Bisnis Afiliasi Google Adsense

Bolehkah Menggunakan Adsense dan Afiliasi pada Halaman yang Sama?

Di blog ini, PortalUang, saya banyak sekali mengulas tentang Google Adsense dan Afiliasi, dari situ saya terus mendapat banyak pertanyaan tentang keduanya.

Dan salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah:

Bolehkah saya menjalankan Google Adsense dan afiliasi pada halaman yang sama?

Apakah itu tidak melanggar kebijakan Adsense?”

Ini adalah pertanyaan yang umum diajukan oleh mereka yang baru terjun ke dunia blogging dan berniat memonetisasi blognya menggunakan Adsense dan program afiliasi sekaligus.

Untuk pertanyaan tentang: Adsense atau afiliasi, manakah yang terbaik? Silakan baca artikel pada link.

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, pertama sekali saya sampaikan bahwa Adsense adalah ads-network kontekstual dan mereka tidak mengijinkan publisher-nya menjalankan ads-network lainnya yang tampilan iklannya menyerupai iklan Adsense.

Jadi, bolehkah menjalankan afiliasi dan adsense pada halaman yang sama?

Jawabannya adalah: YA! Anda boleh menjalankan afiliasi bersandingan dengan iklan Adsense pada halaman yang sama, dan itu tidak melanggar kebijakan Adsense.

Berikut adalah screen-shot dari halaman bantuan Adsense, yang secara jelas mengatakan: “Kami mengizinkan tautan afiliasi atau teks terbatas.” 

menjalankan adsense dan afiliasi bersama-sama
Meskipun demikian, sebelum Anda menempatkan setumpuk banner dan link afiliasi di blog Anda, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan dengan seksama:
  1. Jika jumlah iklan (banner) atau link afiliasi melebihi kewajaran dengan rasio konten Anda, maka ini sangat berpeluang membahayakan akun Adsense Anda. Jadi batasilah jumlah iklan yang Anda tampilkan, dan tetap fokus untuk menyajikan nilai serta kualitas blog Anda.
  2. Saya menyarankan Anda untuk tetap berpedoman pada jumlah maksimum iklan Adsense agar tidak menggangu kenyamanan pengunjung.
  3. Iklan afiliasi Anda tidak boleh menuju ke konten yang dilarang oleh Adsense, seperti konten dewasa dan konten yang dilarang lainnya. Adsense memperlakukan iklan lain (iklan dari ads-network lain atau afiliasi) sebagai bagian dari konten blog Anda, sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan kebijakan konten Adsense.
  4. Meskipun Adsense mengijinkan iklan atau afiliasi dari pihak lain, tapi mereka dengan tegas menyatakan bahwa tampilan iklan harus benar-benar dapat dibedakan dengan tampilan iklan Adsense sendiri. Artinya, jika pengunjung tidak dapat membedakan dengan mudah antara iklan Adsense dan iklan lainnya, maka akun Adsense Anda dalam ‘bahaya’.
  5. Ketika menggunakan link afiliasi, gunakan link no-follow. Ini tidak ada hubungannya dengan Adsense, tapi menggunakan no-follow adalah satu hal yang bagus dari kacamata SEO.

Kesimpulan
Kesimpulannya: Anda boleh menggunakan afiliasi dan Google Adsense pada halaman yang sama di blog Anda.

Saran terbaik yang bisa saya berikan, sebagai langkah awal, gantilah unit Adsense yang paling berperforma paling rendah dengan banner atau link afiliasi yang sesuai dengan topik blog Anda. Setelah Anda berhasil mendapatkan transaksi dari program afiliasi, Anda kemudian dapat memutuskan untuk mengganti unit Adsense lainnya dengan afiliasi yang bagus.

Jika Anda dapat memilih produk yang tepat, Anda dapat dengan mudah menghasilkan 2 – 3 kali lipat lebih besar dari yang Anda dapatkan melalui Adsense.

Nah, bagaimana? Anda tertarik untuk menjalankan Adsense dan afiliasi sekaligus? Bagikan pendapat Anda melalui komentar. Dan, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, saya sangat berterima kasih jika berkenan membagikannya melalui G+ atau Facebook. Sukses selalu!

