Google Adsense

Cara Mencegah dan Menangani Bom Klik Google Adsense

Apakah Anda tiba-tiba mendapat banyak sekali klik dan merasa mengalami bom klik pada akun Adsense Anda?

Melanjutkan artikel kemarin yang membahas tentang statistik “aneh” dan tidak wajar di laporan Adsense, kali ini Anda akan mempelajari bagaimana cara melindungi dan mengatasi akun Adsense dari bom klik, serta menjaga akun Adsense Anda tetap sehat wal-afiat.

mencegah bom klik adsense

Bom klik merupakan salah satu mimpi buruk terbesar bagi banyak publisher Adsense. Demi menjaga kualitas dari ads-network milik mereka, Google memonitor setiap klik yang terjadi dengan sangat seksama dan mengambil tindakan tegas terhadap penayang Adsense yang mengklik iklannya sendiri atau pun menyuruh orang lain melakukannya.

Nah, karena Google membayar dengan sistem pay per click, tidak sedikit penayang Adsense penasaran untuk mengklik iklannya sendiri untuk memperoleh tambahan beberapa dolar di akun Adsense mereka. Namun Google memiliki sistem canggih nan rumit, untuk melacak dan mengenali klik tidak sah tersebut dan bila ‘tertangkap’, maka akun Adsense Anda akan segera dinon-aktifkan.

Jika Anda sering menengok ke forum-forum tentang Adsense, banyak orang melaporkan bahwa mereka kehilangan akun Adsense mereka karena aktivitas invalid seperti mengklik iklan sendiri secara berulang-ulang.

Tapi tidak sedikit pula di antara mereka yang mengaku bahwa mereka tidak pernah melakukan klik iklan sendiri, dan mencurigai ada seseorang lain yang melakukannya memang dengan tujuan agar akun Adsense mereka dibanned oleh Google. Nah, fenomena inilah yang kemudian dikenal sebagai aktivitas ‘bom klik’ atau click bombing.

Bagaimana cara mencegah bom klik di akun Adsense?

Sesungguhnya, tidak ada cara praktis guna mencegah pelanggaran klik. Namun, ada beberapa opsi untuk mengurangi peluang sekaligus menghindari efek negatif pada akun Adsense Anda yang disebabkan aktivitas bom klik.

Meskipun tidak bisa sepenuhnya, berikut adalah cara atau opsi terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya bom klik:

Selalu memperhatikan laporan di akun Adsense Anda dan memonitor jumlah klik dan nilai CTR. Jika Anda menemukan aktivitas tidak wajar, seperti misalnya, mendapat banyak klik dalam periode waktu yang pendek, coba pelajari lagi dengan lebih seksama.

Apakah ia terus berlanjut dan naik terus? Apakah ia terjadi dalam jeda waktu yang sangat singkat?

Jika jumlah klik relatif tinggi dan terus berlanjut, itu menunjukkan ada seseorang yang mengklik iklan Adsense Anda secara berulang-ulang dan ada kemungkinan ia sengaja melakukannya dengan tujuan agar akun Adsense Anda di-banned oleh Google. Ini bisa dilakukan mungkin oleh ‘pesaing’ Anda, bisa juga orang lain tanpa memiliki alasan yang jelas.

Nah, yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Mencopot iklan Adsense Anda untuk sementara, sehingga tidak ada lagi iklan yang bisa diklik.
  • Membiarkan iklan tetap tampil, tapi Anda membuang otorisasi situs yang menampilkan iklan.

Saya ย menyarankan untuk melakukan opsi kedua karena beberapa alasan. Pada opsi pertama, ketika Anda mencopot iklan, orang yang melakukan bom klik akan tahu bahwa Anda telah mencopot iklannya. Ia akan senang demi mengetahui Anda menyadari ada sesuatu yang tidak beres. Betul, ia akan berhenti mengklik karena tidak ada lagi iklannya, tapi ia akan kembali begitu Anda mengembalikan iklan Anda.

Pada opsi kedua, ia tidak akan tahu bahwa Anda membuang otorisasi situs karena ia tetap melihat iklan tampil seperti biasanya. Meskipun dia terus melanjutkan mengklik iklan Anda, Google tidak akan lagi menghitungnya, karenanya blog Anda akan aman dari ancaman banned.

Kemudian diharapkan, orang yang melakukan bom klik akan lelah sendiri, dan jika mereka tidak memperoleh hasil dari “kerja kerasnya”, ia akan berhenti dengan sendirinya (mudah-mudahan seperti itu, hehehe….).

Lalu, apa yang harus dilakukan setelah benar terbukti telah terjadi aktivitas tidak valid?

Seperti saya sampaikan di atas, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus otorisasi situs pada setelan Adsense agar klik tidak lagi dihitung oleh Google.

Langkah selanjutnya, coba dapatkan informasi sebanyak-banyaknya, selengkap-lengkapnya berkaitan dengan aktivitas tidak valid yang terjadi. Nantinya, informasi ini dibutuhkan oleh Google.

1. Catat tanggal dan waktu terjadinya aktivitas invalid.

2. Analisa Google Analytic (atau statistik lain) dan cari sumber trafik yang mencurigakan. Catat (jika memungkinkan)ย alamat IP dari kunjungan yang mencurigakan ke halaman-halaman yang mendapat klik tidak valid.

Jika Anda menggunakan dan membuat URL Channel atau Custom Channel (saluran khusus), Anda bisa dengan mudah mengetahui halaman mana yang mendapat klik. Ini lah salah satu alasan penting mengapa Anda mesti membuat saluran khusus, selain untuk meningkatkan CPC Adsense.

Baca:ย Melacak Kinerja Iklan Adsense Menggunakan Saluran Khusus

Nah, setelah Anda berhasil mengumpulkan informasi-informasi penting tadi, saatnya Anda melaporkan kejadian ini kepada pihak Google.

Bagaimana cara melaporkan aktivitas tidak sah kepada Google Adsense?

Penting bagi Anda untuk segera melaporkan kepada Google, ketika mendapatkan aktivitas tidak wajar pada akun Adsense Anda, sehingga pihak Adsense mengetahui bahwa Anda tidak berlaku curang dan berniat baik. Google sangat menghargai hal ini, dan akun Adsense Anda akan aman-aman saja.

Namun saya ingatkan, sebelum Anda melaporkan masalah ini kepada Google, pastikan Anda telah mengikuti aturan dan kebijakan Adsense.

Karena, pada saat Anda melaporkan aktivitas tidak sah yang terjadi pada akun Adsense Anda, kemungkinan besar tim Adsense akan me-review kembali website / blog Anda untuk mencari penyebab memungkinkan terjadinya aktivitas tidak valid yang dimaksud. Dan jika mereka menemukan bahwa ada beberapa hal dari blog Anda yang melanggar kebijakan Adsense, jelas ini akan menjadi masalah.

Setelah semua oke, Anda siap melaporkan aktivitas tidak valid ke pihak Google Adsense. Buka halaman “Formulir Kontak Klik Tidak Valid”, dan berikan semua informasi yang dibutuhkan.

mencegah dan mengatasi pelanggaran bom klik adsense

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan ketika mencurigai adanya bom klik pada akun Adsense Anda. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

62 Komentar

  • yang dimaksud menghapus otoritas situs itu, menghapus di situs yang terdaftar itu ya mas…… jd utk smntara di hapus, trs nnt kalau udah aman di daftarkan lagi ?

  • terimakasih info nya gan dan sangat bermanfaat,Apalagi saya baru belajar menjadi blogger jadi sangat terbantu dengan isi artikel di blog ini.

    Salam kenal dari Blooger pemula

  • Mas Bro ane mau tanya nih, kemaren kan akun youtube ane di nonaktivkan sementara karna ada yang ngelaporin video ane padahal video ane original semua dan beda email yang ngelaporin tapi satu orang aja,dia kaya nya iri bro, jadi gimana yang matiin laporan yang ada di bawah video youtube kita,biar tidak ada yg ngelaporin atau reseh

  • permisi mas gee jhon saya mau numpang nanya. adakah cara untuk menghindari bom klik pada video youtube? maaf kalau agak melenceng mas. mohon bantuannya untuk pencerahannya
    terima kasih

    • kalau iklan di youtube setau saya, susah untuk bom klik bos. karena ada durasi beda sama blog yang tampil terus. cuma kalau ingin menghindari memang saat ini setau saya ndak ada aplikasi otomatis. sarannya bila ada kegiatan yang mencurigakan silahkan sementara dinonaktifkan saja iklannya bos.

  • akun adsense lama kena bannet , iklan di blog saya tidak bisa tampil lagi padahal sudah memasang iklan adsense baru yang sudah aktiv dan di blog lain bisa tampil iklan..mohon solusinya.

  • Lepas otorisasi situs iklan tetap tayang tapi earning gak naik ya ๐Ÿ™‚ hadeh. moga ke depannya ada solusi lain buat hindarin bomklik sukur2 dari google sendiri

  • Mas..sekarang kan di firefox sudah aktif fitur tracking secara default. Artinya spt iklan adsense, data analytcs dan lainnya gk akan muncul.spt blog mas…saya buka di firefox gak muncul…tp di chrome muncul.

    Ada gak solusinya ?

      • yach mgkn mirip adsblocking…tapi ini berbeda. Fitur tracking pada firefox…bukan hanya mengblok ads…tapi juga hal-hal yg berkaitan dengan mengtrack kegiatan surfing kita.

        Jadi kalo adsense di blog/web kita…jika dibuka pada browser firefox….maka tidak akan muncul adsense….tapi kalo di browser chrome tetap muncul.

        Maksud saya…ada gak solusi untuk iklan agar muncul di firefox.

  • baru baru ini akun youtube sy di nonaktifkan karena ada aktivitas yang tidak wajar. sy disuruh memasukkan no hp saya untuk mendapatkan kode verifikasi. setelah memasukkan kode verifikasinya justru akun youtube sy dinonaktifkan. sy tidak dapat masuk ke akun youtube sy. mohon infonya dan solusinya dr bung gee. terima kasih.

  • Terimakasih mas untuk artikelnya yg menarik, seperti pertanyaan mas krishadian saya bermain di youtube bukan diblog mas dan saya ingin mengajukan pertanyaan mengenai jawaban mas Gee jhon apakah bener tidak ada masalah jika bermain diyoutube, maksud saya apakah aktifitas boom klik tidak berlaku di youtube?

    • sy termasuk org yg gak mau peduli dg segala macam hal di luar kendali kita. mau bom klik, mau nuklir klik…. sy gak perduli. sy hanya peduli bahwa sy tidak melakukan pelanggaran terhadap kebijakan Adsense. Ya, mungkin saja ada yg namanya bom klik, tp selama kita tidak melakukan pelanggaran, menurut saya akun kita akan aman2 saja.

      Jadi fokus saja untuk membuat video yg menarik dan mengundang banyak viewer. hal lain di luar kendali kita, tidak perlu dirisaukan terlalu.

  • terima kasih mas Jhon atas artikel nya. sangat bermanfaat. tapi apakah berlaku juga untuk Hosted akun yah? soalnya saya menduga channel youtube saya mengalami bom klik. aktifitas tidak wajar. peningkatan viewer naik 4x lipat, CPC, jumlah klik iklan naik 10x lipat, CTR, dan RPM pun demikian. saya juga sudah men-dismonetisasi kan chanel youtube saya. memang sejak saat itu kembali normal. nah yang ingin saya tanyakan, saya sudah ikuti intruksi mas diatas, sudah mengirimkan formulir klik tidak valid, tapi dalam formulir tersebut menjelaskan tim youtube/google mungkin tidak akan membalas. nah terus gimana donk kita mengetahui kalau tim mereka sudah melakukan investigasi? kira-kira apakah akun GA saya tetap akan di banned jika memang channel saya di bom klik orang lain?

    terima kasih

      • ya… jelas. klo kita tidak melakukan pelanggaran dan merasa bermain jujur, kenapa harus takut? menakuti sesuatu yg di luar kendali kita, itu sesuatu yg tidak berguna bagi saya.

        lagipun, sy yakin Google tidak lah bodoh! Mereka pasti sudah memperhitungkan segala skenario yg mungkin terjadi dan mengantisipasinya dg seluruh sumberdaya mereka.

        Coba pikirkan, alangkah mudahnya jika hanya karena bom blik, suatu akun adsense pasti akan dibanned. Kalau begitu, situs2 besar (atau kecil), yg tidak kita sukai, kita bom saja ramai2 agar dibanned. Semudah itu kah? Saya yakin sama sekali tidak!

  • saya coba perhatikan baik – baik iklan pada blog saya mas,
    karena blog baru jadi belum ada yang click alias clicknya masih 0,,
    tapi kenapa bisa kena invalid click juga mas..??

    mohon pencerahannya…
    makasih…

  • wah kayaknya enak nih portal-uang.com dibom klik | wkwkwkkww bercanda

    Informasinya cukup membantu karena sekarang yang musim bukan lagi bom klik tetapi adsense multi banner yang mencuri id publisher orang lain.

      • xixiixixixixix soalnya pernah ngalamin akun adsense saya dibanned akibat aktifitas AMB yang orang lain praktekin tapi pakai id publisher saya. dan saya sekarang lebih berhati2 | makasih mas atas infonya

      • itu mudah saja mencegahnya, dg mengaktifkan fitur otorisasi situs. Intinya selama sy gak merasa melakukan pelanggaran, tidak ada yg perlu sy khawatirkan, entah itu bom klik, entah itu multibanner, entah apalah…. ๐Ÿ™‚

  • Hehe.. saya pernah mendapatkan “Invalid Activity” tapi saya tidak tahu harus bagaimana ๐Ÿ˜€
    Saya cuma mengisi form Appeal, tapi tidak bisa mengembalikan situs saya untuk bisa menampilkan Iklan AdSense lagi..
    Sakitnya tuh, dimana-mana bang Jhon.. ๐Ÿ˜€

    Makanya angkat saya jadi murid suhu..

  • Saya tiba-tiba mendapatkan penghasilan per hari yang sangat besar sekali. Jauh melebihi pendapatan harian dari Adsense yang biasanya saya dapatkan. Apakah ini juga termasuk salah satu indikasi adanya bom klik?

    Sampai sekarang saya masih ragu kalo itu merupakan pendapatan bersih dari hasil klik pengunjung biasa. Karena nilai per kliknya mencapai 100 kali lipat nilai klik yang biasanya saya dapatkan. Walaupun saya senang mendapatkan penghasilan iklan yang besar, tapi saya merasa was-was kena banned Adsense padahal saya nggak mencoba berbuat curang.

    • Ini dialami oleh hampir semua publisher adsense dalam 3 hari terakhir ini bos. Dan sy kira memang sedang peningkatan nilai BPK yg sangat signifikan, mungkin disebabkan persaingan antara publisher di akhir masa kampanye bulan ini.

      Dan pastinya sy kira itu bukanlah bom klik, krn peningkatannya bukan pada jumlah klik, tapi dari nilai BPK-nya. Jadi harus disyukuri ๐Ÿ™‚ Sy sendiri dalam 3 hari terakhir, bisa dapat lebih dari $150 dalam seharinya.

  • bermanfaat mas, saya mau menerapkan cara yang kedua yaitu ttp memasang iklan dan membuang otorisasi situs. biar capek tu orang. tambah aneh aja orang indonesia sekarang. kalah saing malah main curang, bagaimana mau maju indonesia kalo pemikirannya aja rendahan.

  • Saya memiliki sebuah niche blog elektronika PV 200/day namun BPK nya kecil sekali 0.01-0.18.Bagaimana caranya agar BPK nya bisa naik sedangkan kontenya harus elektronika.Jika bisa saya berencana meningkatkan traffiknya jika tidak terpaksa saya biarkan blognya.Terima kasih atas jawabannya

  • @jasa.
    kita tidak bisa berbuat apapun dg nilai klik. nilai klik dipengaruhi terutama oleh keyword konten kita. jadi jika memang kita dapat nya segitu, yg berarti topik kita hanya dihargain segitu oleh pengiklan,.

%d blogger menyukai ini: