Google Adsense

Iklan Adsense Tidak Tampil di Blog Saya, Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?

Mengapa iklan Adsense tidak tampil di blog saya? Apa yang salah? Bagaimana cara mengatasinya?

Ini termasuk pertanyaan paling sering saya lihat di forum-forum Adsense. Hari ini saja di forum Indonesia Adsense Publisher Discussion, ada 3 orang yang menanyakan permasalahan serupa.

Kadang saya melewati saja pertanyaan tentang ini karena cukup sulit dan memakan waktu untuk mencari penyebabnya. Dan bagi masing-masing blogger penyebabnya bisa jadi berbeda sama sekali.

Namun hari ini, saya memutuskan menulis tentang alasan-alasan paling umum kenapa iklan Adsense tidak tampil pada suatu blog.

Sebelum mencari penyebab kenapa iklan Adsense Anda tidak tampil di blog, sebaiknya Anda login ke akun Adsense Anda, dan pastikan tidak ada peringatan atau catatan apapun dari Google terkait penayangan iklan di akun Anda.

Ketika iklan Adsense tidak tampil di blog, tidak sedikit blogger yang tidak memiliki petunjuk apapun bagaimana memecahkannya. Sampai sekarang pun, tidak ada tool tersedia untuk mengatasinya. Saya biasanya memeriksa secara manual terhadap blog bersangkutan lalu mencoba beberapa opsi untuk mencari apa yang salah.

Tapi dari pengalaman saya, berikut adalah 10 alasan paling umum mengapa iklan Adsense tidak tampil di blog Anda:

1. Masalah akun hosted

Ini adalah alasan pertama mengapa iklan Adsense tidak tampil di blog. Jika Anda memiliki akun hosted dan Anda mencoba memasangnya di blog yang bukan mitra host Adsense, maka iklan Adsense tidak akan tampil.

Ini terjadi jika Anda meng-upgrade blog blogspot.com Anda ke custom domain. Sekali Anda pindah ke custom domain, blog Anda bukan lagi bagian dari platform hosted Adsense, karenanya iklan Adsense Anda akan berhenti ditayangkan.

Cara upgrade dari akun hosted ke akun biasa, bisa Anda baca pada:Β Cara Mendaftar ke Google Adsense.

2. Unit iklan baru

Apakah Anda baru saja membuat unit iklan baru? Pada umumnya, iklan akan mulai ditampilkan 15 menit setelah unit iklan dibuat. Tapi terkadang, butuh waktu hingga 1 jam lamanya sampai iklan tampil. Untuk itu, jika Anda baru saja membuat unit iklan baru, tidak perlu panik. Coba refresh halaman setiap 5 menit, dan jika setelah 1 jam iklan tidak tampil juga, baru Anda berusaha cari apa penyebabnya.

Sudah sering mengalami ini saat seseorang menanyakan dan minta bantuan kepada saya, saya hanya mengatakan coba tunggu sampai 1 jam, dan biasanya masalah akan teratasi dengan sendirinya.

3. Skrip iklan belum terpasang

Ini mungkin terdengar aneh. Tapi saya benar-benar menemukan banyak orang mengeluh kenapa iklannya tidak tampil, padahal ia sesungguhnya belum menempatkan script Adsense di blognya.

Banyak orang menggunakan widget pada CMS yang digunakan untuk memasang iklan Adsense, dan ini sangat memungkinkan widget Adsense tidak bekerja dengan benar. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa source code halaman.

Klik kanan pada halaman, lalu klik “Lihat sumber halaman”. Sekarang coba cari script Adsense pada kode sumber. Apakah Anda menemukan kode script iklan terpasang dengan benar? Jika tidak, coba periksa setting widget atau blog Anda. Pastikan juga Anda menggunakan PUB-ID yang benar dan script terpasang dengan sintaks yang benar.

4. Script asinkron

Apakah Anda menggunakan kode iklan asinkron? Ini adalah tergolong script terbaru Adsense dan merupakan cara yang lebih efisien untuk menayangkan iklan, dan secara umum sangat bermanfaat untuk me-load iklan tanpa banyak mempengaruhi waktu pemuatan halaman.

Namun demikian, diketahui pula, bahwa kode asinkron ini memiliki masalah kompatibilitas dengan banyak script lainnya. Beberapa skrip lainnya, mungkin memblokir kode asinkron Adsense Anda untuk menampilkan iklan.

Untuk itu, cobalah menggunakan kode iklan Adsense biasa, dan lihat apakah bisa bekerja dengan baik. Jika ya, baru kemudian Anda cari script mana yang kira-kira bermasalah dengan skrip Β asinkron Adsense.

5. Terlalu banyak widget dan script

Apakah Anda terlalu banyak menggunakan widget dan script di blog? Beberapa di antaranya mungkin memblokir iklan Anda. Sebagai langkah awal, coba catat semua widget atau script yang Anda gunakan di blog. Kemudian buang dulu semuanya. Cek, apakah iklan Adsense bisa tampil setelah memberinya waktu load yang lebih banyak.

Jika ternyata iklan dapat tampil, maka Anda dapat menambahkan widget dan script tadi satu per satu, untuk menemukan mana yang bermasalah dengan iklan Adsense Anda.

6. Tertutup elemen lain

Dalam beberapa kasus, saya menemukan blogger yang memasang iklan Adsense tapi tertutup oleh elemen lain pada halaman, yang disebabkan susunan DIV atau tag kontainer lainnya. Cobalah untuk memindahkan iklan Adsense pada lokasi lain dan lihat apakah iklan bisa muncul atau tidak.

7. Review tahap kedua

Google menerapkan 2 tahap review dalam proses persetujuan Adsense. Pada saat Anda mendaftar, Anda akan dapatkan jawaban cepat, persetujuan tahap pertama. Pada tahap ini, Anda sudah bisa membuat unit iklan dan memasangnya di blog. Namun, alih-alih menampilkan iklan sesungguhnya, Anda hanya akan melihat space kosong.

Nah, setelah iklan yang terpasang tadi mulai mendapat impresi, maka akun Anda akan masuk ke daftar antrian, lalu pada gilirannya tim Adsense akan me-review-nya. Hanya setelah Anda lolos dalam proses review kedua inilah, iklan akan ditayangkan.

8. Ads Blocker

Jika Anda tidak melihat tampilan iklan, sementara orang lain melihat iklan di blog Anda, maka ini bisa jadi kerjaan dari virus, antivirus atau aplikasi pemblokir iklan yang mencegah Anda melihat iklan. Periksa ekstensi browser atau antivirus Anda untuk melihat apakah mereka memblokir iklan.

9. Iklan pernah dinon-aktifkan sebelumnya

Jika akun Anda sebelumnya pernah dinon-aktifkan menampilkan iklan di blog tertentu karena pelanggaran tertentu, maka butuh waktu hingga 48 jam agar iklan tampil kembali.

10. Verifikasi PIN

Jika pihak Adsense telah mengirimkan PIN tapi Anda tidak memasukkan ke akun Adsense Anda, maka iklan Anda tidak akan ditampilkan lagi, sampai Anda berhasil memverifikasi alamat Anda.

Selengkapnya tentang PIN, silakan baca: Saya Belum Menerima Pin Adsense. Apa yang Harus Saya Lakukan?

Nah, itulah 10 penyebab paling umum mengapa iklan Adsense tidak tampil di blog Anda. Sebagai tambahan, coba Anda lakukan beberapa hal berikut:

  • Coba gunakan ukuran iklan berbeda
  • Coba lokasi penempatan lain
  • Coba pasang kode Adsense di blog lainnya, dan lihat apakah iklan bisa tampil
  • Coba pasang kode Adsense milik orang lain, dan lihat apakah iklan bisa tampil

Jika semua langkah di atas tidak juga menyelesaikan masalah, silakan ke halaman pemecahan masalah tayangan iklan Adsense. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

567 Komentar

  • Sama halnya dengan blog di website saya adsensenya masih putih, menampilkan produk inovasi teknologi terbaru Tapi saya gabungkan dengan review Berita berita yg lain.

  • Mass saya mau tanya nih. Saya sudah beberapa bulan buat blog. Tp di blog saya .iklan tidak pernah muncul. Padahal pemasangan kode sudah benar. Tapi penghasilan di google adsense saya berjalan.

    Pertanyaan saya. Kenapa iklan di blog saya ga pernah muncul gt loh.
    Mohon pencerahannya πŸ™‚

  • Mas, Saya daftar adsense Blognya saya tautkan dengan akun Adsense Youtube, Dan berhasil, tapi iklannya gak muncul di blog saya, hanya kotak putih saja. Bagaimana solusinya gan?

  • Nanya jga. Wktu sya dftr GA melalui email B, dibalas ktnya informasinya sama dgn akun GA yg disetujui melalui email A. Apkah tndanya sudah diterima?

    Sya dftrnya melalui blogspot. Tapi saat memasang widget iklan adsense, kok tidak tampil iklannya, apakah krn domainnya ya, ini _www.matematikakubisa.info?

    • kalau ctr tergantung penempatannya saja mas, memang susah meningkatkan ctr, saya ada beberapa blog tp hanya 1 blog yang ctr bisa bagus, mnurut saya 0.8% itu dah lumayan, tingkatkan aja visitornya mas biar penghasilan meningkat

  • akun ads youtube saya disetujui,kemudian daftar ads lewat blog,disetujui jg .,,,tapi diblog kagak muncul kenapa ya,maaf newbie.di google ads nya,ada peringatan bahwa akun ads hanya untuk menayangkan iklan di youtube

    • iya mas klo dah disetujui lewat youtube klo mau dipasang harus di upgrade ke non hosted, klo blognya masih pakai domain blogspot harus ganti domain TLD dulu

  • Saya ngajuin adsense sudah satu minggu lebih tapi kenapa di akun adsense saya tidak ada menu ad unit untuk mendpatkan kode iklan

  • saya juga lagi ngajuin lagi mas…
    setelah bolak-balik di tolak oleh adsense, sekitar 5 hari yg lalu saya ajukan lagi..
    masih pakai blogger tapi dah custom domain..
    Mohon pencerahannya mas Gee…
    saya masih daftar pakai akun yg sudah bolak-balik di tolak, kalau masih dalam tahap 1 apa iklan sudah muncul di blog..?
    Karena sampai sekarang saya belum dapat pemberitahuan by email tentang lulus dan tidaknya.. terus terang masih heran kok lulus tahap 1 nya lama bangets..
    Atau saya salah duga ya…jangan2 ini sudah memasuki review ke 2…

  • Mas mau tanya. Iklan adsense saya sudah tayang sekitar 3 hari yang lalu tetapi saya belum menerima email aprove dari google.

    Penghasilan tertaksir di dasbor google adsense terus berjalan sampai hari ini dan iklan sudah muncul bahkan bisa saya pasang pada blog lain punya saya. Iklan di dasbor juga sudah berstatus aktif.

    Kemudian saya download aplikasi adsense dan ada notifkasi bahwa akun saya masih ditinjau dan katanya anda akan melihat ikaln blankndi blog anda.

    Notifikasi ini membuat saya bingung apakah saya sudah diterima atau belum? Sementara iklan saya terus tayang sampai saya buat pertanyaan ini……

    • Kasusnya sama seperti punya saya, di hari yang ke 7 malahan tiba2 iklan blank. Di dashboard jadi today sofar tidak berjalan. Tetapi iklan masih aktif. Padahal udah dapat email,selamat iklan anda sekarang sudah aktif dari google adsense.

  • saya mendapat peringatan “Akun AdSense Anda hanya diizinkan untuk menampilkan iklan di YouTube. Jika Anda ingin menampilkan iklan di situs lain, Anda perlu memberi kami URL situs yang ingin dimonetisasi”
    ini apa yang saya harus lakukan.
    saya mendaftarkan blogger dan youtube ke adsense secara bersamaan. saat di terima, saya mendapat peringatan seperti diatas.
    mohon pencerahannya ????

  • Sudah saya coba berulang ulang belum juga muncul iklan adsense nya…bagaimana solusinya mas…
    Mohon petunjuknya.
    Mohon check blog saya berikut ini:
    _www.catatanlukito.blogspot.com

    Terima kasih

  • gan mau tanya sya pnya blog, blog ini saya daftarkan ke adsense agar bsa mnampilkan iklan tapi saya daftarkan di akun adsense yang dulunya buat dari youtube. setelah browsing kmn2 ksimpulannya blog sya hrs sya upgrade domain ke dmain TLD apa itu benar gan? sedangkan di menu adsense saya ada tlisannya seperti ini “Anda saat ini memiliki akun khusus host, jadi kode iklan ini akan tampil sebagai ruang kosong di luar situs mitra host”. khan iklannya saya tampilkan di domain .blogspot gan tapi iklannya masih tetep kosong itu kenapa? mohon bantuannya terima kasih

  • Mas saya mau tanya ini pusing…
    Di pengaturan tata letak iklan adsanse sudah bisa di seting.. tapi knapa kok di halaman web saya ga mucul? Apakah ini masih review atau ada kasalahan. Tolong pencerahan nya

  • Permisi saya mau tanya. Saya mendaftarkan blog dan youtube saya ke GA secara bersamaan dengan email yang sama. Namun balasan yang cepat dari youtube. Kemudian saya tunggu balasan di email untuk persetujuan GA pada blog namun tidak ada setelah seminggu. Nah setelah seminggu di GA youtube ada code iklan pada ad unitnya.. itu code iklan untuk apa ya? kok saya terapkan di blog adanya malah kosong gak muncul iklannya.. mohon pencerahannya ya.

    • kalau mau diterapkan ke blog, blognya harus domain TLD terlebih dahulu baru upgrade adsensenya ke non hosted, jika sudah diterima sepenuhnya baru bisa muncul iklannya mbak

  • Permisi mas gee mau tanya, sya pnya akun adsense dulu daftarnya dari youtube, sekarang sudah dapat sekitar $75 dan sudah verifikasi pin. Penghasilan $75 itu dihasilkan dari channel youtube saya (blm pernah pakai blogger). Sekarang saya sudah kaitkan dengan blogger dan iklannya tampil kosong. akun adsense itu milik email “S” saya sedangkan blogger yg saya kaitkan milik email “D”. pertanyaanya apakah bisa blogger dengan akun beda seperti itu dikaitkan dengan ke adsense yg berbeda akun? dan kenapa iklan saya masih tampil kosong mas? sebelumnya sya daftar adsense menggunakan akun “D” tapi ditolak alasannya karena “terdapat klik tidak valid”. Tp sekarang sdh sya kaitkan dgn akun adsense milik email “S”. Tolong diperiksa mas gee ini blog saya _http://debraogami.blogspot.co.id/ . Terima kasih mohon jawabannya πŸ˜‰

    • untuk akun adsense yang didaftar melalui youtube tidak bisa langsung digunakan pada blogger namun domain harus diganti terlebih dahulu ke domain TLD, setelah diganti ajukan upgrade akun adsensenya. semoga membantu

      • Khan adsense yg daftar dr youtube adalah akun hosted gan, trs adsense hosted bisa menampilakan iklan di youtube dan blogspot. kalau blog sya .blogspot apa tdk bisa gan? khan akun adsense.a hosted? mhon bntuannya maf jika kata2 sya berliut” πŸ˜‰

      • jika daftar lewat youtube tidak bisa ditampilkan diblogspot begitu saja harus diganti domain TLD terlebih dahulu webnya baru minta di upgrade ke non hosted adsensenya

      • Terima kasih infonya mas gee sgt brmanfaat. Tanya 1 lg ms πŸ™‚ . Semisal sya beli domain di rumahweb, ada yg 1 tahun spacenya 250MB, ada yg 500MB, ada yg 1GB, ada yg 2GB. space itu berpengaruh dibanyaknya postingan saya ya ms gee? smisal sya ngeblog sampe buanyak hingga 1000 artikel, kalau pake yg spacenya 500MB apa muat ms? isi postingannya ada yg pke video, gambar, sprti itu ms. Tlong bimbingannya

      • One More gan πŸ™‚ . Saumpama sya sdh beli domain .xyz dan sudah sya psang di blog dan sudah bisa menampilkan iklan di blog saya yg berdomain tersebut. Kemudian suatu saat sya ganti domain saya dgn .com. Iklan adsense yg sdh tampil tadi, ditampilkan di blog yg ganti domain .com (Sebelumnya .xyz ganti ke .com) tadi apa msh bisa gan? atau ada tahap review lagi? Mhon bimbingannya gan πŸ˜‰ terima kasih

      • klo akun adsense sudah non hosted bisa dipasang di youtube maupun diblog manapun selama blog dan video youtube tidak melanggar kebijakan aman

      • 1 lagi gan kalau sudah ganti domain .xyz apa pengaruh ke kecepatan blog tersebut saat di akses? soalnya sblm sya ganti ke .xyz (Masih .blogspot) kecepatan saat diakses cepet bgt, setelah ganti ke debraogami.xyz, agak melambat sedikit gan.

      • Okey terima ksih gan. Saya tanya di sini responya selalu baik dan menambah semangat saya untuk ngeblog. Jangan lupa mampir gan πŸ™‚ _http://www.debraogami.xyz/

      • Permisi gan numpang tanya lagi πŸ™‚ . Akun adsense yang didapatkan dari blogger (Mendaftar adsense dari blogger) itu jenis akun adsensenya Hosted atau Non Hosted gan? Kalau non hosted brarti bisa menampilkan iklan langsung ke domain TLD tanpa pratinjau? Kalau hosted, apa iklannya bisa ditampilkan di youtube gan?

      • One more gan πŸ™‚ . Suka q tnya d sini jwaban pasti 1 hr. Pertanyaannya : sya pnya gmail “A” gmail tersebut dulu sya buat maen youtube tapi sekarang youtubenya di blokir (tidak bisa buka youtube dengan akun “A” tersebut ada peringatan sperti ini “tidak dapat mengakses produk google”/akses telah ditangguhkan) pdhal videonya buatan sya sndiri tntang tutorial vb.net πŸ™ . Trs skarang gmail “A” tersebut mw sya dftarkan adsense lewat blogger, apa itu bisa gan? apa akun ytube yg di blokir trsbt berpengaruh ke lama, proses, diterima/tidaknya pendaftaran google adsense tersebut gan? Trimakasih mhon d bimbing trs πŸ™‚

  • bang iklan diblog saya kadang muncul bebrapa detik saja trus hilang lgi mau tanya penyebab kenapa ya??? maklum blog sya masih tahap review bang.

  • mohon maaf mas. mengganggu.hehe saya punya web tokobukuanemone.com, saya sudah pasang plugin adsense, tetapi sbelum pasang plugin adsense, saya sudah daftar adsense terlebih dahulu. Nah masalahnya setelah saya pasang plugin adsense, iklannya cuma blank kosong. gimana ya mas?. akun saya sudah aprove, soalnya pendapatan dari yutube dapat.hehe

  • Gan lihat blog gw dong, kenapa iklannya tidak muncul juga, padahal scrip iklan sudah di pasang, tapi iklan tidak mungkin juga, di adsense iklan tetap seja tulisan ” BARU ”
    mohon di check ” reviewgame18.blogspot.com ”
    Kasihan masukan gan untuk bisa menampilkan iklannya

  • Mas Andre

    Dari 10 masalah di atas tidak ada yang seperti kasus saya.

    Saya mohon solusinya,

    begini pertanggal 13 Des Akun non hosted google adsense saya disetujui secara penuh. Kemudian saya menempatkan unit iklan di blog dan berhasil muncul. Kemudian sehari kemudian tiba-tiba akun adsense saya tidak bisa diakses.

    Setelah saya cek di inbox email ada pemberitahuan berisi “Karena Kebijakan Program AdSense kami tidak mengizinkan lebih dari satu akun, saat ini kami tidak dapat menerima permohonan baru Anda.”
    (saya akui memang pernah mengajukan dua kali akun adsense dengan dua email berbeda, tapi blog yang sama)

    Sejak itu iklan tidak muncul. lalu saya mengajukan kembali akun adsense saya yang non aktif. hari ini saya berhasil masuk dashboard akun adsense. masih terlihat unit iklan aktif dan saldonya masih ada, tapi ya gitu mas, Iklan saya tidak muncul lagi.

    Apa yang sebaiknya saya lakukan?

    Mohon solusinya terima kasih sebelumnya.

    • punya blog lain, coba mas e clear cache semua browser, ulangi dari awal dan coba juga pasang iklan di blog lain bagaimana hasilnya dengan unit iklan baru

  • Kalau saya masalahnya adalah iklan tidak tampil di postingan artikel berbahasa daerah (Sunda). Di halaman lain yang berbahasa Indonesia iklan tampil. Kira-kira apa penyebabnya dan solusi agar iklan tampil di halaman berbahasa daerah bagaimana?

  • gan saya udah lama iklannya gk muncul, dan saya iseng mencoba buat blog baru, san ternyata hasilnya sama, iklan tidak muncul juga, tolong di kunjungi gan ” reviewgame18.blogspot.com ” iklannya gak muncul juga, udah berjam jam, padahalah code dari adsense sudah saya pastekan di widget,

  • Mas bisa minta tolong ?? Tolong donk review blog saya kira2 apa yg salah dari kode iklan yg saya pasang .. soal nya udh 8 jam lebih iklan gk tampil .. cuma halaman polos aja memanjang ke bawah .. ceritanyakan saya baru buat unit iklan baru dan saya copy kide iklan nya di dlm template .. selebihnya saya atur2 dari dasbor blogger penempatan iklan di bawah postingan dan sidebar namun udh 8 jam lebih masih saja polos

      • Ntah lah mas gk ada notifikasi lg .. yg masuk ke email .. cuma beberapa bulan lalu aja .. ada email masuk 3x penolakan .. dan smpet di nonaktifkan .. krna klik tidak valid .. namun bbrpa bulan trakhir saya ajukan lg dgn email lain namun masih blog yg sama .. cuma yg tdi nya nonhost jd d host .. tpi aneh nya blog yg saya dftarin yg bukan nonhost gk di approv mlh sampe skrng msh dlm antrian .. dan yg di trima malah yg nonhost .. jd apa penyebab nya mas ?? Ada solusi nya ? .. apa saya hrs nunggu 48 jam sprti yg saya baca di form GA ?? .. atw gmna ..

  • Mas, minta tolong, iklan di blogku kok belum muncul ya? sudah mau seminggu nih, ngga ada email masuk juga. Saya minta sarannya, kalo boleh bantuannya, terima kasih.

    • ditunggu saja gan, ini masih seminggu biasanya malah ada yang 2 bulan lebih πŸ™‚ semakin banyak yang mendaftar adsense mungkin review juga masuk antrian jadi agak lama. atau untuk mereview blog agan memerlukan waktu sedikit agak lama

  • Ane ada website A dan B, nah di web A iklan tampil tapi di web B tidak tampil padahal create adsnya sama tapi tidak aktif-aktif. Adsense juga sudah full approve. apakah web B ane itu kena banned google atau gimana gan?

    • ditunggu saja mas πŸ™‚ nanti kalau status sudah aktif juga muncul πŸ™‚ saya juga seperti itu, jika mau cepet muncul ya pakai unit iklan yang lama saja πŸ™‚

      • Mas mau nanya, di akun gmail sya ada 4 blog yang tld cuma satu, terus yang masih blogspot saya daftarin ga dan tidak ada email masuk, lalu saya iseng buka ke adsense tapi bisa masuk , lalu sya coba ambil scrip iklan dan pasang di blog tapi iklan blank ga muncul. Itu artinya gimana ya, soalnya belum ada email masuk, apakah masih tahap review, coba di kontrol gan _www.barangtronik.blogspot.com