Google Adsense

Saya Belum Menerima Pin Adsense. Apa yang Harus Saya Lakukan?

Apakah Anda masih menunggu PIN verifikasi Google Adsense yang Anda perkirakan semestinya sudah nyampe, tapi belum juga Anda menerimanya?

Pada artikel ini bisa mempelajari opsi-opsi apa yang dapat Anda lakukan jika PIN tidak juga diterima setelah beberapa kali permintaan.

Masalah PIN Adsense, adalah salah satu topik yang banyak ditanyakan kepada saya:

“Saya belum juga menerima PIN Adsense. Saya telah meminta beberapa kali dan Google menyatakan bahwa telah mengirimnya. Tapi saya sampai sekarang belum juga menerimanya, padahal sudah saya cek detil alamat sudah ditulis dengan benar di akun Adsense saya.”

Google mewajibkan proses verifikasi PIN untuk setiap publisher-nya, yang bertujuan memastikan pemilik akun Adsense memberikan alamat riil dan bukan akun anonim. Namun demikian, dalam beberapa tahun ini, saya melihat banyak komplain dari penayang Adsense yang tidak juga menerima PIN, sementara Google menyatakan telah mengirimkannya.

Bahkan jika Anda menengok ke forum-forum Adsense, Anda temukan banyak sekali mengutarakan permasalahan ini. Sayangnya, tidak ada alasan jelas dan pasti, mengapa banyak pengguna Adsense tidak menerima PIN mereka.

Pada artikel:Β Tentang PIN Adsense yang Perlu Diketahui, saya telah menyampaikan beberapa hal penting mengenai PIN Adsense ini. Nah, kali ini saya menambahkan sekaligus menegaskan beberapa poin penting tentang PIN Adsense.

Kapan Google mengirimkan PIN untuk memverifikasi alamat Anda?

Google akan mengirimkan PIN verifikasi ke alamat Anda, jika saldo Adsense Anda mencapai $10. Jadi, jika akun Anda belum mencapai angka tersebut, maka tidak ada yang perlu dirisaukan tentang PIN ini.

Segera setelah saldo Anda mencapai $10, Google akan mencetak surat pos berisi PIN paling lambat satu minggu setelahnya. Dan menurut keterangan resmi Google, PIN baru akan sampai 4 – 5 minggu setelahnya. Jadi, jika PIN baru saja dibuat untuk Anda, tidak perlu panik, butuh sekitar 1 bulan untuk sampai ke alamat Anda.

PIN tidak juga nyampe setelah 4 – 5 minggu

Oke, jika Anda belum menerima PIN setelah menunggu 4 – 5 minggu, berarti ada sesuatu yang salah. Pertama sekali yang dapat Anda lakukan adalah memastikan alamat yang Anda berikan sudah benar-benar lengkap. Jika perlu, tambahkan keterangan lainnya, guna memastikan petugas pos / kurir bisa menemukan alamat Anda dengan mudah. Pastikan juga untuk memberikan nomor telepon serta kode pos alamat Anda.

Jika memang perlu, Anda pun bisa merubah alamat pembayaran Adsense.

Setelah itu, ajukan permintaan untuk pengiriman PIN ulang, yang bisa dilakukan melalui “Setelan akun” di akun Adsense Anda. Google mengijinkan Anda mengajukan permintaan ulang PIN paling cepat 4 minggu setelah tanggal penerbitan sebelumnya.

Anda dapat mengajukan permintaan PIN lagi, maksimal 2 kali setelah pengiriman otomatis pertama.

Nah, karena setiap permintaan ulang hanya dapat dilakukan dengan jeda minimal 4 minggu, maka bisa memakan waktu hingga 3 bulan sebelum Anda kehilangan opsi meminta ulang PIN Anda.

Tapi jangan khawatir, Anda memiliki waktu 6 bulan untuk memverifikasi alamat Anda sejak tanggal penerbitan PIN yang pertama. Jika dalam waktu 6 bulan tersebut Anda belum juga berhasil memverifikasi alamat Anda, maka Adsense menghentikan penayangan iklan pada akun Anda.

Verifikasi alamat menggunakan kartu ID dan ID pengenal lainnya

Google lebih menyukai untuk memverifikasi alamat Anda dengan PIN yang dikirim melalui pos, yang mereka anggap cara ini lebih dapat dipercaya. Jika petugas pos dapat mencapai alamat yang Anda gunakan di akun Adsense Anda, maka itu telah mengonfirmasi bahwa memberikan alamat sebenarnya.

Namun demikian, skenario terburuk dimana Anda tidak juga menerima PIN yang dikirimkan Google, ada beberapa opsi untuk menyelesaikannya.

Jika Anda telah meminta PIN sebanyak 3 kali tapi belum juga menerimanya, masuklah ke akun Adsense, dan lihat pada bagian “Setelan akun”. Anda akan temukan instruksi tambahan dari Google yang meminta Anda untuk memverifikasi akun dengan cara lainnya. Termasuk di dalamnya dengan mengirimkan salinan kartu identitas ke pihak Google.

Inilah halaman pemecahan masalah PIN Adsense, yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan kartu identitas, seperti KTP, SIM, Passport dan lainnya sebagai verifikasi alamat Anda tanpa menggunakan PIN.

Meski begitu, jika Anda mengirimkan dokumen-dokumen tersebut sebelum 3 kali permintaan pin, bisa jadi proses ini tidak diterima oleh Google.

Catatan:
Dokumen yang Anda kirimkan untuk verifikasi alamat, harus tercantum nama dan alamat, persis sesuai dengan informasi yang Anda berikan di akun Adsense Anda. Selain itu, sebaiknya Anda mengirimkan lebih dari satu dokumen untuk lebih memudahkan tim Adsense melakukan verifikasi, seperti misalnya SIM dan KTP bisa Anda kirimkan sekaligus dua-duanya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda lakukan berkenaan dengan PIN verfikasi Adsense. Sebenarnya ada satu lagi proses verifikasi alamat, yaitu melalui sambungan telefon, tapi sayangnya belum berlaku untuk Indonesia.

Bagi Anda yang masih belum tahu harus mulai dari mana mengoptimalkan Adsense, dapat Anda baca pada:

Panduan Lengkap Sukses Menjalankan Google Adsense

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

85 Komentar