, memilih topik yang tepat, bagaimanapun, baru merupakan langkah awal dalam usaha panjang membangun blog yang berhasil. Untuk mencapai tujuan besar Anda, Anda perlu menyajikan kepada pembaca tulisan yang segar, suara yang khas, tatabahasa yang terjaga dan kalimat yang terstruktur dengan baik.

Temukan sesuatu yang Anda sukai, yang pada saat sama juga bermanfaat untuk orang lain, lalu jaga agar Anda terus dapat menyajikan sesuatu yang fresh. Seperti misalnya, mengulas software terbaru untuk perangkat tertentu, games terbaru yang akan dirilis dengen genre tertentu, perkembangan trend fashion dari waktu ke waktu, dan sebagainya.

Yang harus menjadi goal Anda, adalah bagaimana menjaga dan setia pada topik yang telah dipilih dan terus melakukan riset mendalam, demi mampu menyajikan konten informatif yang benar-benar dicari pembaca.

Nah, berikut adalah langkah atau tips yang akan membantu Anda dapat terus menyajikan konten brenas di blog Anda dari waktu ke waktu:

Pilih topik yang bagus

Bila Anda berhasil memilih topik yang tepat, ia akan menjadi pondasi kuat bagi blog Anda sendiri. Prioritas pertama, adalah topik yang kiranya mampu Anda sajikan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan kata lain, topik yang akan selalu dicari banyak orang, seperti teknologi, games, fashion, kesehatan dan banyak lagi.

Artinya, informasi dan berita terkait konten Anda, akan terus berkelanjutan, yang sepertinya tidak akan pernah kadaluarsa. Jika ada begitu banyak orang yang mencari informasi tersebut, Anda dapat memastikan bahwa itu adalah topik yang tepat untuk dipilih.

Temukan bidang keahlian Anda

Bila Anda kesulitan menemukan tema yang tepat untuk blog Anda, Anda dapat menggunakan teknik-teknik berikut untuk membantu dalam proses tersebut.

Gunakan Google Trends

Lihatlah apa yang sesungguhnya dicari begitu banyak orang dan menjadi tren, lalu temukan mana yang menurut Anda bisa diikuti serta sesuai dengan bidang keahlian Anda sendiri.

Review

Sebuah review yang jujur, sekaligus cerdas, akan selalu menjadi resep ampuh menarik perhatian banyak orang di internet. Jika orang-orang menganggap Anda seorang yang jujur, dengan kritik yang bisa dipercaya tentang suatu, Anda akan selalu dicari oleh mereka. Mereka ingin mendengar pendapat Anda, tentang apa saja, tentang restoran, tentang buku, film, acara televisi, video games, atau apapun itu.

Temukan cara inovatif bagaimana menunjukkan bahwa sesuatu itu buruk, atau sebaliknya, betapa bagusnya ia di mata Anda. Buatlah perbandingan yang cerdas pada review yang Anda sajikan, lalu konsisten dengan itu, maka mau tidak mau, Anda akan mulai diperhitungkan di dunia maya.

Tutorial

Panduan melakukan sesuatu, akan selalu dibutuhkan. Dan orang-orang terus membuat konten berupa tutorial sepanjang waktu. Kenap? Karena memang ia dibutuhkan.

Salah satu kehebatan internet, adalah bagaimana orang dapat menemukan dengan sangat mudah, panduan langkah per langkah untuk melakukan sesuatu, yang sebelumnya bahkan tidak ia ketahui sama sekali. Nah, jika Anda mampu menyajikan toturial apapun sesuai keahlian Anda, maka itu modal besar untuk membangun blog yang sukses.

Tips dan trik, rahasia dan bagaimana melakukan suatu hal

Ini adalah salah satu yang selalu menarik perhatian. Orang-orang sangat jarang tertarik mencari fakta (yang sekadar fakta) melalui sebuah blog. Jika mereka ingin mencari informasi spesifik tertentu, atau mencari sebuah definisi dari berbagai hal, mereka lebih suka mengunjungi Wikipedia, bukan blog Anda!

Karenanya, Anda perlu menyajikan sesuatu yang baru, dengan sentuhan personal, sesuatu yang Anda tahu dari pengalaman diri sendiri atau pengalaman orang lain, lalu bagikan kepada pembaca.

Spekulasi dan teori

Ya, teori dan spekulasi tentang masa depan suatu negara, game show, serial sinetron, peristiwa politik, dan apapun itu, akan selalu menjadi topik yang menarik. Jika Anda memiliki cukup alasan (dan bukti) atas teori dan spekluasi yang Anda bangun, orang-orang akan sungguh-sungguh menghargainya.

Anda tidak perlu mereka-reka secara serampangan tentang apa yang terjadi, namun selama apa yang Anda sampaikan masuk akal, dapat diterima nalar, Anda sungguh akan mampu membangun audience yang luar biasa. Cukup pastikan Anda melakukan riset yang cukup sebelum menelurkan sebuah spekulasi, jika tidak Anda akan dicap sebagai sumber yang tidak bisa dipercaya.

Jadilah yang pertama

Waktu adalah hal utama. Kapanpun Anda menulis tentang suatu hal yang secara alami menjadi sebuah tren, Anda mesti menyadari, ada begitu banyak orang lain yang mungkin melakukan hal serupa.

Anda mesti fokus dan mencermati suatu hal pada pada topik yang Anda pilih, sebelum ia keburu menjadi basi. Terlepas apakah itu berupa tutorial, review atau spekulasi, konten blog Anda mestilah selalu segar.

Namun juga, Anda tidak harus menyulitkan diri sendiri, dan jangan pernah mengorbankan kualitas tulisan Anda hanya karena merasa diburu waktu dan berlomba menjadi yang pertama. Boleh saja Anda menyajikan suatu hal 1 – 2 hari setelah peristiwa terjadi, namun dengan sudut pandang yang lebih dalam, dan itu adalah batasan paling lama. Jika tidak, popularitas atau trend terhadapnya akan cepat sekali menurun dalam hitungan hari.

Selain itu, untuk sebuah topik baru, bagikan konten Anda di media sosial lebih dari sekali dalam sehari. Ingat, ada zona waktu yang berbeda, dan tidak semua orang online di waktu yang sama. Untuk itu pastikan konten Anda terlihat oleh mereka.

Pikatlah pembaca Anda

Temukan cara mengekspresikan diri Anda untuk ‘memaksa’ pembaca melahap tulisan Anda sampai akhirnya. Meski Anda telah melakukan riset melelahkan, dan telah mengeluarkan banyak keringat dan upaya untuk menulis, akan menjadi sia-sia belaka, jika penyajian Anda membosankan.

Upayakan untuk tidak mengulang-ulang kata yang sama. Gunakan sinonim, dan belajarlah bagaimana menulis dengan nada formal saat Anda menyajikan sesuatu yang serius. Namun juga tidak perlu membuatnya njlimet dan terlalu kompleks, bagaimanapun Anda sedang menulis posting blog, bukan jurnal ilmiah atau skripsi!

Buatlah tulisan yang dapat dibaca dengan cepat namun pembaca tetap memperoleh apa ide tulisan secara keseluruhan. Tonjolkan kalimat-kalimat penting, perbanyak ‘ruang putih’ dalam artikel. Terakhir, gunakan kosakata yang mudah dimengerti.

Nah saya harap, setelah ini, Anda mampu menyajikan konten populer, konten abadi, konten yang terus dicari dan dibutuhkan pembaca dari waktu ke waktu. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

15 Komentar

  • Sangat bermanfaat

    Memang menulis merupakan hal yang gampang-gampang susah, ketika muncul sebuah ide yang sama sekali minim informasi walaupun bisa menjadi viral tetap akan sulit mengembangkan ide tersebut.

    Tetapi seiring berlatih dengan sering menulis akan membuat kebiasaan dan cara menulis kita menjadi lebih baik lagi untuk membuat konten-konten yang berkualitas.

  • biasanya yang paling susah itu “menjaga dan setia pada topik yang telah dipilih” ane sendiri sudah alami, lihat orang banyak dari tema ini, ikut tema ini.. liat orang banyak hasil dari tema begini, ikut tema begini.. begitu aja terus sampai dedy corbuze punya rambut.. ahah, namun akhirnya ane setia dengan tema download software.. simple ga ribet..

  • @prisma.
    ya betul sekali mas Prisma,,, sukses selalu.

    @helmy.
    oo… gitu?? habisnya kasih contohnya mbak Indri juragan cipir, sy lihat dia tidak melakukan hal spt itu kok, emang blognya campur2 topiknya.

    kembali ke masalah tentang hal itu, entahlah…. jika memang "harus" menurut sy sih tidak ada salahnya untuk dipindahkan ke 1 blog secara bertahap. nanti blog yg lama bisa dihapus artikel yg telah dipindahkannya.

  • Gee Jhon>Menyatukan dua blog maksud saya adalah begini..saya ada blog A dan B.Dan blog tsb adalah yg punya ID-Adsense..sedangkan blog A hanya penayang share iklan Adsense blog B..

    Disebabkan rasanya susah banget-membangun dua blog sekaligus..Maka saya bercadang artikel2 blog A-ditransfer semuanya ke blog B..

    Pertanyaan saya mas;apakah tidak melanggar kebijakan Adsense blog B meng-import semua sekaligus artikel2 blog A yg udah dua ratusan artikel?
    Atau gimana yang sebaiknya menurut mas Gee Jhon ttg rencana saya tsb?
    Terimakasih atas responnya mas.

  • @helmy.
    wah iya kemana aja nih, gak nongol2, hehe… kabar baik mas Helmy….

    mengenai pertanyaannya, sy masih belum paham apa yg dimaksud. Menyatukan dua blog? Maksudnya gmn mas? Coba deh hub. lagi mbak Indri-nya, coba kontek via IAPD. biasanya dijawab lgsung klo disana. hehe…

  • Artikel ini sangat membantu saya mas..krn mulanya menulis mmg mau yg pada satu genre tertentu..tp tohh lama jd ngawur gado-gado kehabisan idea..

    So, pada "Review" yg mas maksudkan..mmg saya agak terarah kesana..suka nulis Review yg lagi trendy..misalnya sekarang lagi pada 'kegilaan' batu permata-batu mulia..kebetulan saya pernah menjalani jual/ngumpul2 batu mulis tsb.hehee;)
    Salam sukses mas..ditunggu selalu tutorial apiknya.

  • Gee Jhon
    Mas..apakhabar?..saya lama absen diblogger krn ada kesibukan keluarga dikit jd ditinggal dulu tuhh jd blogger..hehee;)
    Mas saya lihat blog mas ini dan juga blog mbak Indri semua udah berobah wajah..dan nampak segar nampaknya..
    Mas saya tanya dikit..ttg blog mbak indri tsb..krn pertanyaan saya belum dia jawab..mungkin lagi sibuk..Saya lihat semua artikel2 lamanya dikumpul pada satu blog tsb..gimana caranya mas?..Sbb saya ingin dua blog saya disatukan aja ..jika kita satukan dua blog jd satu..apa itu gak jd suspense/kesalahan oleh Adsense.
    (Blog saya fortunamedia ada 200 artikel dan fazryan87 dalam 150 artikel..sedangkan yg punya Adsense adalah blog fazryan87)

    Terlebih dulu saya ucapkan terimakasih atas bantuannya..maaf saya menyusahkan mas atas pertannyaan ini.;)

  • @daniel.
    terima kasih atas apresiasinya mas Daniel… Masalah diskusi, hayooo….

    @denny.
    betul,,,, 🙂

    @moch.
    Pastinya mas Fadhil…. tutorial memang banyak dicari orang.

  • Berkunjung di blog mas gee memang mencerahkan, selalu menghadirkan ispirasi bagi saya. Pada kasus ini, saya menyadari kesulitan untuk menulis konten abadi, memang ada si yang sepertinya abadi yaitu belajar sketchup di blog saya, namun hal itu sudah lama saya tidak lakukan mengingat kesibukan.

    Saya menyadari kalau niche blog, judul blog, deskripsi, design blog, dan judul artikel berperan penting dalam menghipnotis pembaca, akan tetapi itu perlu pembelajaran yang tidak instant.

    Saya sangat mengapresiasi setiap tulisan Anda mas Gee, dan saya ingin berdiskusi dengan Anda dilain waktu jika Anda berkenan……

    Saat ini blog saya sudah custom domain, ganti template responsif, ganti deskripsi dan penelusuran, jadi saya mohon tanggapan Anda dalam hal ini untuk memberikan masukan pada saya untuk pengembangan blog, saya tunggu jawabannya!

%d blogger menyukai ini: