Google Adsense

Cara Daftar ke Google Adsense

Melengkapi seri Panduan Lengkap Dasar Menjalankan Google Adsense, artikel ini mengupas tentang langkah-langkah dasar bagaimana cara daftar ke Google Adsense atau mengajukan permohonan menjadi penayang Adsense.

Saya masih ingat, dulu ketika pertama kali mendaftarkan blog ke Adsense. Google Adsense adalah sesuatu yang sangat asing. Sampai-sampai saya meminta bantuan seorang teman untuk mendaftar ke Adsense. Meskipun begitu, tetap saja saya masih merasa ragu apakah segala sesuatunya sudah dilakukan dengan benar.

Dan bagi Anda, yang mungkin belum mengetahui apa itu Google Adsense: Adsense adalah sebuah program periklanan yang disedikan bagi pemilik website untuk dapat memperoleh penghasilan dengan cara bagi hasil dengan Google. Baca: Google Adsense: Primadona Para Blogger.

Nah, berikut adalah langkah-langkah sangat mendasar bagi pemula, yang belum yakin bagaimana cara mengajukan permohonan menjadi penayang Adsense:

Namun sebelumnya, ada beberapa pra-syarat minimal yang mesti Anda penuhi sebelum mendaftar Adsense, yaitu Anda mesti memiliki website / blog dan sudah berusia +18 tahun.

Untuk syarat-syarat minimal lain agar memastikan pengajuan Anda diterima, silakan baca: 9 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mendaftar Adsense.

Langkah daftar ke Adsense

Adsense menerapkan proses 2 tahap dalam menyeleksi calon publisher mereka. Untuk jelasnya, silakan baca: Dua Tahapan Proses Persetujuan Adsense.

Namun secara sederhana prosesnya sebagai berikut:

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Menerapkan kode iklan di website / blog
  • Akun Anda akan di-review
  • Disetujui atau ditolak

Setelah semua dirasa cukup, maka Anda siap mengajukan ke Google Adsense.

Panduan langkah demi langkah mendaftar Adsense

Pergilah ke halaman pendaftaran Adsense. Setelah terbuka Anda disuguhi pilihan apakah ingin membuat akun Google baru atau menggunakan akun Google yang telah Anda miliki sebelumnya.

Jika Anda memiliki alamat email menggunakan domain Anda sendiri, saya sangat menyarankan untuk menggunakan email tersebut, karena akan lebih mudah diterima. Jika tidak, Anda boleh menggunakan GMail yang sudah Ada miliki saat ini.

Informasi detil web

langkah kedua mengajukan ke Google Adsense
Formulir ini sudah sangat jelas. Anda hanya perlu mengisi alamat website / blog serta memilih bahasa konten website / blog Anda. Jika mau (dan itu lebih baik), Anda membaca terlebih dahulu ‘term and condition’ sebelum mengklik tombol ‘Lanjutkan’.

Pastikan, Anda mengisi alamat website / blog dengan benar, tanpa ‘http://’.

Informasi kontak

langkah ketiga mendaftarkan blog ke adsense
Inilah langkah paling penting yang perlu diperhatikan dengan seksama. Saya masih ingat dulu pun saya membuat beberapa kesalahan dalam langkah ini.

Pertama dan yang paling utama adalah, perhatikan ‘Nama penerima pembayaran’. Jika Anda memiliki rekening bank, pastikan nama ditulis persis sesuai nama pada akun bank Anda dan kartu identitas, karena Adsense akan mengirimkan pembayaran dengan nama tersebut, baik melalui Western Union, Cek maupun via transfer kawat.

Ingat, sekali Anda nanti diterima Anda tidak bisa merubah ‘nama pembayaran’ ini, untuk itu pastikan sekali lagi, Anda telah mengetikkan nama dengan benar.

Lengkapi seluruh kolom isian. Tulislah alamat sesuai kartu identitas, dan pastikan alamat ditulis dengan lengkap untuk memastikan PIN verifikasi alamat sampai ke alamat rumah Anda.

Setelah semua dirasa sudah sesuai, terakhir klik ‘Kirim permohonan saya’.

Selanjutnya Anda tinggal menunggu balasan dari tim Adsense. Jika Anda lolos pada tahap pertama, Anda diminta untuk menerapkan kode iklan di website / blog, kemudian akan ditinjau kembali untuk kedua kalinya. Jika semuanya berjalan baik, Anda akan menerima pemberitahuan Anda disetujui menjadi penayang Adsense.

Bagaimana jika saya sudah memiliki akun Adsense hosted sebelumnya?

Bila Anda telah memiliki akun Adsense hosted sebelumnya, seperti dari Youtube atau Hubpages, Anda dapat melewati semua proses di atas, karena pada dasarnya Anda telah memiliki akun Adsense. Hanya saja, akun Anda hanya bisa digunakan pada website host atau situs mitra host Adsense.

Caranya, masuklah ke akun Adsense Anda. Klik gambar roda gigi pada bagian kanan atas, lalu pilih ‘Setelan’.

Pada tab ‘Akses dan otorisasi’, sub menu ‘Otorisasi situs’, isilah kolom ‘Saya akan menampilkan iklan di:’ dengan alamat website / blog Anda.

cara upgrade akun hosted adsense
Lalu klik ‘Kirim’. Berikutnya, Anda tinggal menunggu review tahap kedua.

Bagaimana jika saya menggunakan blogger (blogspot)

Blogger adalah salah satu mitra host Adsense (Untuk daftar situs mitra host Adsense lainnya, bisa Anda temukan pada: Daftar Situs Mitra Host Adsense). Artinya, Anda dapat memperoleh akun Adsense hosted, yaitu akun yang hanya dapat digunakan pada situs mitra host tempat Anda mendaftar Adsense.

Setelah blog ‘blogspot’ Anda siap, Anda dapat langsung mendaftar ke Adsense dengan mudah langsung dari dasbor Blogger.

Caranya:
Klik tab ‘Penghasilan’ pada dasbor Blogger.

cara daftar Adsense dari blogger / blogspot

Tips:
Jika Anda mendapati tab ‘Penghasilan’ tidak muncul di dasbor Blogger, pergilah ke ‘Setelan’, rubah bahasa konten blog Anda ke Bahasa Inggris. Lalu refresh halaman.

Kemudian klik ‘Mendaftar Adsense’. Selanjutnya, Anda dapat memilih menggunakan email yang sama atau membuat email yang baru. Untuk praktisnya, pilih saja email yang sama dengan email akun Blogger Anda.

mengajukan adsense dari blogger

Terakhir klik ‘Setujui pengaitan’. Selanjutnya, sama saja dengan tahapan proses seperti di atas. Anda tinggal menunggu peninjaun dari tim Adsense.

Saya harap panduan ini dapat berguna bagi Anda yang ingin memiliki akun Adsense dan mulai menghasilkan uang dari blog. Selamat dan sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

156 Komentar

  • (email sama)sebelumnya saya sudah punya akun adsense dari youtube,trus saya punya blog domain blogger dan mendaftar melalui daksbor blogger dan sudah menempatkan iklan otomatis,iklannya masih kosong,pas saya buka akun adsense saya kenapa ada tulisan merah “Akun AdSense Anda hanya diizinkan untuk menampilkan iklan di YouTube” padahal saya daftar melalui daksbor blogger.
    1.apakah tidak bisa lagi mendaftar adsense dari domain blogger gratisan,jika sebelumnya kita sudah punya akun adsense youtube.
    2.apakah harus ganti domain blogspot menjadi.com berbayar baru bisa memotisasi iklan di blog
    tolong di jawab ya mas-mas
    3.apakah jika kita sudah punya akun adsense youtube tidak bisa lagi didaftarkan pake blog gratisan,tapi jika ingin menampilkan iklan di blog lain harus pake domain berbayar .com

      • makasi mas infonya yang mau saya tanyakan saya mendaftarkan akun adsense melalui youtube,dan sudah di avrope (hosted) terus sudah gitu saya mengganti domain blog saya mas, dan saya sudah menautkan otoritasi alamat domain saya ke akun adsense hosted saya itu. ketika saya masuk ke dashbor adsense saya ada tulisan bahwa saya harus melakukan verifikasi dengan cara menempelkan kode html ke halaman baha dan di atas kira2 seperti itulah mas pesanya nah terus setelah saya tempelkan kodenya saya simpan template saya masuk lagi ke dasbhor adsense saya dan tulisan peringatanya sudah hilang mas. nah terus apa langkah saya selanjutnya mas setelah itu? dan di blog saya ada kotak2 blank putih gitu mas dan ga ada tampilan iklan. terimakasih mohon petunjuknya mas

  • Mas, saya dan teman saya sama2 tinggal satu kosan dan kami hanya punya satu laptop, dan dilaptop tersebut sudah saya login akun adsense saya, yang ingin saya tanyakan apakah aman teman saya login akun yt dia di laptop saya?
    NOTE:
    Yang dia login bukan akun adsense dia, tapi akun yang dikaitkan ke akun adsense dia sendiri
    (Akun adsense dia tidak pernah di buka laptop saya, hanya akun yang dikaitkan ke adsense saja)
    Mohon prncerahannya mas

  • Mas saya punya akun GA hosted daftar lewat youtube. Sekarang saya ingin menutup akun GA tersebut (dengan sengaja) apa nanti saya bisa daftar lagi akun GA hosted dengan data yang kemaren saya daftarkan?

  • mas saya mau tanya nih, kan saya udah daftar adsense, terus ditolak sampe 4 kali, nah pengajuan yang kelima ini kok belum ada pemberitahuan diterima atau tidak ya, padahal sudah mau seminggu, apakah ini pertanda bahwa pendaftaran saya akan diterima. mohon bantuan dan jawabannya, salam sukses

    • makanya jangan terlalu cepat mengajukan ulang, kasih jeda minimal 1.5 – 3 bulan sebelum mengajukan ulang. krn bisa dianggap spam oleh tim adsense.

