Google Adsense

CTR, CPC dan RPM Adsense Saya Tinggi Sekali: Haruskah Saya Khawatir?

Apakah Anda menemukan nilai CPC dan RPM yang tidak biasa pada akun Adsense Anda?Apakah Anda khawatir terkena bom klik dan takut akun Adsense Anda dinon-aktifkan?

Saya melihat banyak publisher Adsense menaruh perhatian lebih pada CPC dan RPM mereka. Ya, saya tahu, pasti semua orang publisher Adsense menginginkan CPC yang tinggi, tapi yang banyak dikhawatirkan adalah terjadinya bom klik (click bombing).

ctr cpc dan rpm adsense

Oleh karena Google ‘sangat tegas’ dalam menindak pemilik akun Adsense dalam hal klik palsu, membuat banyak orang -diduga- memanfaatkan hal ini untuk ‘menjaili’ pesaing mereka.

Ada beberapa kasus bom klik yang pernah dilaporkan, dan banyak penayang (konon) kehilangan akun Adsense mereka karena seseorang mengklik iklannya berulang-ulang dan dalam jumlah masif (dengan tujuan agar akun Adsense yang bersangkutan di-banned oleh Google).

Nah, dengan alasan yang sama, jika pemilik akun Adsense menemukan ratio klik yang tidak wajar, mereka langsung khawatir mengalami bom klik. Saya telah melihat banyak sekali (di grup atau forum tentang Adsense) melaporkan bahwa mereka melihat data yang tidak biasa pada laporan statistik Adsense serta menanyakan langkah apa yang harus dilakukan.

Dalam hal ini, saya ingin menegaskan:

Dalam kebanyakan kasus, laporan ‘tidak biasa’ seperti itu, adalah normal dan wajar serta tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Statistik ‘aneh’ pada jumlah data sedikit adalah normal

Jika Anda melihat laporan harian di awal pagi misalnya, Anda akan temukan data yang terlihat tidak biasa. Tidak ada yang salah dalam hal ini. Karena dengan jumlah data yang masih sedikit sekali, pasti akan terjadi seperti itu.

Mari kita bahas beberapa yang paling sering dibicarakan:

CPC sangat tinggi
Banyak orang melaporkan melihat nilai CPC yang sangat tinggi di Adsense mereka. CPC adalah cost per click atau biaya per klik, dan ia hanya bergantung pada seberapa besar pengiklan bersedia membayar bagi iklan mereka.

Bagi Anda yang belum begitu memahami istilah periklanan di Adsense, silakan baca: Istilah Advertising yang Penting Diketahui Pemula.

Secara umum, nilai ini di luar kendali Anda sebagai publisher. Karena itu, dalam hal ini, sama sekali tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai nilai CPC yang sangat tinggi, karena itu yang kita harapkan bukan?

Bagi Anda yang ‘khawatir’ dengan nilai CPC yang terlalu rendah, silakan baca: 10 Cara Efektif Meningkatkan CPC Adsense.

CTR sangat tinggi
Nah, inilah yang perlu diperhatikan dan bisa jadi penanda terjadinya bom klik, tapi TIDAK SELALU! Jika Anda menemukan nilai CTR yang sangat tinggi, pertanyaannya adalah: kapan rentang waktu (periode) laporan yang Anda tampilkan? Dan berapa total klik yang muncul di laporan?

Jika Anda memiliki blog yang relatif masih kecil (dalam hal trafik) atau jika Anda baru memiliki total beberapa klik per hari, maka nilai CTR akan sangat-sangat bervariatif.

Sebagai contoh, misalkan sebuah blog kecil dengan trafik 100 pv / hari, suatu hari hanya memperoleh 1 klik (CTR 1%), di hari yang lain mungkin mendapat 5 klik (CTR 5%). Dalam kasus seperti ini, nilai CTR akan sangat bervariasi dari hari ke hari.

Tapi, jika Anda memiliki blog populer dengan trafik ribuan per hari, nilai CTR Anda cenderung tidak akan banyak berubah secara signifikan. Jika hari ini CTR Anda 2%, maka tidak akan berbeda jauh pula untuk hari-hari lainnya.

Tapi….  Jika Anda membuka laporan dalam satu hari, di awal-awal pergantian hari, CTR bisa juga sangat bervariatif.

Seperti misalnya, Anda memiliki konten tertentu yang memiliki peluang mendapat klik yang sangat tinggi dikarenakan relevansi iklan yang tampil di halaman tersebut. Dan anggap saja konten tersebut mendapat trafik dari negara yang zona waktunya sama dengan zona waktu di akun Adsense Anda, maka jika Anda tengok pada laporan Adsense, Anda akan temukan CTR yang sangat tinggi, karena konten yang memiliki CTR lebih tinggi dikunjungi banyak orang pada saat itu.

Anda boleh merasa khawatir mengenai CTR, hanya jika:

  • CTR tinggi terus berlanjut untuk beberapa lama, bukan hanya saat di awal hari.
  • Variasi CTR terlalu besar. Perubahan dari 2% menjadi 2,5%, bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Tapi perubahan dari 2% menjadi 5%, pada jumlah data yang banyak, baru sesuatu yang perlu Anda perhatikan secara serius.

RPM sangat tinggi
Angka ini artinya seberapa besar penghasilan rata-rata yang bisa Anda dapatkan dari setiap 1.000 impresi. Untuk kebanyakan penayang Adsense, RPM berkisar antara $1 – $5, tergantung dari wilayah, jenis konten, relevansi iklan dan sebagainya.

Namun sekali lagi, jika Anda melihatnya pada jumlah data yang sangat sedikit, Anda juga akan temukan nilai RPM yang tidak wajar.

Sama seperti nilai CTR, jika Anda membuka laporan harian di awal hari, hampir semua akun akan menampilkan laporan yang ‘tidak wajar’. Sebagai contoh, anggap saja seseorang ternyata melakukan klik pada impresi pertama Anda di hari itu, dan mendapat CPC sebesar $0,5.

Maka statistik Anda akan terlihat seperti ini:

CPC =  $0,50
CTR = 100%
RPM = $500

Ketika kemudian mencapai 10 impresi, dengan asumsi tidak ada tambahan klik, maka akan menjadi seperti ini:

CPC =  $0,50
CTR = 10%
RPM = $50

Jika berlanjut mencapai 100 impresi, juga tanpa klik tambahan, maka akan menjadi:

CPC =  $0,50
CTR = 1%
RPM = $5

Ini sebagai contoh gambaran betapa ‘anehnya’ statistik laporan Adsense Anda dengan jumlah data yang amat sedikit. Anda baru boleh merasa khawatir hanya jika Anda temukan laporan seperti ini ditampilkan dengan jumlah data yang lebih besar lagi.

Data tidak wajar pada laporan Adsense: kapan saya perlu khawatir tentangnya?

Seperti saya jelaskan di atas, adalah hal yang sangat normal mendapatkan data tidak wajar dengan jumlah data yang kecil atau pada permulaan pergantian hari.

Anda boleh mengkhawatirkan perihal bom klik dan aktivitas tidak sah jika tren tersebut berlangsung beberapa lama atau jika Anda melihatnya pada laporan dalam periode satu hari penuh.

Tapi dengan pengecualian:

Jika Anda melihat jumlah klik yang amat tinggi dalam periode waktu yang pendek, maka itu bisa jadi tanda adanya aktivitas tidak valid. Seperti misalnya, jika Anda menerima 100 klik per hari, tapi Anda sudah mendapat lebih dari 50 klik di jam-jam awal pada hari itu, maka itu mungkin sesuatu yang perlu Anda khawatirkan.

Data terpenting yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini adalah jumlah klik dalam rentang waktu yang pendek, bukan semata CTR atau pun RPM. Jika Anda curiga adanya bom klik atau aktivitas tidak sah yang mencurigakan, perhatikan laporan statistik Anda secara seksama dan lihat seberapa cepat pertambahan jumlah klik yang Anda terima.

Cara terbaik dalam mengatasi aktivitas tidak sah di akun Adsense Anda adalah dengan cara selalu mematuhi kebijakan Adsense.

Dan jika Anda menengarai adanya bom klik, pada artikel selanjutnya saya akan mengulas cara mengatasi klik tidak sah (invalid click) dan bom klik. So, stay tune….. Silakan berlangganan artikel PortalUang agar tidak ketinggalan posting terbaru.

 Salam.

Update:
Artikel yang saya maksud di atas, telah saya tulis: Cara Mencegah dan Menangani Bom Klik Google Adsense.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

28 Komentar

  • Bang, saya khawatir, dalam satu jam jumlah penayangan blog jadi 1000 penayangan. awalnya biasa aja. Ini terjadi pada pukul 12.00 malam. Tapi jumlah klik tidak ada. Apakah ini bahaya. terima kasih Gan. Salam kenal! Mohon bantuannya, please?

  • mas gee…sudah lebih dari setengah tahun harga per klik adsense saya sangat rendah sekali yaitu hanya berkisar 0,01$ s/d 0,02 $. Apakah memang pada tahun 2016 ini klik adsense sedang mengalami penurunan?

    • Iya mas nasib kita sama, CPC sangat rendah, jadi walaupun CTR besar, earningnya akan tetap kecil. Saya sudah melakukan berbagai eksperimen, seperti perubahan penempatan iklan, ukuran, mengurangi jumlah dll, tapi tetap CPC tidak berubah.
      Walau bagaimanapun tetap harus bersyukur, karena berapapun hasilnya adalah berkah.

      Oh iya terima kasih info-infonya mas Gee dan juga web portal-uang, sangat bermanfaat sekali.

  • numpang tanya mas mengenai CTR saya,,,
    saya memiliki immpresion 100 lebih,,
    click 11x dengan cpc rata rata 2000an
    tetapi yang menjadi masalah, kenapa dari bulan kemaren CTR saya tinggi rata rata sampai 12 lebih kadang 16%… apa penyebabnya itu mas?
    salam

  • selamat pagi bang gee..
    saya mau tanya nih…
    bolehkah satu web di pasang iklan adsense , 2 akun adsense yang berbeda?
    jadi satu web tersebut dipasang 2 iklan dengan akun adsense yang berbeda.
    terima kasih.

  • mas gee pada tanggal 26 maret 2016, CTR saya 70% dan saya tidak menyadari itu.
    saya mengetahui CTR tersebut baru” ini. lalu bagai mana solusinya mas ?
    GA saya belum datang pin nya apakah setelah saya submit nantinya akan di bened mas ?
    kalau emang GA saya akan di bened lalu kapan tanggal pembened tan nya mas ?
    1 lagi mas masalah CTR di lihat % nya untuk bulanan atau harian mas ?

    • selama tidak melakukan pelanggaran, angka ctr tinggi tidak masalah bos. dan ya,,, melihat ctr, sebaiknya gunakan rentang waktu bulanan, terutama jika tujuannya untuk evaluasi strategi.

  • mas gee mau nnya, CTR saya 1.5% tpi RPM lamannya tiba2 198ribu hari ini, itu wajar?
    pada hari2 sebelumnya CTR sama 1.5% , RPM lamannya cuma 20-30ribu.

  • mungkin karena udah terbiasa saya liat yang dulu, belum begitu sreg dimata saya yang ini, soalnya logo yang dulu itu elegan banget, terlihat profesional.

    kirain PORTAL UANG ulang tahun pake ganti logo, hehhehehehe. . . .

  • @admin.
    gapapa mas, gada salahnya kan untuk tahu dulu, tapi saya doakan agar cepat diterima adsense.

    hehe… gapapa juga mas, untuk penyegaran aja, krn udah 3 tahun blm pernah diganti. 🙂 Trus biar lebih berwarna aja sih tampilannya. bagaimana pendapatnya? Apakah lebih bagus yang dulu?

  • boro-boro mikir CTR dan segala macemnya mas, saya daftar adsense aja belum diterima,

    wih, BTW logo portal uang sekarang lebih ngejreng ya. kenapa diganti mas logonya??

  • @denny.
    ok.. ditunggu saja. 🙂

    @daniel.
    jika rata masih di bawah 10%, umumnya tidak masalah mas Daniel.

    @adsense.
    ya betul…. dan sebenarnya secara umum, Google bisa membedakan mana invalid click biasa dan mana yg termasuk fraud click. tapi memang belum bisa sepenuhnya. Karena itu, Google sudah mengantisipasinya dengan banyak fasilitas yg disediakan bagi publisher Adsense.

  • Untuk masalah CTR sepertinya salah satu yang bisa kita jadikan acuan untuk bomklik, apakah adsense hari ini dengan teknologi yang semakin berkembang sudah bisa mengantisifasi? mudah-mudahan saja untuk saat ini bisa mendeteksi tindakan invalid seperti itu.

  • @daniel.
    hehe… berarti penah mengalaminya ya? Tapi dulu saya pernah mendapat CTR hingga 15%, tapi tetap aman kok. sama2 mas Daniel, terima kasih jg atas kesetiaannya berkunjung ke PortalUang.

    @denny.
    oke, ditunggu saja mas Denny. 🙂

    @inda.
    hemm…. gapapa Mba, pelan2, nanti jg akan paham sepaham-pahamnya. 🙂

  • Iya bener juga tu gan, blog saya yang dulu di non aktifkan adsensenya kan karena ctrnya tinggi padahal traffic 100 pv/hr dan dapat klik hingga 10 kali….ga lama berselang lantas di blokir. Oke mas gee, terima kasih atas pencerahannya