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

35 Komentar

  • min mau nanya.
    saya mau berniat buat daftar program affiliasi, tapi saya belum mendaftar adesnse. gimana menurut admin…? saya ragu kalo nanti saya daftar program afiliasi duluan malah di adsense tidak diterima karena saya sudah pasang iklan afiliasi

  • Met siang,
    Mo nanya, maaf klo keliatan katro, awam bngt soal ini, sya bru beli web via online, web nya tergolong sederhana, dengan web sptu itu, apa bisa msang afiliasi third party?

  • malam pak. . . .Jika jumlah iklan (banner) atau link afiliasi melebihi kewajaran dengan rasio konten Anda, maka ini sangat berpeluang membahayakan akun Adsense Anda. Jadi batasilah jumlah iklan yang Anda tampilkan, dan tetap fokus untuk menyajikan nilai serta kualitas blog Anda. yang saya tanyakan “berapa banyak iklan banner atau link afiliasi yang tidak melebihi kewajaran dengan rasio konten pak?”

    • tidak ada angka pasti bos, coba gunakan ‘hati’ untuk menilai sendiri: terlalu banyakkah? sy yakin, Anda pasti bisa menilainya sendiri, dan dengan mudah bisa mengatakan ” wah ini iklannya terlalu banyak”. coba pergi ke website lain, ada kah yg menurut anda iklannya terlalu banyak? nah, itu patokannya,

  • blog saya masih kurang pengunjung, tapi udah tab penghasilan adsense walaupun masih dalam revieuw, jadi saya manfaatkan pake afiliasi dan iklan lainnya sambil nunggu adsense, saya pasang adsense revieuw 1 bh, dan iklan lainnya 3 bh jadi ada 4 semuanya, apakah ini tidak melanggar GA, tolong balasannya mas, ditunggu ya, trims

    • sebaiknya dalam masa review, buang dulu semua iklan apapun. jangan sampai dianggap oleh tim adsense, Anda membuat blog hanya demi ‘memasang iklan’ semata, bukannya untuk berbagi. dan itu satu hal yg dibenci oleh tim review adsense.

  • Boleh juga kayanya ni, tapi sayang afiliasi lokal belum banyak pilihannya, kalaupun ada komisinya ga terlalu besar 🙂
    beda sama program aff luar

  • makasih mas atas infonya, saya ingin bertanya sedikit
    itu kalau dari pihak google,artinya dr pihak google tidak ada masalah, tapi gimana dengan affiliasi yg lain mas, misalnya cj atau amazon?apakah affiliasi lain membolehkan bersanding dengan adsense?
    terima kasih

  • Mas Gee Jhon, saya ingin bertanya, saya mengikuti dua afiliasi lokal, salah satunya lazada. saya sandingkan dengan adsense, blog saya masih blogspot…apakah aman?. apakah link affiliasi harus di ubah ke nofollow..trmkash

  • kalo dalam 1 blog kita pasang 2 kode adsense dengan 2 akun adsense yang berbeda apakah bisa bang jhon?

    Misal akun adsense yg pertama bernama ahmad, akun adsense yang kedua bernama Heri apakah masing2 kode dari 2 akun adsense itu bisa di pasang pada 1 blog ?

    Terima kasih jawab nya….

  • waaah oke juga mas..tp ada g dari mas gee jhon untuk mengikut affiliasi apa yang bagus dan g spam??

  • misalkan saya sudah pasang 3 ads unit adsense..apakah saya masih boleh memasang 2-3 iklan dari jaringan lain melalui google DFP? yang artinya dalam 1 halaman akan terdapat 5-6 iklan. 3 dari adsense dan sisanya melalui DFP

    Yang dimaksud dengan iklan dari jaringan lain tidak boleh menyerupai adsense apakah dari sisi ukuran atau apanya mas??? trims

    • ya boleh mas… tapi pertimbangkan juga kenyamanan pengunjung. Adapun masalah sama-menyamai, itu dari tampilannya, karakter iklannya, dan terlebih lagi, jgn dibuat seolah-olah itu iklan adsense, dg cara apapun!

  • @maz.
    sebenarnya mengikuti afliasi itu tergantung dari topiknya mas… itu yg terpenting. Selama ini sya sendiri banyak mengikuti afiliasi tuk blog sy yg satunya, yaitu alat2 peralatan studio dan musik.

  • @daniel.
    betul mas Daniel. salam sukses selalu juga… 🙂

    @sutoro.
    betul hehe… tetap semangat mas Sutoro.

    @denny.
    setuju sekali mas Denny. kenyamanan pengunjung, bagaimanapun mesti dapat prioritas pertama.