  • Kalo peninjauan itu biasanya berapa hari ya? Terus harus nunggu berapa lama sampai tombol Mendaftar Adsense menyala pada tab penghasilan?

  • gan mw tanya, kan ane udah diterima adsense review pertama dan masalahnya pas ane maw bwt unit iklan kok muncul tulisan begini “Kami mohon maaf atas gangguan sementara yang terjadi, tetapi kami tidak dapat memproses permohonan Anda saat ini. Teknisi kami telah diberitahu mengenai masalah ini dan akan langsung bekerja untuk menyelesaikannya.” tolong di beri solusinyaya mas 🙂

    • coba saja beberapa saat, mungkin memang sedang ada gangguan di server google. Tapi itu biasanya bisa jg karena koneksi net yg lagi lambat. solusinya coba lagi saja beberapa menit lagi.

  • Mau tanya ni mas sugeng, saya kemarin kan daftar akun GA dan akhirnya diterima, nah pasa saya buka akun nya kok gak ada content unuk membuat iklan ada masalah apa ya itu mas?

  • Sugeng enjing mas gee, mau minta pencerahan pagi..
    sebelumnya saya sudah punya GA hosted dari youtube, nah kemarin pas saya buka blog saya dibagian penghasilan daftar adsen-nya nyala(sebelumnya disabled), setelah itu saya daftarkan dengan dengan GA yang sama dari youtube tadi.
    pertanyaanya:
    1. kenapa ketika saya masuk ke GA ada notifasi “Akun AdSense Anda hanya diizinkan untuk menampilkan iklan di YouTube. Jika Anda ingin menampilkan iklan di situs lain, Anda perlu memberi kami URL situs yang ingin dimonetisasi”
    2.ketika saya masukkan alamat blog saya di otorisasi situs ada notifasi”URL tidak boleh berisi mitra host ‘blogger.com’.”
    mohon pencerahan mas,semoga sukses selalu

      • tidak harus bos, punya akun adsense cukup 1, jadi 1 untuk semua. Tapi jika awalnya akun adsense didapat dari Youtube, harus upgrade ke non-hosted dg mengajukan blog / website yang menggunakan TLD.

      • jika tidak menggunakan tld, memang tdk bisa daftar langsung adsense.com. melainkan dari dasbor adsense. Kalau sy lihat dari tampilan dasbor bloggernya, sepertinya sudah terkait dg akun adsense aktif. coba login ke adsense.com menggunakan email yg sama. JIka sudah bisa masuk, berarti sudah punya akun, tinggal nunggu review kedua saja.

  • Saya sudah pasang adsense lewat blogger. Tapi pas saya kunjungi akun adsense tiba gx ada unit iklannya. padahal tadinya ada. gimana?

  • Mas, saya mau komen pake HP harus scroll kebawah panjang banget sampe tangan pegel, haha..

    Saya mau tanya ini:
    Jika satu akun adsense bisa digunakan untuk banyak blog, ini kebalikanya.
    Bisa ga kalo satu blog digunakan buat mendaftar banyak akun adsense?

    • Hmmm… Entahlah bos. Sy blm pernah mencobanya. Tp sy pernah mendengar bahwa itu bisa dilakukan, asalkan iklan adsensenya dicopot dulu, Dan menggunakan atas nama lain.

      Tp pertanyaan nya, buat apa buat akun Adsense banyak2?

  • saya sudah mengajukan ke adsense melalui blog karena masih blogspot, setelah 1 minggu menunggu ada balasan dari adsense yaitu persetujuan peninjauan (tahap pertama sukses) lalu saya diharuskan memasang code iklan di blog (saya pasangnya di widget sebelah kanan). 1 minggu kemudian saya dapat pesan kalau permohonan ditolak alasannya ada link yang error 404, lalu saya perbaiki dengan sedikit mengolah webmaster. tanpa pikir panjang saya ajukan permohonan ulang lagi.
    apakah permohonan ulang yang saya ajukan merupakan lanjutan tahap kedua atau saya harus mulai dari tahap pertama?

  • Mas gee saya ingin tanya, saya sudah daftar Adsense sudah buat unit iklan dan sudah menaruhnya di blog saya, tetapi sudah 2 bulan saya belum mendapat email penolakan maupun approve dan iklan juga tidak pernah muncul hingga sekarang , .mohon solusinya bang gee ini alamat saya http://www.katalebay.xyz

  • jadi gak semangat,, iklan gak ada yang tampil di 5 blog yang berbeda,,
    padahal blog udh lebih dari 7 bulan , dan udh terdaftar di adsense

  • Mas gee aku mau brtanya
    apakah bisa email untuk youtube/blogspot dan email untuk google adsense itu yahoo.com ??
    apakah harus dirubah menjadi gmail.com ??
    jika hrus diganti, adakah hal-hal fatal jika email yahoo.com tersebut tidak dirubah ??

  • Jika masih tahap review, sudah hampir 1 bahkan 2 bulan mas belum ada tanggapan, dan ga ada email dari adsense, saya sudah nunggu dr awal 2016, masih belum ada konfirmasi dari adsense, apa yang sebenarnya terjadi mas gee? 😀

  • salam ams gee….
    saya sudah memiliki akun adsense yang didapat dari channel youtube artinya akun adsense saya adalah akun hosted, benar kan mas?
    saya ingin menampilkan iklan di website, namun menu yang mas gee maksud tidak tampil di akun adsense saya pada point ini:
    (‘Akses dan otorisasi’, sub menu ‘Otorisasi situs’, isilah kolom ‘Saya akan menampilkan iklan di:’ dengan alamat website / blog Anda.”
    saya tidak menemukan menu “Saya akan menampilkan iklan di:” pada akun adsense saya.
    mungkin mas gee tau alsan dan pemecahan masalah nya kenapa menu itu tidak ada di akun adsense saya, terima kasih 🙂

    • Sy tdk tahu persis tampilan akun adsense hosted youtube yg skr, krn dr wkt ke wkt, tampilan ads sllu berubah. tp pd dasarnya anda ttp bs mendaftarkan webnya melalui adsense.com

      Lalu pilih akun yg sdh ada, lanjutkan prosesnya spt biasa.

      • saya pernah sesekali mengaitkan website yang ingin ditampilkan iklan ke adsense hosted yang saya miliki dari youtube, pernah jg saya pasang kode iklan nya, tapi cuma blank putih, iklan nya tidak tampil mas.
        pas saya daftar ulang dr awal menggunakan email yang berbeda, malah dibilang website saya sudah di terima dari akun hosted saya yg di yotube, tapi iklan nya tidak pernah muncul, kenapa mas dan apa maksud dari google itu?

  • om jhon mau nanya, sy sudah daftar adsense. kemudian dapat email tentang perubahan payment.

    trus dapat lagi email yang isinya
    During a recent review of your Google AdSense account CID: xxxxxxx, we were unable to verify some of the information you provided. In order to continue using Google AdSense, please provide us with the following information for Muhammad xxxx

    – Complete Name
    – Date of birth

    Once we’ve received and verified this information, we will contact you again. Failure to respond to this information request within 10 days will result in account suspension.

    Sincerely,
    The Google Ads Support Team

    ini ngasih jawaban informasinya langsung via email di atas, atau mengisi lewat pengaturan. Soalnya sudah sy jwb langsung lewat email td tp belum dibalas.

    trims sebelumnya

      • email yg sy balas langsung ternyata di respon bang John.

        barusan sy dapat email yang berisi penolakan akun adsense saya. Berikut sy sertakan isi emailnya

        Status permohonan AdSense Anda

        Seperti yang kami utarakan dalam email sambutan kami, kami melaksanakan peninjauan kedua terhadap permohonan AdSense Anda setelah kode AdSense ditempatkan pada situs Anda. Sebagai hasil dari peninjauan tersebut, kami telah menolak akun Anda karena pelanggaran berikut:

        Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena beberapa alasan yang tercantum di bawah ini

        Konten tidak memadai: Guna mendapatkan persetujuan untuk AdSense dan menampilkan iklan yang relevan di situs Anda, laman Anda harus berisi teks yang memadai agar pakar kami dapat melakukan peninjauan dan perayap kami dapat menentukan tema laman Anda.

        Untuk menyelesaikan masalah ini, harap pelajari saran berikut:

        Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai – situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui.
        Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekadar judul.
        Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense – jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap “sedang dibuat” atau hanya terdiri dari kerangka situs web.
        Tempatkan kode iklan di laman aktif situs web Anda. Tidak harus berupa laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan AdSense tidak akan disetujui.
        Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs web Anda.
        Jika Anda ingin memonetisasi video YouTube, ajukan permohonan untuk program monetisasi YouTube. Perhatikan bahwa blog dan situs web yang hanya berisi video tidak akan disetujui.

        Memang diartikel saya sematkan beberapa gambar untuk pemanis (kadang bersumber dari google image). Jumlah kata dalam tiap artikal rata2 400an kata.
        Apa yang salah ya kira2 mas?

      • wah entahlah bos. coba jgn buru2 daftar adsense. perbanyak dulu artikelnya dan dapatkan trafik organik, meski sedikit, itu faktor utama yg dipertimbangkan agar diterima adsense.

  • Mas, saya udah lolos adsense dari youtube. Skrg lagi coba upgrade ke non hoasted. Iklan dari Adsense udah dipasang, tapi gag keluar dan terus terusan ada notifikasi dari Adsense suruh masang iklan. gimana yah mas? Jadi lemah deh 😀

  • Assalamu’alaikum….
    Mas Gee Jhon, selamat sore. Saya ingin bertanya mengenai pendaftaran Google Adsense. Yang ingin saya tanyakan adalah:
    Jika akun blog saya sudah mempunyai visitor/trafik 300-600 per hari, umur blog sudah lebih dari satu tahun dan jumlah artikel sudah sekitar 200 lebih, apakah bisa diterima di Google Adsense?
    Terima kasih.
    Sebelumnya saya juga sudah pernah 2 kali mencoba mendaftar ke Google Adsense tetapi dua kali ditolak dan terakhir ditolak pada tanggal 18 Desember 2015.

    • saya sekali tidak bisa mengatakan akan diterima atau tidak bos, krn yg tahu hanyalah tim adsense sendiri. Jumlah artikel, trafik dan umur blog memang jadi pertimbangan, tp bukan itu semata yg menentukan. Ada banyak hal lain yg dilihat oleh tim review. Jadi sebaiknya langsung dicoba, tp sebelumnya pelajari secara menyeluruh tentang kebijakan Adsense.

      • Hmm…jadi masih banyak pertimbangan ya. Baik, terima kasih untuk penjelasannya, Mas Gee Jhon. Doakan saya ya semoga bisa cepat diapprove Google Adsense. Sukses selalu untuk portal-uang.com. Dari situs portal-uang.com, ini saya banyak menemukan artikel-artikel yang berkualitas dan menguggah semangat para blogger untuk terus konsisten menulis blog. Terima kasih

  • gan saya mau bertanya nih,, kemarin saya daftar google adsense udah di terima,, tapi dlm waktu kurang lebih 1 bulan eh ternyata akun saya ke banned gan karena ada aktivitas tidak valid saya coba ajukan banding ternyata tdk di terima lagi, jadi sedih saya gan..

    saya coba ingin daftar ulang lagi,,kalo misalkan daftar ulang dgn alamat email yg berbeda dlm pengisian alamat pembayarannya,nama dan alamatnya sama dgn akun yg kemarin di banned,, apakah mungkin bisa di terima gan ??

    Terimakasih

  • saya sudah memiliki akun Adsense hosted dari youtube, sekarang saya coba memasang iklan menggunakan akun adsense youtube saya ke website saya, masalah nya saya di haruskan memasang kode iklan pada website saya, dan saya pun sudah memasang kode iklan tersebut, tapi iklan tersebut tidak muncul2 juga di website saya kira2 ap masalah nya om, trus kira2 berapa hari iklan tersebut akan muncul setelah proses pemasangan..?
    mohon bantuan nya om..

  • Mas Gee Jhon kalau mendaftar lewat blogger saat mengissi kotak di step 2 alamat blognya ditulis lengkap ya mas contoh: http://namablog.blogspot.com/
    Terus kalau alamat KTP berubah karena ada pemekaran RT mendaftarnya menunggu KTP alamat baru atau alamat lama tidak apa apa?
    Dan misalnya alamat baru yang di pakai apakah data di bank juga harus di perbarui?
    Terimakasih mas..

    • Daftarnya melalui menu penghasilan di Blogger. Mengenai alamat tidak masalah, selama bisa dijangkau pos dg mudah. Lagipula alamat bisa dirubah sewaktu-waktu kok. Yg penting adalah nama pada akun, itu yg tidak bisa dirubah.

  • Om Gee jhon mau nanya nih..tman saya punya blog yang sudah berumur 4 tahun dia mencoba mrndaftar di adsense lewat blog terus di setujui tidak lama kemudian akun adsense nya di banned terus dia nyerah dan akun bloggernya dia berikan kepada saya.

    Gmana caranya Supaya saya bisa menayayangkan iklan di blog yang sudah di banned adsense, dan juga pendaftaranya lewat mna..??
    Mohon pencerahanya om..

    • Sy belum tahu caranya mengaktifkan kembali blog yg telah diblacklist. Tp dr kabar yg sy dengar, sekali dibanned pada level blog, selamanya tdk dapat ikut adsense lagi

  • Min,,,saya mau nanya,,kemaren kan saya daftar adsense dengan domain TLD,,setelah nunggu beberapa hari gini balasannya,,,

    Halo,

    Selama sebuah tinjauan terbaru dari akun AdSense CID Google Anda: ………., kami tidak dapat memverifikasi beberapa informasi yang Anda berikan. Dalam rangka untuk terus menggunakan Google AdSense, silakan berikan kami dengan informasi berikut untuk ………

    – Nama lengkap
    – Tanggal lahir

    Setelah kami menerima dan memverifikasi informasi ini, kami akan menghubungi Anda lagi. Kegagalan untuk menanggapi permintaan informasi ini dalam waktu 10 hari akan mengakibatkan penangguhan akun.

    Hormat kami,
    Google Ads Support Team

    padahal saya sudah mengisinya dengan lengkap dan benar…apakah di abaikan saja?

  • gan mau tanya nih, awal aktivasi adsense nimbul di blog kurang lebih 8 jam, habis itu ilang malah kotak kosong lagi,padahal gak ada yang dirubah ,terus kalau ada kesalahan gak ada pemberitahuan sama sekali dari adsense nya

  • Mas, domain saya awalnya tanpa www.
    Pada webmaster google domain saya khususkan menjadi “www.example.com” yang awalnya “example.com”. Saat saya telusuri domain yang “example.com” yang muncul tampilan error.
    Pada saat daftar adsense domain yang muncul bukan “www.example.com” tapi “example.com.
    Pertanyaan saya “apakah blog saya bisa diterima menjadi publisher adsense ?”

    • gunakan canonical bos, agar website bisa diakses dengan atau tanpa www. itu penting, krn klo tidak, nanti dianggap duplikat konten. dan ya itu bermasalah dg adsense, jika example.com tidak bisa diakses.

  • Mas, ada pesan begini di adsense saya “Setelah meninjau permohonan Anda untuk zanewwr.com, kami tidak dapat menerima Anda dalam program AdSense untuk Konten sekarang. Perlu diingat bahwa hal ini tidak memengaruhi akun AdMob Anda atau penayangan iklan ke aplikasi Anda.”

    Btw pesan itu udh hampir 1 bulanan mas, saya daftar adsense udh sekitar 1 tahun lalu. Sampe sekarang saya blm diterima2. Mau memberhentikan akun adsense utama yang saya pakai sekarang ini pun tdk bisa… Padahal website saya sdh mempunyai trafik lumayan, cara daftar ulang adsense gmn ya mas? Mohon bantuannya..

      • Buat baru dgn syarat alamat harus beda yah mas? Soalnya dulu tak coba buat dgn akun baru adsense, dari situ saya kedetect krn website yang saya pasang sama, dengan website yg awal kali saya pasang pada akun adsense utama saya. Alhasil iklan saya 1 hari setelahnya hilang kembali… Padahal alamat nama dan nomer telefon sudah saya masukan secara berbeda, cuma url website saya saja yang sama..

      • ya kayaknya memang spt itu. sy sendiri blm pernah mencobanya, krn sy merasa punya 1 akun adsense sudah cukup, dan tidak pernah mencoba mendaftar lagi. 🙂

  • Halo mas Gee Jhon (nama yang unik) bawa hoki kali y?
    Mau tanya nih saya nunggu approve kok lama y sudah 1 bulan iklan di web saya belum nongol-nongol.
    Update artikel hampir tiap hari tapi belum muncul juga iklannya. Apa ada yang salah dari web pnya saya ini.
    Katanya web gado-gado juga bisa diterima GA, soalnya saya juga lihat situs berita ada artikel, kesehatan, life style, trik komputer dll malah ada iklan GA nya tuh?
    Menurut Gee Jhon ke rusdianstore.com apa pendapat mas Gee Jhon?
    Terima kasih mau kasih masukan, ditunggu y.

  • ceritanya gini….

    saya mempunyai 2 saluran pada akun yt saya… saluran yang pertama sudah saya kaitkan dengan GA….. sedangkan saluran yang ke 2 belum saya kaitkan dengan GA… sedangkan saluran yang ke 2 saya sudah mempunyai banyak viwer, menit tonton….. tapi baru sya kaitkan setelah saya sadar ternyata saluran yg ke 2 saya belum di kaitkan….. yg jadi pertnyaan…. apkah ada di hitung oleh GA penghasilan YT saya sebelum saya kaitkan dengan GA…..???

    • jika videonya sudah dimonetis (ada tanda $ hijau), maka penghasilan akan tetap terhitung, meski tdk / blm dikaitkan dg akun adsense. Nanti setelah dikaitkan, otomatis akan dilimpahkan ke akun adsense-nya sejumlah dari penghasilan selama ini.

  • mas mau nanya..saya kan udah daftar blogspot, tapi belum keterima..trus saya belikan domain aja (tanpa hosting) jadinya udah dot com. Trus ketika tak daftarkan dengan akun sebelumnya itu alamatnya masih ada blogspotnya mas..mau tak edit blm tau caranya. apakah memang daftarnya juga ada nama blogspotnya? mohon penjelasannya…

    sahilluqman@gmail.com

  • selamat siang mas Gee,
    mas,saya daftar adsense pas pengisian webnya saya memakai http://
    itu bagaimana mas?
    apakah salah mas?

  • Mas mau taya juga nich, kasus saya sama dengan mas tito. saya sudah pasang unit iklan pertama, setelah 10 hari belum muncul kemudian di dasboard adsense kode iklan saya berubah menjadi idle. kemudian saya bikin kode iklan baru. kemudin saya mendapat email yg sama seperti mas tito katanya belum memasang iklan pertama. ada solusi ga mas. mohon pencerahannya

  • yang terpasang cuma google search mas, google contetnt memang tidak ada di adsense nya, ad unit juga tidak ada, kalau saya daftar google untuk content dengan email baru diperbolehkan gak mas?

  • sekarang saya dapat pesan seperti ini mas dari adsense : “Kami lihat Anda telah berhasil membuat unit iklan pertama, tetapi belum menempatkan kode iklan di http://www.pociak.com. Langkah ini diperlukan untuk sepenuhnya mengaktifkan akun Anda. Harap masuk ke AdSense untuk mendapatkan kode iklan bagi unit iklan yang Anda buat, dan kemudian tempatkan kode tersebut di situs Anda.

    Jika Anda yakin telah menerapkan kode iklan dengan benar, tetapi server kami masih belum melihatnya, pastikan bahwa kode berada di laman yang menerima lalu lintas dari pengunjung situs Anda. ”

    apa yang harus saya lakukan mas?

    • Setelah sy buka website-nya, ternyata memang sy tidak menemukan ada unit iklan adsense yg terpasang mas Titto. Coba periksa kembali pemasangan iklannya. Untuk bisa direview, maka kode iklan harus sudah terpasang.

    • sy tidak tahu persis kronologisnya, namun mungkin saja sejak awal, email tersebut sudah ajukan adsense for search. sebaiknya ajukan ulang menggunakan email yg baru mas Titto.

  • dan baru2 ini saya dapt email lagi mas dari adsense, yang bunyinya harap buat unit iklan pertama anda di google adsense, setelah saya masuk ke adsense tidak ada tombol +buat unit iklan mas, yang ada hanya +mesin penelusuran khusus baru, itu gmana mas? mohon pencerahannya mas?

  • ketika saya mau daftar lagi dari awal mas, digoogle adsense nya ” anda saat ini masuk dengan (email saya), yang sudah memiliki akun adsense” trus ada pilihannya dibawah mas, masuk dg akun ini, atau gunakan akun lain. selanjutnya saya masuk dg akun saya mas, tidak ada pilihan buat mendaftar lagi mas. itu gmana mas?

  • Artikelnya sangat bagus dan berguna bagi saya yang baru mencoba untuk terjun di dunia adsense. Mas, mohon kunjungannya di web saya ya. Saat ini web saya masih dalam tahap review kedu oleh google. Dan saya juga sudah memasang iklan kosongnya. Mohon ditinjau apakah web saya memungkinkan untuk diterima di adsense dan apakah peletakan iklan kosong selama review kedua ini sudah tepat atau belum ya mas?

    Terima kasih atas perhatiannya…

  • Saya sudah daftar adsense dan ada tulisan id juga letak adsense di bagian earning. Anehnya sampai sekarang (dari tahun 2013) belum ada konfirmasi dari google apakah adsense saya diterima atau tidak. Saya ingin komplain tapi juga bingung. Apa saya hapus akun adsense saya atau gimana?

    • coba masuk ke dasbor, jika sudah ada produk aktif, berarti memang sudah ok. paling gampang, pasang saja kode iklannya di blog, klo iklannya muncul, berarti juga sudah ok.

  • kalau tidak disetujui berarti saya daftar lagi mas?
    tp pemberitahuan lewat email belum ada mas kalau itu tidak disetujui atau ditolak?
    mohon pencerahannya mas?

  • mas gee, saya udah daftar di adsense, berapa lama waktu pemberitahuan yang dikirim ke email kita mas? google baru mengirim pemberitahuan informasi kontak pembayaran anda sudah di ubah dari google billing, gmana tuh mas?

    • hmmm.. apakah iklannya blm muncul? jika ya, berarti memang blm disetjui atau masih dalam tahap review kedua. hanya bisa menunggu, memang akhir2 ini, banyak yg mengeluh proses review kedua Adsense berlangsung lama.

  • Hallo Mas Geejhon, semoga sehat selalu.
    Saya minta tolong nih… mudah-mudahan jawabannya mencerahkan saya…
    Dikarenakan saya sangat sayang dengan akun gmail saya.
    Kronologi :
    1. Review kedua dari adsense “Website lama” saya di tolak oleh adsense.
    2. Ketika membuka google adsense dengan akun gmail saya, secara otomatis mendeteksi “website lama” yang sebelumnya sudah terdaftar pada adsense.
    3. Sekarang saya sudah punya “Website baru” dengan akun gmail yang sama.
    Pertanyaannya adalah bagaimana caranya agar akun gmail saya tidak mendeteksi “Website lama”.
    1. Apakah yang terjadi bila saya ganti “akun gmail baru” pada “website lama”??
    2. Apakah ketika saya buka google adsense masih mendeteksi “website yang lama”?
    3. Mohon peninjaun blog saya, mungkin Mas Geejhon berkenan untuk mengkritik apa yang kurang untuk menuju edsense…

    Tolong dibalas yah!!!

    Terima kasih Mas Geejhon…
    Salam,
    Dedy Akas Website

    • Terima kasih mas Dedy.. baiklah sy coba jawab semampu saya, hehe..
      1. Masalah akun adsense mendeteksi web lama, gampang saja tinggal ajukan web baru pada adsense yang sudah ada (tp ditolak), nanti akan update sendiri.
      2. tidak akan terjadi apa2, jika mengganti email pada web lama.
      3. dedyakas.com ckp baik. tinggal tingkatkan terus trafiknya. Mungkin jika pun ada kekurangan, coba perbaiki navigasinya, sy lihat pengunjung agak sulit mencari tema-tema artikelnya, krn tidak ada navigasi berdasarkan kategori, artikel utama, dsb.

  • @daniel.
    entahlah mas Daniel, saya kurang yakin. Oya,,,, apakah akun adsense-nya msh aktif, jika masih, kemungkinan masih bisa. coba ganti template yg lebih simpel, mungkin bisa membantu.

  • Mas blog yang saya daftarkan kemarin ternyata udah di nonaktifkan lagi oleh google, alasanya beresiko untuk pengiklan. Sekarang saya sudah ganti ke TLD, terus masih ada nggak kesempatan blog saya didaftarkan kembali ke GA?

  • @randi.
    kalau yg didaftarin yang custom domain, maka bisa dipasang dimana saja. tapi tidak sebaliknya, jk mendaftar melalui blogger, maka itu adalah akun hosted hanya bisa dipasang di blogspot saja.

  • kalau misalkan sudah diterima mas, apakah bisa dipasang di keduanya, yakni di blog yang belum di custom domain dan di blog yang sudah di custom domain?

  • mas saya mau tanya, saya kan punya 2 blog, satu belum di custom domain dan satunya lagi sudah di custom domain. kebetulan blog yang belum di custom domain sudah saya pasangi adsense karena memang blog ini adalah blog yang pertama aku buat. nah, saya kan punya satu lagi blog yang sudah di custom domain. apakah bisa juga dipasang dengan akun adsense yang sama dan apakah nantinya akun adsen tersebut akan berubah juga menjadi akun non hosted?

  • Sebelumnya terima kasih sudah menjawab abang. pada tab penghasilan, masih 00 dollar. untuk id publishernya sudah muncul abang. padahal sudah saya setting pada akun bloggernya pada tab penghasilan > adsense > tampilkan iklan di bilah samping. pada tata letak pun sudah ada widget adsense dengan ukuran iklan 160 x 600. tetapi iklan belum muncul juga, niche dari blog saya adalah tentang pertanian.

    untuk domain tld, kebetulan saja memakai wp self hosting. saya memasukkan kode iklan adsense berukuran 350 x 300 di bawah judul posting. tetapi adsense tidak melihat kode itu di web saya.

    untuk mengirim ulang apkah harus di hapus terlebih dahulu web saya pada daftar web yang sudah ter-claim pada akun adsense saya. mungkin kesalahan saya adalah baru menemukan blog ini.

  • @amelia.
    1. Bagaimana dg keterangan pada tab penghasilan-nya? Apakah sudah muncul ID publisher-nya. Seharusnya bila sudah muncul dan disetujui iklan akan muncul.

    2. hhmmm….. agak mengherankan juga jika demikian. Seharusnya ketika sudah mengirimkan permintaan untuk menampilkan iklan di situs lain, tim adsense akan langsung me-reviewnya.

    Coba ulangi lagi prosesnya dari awal, kali saja ada yg terlewatkan.

    • maaf sebelumnya, saya mau nanya. permohonan kedua saya ditolak sama adsense dan disuruh memperbaiki blog yang saya kelola. saya ingin mengajukan kembali permohonan kedua saya dengan akun yang sama. bagaimana caranya?
      mohon pencerahannya master.
      terimakasih

      • mas kalo ane udah dapet email kyag gini
        Hello,
        Your contact information associated with Google AdSense was changed on Jan 26, 2016.
        For your security, please contact us if you didn’t make this change.
        To review your contact information:
        Sign in to your AdSense account.
        Click the gear icon in the upper right corner of any tab, then, from the drop-down list, select “Payments”.
        Google AdSense

        dan saya sudah bisa melihat tampilan taksiran penghasilan di google adsense
        apakah udah diterima gan???

  • Bang jhon saya mau tanya semoga anda mau menjawabnya.
    1. Saya sudah memiliki akun adsense tapi acount hosted karena dulu saya memonetize koleksi video saya di youtube kemudian mendaftarkannya ke adsense.
    Pertanyaan saya: Kenapa blogspot yang saya kaitkan pada akun adsense saya kok tidak muncul ya iklannya. Padahal saya sudah memasang script iklan dengan benar.

    2. Kebetulan saya memiliki satu web ber domain TLD, dulu web tersebut fokus pada affiliasi. Sekarang ingin saya daftarkan ke adsense.
    Pertanyaanya: Saya sudah mendaftarkan lewat roda gigi > otorisasi. Kemudian memasang script iklan tersebut pada web. Tatapi saya masih mendapatkan pesan seperti ini : Untuk mengaitkan situs web anda. Pasanglah kode iklan pada web anda. Untuk selanjutnya tim kami mereview web anda.
    Padahal saya sudah memasang script iklan tersebut.

    • Sama mbak @amelia… dn apakah sekarang iklan adsense nya sudah muncul…? Tolong bagikan pengalamanya ea mbak….?? Terimakasih

  • Menindaklanjuti postingan sebelumnya mas gee, saya daftarkan blog yang baru berumur 4 bulan dan diterima di google adsense. Permasalahannya sekarang tinggal membangun traffic….

%d blogger menyukai ini: